manfaat minum air hangat setiap hari

Beberapa orang meyakini bahwa ada banyak manfaat minum air hangat setiap hari untuk kesehatan. Mulai dari meredakan gejala hingga mengurangi risiko penyakit. Lantas, apa benar khasiat minum air hangat lebih banyak daripada air dingin?

Lalu, apakah ada efek samping minum air hangat yang berbahaya bagi kesehatan?

Daripada kamu penasaran, mendingan baca artikelnya dulu yuk!

10 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Walau terlihat simpel, tapi kebiasaan minum air hangat setiap hari mempunyai beberapa manfaat. Berikut adalah 10 khasiat minum air hangat bagi kesehatan kamu.

1. Mengurangi Dahak

Air hangat biasanya mengeluarkan uap panas. Jangankan minum, menghirupnya saja kamu sudah bisa meredakan gejala tersumbatnya hidung dan sakit kepala akibat sinus. 

Nyatanya air hangat bisa menghangatkan daerah hidung dan tenggorokan sehingga dahak yang kental pun jadi lebih cair. 

Sebuah penelitian di tahun 2008 juga menunjukkan bahwa meminum minuman hangat apapun, seperti teh tawar atau air putih, bisa meredakan gejala batuk pilek. Misalnya seperti radang atau sakit tenggorokan dan merasa lelah.

2. Memperlebar Pembuluh Darah

Minum atau mandi dengan air hangat dapat memperlebar pembuluh darah. Kenapa bisa begitu? 

Karena tubuh kita ingin menjaga suhu tubuh tetap stabil. Jika suhu di luar tubuh panas, maka tubuh akan mengeluarkan energi panas berupa keringat supaya suhu tubuh tidak tinggi. 

Pada saat ini terjadi, pembuluh darah membesar untuk memberikan lebih banyak energi panas ke lingkungan sekitar. 

Efeknya? Aliran darah lebih lancar karena lebarnya pembuluh darah, serta membuat otot kamu terasa lebih rileks. Kamu pun bisa mengurangi risiko terkena berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Manfaat minum air putih sebelum tidur juga termasuk membantu kamu lebih rileks setelah beraktivitas, serta manjur sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur.

3. Mencegah Risiko Stres

Manfaat minum air hangat tidak sebatas membantu rileks, tapi membantu kesehatan mental. Nyatanya, air hangat juga bisa menenangkan pikiran dan sistem saraf kita. 

Hal ini berguna untuk: 

  • Mengatasi kepanikan;
  • Meredakan nyeri otot dan kram;
  • Mempengaruhi fungsi kerja otak;
  • Meningkatkan suasana hati;
  • Mengatasi rasa cemas dan stres.

Karena itu, memenuhi kebutuhan minum air dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hati kamu.

4. Memperlancar Proses Pencernaan

Proses pencernaan mengandalkan gerakan peristaltik untuk menyerap makanan dan membuang sisa yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tidak ada air untuk membantu gerakan usus, maka makanan pun akan lebih sulit dicerna. 

Masalah pencernaan, seperti sembelit, pun sering datang sebagai akibat kurang minum air putih. Karena itu, air hangat pun bisa memberikan kehangatan yang memicu gerakan peristaltik, serta menambah melunakkan ampas makanan sehingga lebih mudah dibuang.

Beberapa teori juga mengatakan bahwa air hangat dapat menghancurkan makanan dengan lebih efektif, sehingga air hangat lebih efektif dalam membantu sistem pencernaan. Namun, memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk masalah ini.

5. Mendetoks Tubuh

Tidak harus mahal lho! Proses detoksifikasi, atau pengeluaran racun dari tubuh, juga bisa kamu lakukan dengan sesimpel membiasakan minum air hangat setiap hari.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minum air hangat memicu keluarnya keringat. Keringat sendiri berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh, serta memastikan pori-pori kulit kamu tetap bersih.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, dengan minum air hangat setiap hari, kamu bisa lebih mudah untuk menurunkan berat badan. 

Ketika kamu minum air hangat, suhu tubuh pun otomatis turun. Hal ini memicu kerja metabolisme tubuh kamu. Alhasil, kamu pun bisa membakar kalori lebih cepat. 

Tentunya, minum air hangat saja tidak bisa membuat berat badan kamu turun begitu saja. Kamu juga tetap perlu melakukan olahraga secara rutin untuk membakar kalori yang menumpuk. 

7. Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid pada umumnya datang karena perut yang kram ketika menstruasi berlangsung. Mengingat air hangat dapat membantu otot lebih rileks, gejala nyeri haid saat menstruasi pun bisa teratasi. 

8. Menyehatkan Gigi

Air hangat mempunyai efek yang lebih baik untuk kesehatan gigi. Kerja gigi pun jadi lebih mudah dengan dibantu air hangat yang membantu memecah makanan saat dikunyah. 

Sementara itu, air dingin sering menyebabkan lepasnya tambalan gigi. Namun, di sisi lain, pastikan air kamu juga tidak terlalu panas. Air bersuhu ekstrim, baik terlalu panas atau dingin, itu sama-sama tidak baik untuk kesehatan gigi. 

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut juga terdiri dari sekitar 10-15% air. Karena itu, mendapatkan air yang cukup itu sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut. 

Air hangat sendiri memberikan energi panas yang baik untuk rambut yang memperlebar aliran darah di bawah folikel rambut. Biasanya hal ini mendukung daya tumbuh rambut sehingga lebih kuat dan cepat.

Meminum air hangat juga mengurangi risiko dehidrasi yang mengakibatkan kulit kepala kering dan ketombe.

10. Mencegah Keriput & Jerawat

Mengingat air hangat memicu keringat, pori-pori kulit wajah dan tubuh pun cenderung lebih terbuka. Hal ini mengurangi risiko tersumbatnya pori-pori yang menyebabkan jerawat. 

Kulit yang lembab pun lebih sedikit mengeluarkan minyak. Alhasil, faktor risiko penyebab jerawat pun berkurang. 

Selain itu, kulit yang tidak kering juga cenderung untuk lebih bisa mempertahankan kekenyalan kulit, sehingga kulit terlihat lebih kencang dan awet muda.

Lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel di blog Rey tentang kebiasaan yang membuat awet muda lainnya untuk membantu mencegah keriput & jerawat yang bisa muncul.

Efek Samping Minum Air Hangat, Apakah Bahaya?

Sejauh ini, belum ada efek samping minum air hangat yang berbahaya. Namun, memang suhu air pun tidak boleh terlalu panas. Jika air minum terlalu panas, maka bisa merusak atau membakar jaringan di sekitar gigi, mulut, lidah, dan kerongkongan. 

Selain itu, jika fokus kamu adalah untuk rehidrasi atau mengembalikan air yang hilang setelah mengalami dehidrasi, ada baiknya jika menggunakan air dingin, bukan air hangat.

Yang Penting...?

Yang terpenting adalah kamu mencukupi kebutuhan minum air kamu hari ini. Perlu kamu ketahui bahwa kebutuhan minum air setiap orang pun berbeda. Karena itu, cari tahu kamu perlu minum air putih sehari berapa liter melalui pelacak dehidrasi Rey! 

Artikel Terkait Lainnya