6 Jenis Olahraga di Rumah yang Mudah Kamu Lakukan Agar Sehat

6 Jenis Olahraga di Rumah yang Mudah Kamu Lakukan Agar Sehat
Yosephine
Yosephine
November 14, 2023
4 menit membaca

Menjalankan gaya hidup sehat, saat ini sudah menjadi salah satu tren yang populer di masyarakat.

Coba saja, kamu mencari topik pembicaraan tentang diet makanan sehat atau olahraga di rumah, pasti akan mudah ditemui di mana-mana.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Tetapi, masih banyak saja orang yang tidak tertarik menjalankannya karena dianggap mengeluarkan banyak biaya, khususnya olahraga.

Banyak dari mereka yang berpikir bahwa untuk menjaga badan tetap sehat harus menjadi membership di gym dan menyewa personal trainer, yang tentu butuh banyak biaya.

Namun, kenyataannya berolahraga tetap bisa dilakukan dengan hemat, lho.

Nah, karena berolahraga itu penting untuk kesehatan tubuh, yuk simak beberapa jenis olahraga hemat ini yang bisa kamu lakukan tanpa perlu menguras kantong berlebih!

Butuh Manfaat Rawat Jalan dan Cek Kesehatan Online? Rey Solusinya
Hanya Mulai dari Rp 69 ribu-an per bulan, Kamu Terlindungi!

6 Latihan Bodyweight untuk Olahraga di Rumah

Di dalam dunia olahraga, terdapat istilah yang dikenal dengan bodyweight exercise atau latihan yang menggunakan berat badan. Jadi, gerakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah ini memang mengandalkan berat badan dan gravitasi.

Dengan melakukan gerakan olahraga rutin di rumah, Anda bisa melatih kekuatan otot dan keseimbangan tubuh. Latihan olahraga ini bisa dilakukan di rumah dan dapat dilakukan oleh siapa pun, bahkan untuk pemula yang ingin memulai rutinitas olahraga.

Jadi, apa saja ya gerakan olahraga yang mudah dilakukan oleh para wanita di rumah?

1. Squat

Celana kesayangan sudah tidak muat? Cobalah gerakan olahraga ini di rumah. Squat bisa diandalkan untuk mengecilkan lingkar paha serta memperkuat otot paha, lengan, dan perut. Gerakan olahraga ini dapat mengurangi tumpukan lemak dan membentuk bagian-bagian tadi.

Caranya:

Lebarkan kaki setara dengan bahu lalu letakkan jari-jari Anda di belakang kepala. Naik dan turunkan badan Anda dengan mendorong pinggul ke belakang sembari menekuk lutut. Lakukan gerakan ini 10-15 kali.

Baca juga:

2. Push-Up

Gerakan olahraga ini akan mengurangi lemak atau gelambir pada lengan Anda dan membantu memperkuat bahu karena pushup dapat melatih otot lengan, bahu, hingga abdomen sebagai penstabilnya.

Caranya:

Posisikan badan Anda seperti tengkurap lalu letakkan tangan di matras. Tidak lupa sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu. Jangan membuat leher Anda terlalu mendongak atau tegang karena bisa menyebabkan sakit leher dan pastikan otot perut tetap kencang. Tekuk siku lalu turun dan naikkan dada Anda ke arah matras/lantai. Lakukan gerakan ini hingga 10-20 kali.

Baca juga: 8 Manfaat Push Up Setiap Hari, Gimana Efeknya bagi Tubuh?

3. Jumping Jacks

Jumping jacks adalah gerakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa bantuan alat apapun. Gerakan ini termasuk dalam kombinasi dari latihan aerobik.

Caranya:

Berdiri dengan kedua kaki serta posisi tangan Anda di samping. Kemudian, angkat kedua lengan Anda secara serentak hingga di atas kepala dan lompat secukupnya sembari merentangkan kaki dengan lebar. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik

4. Mountain Climbers

Tak punya waktu untuk olahraga? Gerakan olahraga ini sangat cocok dilakukan di rumah ketika Anda punya waktu senggang yang sedikit. Mountaint climber adalah gerakan kardio yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Selain itu, sangat efektif untuk membakar kalori dalam waktu singkat.

Caranya:

Posisikan diri Anda seperti akan melakukan pushup lalu luruskan badan Anda, mulai dari bahu hingga kaki. Angkat lutut hingga mencapai dada, seolah-olah sedang berlari. Lakukan selama 5-10 kali.

5. Lari di Tempat – Olahraga di Rumah

Malas jogging atau lari sendirian? Tidak memiliki treadmill di rumah. Anda bisa mencoba alternatif lain, yaitu lari di tempat. Tanpa perlu tutorial, Anda pasti tahu bagaimana lari tanpa bergerak ke sana kemari. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik.

6. Naik Turun Tangga Rumah

Olahraga turun naik tangga di rumah adalah aktivitas fisik yang dapat memberikan manfaat kesehatan tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran atau lapangan olahraga. Berikut adalah beberapa manfaat dan tips untuk olahraga turun naik tangga di rumah:

  • Kardiovaskular

    • Meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah.
    • Membantu meningkatkan kapasitas paru-paru.
  • Kekuatan Otot

    • Melibatkan otot-otot kaki, paha, dan gluteus.
    • Dapat membantu membangun kekuatan otot inti.
  • Pengeluaran Kalori

    • Efektif untuk membakar kalori dan mendukung penurunan berat badan.
  • Fleksibilitas

    • Membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak pada sendi kaki.

Baca Juga: 13 Gerakan Mudah Workout di Rumah, Cocok untuk Pemula!

Tak sulit, kan, untuk melakukan semua gerakan olahraga ini di rumah? 

Yuk, mulai olahraga dari sekarang.

Untuk mendapatkan info kesehatan lainnya, jangan lupa untuk download aplikasi kesehatan Rey di Google Play Store dan Apple store ya, agar kita bisa #SehatBarengRey terus dan di aplikasi kesehatan rey kamu juga bisa lebih tahu fungsi asuransi dan manfaat asuransi agar kamu lebih paham dengan asuransi kesehatan. 

Yuk, jaga gaya hidup sehat dengan Rey!

Yosephine
Yosephine

Yos adalah penulis artikel SEO dengan pengalaman menulis lebih dari tiga tahun. Dia menguasai berbagai topik, termasuk gaya hidup, kesehatan, personal finance, dan asuransi. Selain daripada penulisan artikel SEO, Yos juga mempunyai pengalaman menulis dalam copywriting dan UX writing.

Kembali
Rekomendasi Artikel
June 30, 2023
Apa Itu Self Esteem? Pengertian, Contoh, & Cara Meningkatkan Self Esteem

Depresi menjadi momok menakutkan di era modern, bahkan di kalangan muda. Namun, ada satu hal...

Dwi Julianti Dwi Julianti
9 menit membaca
May 12, 2023
Tips Menjaga Kesehatan untuk Zodiak Taurus

Beberapa orang memiliki kepercayaan yang rendah terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan zodiak.  Padahal astrologi...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
6 menit membaca
August 18, 2023
7 Rahasia Cara Hidup Sehat dan Awet Muda!

Penuaan merupakan proses alami yang dialami semua orang.  Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pun mulai...

Yosephine Yosephine
8 menit membaca