manfaat push up setiap hari

Sebagai salah satu jenis olahraga yang paling simpel, ada banyak manfaat push up yang bisa kamu dapatkan. Namun, manfaat ini baru bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan push up dengan rutin. Tidak usah banyak, asal teratur. 

Misalnya saja, 50 push up sehari. Jika kamu masih pemula, mulailah dengan 20 push up sehari. Dengan begitu, otot kamu pun bisa terlatih! Kamu pun bisa melakukannya dimana saja tanpa perlu alat tertentu. 

Apa saja manfaat push up?

Jika kamu latihan push up secara rutin, maka kamu bisa menuai manfaat berikut!

1. Melatih otot kamu

Push up pada umumnya melatih otot untuk tubuh bagian atas. Termasuk dari latihan kekuatan, mereka menggunakan otot trisep di tangan, pektoral di dada, serta bahu kamu. 

Ketika dilakukan dengan benar, kamu pun juga bisa memperkuat otot punggung bawah dan perut. Otot yang kuat ini pun dapat lebih efektif dalam menopang sendi dan tulang, serta bisa mencegah cedera lho!

2. Mencegah pelemahan tulang

Ketika seseorang sudah memasuki usia berkepala 3, tubuh mereka berhenti mengalami pertumbuhan. Pada fase ini, sel tulang yang terbentuk pun tidak sebanding dengan sel tulang yang hilang. Alhasil, tulang bisa menjadi lebih rapuh dan rentan cedera.

Karena itu, ada pentingnya melakukan olahraga seperti latihan push up. Jika dilakukan rutin, terutama sejak masih masa pertumbuhan, kamu bisa mengurangi risiko cedera!

3. Mengurangi risiko sarcopenia

Sebuah kondisi dimana massa dan kekuatan otot menurun karena penuaan, sarcopenia bisa menyerang lebih cepat jika kamu tidak rajin berolahraga. Akibat sarcopenia pun bisa membuat tubuh cepat lelah dan terkuras energinya. 

Karena itu, kamu pun jadi tidak bisa menikmati masa tua! Namun, untungnya risiko terkena sarcopenia ini pun dapat kamu cegah, atau setidaknya perlambat, dengan menjalani olahraga yang berfokus pada latihan kekuatan, seperti push up.

4. Menjaga berat badan ideal

Salah satu manfaat push up adalah melatih otot. Dengan berkembangnya otot, maka otomatis energi yang dipakai pun lebih banyak oleh otot. Hal ini menyebabkan metabolisme yang lebih cepat dari biasanya. 

Energi yang keluar menjadi lebih banyak daripada energi yang diserap. Hal ini pun bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga berat badan kamu agar tetap ideal, atau bahkan menurunkan berat bagi kamu yang mempunyai berat badan berlebih.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Walaupun push up termasuk latihan kekuatan, tapi push up juga menggunakan otot-otot utama dan bisa memacu kerja jantung. Pembuluh darah di dalam tubuh pun tetap lancar dan karenanya bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tentunya hal ini akan lebih efektif jika push up dilakukan untuk jangka waktu yang lebih panjang, atau dicampur dengan jenis olahraga lain. Contoh bentuk olahraga lainnya yang bisa kamu coba dengan push up adalah mountain climbers, jogging di tempat, atau squat jump.

6. Melatih keseimbangan

Ketika kamu push up, kekuatan otot kamu terlatih. Kekuatan otot yang terlatih, selain bagus untuk menjaga berat badan, juga dapat membawa keseimbangan yang lebih baik. 

Walau terkesan sepele, tapi hal ini lebih bagus untuk masa tua nantinya. Risiko jatuh akibat kehilangan keseimbangan pun lebih berkurang karena sudah terlatih.

7. Mengencangkan bagian tubuh

Push up yang efektif akan terlihat secara fisik karena dapat mengencangkan berbagai bagian tubuh. Misalnya saja bagian tubuh yang terlihat mengencang adalah tangan, kaki, perut, bahkan pantat.

8. Memperbaiki postur

Jika pekerjaan kamu lebih banyak berfokus pada duduk, maka postur kamu mungkin jadi kurang baik. Namun, untungnya banyak latihan yang bisa memperbaiki postur ini, seperti push up.

Push up menggunakan otot punggung dan perut. Hal ini membuat core kamu lebih kuat dan bisa membantumu mempertahankan postur tubuh yang tegak.

Apa risiko dari push up setiap hari?

sakit pinggang belakang

Salah satu dari risiko melakukan push up setiap hari adalah tubuh kamu akan beradaptasi. Ketika otot kamu sudah bisa beradaptasi untuk menahan tekanan dari push up, manfaat yang kamu dapatkan pun berkurang karena tubuh sudah terbiasa dengan push up tersebut. 

Karena itu, buatlah rencana olahraga yang bervariasi dan berlevel. 

Berikut adalah beberapa tips yang kamu bisa lakukan untuk memastikan push up kamu tetap terus bermanfaat: 

  • Pastikan cara push up sudah benar. Karena cara push up yang salah dapat menyebabkan cedera atau rasa sakit di badan. Jika masih bingung, lihat di bagian selanjutnya.
  • Lakukan push up sesuai level kamu. Jika masih pemula, lakukan dengan jumlah yang kecil dulu, atau ubah jenis latihannya. Coba lakukan wall push up (push up di dinding) atau gunakan lutut.
  • Jika kamu pernah cedera atau luka pada pergelangan tangan, konsultasi dokter terlebih dahulu. Mungkin kamu bisa mencari alternatif dari push up biasa. 
  • Ketika sudah biasa, naikkan jumlah push up. Kamu juga bisa mencoba variasi lain dari push up atau menggabungkannya dengan jenis latihan lain.

Cara melakukan push up dengan benar

Demi mendapatkan manfaat push up yang optimal, serta mengurangi risiko cedera karena push up, kamu perlu tahu cara push up yang benar untuk pemula

Berikut caranya:

  • Pastikan kedua tangan sejajar dengan dan dibuka selebar bahu kamu.
  • Angkat kaki menjadi lurus sehingga lutut tidak menyentuh tanah.
  • Pastikan agar kepala, punggung, pantat, hingga ujung kaki kamu sudah berbentuk satu garis lurus.
  • Tekuk siku kamu hingga dada kamu hanya tersisa 5 cm dari tanah, kemudian tahan beberapa detik. 
  • Angkat kembali tubuh kamu ke posisi semula.

Kamu bisa mengulangi gerakan ini sekitar 20 kali untuk pemula. Buat target untuk bisa menaikkan jumlahnya sedikit demi sedikit. Jika kamu masih merasa terlalu susah, kamu bisa memulai dengan wall push up atau push up dengan lutut.

Pada umumnya, pemula sering membuat kesalahan dengan menggunakan kekuatan perut atau bagian tubuh bawah untuk mengangkat tubuh. Padahal seharusnya, push up bergantung sepenuhnya pada otot tangan. 

Jika kamu bisa mengingat itu dan mencoba berlatih, sedikit demi sedikit, kamu pun pasti akan bisa!

Apa kunci dari belajar push up?

Apapun tujuan kamu belajar push up, baik itu menjaga kesehatan, membentuk otot tangan, atau bahkan hingga menurunkan berat badan, ada satu hal yang perlu kamu ingat: 

Belajar push up membutuhkan waktu dan disiplin. Awalnya pasti susah, terutama jika kamu tidak biasa berolahraga. Otot tangan kamu pun akan sakit pada awalnya.

Namun, jika dilakukan setiap hari, tubuh kamu pun akan terbiasa. Karena itu, ReyFit pun hadir untuk membantu kamu semangat menuju hidup yang lebih sehat.

Artikel Terkait Lainnya