6 Jenis Asuransi Berdasarkan Kepemilikannya

6 Jenis Asuransi Berdasarkan Kepemilikannya
Yosephine
Yosephine
June 8, 2021
4 menit membaca

Seiring perkembangan zaman, asuransi  semakin menjadi bagian penting dalam hidup masyarakat.

Pasalnya, kita tidak akan pernah tahu kondisi kesehatan di masa mendatang.

Namun, tahukah kamu bahwa ada rahasia hidup sehat yang bisa membuat semuanya lebih mudah? Cek di sini, yuk!

Memang tidak ada yang mengharapkan menjadi sakit atau mengalami segala hal yang dapat mengganggu kondisi kesehatanmu.

Namun, melalui asuransi kesehatan, kamu dapat mengurangi risiko dari beban pembiayaan pengobatan.

Kamu dan keluarga tidak akan terbebani saat mengalami sakit, karena asuransi.

Kamu mungkin masih meragukan untuk memiliki polis asuransi kesehatan, karena banyak kasus dari pemilik polis dipersulit saat melakukan klaim, atau justru saat akan melakukan pembayaran di rumah sakit.

Oleh karena itu, kamu perlu membeli polis dari asuransi yang terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Hal tersebut juga tidak akan kamu alami, ketika memahami setiap prinsip asuransi dan isi dari perjanjian yang tercantum secara jelas di dalam polis.

Sebab, ada polis asuransi kesehatan yang dapat berupa kartu atau reimbursemen. Kalau polis kamu berupa kartu, maka tinggal lampirkan kartu beserta syarat lainnya untuk membiayai pengobatan.

Namun, untuk jenis asuransi kesehatan yang berupa reimbursemen, kamu memang perlu mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu saat mendapatkan rawat inap.

Selanjutnya, lakukan klaim ke kantor asuransi kesehatan yang bagus dan terpercaya di Indonesia, dengan membawa seluruh persyaratan pengajuan klaim.

Manfaat Asuransi Jiwa dan Paket Layanan Rawat Jalan Lengkap dengan Rey
Cuma Rp 99 ribu-an per bulan saja!

1. Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Polis asuransi ini memberikan jaminan kepada kamu dalam hal pertanggungan biaya saat menjalani rawat inap di suatu rumah sakit. Kamu akan mendapatkan perawatan yang maksimal apabila memiliki jenis asuransi ini. Setiap tim medis, baik itu dokter atau perawat akan siap mengawasi 24 jam.

2. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Jenis asuransi di Indonesia ini dapat kamu pilih untuk membantu biaya saat mengalami sakit, tapi tidak mengharuskan menginap di rumah sakit. Kamu akan mendapatkan pengobatan intensif melalui rawat jalan. Cover biaya asuransi yang akan ditanggung meliputi, biaya lab, diagnosis medis, dan lain sebagainya.

3. Asuransi Kesehatan Personal

Jenis asuransi yang dapat digunakan untuk meng-cover biaya kesehatan ini memang hanya diperuntukkan satu orang saja. Sehingga, terdapat aturan di mana ketika kamu memiliki polis asuransi personal, itu artinya tidak bisa digunakan untuk anggota keluarga atau orang lain.

Baca Juga

4. Asuransi Kesehatan Kelompok

Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang satu ini cukup menjadi yang paling disukai, karena bisa melibatkan banyak anggota di dalam satu asuransi. Biasanya polis ini akan dibeli oleh keluarga atau perusahaan yang dapat memberikan perlindungan asuransi kesehatan untuk setiap anggota kelompoknya.

5. Asuransi Kesehatan Swasta

Masyarakat Indonesia masih banyak yang menganggap bahwa jenis asuransi yang satu ini mahal, dan berbahaya. Faktanya, asuransi swasta pun memiliki badan perlindungan yang tidak akan merugikan nasabahnya. Karenanya, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu sebelum membeli polis dari asuransi swasta.

Pastikan bahwa asuransi swasta sudah memiliki banyak nasabah yang memiliki pengalaman menyenangkan dengan mendapat manfaat asuransi kesehatan. Kamu pun dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki untuk memilih premi yang cocok dari asuransi kesehatan swasta.

6. Asuransi Kesehatan Pemerintah

Hampir sama dengan asuransi swasta, karena terdapat premi berdasarkan kelas yang dapat disesuaikan keuangan yang kamu miliki. Lebih melekat sebagai BPJS, asuransi kesehatan dari pemerintah ini juga tersedia dalam premi yang ditanggung oleh negara, dan dikhususkan oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah. BPJS ini memiliki keunggulan untuk kamu yang memerlukan asuransi kesehatan, karena berlaku untuk cover biaya rawat jalan dan juga rawat inap. Jenis asuransi kesehatan pemerintah memang memiliki sisi kekurangan juga, tapi selama kamu mengikuti setiap aturannya, maka akan dapat layanan kesehatan yang sesuai.

Demikian jenis-jenis asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan proteksi kamu. Jika bingung memilih, kamu bisa menggunakan aplikasi kesehatan Rey untuk membantu kamu memilih layanan kesehatan yang sesuai.

Yosephine
Yosephine

Yos adalah penulis artikel SEO dengan pengalaman menulis lebih dari tiga tahun. Dia menguasai berbagai topik, termasuk gaya hidup, kesehatan, personal finance, dan asuransi. Selain daripada penulisan artikel SEO, Yos juga mempunyai pengalaman menulis dalam copywriting dan UX writing.

Kembali
Rekomendasi Artikel
November 30, 2023
Operasi Katarak dengan BPJS Kesehatan, Simak Langkah dan Persyaratannya

Operasi katarak dengan BPJS Kesehatan sangat dibutuhkan bagi penderitanya karena tidak perlu menanggung biaya operasi...

Miska Syahirah Miska Syahirah
6 menit membaca
June 15, 2021
Pengertian Asuransi Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!

Sebagian besar orang sering merasa khawatir terhadap kesehatan dirinya maupun orang-orang yang mereka sayanginya.  Kondisi...

Yosephine Yosephine
3 menit membaca
June 9, 2023
Perusahaan Asuransi – Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Prinsip Kerja

Asuransi merupakan produk keuangan yang semakin diminati oleh masyarakat. Tidak heran kemunculan produk asuransi menjadi...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
8 menit membaca