Pantangan Asam Urat

Istilah medis untuk asam urat adalah gout. Asam urat dimetabolisme dalam tubuh secara alami, namun kadarnya bisa meningkat jika terjadi gangguan metabolisme. Ketika sudah terjadi kelebihan kadar asam urat, kamu harus menghindari berbagai makanan yang menjadi pantangan asam urat berikut.

Lebih Dalam tentang Asam Urat

Asam urat adalah zat sisa yang dihasilkan oleh tubuh dari proses metabolisme senyawa bernama purin. Terdapat makanan dan minuman yang memang sudah mengandung senyawa purin, seperti daging, hati, makanan laut, dan beberapa jenis sayuran.

Dalam jumlah yang normal, asam urat sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Namun jika kristal asam urat yang menumpuk di jaringan tubuh jumlahnya berlebih, itu bisa mengakibatkan peradangan pada sendi. Pada tahap kronis, penumpukan gout ini bahkan bisa membuat fungsi ginjal menurun dan membentuk batu ginjal.

Ciri-ciri asam urat yang berlebih ditandai dengan adanya gangguan pada kesehatan, seperti panas, pembengkakan, dan kemerahan pada sendi. Rasa sakit umumnya timbul di daerah persendian yang berada di jari kaki dan tangan, pergelangan kaki dan tangan, lutut, serta siku.

Pada tahap yang sudah akut, bahkan bisa sampai menyebabkan demam dan nyeri luar biasa pada sendi. Keadaan ini bisa berlangsung selama berjam-jam hingga seharian. Kalau tidak segera diatasi, rasa sakit yang timbul bisa menjadi lebih sering dan dalam waktu lebih lama.

Kristal-kristal asam urat yang jumlahnya terlalu berlebihan bisa membentuk tophi di bagian luar sendi. Tophi adalah semacam benjolan keras, akan tetapi tidak menimbulkan rasa nyeri. Biasanya tophi muncul di sekitar jari, ujung siku, ibu jari kaki. daun telinga, tendon achiles, bahkan di pita suara meski sangat jarang.

Penumpukan asam urat tidak terjadi begitu saja, ada banyak faktor yang menyebabkan asam urat bisa terus menumpuk dan menimbulkan gangguan. Salah satu penyebab tingginya asam urat yang dialami banyak orang adalah kelebihan berat badan.

Seperti banyak masalah kesehatan lainnya, asam urat juga bisa disebabkan oleh gaya hidup dan penyakit lain, seperti diabetes dan hipertensi. Gaya hidup yang dimaksud, contohnya terlalu sering mengonsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol. Kabar buruknya, asam urat juga bisa diturunkan, alias disebabkan faktor genetik.

Untuk melakukan diagnosis asam urat, dolter memerlukan berbagai informasi terkait keluhan yang dirasakan. Tahap awal pemeriksaan dilakukan dengan mengecek synovial fluid yang pada sekitar sendi. Kalau kristal asam uratnya sudah cukup banyak, kristal tersebut akan mudah dijumpai di tempat itu. 

Asam urat juga bisa diperiksa melalui darah dan urin. Peningkatan kristal asam urat bisa terdeteksi melalui pemeriksaan darah atau urin penderitanya. Ketika kamu merasakan nyeri atau peradangan pada sendi yang datang-hilang dalam waktu singkat, kamu perlu mewaspadai kemungkinan asam urat.

Kabar buruknya, penyembuhan asam urat tidak mungkin dilakukan, hanya bisa dikontrol melalui serangkaian pengobatan yang dijalani. Rasa nyeri itu biasanya akan lekas membaik dalam kurun waktu 24 jam setelah pengobatan.

Obat yang biasanya digunakan untuk meringankan nyeri sendi akibat asam urat adalah obat antiinflamasi golongan NSAIDs. Jenis obat yang termasuk dalam golongan itu contohnya ibuprofen dan naproxen. Pemberian obat dilakukan saat terjadi serangan cukup berat dan mendadak.

Namun ada beberapa orang yang tubuhnya tidak bisa menerima NSAIDs. Kalau demikian, penderita diobati dengan kortikosteroid. Pengobatan dengan steroid bisa dilakukan melalui injeksi atau diminum. Berbeda dengan NSAIDs yang digunakan saat ada serangan, kortikosteroid dikonsumsi untuk mengontrol kadar asam urat.

Periksa Kesehatan Online, berbasis AI, Manfaat Rawat Jalan Lengkap
Mulai dari Rp 60 ribu-an saja per bulan!

Makanan yang Jadi Pantangan Asam Urat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan asam urat. Meski demikian, ada diet asam urat untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh, selain proses pengobatan tentunya. Satu hal lagi, sebaiknya hindari pantangan asam urat yang mengandung senyawa purin dalam kadar tinggi.

Makanan dikategorikan mengandung purin dalam jumlah tinggi jika terdapat lebih dari 200 mg purin per 100 gram. Selain itu, makanan yang mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi juga perlu dihindari. Di bawah ini ada daftar dan penjelasan makanan yang menjadi pantangan untuk penderita asam urat.

1. Bayam

Bayam memang kaya serat, zat besi, dan nutrisi lain, namun tidak dianjurkan untuk penderita asam urat karena kandungan purin di dalamnya cukup tinggi.

2. Asparagus

Asparagus terkenal dengan kandungan asam folat dan kalium yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, kandungan purin dalam asparagus juga tinggi, mencapai 23 gram per 100 gramnya.

3. Kembang kol

Kembang kol juga masuk dalam daftar pantangan asam urat, karena tingginya purin dalam sayuran tersebut. Bahkan kandungan purin dalam kembang kol lebih tinggi dibanding asparagus, mencapai 51 gram per 100 gramnya.

Baca juga : 3 Aneka Resep Sup, Sehat dan Mudah Dimasak di Rumah

4. Jamur

Kandungan purin di dalam jamur sangat tinggi, mencapai 92-97 gram per 100 gram. Jadi, sebaiknya jangan konsumsi jamur kalau tidak ingin nyeri pada sendi kembali kambuh.

5. Daging merah

Semua daging merah mengandung purin dalam jumlah tinggi. Jadi, batasi konsumsi daging merah untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh.

6. Semua makanan berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi berlemak menjadi salah satu hal paling berpengaruh dari kenaikan berat badan. Ketika kenaikan berat badan berlebih, insulin menjadi lebih banyak diprodukdi. Kadar insulin yang terlalu tinggi bisa menghambat ginjal untuk membuang asam urat dari dalam tubuh sehingga memicu penumpukan asam urat.

7. Makanan laut

Udang, kepiting, tiram, cumi-cumi, dan remis memiliki kadar purin cukup tinggi, sehingga menjadi pantangan untuk pengidap asam urat. Kalau kamu ingin memakan olahan dari laut, kamu bisa memilih ikan salmon yang punya kandungan purin rendah.

8. Olahan kedelai

Tahu dan tempe memang menjadi opsi sumber protein yang murah dan bergizi, namun ini tidak berlaku kalau kamu memiliki kadar asam urat berlebih. Proses fermentasi yang dialami kedua makanan itu membuatnya mengandung purin cukup tinggi.

9. Bagian dalam tubuh hewan

Kamu suka makan jeroan hewan, seperti hati, usus, atau lainnya? Kalau tubuhmu memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya kurangi konsumsi jenis makanan tersebut ya.

10. Minuman Manis

Sebenarnya, minuman manis ini tidak mengandung purin. Hanya saja, salah satu hasil penguraian fruktosa dalam tubuh adalah purin yang bisa meningkatkan kadar asam urat. 

11. Minuman atau makanan beralkohol

Pantangan asam urat yang terakhir adalah minuman atau makanan mengandung alkohol. Jika masih nekat mengonsumsinya, bagian tubuh yang kadar asam uratnya akan terasa nyeri. Selain itu, tubuh bisa mengalami kondisi kurang cairan akibat alkohol. 

Meski obat asam urat mudah ditemukan di pasaran, sebaiknya tanya dokter atau konsultasikan terlebih dahulu.

Baca juga : 5 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Masa Depan Kamu

Artikel Terkait Lainnya