manfaat jogging

Tidak seintens tapi sama-sama mempunyai manfaat olahraga lari, jogging bisa menjadi opsi yang tepat untuk kamu yang masih pemula. 

Jika masih memulai kebiasaan lari, kamu bisa mencoba dengan menuai berbagai manfaat jogging terlebih dahulu.

Sebelumnya, apa itu jogging?

Jogging merupakan sebutan untuk aktivitas lari di antara jalan santai dengan lari. Umumnya, jogging berada di bawah 10 km per jam, sementara lari sudah di atas 10 km per jam. 

Untuk membantu mengukur, kamu juga bisa menggunakan aplikasi jalan kaki. Pada umumnya, mereka sudah bisa mengukur seberapa cepat laju jalan kamu.

Lantas, apa sih manfaat jogging? Apakah serupa dengan manfaat jalan kaki?

13 manfaat jogging setiap hari bagi kesehatan kamu

1. Mengurangi risiko infeksi

Jogging dapat membantu merangsang terbentuknya limfosit dan makrofag, yaitu sel darah putih yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri dan virus. Karena itu, orang yang mempunyai kebiasaan jogging pun akan lebih kuat terhadap infeksi virus, seperti flu atau batuk pilek.

2. Lebih sehat bagi jantung

Sebagai salah satu jenis olahraga kardio, jogging juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sama seperti lari, jogging bisa membantu mengurangi risiko penyakit, seperti: 

  • Kolesterol tinggi;
  • Kadar glukosa yang tinggi; atau
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Dengan menghindari tiga kondisi ini, risiko untuk mengalami penyakit yang lebih serius pun, seperti diabetes, serangan jantung, stroke, atau jenis penyakit jantung lainnya pun bisa terhindari.

3. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes bisa terjadi karena adanya penurunan resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri adalah sebuah kondisi dimana sel tubuh tidak lagi peka terhadap insulin, sehingga kadar gula dalam darah tidak lagi terkontrol. 

Untungnya, beberapa studi menemukan bahwa jogging setiap hari bisa menurunkan risiko munculnya kondisi ini. Kemungkinan, hal ini terjadi karena jogging ampuh dalam menghilangkan lemak tubuh yang bisa menyebabkan adanya resistensi insulin.

4. Lebih baik untuk paru-paru

Ketika jogging, kapasitas bernapas kita pun menjadi lebih tinggi. Hal ini bagus sebagai latihan untuk setiap otot pada sistem pernapasan tubuh, terutama pada paru-paru. 

Karena jogging membuat jantung berdetak lebih kencang dan aliran darah lebih lancar, otomatis oksigen yang kamu ambil dan karbondioksida yang kamu buang pun lebih banyak. Dengan begitu, kerja sistem pernapasan pun jadi jauh lebih produktif dan efisien.

5. Meningkatkan kualitas tidur kamu

Secara umum, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Sebuah studi oleh Journal of Adolescent Health menyatakan hanya 30 menit saja bisa meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi rasa kantuk di siang hari.

Selain itu, sebuah penelitian lainnya menyatakan orang yang biasanya kekurangan tidur, yaitu di bawah 6.5 jam, akan bisa tidur 75 menit lebih lama per malamnya jika jogging dengan teratur. 

6. Mengurangi risiko stres

Tidak hanya kesehatan fisik, jogging pun baik untuk kesehatan mental kamu. Jogging sendirian adalah bagian dari cara gaya hidup sehat yang dapat membantu kamu menenangkan dan menjernihkan pikiran, sehingga risiko untuk stres pun berkurang. 

Hal ini disebabkan karena jogging membantu kamu untuk bisa lebih sadar (mindful) akan kondisi sekitar kamu, seperti napas kamu, langkah kaki, dan rute jalan yang akan kamu ambil. Dengan begitu, pikiran kamu pun tidak kemana-mana dan menikmati masa kini.

7. Mengurangi risiko penyakit mental

Ketika kamu stres berkepanjangan, ada sebuah hormon yang menjadi tinggi diproduksi tubuh. Hormon ini disebut kortisol dan jika terlalu banyak bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental dan gejala fisiknya, seperti: 

  • Depresi;
  • Rasa cemas berlebih (anxiety); 
  • Masalah ingatan dan konsentrasi;
  • Susah tidur atau insomnia;
  • Sakit kepala;
  • Masalah pencernaan;
  • Naiknya atau turunnya berat badan.

Karena itu, untuk menghindari masalah ini, kortisol bisa kamu jaga dengan olahraga teratur. Sebagai salah satu olahraga yang tergolong simpel, kamu pun bisa memilih jogging!

8. Melatih otot tubuh bagian bawah

Untuk bisa menumpu berat badan dalam kecepatan jogging, tentunya kamu menstimulasi kerja otot tubuh bagian bawah. Otot kamu pun bisa menjadi lebih kuat. Terutama di bagian betis, pantat, hingga otot paha.

9. Menjaga berat badan

Olahraga kardio, tidak peduli jalan kaki, jogging, atau lari, bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif. 

Tidak hanya melatih otot, jogging juga bisa menguras energi dan membakar kalori kamu. Hanya setengah jam jogging saja sudah sama dengan 300 kalori. Kamu pun bisa jogging yang teratur untuk mempertahankan berat badan kamu yang sekarang.

10. Memperlambat penyusutan tulang belakang

Ketika kamu sudah mulai menua, bantalan tulang belakang kamu mengalami penyusutan. Ternyata penyusutan ini akan menjadi lebih cepat jika kamu tidak berolahraga secara teratur. Posisi duduk bahkan bisa memberi tekanan berat pada bantalan tersebut. 

Orang-orang yang gemar jogging pun bisa mempunyai bantalan yang lebih fleksibel dan tinggi dibandingkan mereka yang jarang bergerak.

11. Membuat kamu lebih pintar

Walau terkesan tidak menggunakan otak, tapi perkembangan otak pelari lebih cepat dibanding mereka yang jarang beraktivitas fisik. Sebuah penelitian neurobiologi yang berfokus pada kerja otak mendapati bahwa beberapa area otak lebih terhubung ketika berlari. Contohnya saja ingatan, multitasking, fokus, membuat pilihan, dan memproses informasi visual dan sensorik lainnya.

12. Memperlambat efek penuaan

Ketika jogging, tubuh mendapat oksigen yang lebih banyak dan aliran darah yang lebih lancar. Pada kulit, efeknya pun lebih menyehatkan. Karena itu, jogging secara teratur bisa membuat kulit kamu lebih kencang dan tanpa keriput.

13. Berumur lebih panjang

Ketika kamu melakukan jogging, kamu bisa mengurangi berbagai macam risiko penyakit, baik penyakit menular maupun kritis berbahaya, seperti diabetes, hipertensi, dan lainnya.  Otomatis, dengan ini pun kamu memperpanjang hidup kamu sehingga berumur panjang.

Tips jogging untuk bantu kamu terbiasa lari

Memang ada berbagai macam manfaat jogging untuk kesehatan fisik dan mental. Karena itu, cobalah untuk bisa memulai jogging secara rutin. 

Namun, pastikan kamu tahu cara jogging yang benar dan tepat untuk kamu. Belajar untuk melacak detak jantung dan langkah kaki. Dengan begitu, kamu pun tidak terlalu memaksa kerja otot jantung dan kaki yang masih belum terbiasa.

Kamu pun bisa mencoba mencatat dan mengukur hasil jogging kamu dengan teknologi. Baik itu menggunakan smartband atau Google Fit, kamu pun jadi bisa mengukur apakah olahraga kamu sudah cukup dalam minggu ini.

Belum punya smartband?

Tidak masalah. Sebagai Member Rey, dapatkan Xiaomi Mi Band 5 dan voucher kelas olahraga DOOgether gratis untuk bantu mulai hidup sehat kamu! [Penawaran Terbatas]

Artikel Terkait Lainnya