pengertian asuransi kesehatan

Sebagian besar orang sering merasa khawatir terhadap kesehatan dirinya maupun orang-orang yang mereka sayanginya. Kondisi sakit dan juga berbagai musibah terkadang tidak bisa kita prediksi sebelumnya sehingga asuransi kesehatan dapat menjadi solusinya.

Berikut adalah pengertian asuransi kesehatan yang wajib kamu ketahui sebelum membeli produknya:

Pengertian Asuransi Kesehatan 

Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis atau produk asuransi yang fokusnya adalah untuk memberikan tanggungan dan penggantian finansial atas pengobatan maupun biaya kesehatan lainnya. Pihak perusahaan asuransi sebagai Penanggung akan mengganti biaya yang telah nasabah keluarkan untuk keperluan medis.

Pengertian asuransi kesehatan di atas dapat memberikan gambaran bahwa kamu bisa mendapatkan jaminan atas pengeluaran biaya tak terduga dari risiko sakit atau musibah yang membuat kesehatan kamu menurun.

Baca Juga: 5 Fungsi Asuransi Kesehatan, Kamu Sudah Tahu Semua?

Perlindungan Rawat Jalan, Proteksi Asuransi Jiwa, dan Cek Kesehatan Online dengan Rey
Premi Mulai Rp 69 ribu-an per bulan!

Jenis Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

Jenis asuransi kesehatan juga berbeda-beda sehingga manfaat asuransi yang diterima pun berbeda-beda. Kamu bisa menentukan sendiri jenis asuransi yang lebih cocok dengan kebutuhan yang kamu miliki dengan prinsip asuransi yang harus menjadi dasar dalam pelaksanaannya. Berikut ini jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia:

1. Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat inap mempunyai fungsi asuransi untuk memberikan pembiayaan perawatan untuk nasabah sepanjang nasabah menjalani perawatan inap karena sakit tertentu. Jenis asuransi rawat inap ini akan menanggung seluruh biaya yang ada yang disebabkan selama rawat inap.

Dengan adanya asuransi rawat inap, kamu bisa memanfaatkan layanan kesehatan untuk pemulihan kondisi kesehatan kamu tanpa perlu mengkhawatirkan seberapa banyak biaya yang mungkin akan timbul sepanjang kamu menginap di rumah sakit.

2. Asuransi Rawat Jalan

Jenis asuransi kesehatan yang kedua adalah asuransi rawat jalan yang akan menanggung keseluruhan biaya yang ditimbulkan akibat proses perawatan secara berjalan yang nasabah alami. Tindakan non darurat yang tidak memerlukan opname akan membuat nasabah perlu untuk menjalani perawatan berjalan.

3. Asuransi Personal

Selanjutnya ada jenis asuransi personal yang hanya akan menanggung biaya kesehatan secara personalisasi saja. Asuransi ini hanya akan menanggung biaya medis bagi nasabah secara individu saja sehingga tidak akan meng-cover biaya kesehatan untuk keluarga atau pasangan.

4. Asuransi Kelompok

Asuransi jenis ini sering digunakan oleh perusahaan di mana biaya kesehatan yang ditanggung adalah untuk sekaligus satu kelompok. Perusahaan juga biasanya menanggung kesehatan karyawannya tidak hanya untuk karyawan itu sendiri tetapi juga sekelompok yaitu karyawan dan sekeluarganya.

5. Asuransi Swasta

Kemudian ada juga asuransi swasta di mana badan atau perusahaan yang menyediakan layanan asuransi kesehatan ini adalah badan swasta. Biasanya, premi asuransi kepada pihak perusahaan asuransi swasta jumlahnya penuh atau lebih tinggi daripada asuransi pemerintah. 

Namun jangan khawatir, kamu juga akan memperoleh fasilitas asuransi kesehatan yang optimal dan lebih luas sesuai dengan biaya premi yang kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan asuransi kesehatan tersebut. Tersedia pula variasi layanan yang lebih lengkap dan bisa kamu atur sesuai kebutuhan yang kamu miliki.

6. Asuransi Pemerintah

Jenis asuransi pemerintah merupakan asuransi yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah atau badan negara yaitu BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Asuransi ini sebagian biayanya akan disubsidi langsung oleh pemerintah sehingga nasabah hanya perlu membayar sebagian preminya saja.

Artikel Terkait Lainnya