manfaat minum susu sebelum tidur

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi untuk tubuh kita. Tanpa diragukan, manfaat susu pun juga banyak. Namun, apakah benar manfaat minum susu sebelum tidur lebih banyak?

Sebelumnya, memang apa manfaat susu?

Sebenarnya kapan pun kamu meminumnya, susu tetap banyak manfaatnya. Susu memiliki kandungan protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang. 

Kemudian, kandungan gizinya pun penting seperti mempunyai: 

  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Riboflavin
  • Vitamin A
  • Vitamin B12
  • Vitamin D

Dan masih banyak lainnya. Walau demikian, ada waktu yang lebih tepat juga untuk minum susu. Dengan begitu, manfaat susu yang kamu dapat bukan hanya sekedar pemenuhan gizi, tapi juga manfaat kesehatan lainnya.

6 manfaat minum susu sebelum tidur

Banyak orang menganggap minum susu, terutama susu hangat, bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Apakah benar? Lalu, apakah itu saja? Berikut 6 manfaat minum susu sebelum tidur!

1. Tidur lebih cepat dan pulas

Susu mempunyai dua zat penting yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur. Kedua zat ini bernama triptofan dan melatonin. 

Triptofan sendiri adalah sebuah senyawa asam amino yang bisa memicu serotonin. Hal ini membantu kamu lebih rileks dan siap untuk tidur. Sementara itu, melatonin adalah hormon yang menentukan waktu atau jam tidur. Umumnya melatonin bisa terpicu sendiri oleh kegelapan, tapi susu membantu menambah melatonin ini.

Dengan begitu, minum susu hangat bisa menjadi cara agar cepat tidur. Apa kamu sudah coba?

2. Mempunyai efek yang menenangkan

Beberapa ahli berpendapat bahwa susu juga punya dampak baik untuk psikologi, yaitu membantu kamu lebih tenang. Pertama, ada kemungkinan meminum susu sebagai rutinitas sebelum tidur bisa memberi tanda bagi tubuh bahwa ini sudah waktunya beristirahat. 

Kedua, ada teori yang mengatakan bahwa susu hangat mengingatkan kita pada masa kecil. Hal ini membawa suatu perasaan menenangkan kepada otak, bahwa kita aman dan sudah waktunya tidur. Dengan begitu, tertidur pun menjadi lebih mudah. 

Bagaimana pun juga, masih perlu dibutuhkan bukti penelitian lebih lanjut. Terutama penelitian pada manusia.

3.  Menurunkan tingkat stres

Karena susu membuat efek tenang, tentunya hal ini bisa membantu menurunkan tingkat stres. Sebuah protein yang disebut lactium menurunkan tekanan darah dan tingkat kortisol yang mempengaruhi stres.

4. Mencukupi kebutuhan air kamu di malam hari

Tidak hanya siang hari, kamu pun juga butuh mencukupi kebutuhan minum kamu di malam hari. Untungnya, susu cukup berguna untuk mengurangi risiko dehidrasi. 

Umumnya orang meminum air untuk menghidrasi tubuh. Tetapi air tidak mempunyai elektrolit-elektrolit penting untuk keseimbangan cairan tubuh. Susu mempunyai elektrolit ini.

Dalam penelitian di tahun 2007 dan 2015, susu termasuk cairan yang sangat baik untuk hidrasi. Bahkan lebih baik dan efektif dibandingkan air putih. Karena itu, jika kamu memiliki ciri-ciri dehidrasi, biasakan untuk minum segelas susu sebelum tidur.

Sering Lupa Minum Air? ReyFit Hydration Aja!

5. Mengatasi rasa lapar di malam hari

Walaupun hanya cairan, tapi susu bisa mengatasi rasa lapar kamu. Hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk memuaskan rasa lapar. Dengan begitu, tidur kamu pun tidak terganggu.

6. Menambah energi ketika bangun

Karena tidur memakan waktu yang lama, terkadang tubuh kita menjadi kekurangan asupan makanan.

Meminum susu bisa mencukupi asupan gizi yang hilang selama tidur, sehingga energi kamu tidak terkuras ketika bangun.

Jadi, mending minum susu di malam hari?

Manfaat susu memang tidak diragukan lagi. Namun, kamu tidak harus minum susu di malam hari. Selama kamu masih bisa memenuhi kebutuhan air, tahu cara rileks di malam hari, serta merasa berenergi di pagi hari, kamu tidak perlu melakukannya. 

Selain itu, bagi kamu yang mempunyai lactose intolerance, yaitu kondisi dimana tubuh tidak punya toleransi terhadap susu dan produk turunannya, ada baiknya kamu tidak minum susu sama sekali. 

Dengan kata lain, ketahui sendiri apakah kamu memerlukan manfaat susu dan cocokan dengan kondisi kesehatan fisik dan mental kamu. Jika kamu bingung, kamu pun bisa konsultasi chat dokter terlebih dahulu di Rey secara gratis. 

Apa sih manfaat Membership Rey? 

✔️ Pemeriksaan Dokter Umum Offline GRATIS

✔️Pemeriksaan Gejala Berbasis AI SEPUASNYA

✔️ Telekonsultasi Chat dengan Dokter Umum SEPUASNYA

✔️ Penebusan Resep Obat dari Dokter GRATIS

Sebagai Member Tahunan Rey, kamu juga berkesempatan mendapatkan Xiao Mi Band 5 dan kelas online gym DOOgether selama 3 bulan secara gratis! Yuk Cari tahu Manfaat asuransi Bersama Rey.id.

Daftar Sekarang, Rasakan Manfaatnya!

Artikel Terkait Lainnya