beberapa tips olahraga kalau kamu sedang puasa

Saat berpuasa kamu juga disarankan untuk tetap melakukan olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. 

Namun ada tips olahraga saat puasa yang harus diketahui agar kamu tetap lancar berpuasa.

Tentunya dibutuhkan penyesuaian mengingat kondisi tubuh saat berpuasa tidak seperti biasanya. 

Agar kamu tetap bisa olahraga, silahkan ikuti beberapa tips olahraga saat puasa.

Saat berpuasa seseorang akan mengalami perubahan makna dan perubahan berbagai aktivitas. 

Berbagai perubahan ini terlihat dari pembatasan waktu makan, jam makan, dan pola tidur.

Perubahan yang terjadi akan membuat ritme aktivitas sehari-hari akan berubah secara drastis. 

Hal ini bisa menyebabkan performa fisik seseorang akan menurun. 

Penurunan performa sering dihubungkan dengan dehidrasi, kurang istirahat, asupan nutrisi, dan perasaan lemas.

Table of Contents

Apakah Olahraga Saat Puasa Baik?

Ya, olahraga saat sedang berpuasa sangatlah baik dan tetap dianjurkan.

Banyak orang bertanya tanya, apakah olahraga saat puasa baik? 

Pada saat seseorang berpuasa, pasti akan mengalami penurunan performa fisik. 

Adanya penurunan performa fisik, dibutuhkan keseimbangan antara kebutuhan rohani dan jasmani.

Demi menjaga performa tubuh, aktivitas olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. 

Sementara berpuasa sangat baik mengendalikan diri dalam menjalankan aktivitas yang lebih baik.

Jadi walau kamu dalam kondisi puasa, sangat dianjurkan untuk rutin berolahraga. 

Hal ini demi menjaga tubuh tetap berenergi dan tidak lemas selama menjalani ibadah puasa. 

Pada saat puasa tidak perlu melakukan aktivitas olahraga berat, kamu bisa memilih olahraga ringan saja.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap berolahraga saat puasa. 

Ada banyak manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan saat berpuasa seperti mempertahankan massa otot, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membaca lebih lengkapnya di blog Rey tentang 7 Manfaat Olahraga Saat Puasa.

Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Bugar

Pada saat melakukan ibadah puasa Ramadhan, disarankan kamu tetap melakukan olahraga secara rutin. 

Namun aktivitas olahraga yang dijalankan harus sesuai dengan kondisi tubuh.

Selama menjalankan puasa kamu tidak akan mendapatkan asupan makan dan minum selama 13 jam. 

Hal inilah yang membuat sebagian besar orang ragu untuk melakukan olahraga. 

Ada yang takut badanya lemas, haus, dan menyebabkan untuk membatalkan puasa.

Agar kamu tetap bisa melakukan ibadah puasa dan bisa berolahraga, silahkan untuk ikuti tips olahraga saat puasa berikut:

1. Memilih jenis olahraga yang tepat

Pada saat berpuasa disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan.

Olahraga ringan bisa kamu lakukan dalam durasi 30 menit dengan frekuensi 3 sampai 5 kali dalam 1 minggu.

Olahraga ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jasmani, menghilangkan stres, dan membantu percepat pembakaran kalori. 

Kalau ingin melakukan olahraga dengan intensitas berat bisa dilakukan setelah berbuka puasa.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang cocok dijalankan pada saat puasa?

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa:

  • Jalan santai
  • Bersepeda di sore hari
  • Jogging
  • Yoga
  • Latihan angkat beban
  • Renang
  • Naik turun tangga

Olahraga – olahraga di atas ini adalah olahraga ringan yang bisa membantu kamu tetap bugar di bulan Ramadan.

Baca juga: 5 Manfaat Paling Penting Pemanasan Sebelum Olahraga

2. Memilih waktu olahraga yang tepat

Pada saat berpuasa dan ingin melakukan aktivitas olahraga maka yang harus kamu lakukan adalah memilih waktu yang tepat. 

Hal ini bertujuan agar energi kamu tidak cepat habis saat berpuasa.

Lebih baik kamu lakukan olahraga mendekati waktu berbuka puasa. 

Sehingga saat energi yang digunakan olahraga mulia habis akan langsung tergantikan setelah berbuka. 

Selain itu jangan berolahraga di luar ruangan agar tidak alami dehidrasi.

3. Memenuhi asupan nutrisi

Tips olahraga saat puasa selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

Kamu bisa memenuhi asupan nutrisi pada saat sahur dan berbuka.

Usahakan untuk menyesuaikan porsi makanan, jangan sampai berlebihan atau kurang.

Kamu harus mengkonsumsi makanan yang seimbang seperti serat, karbohidrat, protein, dan lainnya.

Baca juga: Jangan Asal Makan, Ini 10 Menu Buka Puasa Sehat untuk Tubuh

4. Memenuhi asupan air putih yang cukup

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, kamu juga harus memenuhi asupan air putih. 

Pada saat puasa, disarankan untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari untuk menghindarkan resiko dehidrasi.

Pada saat berpuasa, disarankan untuk menghindari minuman seperti teh, soda, dan kopi. 

Mengingat minuman tersebut memiliki sifat diuretik karena akan membuat kamu lebih sering buang air kecil.

5. Perbanyak waktu untuk Istirahat

Kamu harus memperbanyak waktu untuk istirahat dan juga tidur kalau kamu ingin olahraga di bulan puasa. 

Tidur dan istirahat yang cukup akan mempengaruhi energimu untuk olahraga selama bulan puasa. 

Istirahat juga bisa membantu kamu menjalani puasa  tetap semangat.

Baca juga: 10 Cara Istirahat yang Baik untuk Kesehatan Kamu

Bahayakah Olahraga Saat Puasa?

Banyak orang bertanya-tanya melakukan olahraga di saat puasa itu bahaya atau tidak? 

Sebenarnya berolahraga pada saat berpuasa itu boleh dan aman-aman saja. asalkan kamu memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

“Melakukan olahraga di saat berpuasa itu diperbolehkan, asalkan jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh”, ungkap Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Marcellina Leonora.

Marcellina kemudian menambahkan bahwa durasi olahraga pada saat berpuasa tidak perlu berlama-lama. 

Kamu bisa lakukan olahraga ringan selama kurang lebih 30 menit sebelum berbuka puasa.

Apakah Boleh Olahraga Di Pagi Hari Saat Puasa?

Ibadah puasa jangan dijadikan sebagai penghalang kamu untuk melakukan olahraga.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. 

Melakukan olahraga saat puasa juga bisa dijadikan sebagai momen untuk menurunkan berat badan.

Agar aktivitas olahraga bisa berjalan dengan efektif selama berpuasa, kamu harus ikuti beberapa tips olahraga saat puasa

Nah, dengan ikuti tips diatas, kamu akan lebih mudah menjalankan ibadah puasa dan olahraga.

Waktu olahraga saat puasa menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan.

Memilih waktu olahraga yang tepat pada saat puasa bertujuan untuk meminimalisir hal buruk seperti dehidrasi.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan pilihan waktu olahraga yang tepat pada saat berpuasa. Diantaranya adalah:

1. Olahraga sebelum buka puasa

Olahraga sebelum berbuka sering kali dilakukan untuk membakar lemak lebih banyak.

Sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. 

Olahraga di sore hari saat perut kosong efektif menghilangkan lipatan lemak lebih banyak.

Setelah melakukan olahraga, kamu bisa bersiap untuk berbuka puasa. 

Sehingga tubuh akan tetap terpenuhi asupan nutrisinya untuk menggantikan energi yang hilang.

Pastikan untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Intinya jangan melakukan olahraga lebih dari 60 menit selama berpuasa.

2. Olahraga setelah sahur atau di pagi hari

Kamu juga bisa melakukan olahraga setelah sahur atau di pagi hari. 

Setelah sahur kamu masih memiliki banyak energi sehingga bisa melakukan olahraga. 

Pada intinya kamu boleh melakukan olahraga di pagi hari saat puasa namun dengan intensitas ringan.

Olahraga di pagi hari saat puasa, kamu harus pintar mengatur energi yang ada sampai waktu buka puasa. 

Olahraga di pagi hari sangat bagus untuk menjaga kebugaran jasmani dengan udara yang segar.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai beberapa tips olahraga saat puasa

Pada saat olahraga di bulan Ramadhan, kamu harus memperhatikan jenis olahraga dan waktunya agar hasilnya bisa maksimal.

Dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi karbohidrat dan protein agar memiliki energi yang banyak. 

Selain itu perbanyak minum air agar tidak dehidrasi.

Artikel Terkait Lainnya