Ada 7 Manfaat Buah Sirsak, Efek Sampingnya Bagaimana?

Ada 7 Manfaat Buah Sirsak, Efek Sampingnya Bagaimana?
Yosephine
Yosephine
May 29, 2021
6 menit membaca

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan yang namanya buah sirsak. Namun tidak hanya enak, ternyata ada berbagai macam manfaat buah sirsak untuk kesehatan. 

Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, buah yang satu ini merupakan salah satu bahan obat herbal atau tradisional. Mulai dari virus, pereda nyeri, dan kondisi atau penyakit lainnya. Namun, apa manfaat itu benar? 

Jika ya, apa ada efek sampingnya? 

Daripada penasaran, langsung simak aja yuk artikelnya!

Mengenal Buah Sirsak

Buah sirsak itu berwarna hijau dan berduri. Namun, teksturnya lembut dengan rasa yang asam menyerupai beri-berian dan nanas. 

Banyak bagian sirsak yang dapat kamu gunakan sebagai obat alami. Mulai dari buah, daun, bahkan batangnya. Selain dikonsumsi mentah, sirsak pun dapat dimasak atau dioles pada kulit.

Buah sirsak bisa dipakai sebagai obat apa?

Buah dan daun sirsak sering dipakai sebagai obat herbal. Terutama untuk menyembuhkan atau meredakan gejala dari: 

  • Demam
  • Infeksi parasit;
  • Masalah pencernaan;
  • Kekurangan darah atau anemia;
  • Tekanan darah tinggi; atau
  • Rematik. 

Daun sirsak juga bisa dipakai sebagai obat pereda nyeri. Kalau kamu seduh dengan air panas atau ditaruh di dalam bantal, daun sirsak juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur.

Baca juga: 10+ Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Nutrisi Buah Sirsak

Termasuk buah yang bagus untuk diet, kalori sirsak hanya 66 kcal per 100 gramnya. 

Tidak hanya itu, dalam 100 gram buah sirsak pun mengandung:

  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 16.8 gram
  • Serat: 3.3 gram
  • Vitamin B1: 5%*
  • Vitamin C: 34%*
  • Potasium: 8%*
  • Magnesium: 5%*

*Persentase pada reference dietary intake, yaitu acuan seberapa banyak asupan gizi harian yang diperlukan.

Selain itu, sirsak pun mengandung sejumlah vitamin B2, vitamin B3, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, zinc, dan tembaga.

Cek Kesehatan Sekarang Gak Ribet, Bisa Online dengan Aplikasi Rey. Manfaat Rawat Jalan Lengkap!
Mulai dari Rp 69-ribuan per bulan

7 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

7 manfaat buah sirsak untuk kesehatan berdasarkan penelitian

 

Berikut adalah 7 manfaat sirsak untuk kesehatan menurut penelitian terbaru.

1. Menjaga Kesehatan Tubuh secara Menyeluruh

Karena memiliki zat antioksidan yang tinggi, buah sirsak dapat menjaga kesehatan tubuh kamu secara menyeluruh. Guna dari zat antioksidan ini adalah untuk melindungi tubuh kamu dari radikal bebas.

Vitamin C sendiri adalah salah satu contoh zat antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Satu buah sirsak pun mempunyai sekitar 215% dari rekomendasi asupan harian Vitamin C.

Selain itu, buah dan daun sirsak juga mengandung zat antioksidan lain. Mulai dari fitosterol, tanin, hingga flavonoid. Karena itu, perlindungan kesehatan tubuh kamu pun meningkat secara menyeluruh.

2. Baik untuk Pencernaan

Satu buah sirsak mengandung serat yang cukup banyak, yaitu sekitar 83% dari rekomendasi asupan harian. Serat ini berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan kamu. Selain itu, serat juga bisa mencegah risiko masalah pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit.

3. Berpotensi Menyembuhkan Radang 

Peradangan adalah suatu respons imun tubuh yang wajar terhadap infeksi atau luka. Namun, jika peradangan terlalu serius atau parah, maka dapat menyebabkan munculnya penyakit juga.

Karena zat antioksidan dapat melawan radikal bebas, kerusakan pada sel tubuh pun berkurang. Hal ini menyebabkan berkurangnya risiko peradangan, yang menjadi efek samping dari kerusakan sel tubuh.

Dua penelitian pada tikus menunjukkan bahwa sirsak berhasil menurunkan risiko bengkak hingga 37% dan juga meringankan peradangan.

Namun, fungsi buah sirsak sendiri dalam menyembuhkan radang masih belum kuat

Karena belum ada penelitian pada manusia yang menunjukkan bukti konkrit bahwa sirsak memang menyembuhkan radang. 

Baca juga: 10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Ilmiah

4. Berpotensi Mengontrol Gula Darah

Gula darah tinggi biasanya menjadi pertanda penyakit diabetes yang berbahaya. Efek sampingnya pun bisa merambah menjadi penyebab obesitas, penyakit jantung, hingga stroke.

Untungnya, beberapa studi menemukan bahwa sirsak sendiri berpotensi mengurangi atau setidaknya menstabilkan kadar gula darah yang tinggi dalam darah. 

Namun, perlu diingat bahwa penelitian baru dilakukan pada tikus dengan diabetes, di mana kadar gula darah menjadi 5 kali lebih rendah dan berkurang hingga 75%. 

Pada manusia, efeknya mungkin tidak seekstrim ini dan belum ada penelitian lebih lanjut. Namun, sirsak pun berpotensi sebagai salah satu diet bagi penderita diabetes.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit jantung, serangan jantung, hingga stroke. Salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi adalah tingginya asupan garam atau sodium.

Sirsak sendiri mengandung potasium yang membantu tubuh mencerna sodium berlebih, serta merilekskan dinding pembuluh darah. Riset dari jurnal Pharmaceutical Biology pun menyimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengontrol tekanan darah dengan sedikit atau bahkan tidak ada efek dalam kenaikan detak jantung.

6. Berpotensi Melawan Kanker 

Beberapa studi menunjukkan bahwa sirsak berpotensi melawan kanker. Sirsak sendiri kaya akan senyawa annonaceous acetogenin (AGE) yang dapat melawan senyawa nikotinamida adenina dinukleotida pada membran sel kanker.

AGE dalam sirsak ini pun terbukti “beracun” bagi sel kanker payudara. Selain itu, studi pun menunjukkan hasil positif bagi jenis kanker lainnya, seperti:

  • Kanker darah (leukimia)
  • Kanker kulit
  • Kanker pankreas
  • Kanker usus
  • Kanker hati
  • Kanker paru-paru

Menurut Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, manfaat buah sirsak untuk laki-laki juga diyakini ada, karena ampuh melawan kanker prostat. Ekstrak senyawa AGE berhasil mengecilkan ukuran kanker prostat dalam tikus.

Namun, penting untuk kamu ketahui adalah khasiat sirsak untuk kanker ini masih belum pasti. Karena sejauh ini, belum ada penelitian langsung pada pasien kanker yang mengkonsumsi sirsak.

Selain itu, konsumsi sirsak berlebih demi melawan kanker juga tidak disarankan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan efek samping dari acetogenin yang berlebihan sudah berpotensi neurotoksik (keracunan pada sistem saraf) dan dapat menyebabkan rambut rontok dan turunnya sistem imun tubuh.

Tentunya efek samping keracunan ini tergantung pada di mana dan kapan buah dipanen. Karena itu, penderita kanker dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan obat tradisional atau herbal. 

Baca juga: Terbukti Secara Ilmiah, Ini 10+ Manfaat Jahe untuk Kesehatan

7. Membantu Melawan Bakteri Tertentu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak mungkin bersifat anti-bakteri. Pada penelitian-penelitian ini, intisari dari sirsak berhasil membantu melawan bakteri, antara lain:

  • Penyakit pada gusi (seperti radang gusi)
  • Gigi berlubang
  • Bakteri Vibrio cholerae (penyebab kolera)
  • Bakteri Staphylococcus (penyebab infeksi kulit)

Kamu perlu tahu bahwa, sama seperti penelitian manfaat sirsak untuk kanker, penelitian ini masih dalam tabung reaksi. Karena itu, perlu riset lebih lanjut mengenai manfaat sirsak yang satu ini.

Efek Samping Buah Sirsak

mengenal efek samping buah sirsak untuk tubuh dan kesehatan

Setelah tahu apa saja manfaat sirsak bagi tubuh, kita juga perlu tahu bahwa buah sirsak juga mempunyai kekurangan. Berikut adalah efek samping buah sirsak:

  • Penyebab gejala serupa penyakit Parkinson.
  • Penurunan drastis pada tekanan darah atau kadar gula, terutama jika konsumsi bersamaan dengan obat hipertensi atau diabetes. 
  • Biji sirsak mengandung senyawa beracun.

Maka dari itu, kamu pun juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah sirsak. Pastikan kamu tidak memakan secara berlebihan, sudah berkonsultasi dengan dokter atau dokter online sebelum konsumsi, serta membuang biji sirsak.

Apakah buah sirsak aman untuk lambung? 

Tentu saja! Bahkan sirsak bisa meredakan gejala asam lambung atau maag. 

Karena kandungan serat yang tinggi, buah sirsak bisa membantu pencernaan dan mengurangi radang akibat asam lambung. 

Sebuah penelitian dari Journal of Pharmacy and Pharmacology yang dilakukan pada binatang juga mendapati bahwa ekstrak sirsak bisa menyembuhkan tukak lambung.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Namun, penting bagi kita untuk mengetahui efek samping buah sirsak juga. Dengan begitu, kita bisa menjaga kesehatan secara seimbang dan bukannya konsumsi sirsak secara berlebih.

Yuk Download aplikasi Rey.id. Agar kamu lebih tau fungsi asuransi dan manfaat asuransi serta konsultasikan kesehatan kamu Sekarang Juga!

Tags
Yosephine
Yosephine

Yos adalah penulis artikel SEO dengan pengalaman menulis lebih dari tiga tahun. Dia menguasai berbagai topik, termasuk gaya hidup, kesehatan, personal finance, dan asuransi. Selain daripada penulisan artikel SEO, Yos juga mempunyai pengalaman menulis dalam copywriting dan UX writing.

Kembali
Rekomendasi Artikel
May 26, 2023
7 Manfaat Vitamin B Complex untuk Wanita

Vitamin B complex merupakan kelompok vitamin yang terdiri dari delapan jenis vitamin B yang berbeda....

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
6 menit membaca
March 7, 2023
Termasuk Superfood, 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.  Alpukat sendiri berasal dari...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
6 menit membaca
November 29, 2023
Dianjurkan, 10 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita DBD

Demam Berdarah (DBD) merupakan penyakit yang disebarkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Untuk...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca