4 bahaya langsung tidur sehabis sahur

Tidur saat bulan puasa merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat islam. 

Akan tetapi terdapat waktu yang tidak disarankan untuk tidur, yaitu setelah sahur. 

Ada beberapa alasan mengapa berbahaya tidur setelah sahur. 

Jika langsung tidur setelah makan sahur dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan, terutama pada pencernaan.

Jadi kamu sebaiknya tidak langsung tidur setelah sahur. 

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan agar tidak tidur setelah sahur, misalnya membaca Al-quran. 

Selain mendapat pahala, kamu juga bisa menghindari tidur setelah sahur.

Yuk, kita bahas lebih lanjut kenapa berbahaya di bawah ini.

Table of Contents

Kenapa Habis Sahur Dilarang Tidur ?

Saat bulan puasa banyak orang yang bertanya, apakah boleh tidur setelah sahur? 

Jawabannya tidak boleh langsung tidur setelah sahur, karena tidak baik untuk kesehatan. 

Apabila kamu tidak memberikan jeda, maka bisa berisiko masalah kesehatan. 

Berikut ini beberapa bahaya tidur setelah sahur, yaitu:

1. Dapat Menyebabkan GERD

Tidur sesudah makan sahur dapat mengakibatkan asam lambung naik, yang mana bisa berisiko mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). 

Gejala-gejala yang akan dialami yaitu mual, nyeri dada disertai panas, dan tenggorokan seperti mengganjal.

GERD juga dapat disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi. 

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan pedas, makanan berlemak, makanan yang digoreng, meminum kopi, dan minuman yang bersoda ketika sahur.

Baca juga: 9 Cara Efektif Mengatasi Maag Saat Puasa

2. Mengakibatkan Sembelit atau Susah BAB

Bahaya tidur setelah setelah sahur berikutnya yaitu bisa berisiko pada gangguan pencernaan dan maag. 

Ketika hal ini terjadi, maka perut akan dipenuhi gas dan menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Apabila dibiarkan terus menerus, kamu akan mengalami sembelit atau susah buang air besar saat sedang puasa.

Jadi, berikan jeda sekitar 3 jam jika ingin tidur setelah sahur. 

Selain itu perhatikan pula makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur. 

Disarankan untuk tidak terlalu banyak makan dan minumlah air putih yang cukup supaya tidak dehidrasi ketika berpuasa.

3. Meningkatkan Risiko Stroke

Langsung tidur setelah makan sahur memang tidak akan langsung membuat kamu terserang stroke. 

Akan tetapi, dapat memicu apnea tidur yang mana dipercaya bisa meningkatkan risiko stroke. 

Langsung tidur setelah makan sahur memang berhubungan dengan risiko stroke dan juga dipercaya memiliki kaitan dengan perubahan yang terjadi pada gula darah, kadar kolesterol, dan aliran darah dikarenakan makanan yang dikonsumsi.

4. Tubuh Menjadi Lebih Lemas

Bahaya tidur setelah sahur yang lainnya yaitu bisa membuat tubuh menjadi lemas. 

Apabila kamu sering makan sahur pada tengah malam karena malas bangun di jam sahur, maka sebaiknya kamu merubah kebiasaan tersebut. 

Hal ini terutama jika kamu belum sempat tidur sebelum makan sahur.

Hal ini perlu untuk dihindari, karena makan tengah malam dengan dilanjutkan tidur dalam waktu yang lama sesudahnya akan membuat tidur kamu tidak berkualitas. 

Tidur setelah makan tengah malam juga memicu tubuh terasa lebih lemas ketika bangun tidur, terutama saat berpuasa.

Agar puasa lebih semangat, kamu jangan lupa untuk membaca diskusi di blog Rey tentang: Wajib Tahu! 7 Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

Kapan Boleh Tidur Setelah Sahur ?

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya tubuh membutuhkan adaptasi mengenai perubahan jam makan terutama diwaktu sahur. 

Tetapi, langsung tidur setelah makan sahur memang dapat mengganggu masalah pencernaan dan masalah kesehatan lainnya. Usahakan jangan tidur setelah sahur.

Tapi kamu masih bisa tidur sesudah makan sahur. 

Terdapat waktu tidur yang dianjurkan setelah sahur agar kamu bisa tetap sehat dan menghindari bahaya tidur setelah sahur.

Apabila asupan sahur berupa sayuran, protein, dan karbohidrat, maka membutuhkan waktu selama 3 jam untuk makanan turun sempurna dari lambung. 

Maka dari itu, kamu bisa tidur minimal 3 jam setelah makan sahur.

Jika kamu masih nekat untuk langsung tidur setelah makan sahur, maka bisa berisiko mengalami masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas.

Baca juga: 11 Manfaat Sahur untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Tips Agar Tidak Tidur Setelah Sahur

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidur setelah sahur atau sholat subuh memang terasa nikmat dan sulit untuk dihindari. 

Untuk itu terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak mengantuk dan tidur setelah sahur.

Tips ini juga bisa membantu kamu menjalankan ibadah puasa dengan sehat dan terhindar dari bahaya tidur setelah sahur.

Berikut ini beberapa tips untuk menahan rasa kantuk setelah makan sahur.

1. Jangan Terlalu Banyak Makan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tidur setelah sahur yaitu dengan menjaga porsi makan. 

Hindari makan terlalu banyak, karena hal ini bisa membuat kamu lebih cepat mengantuk. 

Bukan hanya disaat sahur saja, pada saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan untuk makan terlalu banyak. 

Jadi makanlah dengan porsi yang wajar untuk terhindar dari bahaya tidur setelah sahur.

Makan dengan porsi yang banyak diwaktu sahur dan berbuka puasa akan membuat kamu cepat lelah yang mana bisa mengganggu aktivitas.

Sebaiknya kamu mengkonsumi makanan dengan gizi yang seimbang. Misalnya makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, buah dan sayur.

Baca juga: Jangan Asal Makan, Ini 10 Menu Buka Puasa Sehat untuk Tubuh

2. Pilih Makanan Sehat Ketika Sahur

Pilihlah makanan yang sehat ketika hendak makan sahur. 

Makanan yang sehat selain dapat melancarkan pencernaan dan tidak cepat lapar, juga bisa menghindari rasa kantuk saat setelah sahur.

Jadi, supaya kamu bisa menghindari kantuk, maka sebaiknya meminum air putih yang cukup dan juga konsumsi makanan yang kaya akan serat di waktu makan sahur.

Makanan yang kaya akan serat diantaranya yaitu wortel, brokoli, kentang, apel, alpukat, pisang, oat, sereal gandum, dan roti gandum.

Selain itu pula, jangan lupa untuk mengkonsumsi protein yang cukup agar bisa meminimalisir risiko terhadap kehilangan massa otot ketika sedang berpuasa dan juga untuk mengurangi rasa lapar. 

3. Olahraga Secara Rutin

Tips berikutnya agar tidak mengantuk setelah sahur yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. 

Ada banyak manfaat olahraga saat kamu sedang berpuasa.

Berolahraga akan membuat kamu lebih fresh dan tidak mudah lelah. Jadi, kamu tidak akan mudah tidur setelah sahur.

Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas seperti biasanya. 

Disaat berpuasa kamu disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin. 

Supaya tidak terasa berat ketika berolahraga, kamu bisa berolahraga di sore hari menjelang buka puasa atau bisa juga di malam hari.

Tapi tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat selama bulan puasa. 

Sebaiknya kamu melakukan olahraga yang ringan misalnya seperti jalan kaki, streching, dan yoga.

Baca juga: 6 Jenis Olahraga Tebaik yang Cocok dilakukan Saat Puasa

4. Jaga Pola Tidur Tetap Baik

Selama bulan ramadhan pola tidur memang akan mengalami sedikit perubahan. 

Karena kamu akan bangun lebih pagi untuk sahur dan tidur lebih malam untuk taraweh dan tadarus. 

Di hari-hari pertama puasa tubuh membutuhkan penyesuaian. 

Tapi, pastikan agar tetap istirahat yang cukup pada waktu luang.

Dengan menjaga polah tidur yang cukup, maka kamu tidak akan mudah mengantuk saat setelah makan sahur. 

Maka dari itu sangat penting sekali untuk istirahat dengan cukup.

Penutup

Nah, itulah pembahasan seputar tentang bahaya tidur setelah sahur, kapan boleh tidur setelah sahur, dan tips agar tidak tidur setelah sahur.

Semoga apa yang telah Rey bagikan di atas bisa bermanfaat. 

Jangan lupa untuk tidak langsung tidur setelah sahur. 

Selain itu, biasakan mengonsumi makanan yang sehat ketika sahur dan berbuka puasa.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada orang – orang sekitar kamu supaya mereka juga tahu mengenai bahayanya tidur setelah sahur.

Selamat berpuasa!

Artikel Terkait Lainnya