Fungsi Asuransi

Masalah kesehatan seringkali tidak terprediksi, begitu juga kesehatanmu. Padahal biaya pengobatan untuk suatu penyakit tidaklah murah. Meskipun tidak ada yang ingin mengalami sakit tapi akan lebih baik kalau ada penanganan sejak awal. Fungsi asuransi dalam hal ini adalah menjadi solusi masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Bukan hanya menguntungkan secara kesehatan itu sendiri, tapi juga memberi dampak positif secara finansial. Tapi kenyataannya masyarakat masih belum banyak menyadari manfaat asuransi dan seperti apa seluk beluk polis asuransi untuk kesehatan. 

Melindungi kesehatanmu, inilah 5 fungsi asuransi yang perlu kamu tahu.

Fungsi Asuransi untuk Mengganti Biaya Rawat Inap

Pada jenis risiko kesehatan yang cukup parah, maka pasien perlu menjalani perawatan inap. Biaya kamarnya pun tidak murah. Belum lagi termasuk biaya lainnya, seperti:

  • Jasa kunjungan dokter,
  • Biaya obat-obatan,
  • Biaya lab atau penunjang diagnosa,
  • Biaya operasi bedah,
  • Dan biaya lainnya. 

Pada asuransi kesehatan yang mengcover rawat inap, biasanya ada penggantian semua biaya rawat inap ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penggolongan berdasarkan kelas yang sudah tertulis dalam polis asuransi.

Ganti Biaya Rawat Jalan

Beberapa produk asuransi kesehatan juga memiliki manfaat untuk rawat jalan. Artinya jika risiko kesehatan kamu tidak terlalu parah sampai membutuhkan rawat inap, maka tetap ada penggantian biaya kesehatan. 

Asuransi kesehatan rawat jalan pun cenderung lebih populer di kalangan masyarakat yang berkonsultasi dan berobat. Mereka pun bisa melakukan pemulihan di rumah yang lebih nyaman. Baik manfaat rawat inap atau rawat jalan, pastinya kondisi setiap orang berbeda sehinga akhirnya memilih salah satu dari dua jenis manfaat asuransi kesehatan ini.

Mengalihkan Risiko

Kamu pasti ingin selalu dalam keadaan selamat dan sehat. Tapi, siapa pun tidak mampu menghindari jika memang saatnya terjadi musibah dalam bentuk sakit. Jika kamu sudah menjadi nasabah asuransi kesehatan, setidaknya risiko bisa teralihkan dan diminimalisir. 

Bukan berarti mengharap sakit, tapi saat ujian itu datang kamu jadi memahami bahwa salah satu fungsi asuransi bisa mengalihkan risiko.  Pastikan kamu cermat dalam memilih produk asuransi dengan pertimbangan risiko kesehatanmu.

Proteksi Asuransi Jiwa, Periksa Kesehatan Kamu secara Online, dan Manfaat Rawat Jalan dengan premi terjangkau
Dengan Rp 99 ribu-an per Bulan, Kamu Terlindungi!

Membantu Perekonomian Negara

Negara mana pun, jika pertumbuhan ekonominya baik, maka masyarakatnya bisa hidup lebih sejahtera. Lalu, tahukah kamu bahwa sebenarnya asuransi pun punya peran penting untuk membantu perekonomian negara?

Kalau kamu sudah punya polis asuransi, artinya kamu juga sudah selangkah lebih maju dalam mempersiapkan keadaan darurat. Selain melindungi kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup, juga ikut berperan dalam membantu negara.

Memberi Rasa Aman di Masa Depan

Rasa aman tentang masa depan ternyata tidak selalu mudah bagi semua orang, apalagi menyangkut kesehatan. Manfaat asuransi kesehatan yang satu ini sebenarnya bisa disebut sebagai fungsi yang paling utama secara jangka panjang. Memang setiap bulan ada premi asuransi yang perlu dibayarkan. 

Tapi imbalannya adalah jaminan keamanan bahwa nanti kalau ternyata sakit, maka tidak perlu merepotkan orang tua atau kerabat. Bukan hanya satu orang, tapi sekeluarga pun merasa aman di masa depan. Bukankah itu menguntungkan?

Paham Fungsi Asuransi, Saatnya Tentukan Pilihan

Kebijakan setiap perusahaan asuransi akan berbeda, tapi para calon pengguna layanannya wajib benar-benar paham soal isi polis asuransi beserta semua yang ditetapkan perusahaan asuransi. 

Pemahaman tersebut bisa membantu untuk menghindari macam-macam risiko kerugian akibat salah paham tentang isi polisnya.  Fungsi dan Prinsip asuransi memang penting untuk dipahami sebelum menentukan pilihan.

Artikel Terkait Lainnya