manfaat minum air putih sebelum tidur

Banyak orang yang masih melupakan pentingnya untuk minum yang cukup. Padahal akibat kurang minum air putih sudah jelas. Bahkan, kadang kita lupa minum dan baru minum saat malam hari saja sebelum tidur. Lantas, apa saja sih manfaat minum air putih sebelum tidur?

Apakah benar manfaat ini bebas dari risiko? Yuk, cari tahu jawabannya!

Berapa Banyak Air yang Harus Kamu Minum Setiap Hari? Yuk, Hitung dengan Hydration Calculator

8 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Berikut adalah 8 manfaat minum air putih sebelum tidur yang bisa kamu coba sendiri.

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Menurut Direktorat P2PTM Kemenkes RI, manfaat minum air putih sebelum tidur antara lain adalah mencegah dehidrasi. Terutama mengingat kita tidur dalam waktu yang cukup lama, yaitu 8 jam, maka ada kemungkinan tubuh kamu kekurangan cairan.

Minum sebelum tidur dapat mencegah masalah dehidrasi ini dan menjaga imun tubuh kita agar tidak gampang terinfeksi zat asing saat tidur. Selain itu, organ pun jadi bisa bekerja dengan baik selama tidur.

2. Suasana Hati Membaik

Salah satu ciri-ciri dehidrasi adalah suasana hati memburuk. Terkadang, kita pun bisa jadi kekurangan cairan ketika tidur yang berakibat pada suasana hati yang buruk di pagi hari.

Untuk mencegah hal ini, kamu bisa memastikan tubuh mempunyai cukup cairan dengan minum segelas air sebelum tidur.

3. Membersihkan Racun

Minum air putih, terutama air hangat, dapat menjadi salah satu cara membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Biasanya air adalah cara tubuh kita mengantar ampas tak terpakai ke ginjal dan hati, untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, air hangat juga meningkatkan peredaran darah dan keringat. Dengan berkeringat, kamu bisa mengeluarkan garam atau racun berlebih dari kulit, serta membersihkan sel kulit tubuh yang mati.

4. Menjaga atau Mengurangi Berat

Manfaat minum air putih sebelum tidur selanjutnya adalah menjaga atau bahkan mengurangi berat badan. Dampak air putih yang cukup pada berat, antara lain:

  1. Air membantu kita dalam mengatasi rasa lapar pada malam hari, serta
  2. Meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Inilah salah satu alasan kenapa diet air putih mungkin menjadi salah satu cara diet yang cocok untuk kamu. Namun, kamu juga tetap tidak boleh kebanyakan minum air putih tanpa menghiraukan makanan ya.

5. Pencegahan Pusing Ketika Terbangun

Mengingat otak terdiri dari 80 persen air, kekurangan cairan ketika bangun pun bisa menyebabkan masalah. Mulai dari pusing hingga sulit konsentrasi. 

Karnea dari itu, manfaat minum air putih sebelum tidur berguna untuk memastikan kepala tidak terasa pusing saat bangun.

6. Laju Metabolisme Naik

Terutama air putih hangat dapat menaikkan laju metabolisme hingga 30 persen. Hal ini dapat berdampak positif, antara lain:

  • Mencegah naiknya berat badan;
  • Memuaskan rasa lapar atau haus;
  • Menyingkirkan racun dalam tubuh.

7. Tubuh Lebih Rileks

Meminum satu gelas air hangat sebelum tidur dapat melebarkan saluran pembuluh darah. Hal ini menyebabkan lancarnya peredaran darah yang dapat membantu kamu untuk merasa lebih rileks. 

Tentunya dengan perasaan rileks ini, kamu pun jadi lebih mudah untuk tertidur. Kualitas tidur yang kamu rasakan pun jadi lebih baik.

8. Mendukung Pencernaan

Proses pencernaan sangat bergantung dari pasokan air yang kamu miliki dalam tubuh, mulai dari penyerapan gizi tubuh hingga memberikan air pada feses.

Jika kamu menggunakan air hangat, maka air tersebut juga dapat membantu proses pelarutan makanan. Dengan begitu, kerja lambung dan usus kamu pun lebih ringan, walaupun hanya sedikit.

Risiko Minum Air Putih Sebelum Tidur

Walau ada berbagai macam manfaat minum air putih sebelum tidur, kamu tetap butuh tahu risiko dari minum air putih sebelum tidur.

Risiko ini adalah risiko terganggunya tidur karena perlu buang air kecil. Fenomena ini juga disebut sebagai nokturia.

Baca Juga: 11 Makanan Jadi Pantangan Asam Urat, Waspada!

Bahaya Nokturia

Nokturia dapat menyebabkan kamu kekurangan tidur. Akibatnya pun buruk untuk kesehatan kamu, antara lain meningkatkan risiko:

  • Stroke;
  • Kolesterol;
  • Tekanan darah tinggi;
  • Penyakit jantung;
  • Berat badan naik;
  • Susah konsentrasi atau fokus;
  • Dementia;
  • Depresi;
  • Gangguan suasana hati.

Jadi, Kapan Jadwal Minum Air Putih yang Bagus?

Ada berbagai jenis manfaat minum air putih sebelum tidur. Namun, kalau kamu minum terlalu banyak, maka dampaknya juga bisa buruk pada kesehatan kamu.

Karena itu, ada baiknya jika kamu tidak menunda untuk minum air di malam hari saja. Coba untuk minum 1-2 gelas setelah bangun, 1 gelas sebelum dan sesudah makan, serta 1 gelas lagi sebelum tidur.

Ingin tahu berapa jumlah air yang cukup khusus untuk kamu? Cek kamu minum air putih sehari berapa liter dengan kalkulator air putih Rey!

Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan manfaat minum air putih sebelum tidur, tanpa mengalami risiko nokturia. Selain itu, kamu pun dapat mencegah risiko dehidrasi saat tidur dengan:

  • Memakai AC di malam hari untuk mencegah keringat yang berlebih;
  • Jam tidur yang cukup dan konsisten;
  • Kurangi minum kopi atau teh hingga 10 jam sebelum tidur.

Artikel Terkait Lainnya