cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar sudah pasti harapan bagi semua orang.

Kamu juga pasti setuju kan, kalau kesehatan dianggap sebagai hal yang tidak ternilai harganya?

Kesehatan tubuh secara langsung memengaruhi kehidupan sehari-hari setiap manusia.

Tidak heran, banyak yang mencari cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

So, apa saja sih, yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit? Yuk, lakukan beberapa tips di bawah ini!

Table of Contents

Bagaimana Cara Menjaga Supaya Tubuh Tetap Bugar dan Sehat?

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan enggak gampang sakit, ada banyak cara lho, yang bisa kita coba. 

Ada apa saja? Lihat di bawah, yuk!

1. Makan Makanan Bergizi Seimbang

makanan sehat

Untuk membangun kekebalan tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi.

Kandungan baik di dalam makanan akan memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh dan membuatmu terhindar dari infeksi virus.

Oleh karena itu dianjurkan agar dalam piring makan sehari-hari, setidaknya terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan yang mampu menawarkan gizi seimbang.

Makanan pokok dapat berupa nasi, umbi-umbian, kentang, atau jagung yang merupakan sumber karbohidrat.

Lauk-pauk bisa berasal dari hewani maupun nabati, seperti daging, ayam, telur, ikan, atau kacang-kacangan untuk sumber protein.

Sementara itu sayuran dan buah akan menjadi sumber vitamin sekaligus berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

2. Cuci Tangan Menggunakan Air Mengalir dan Sabun

mencuci tangan

Di kondisi seperti sekarang ini, kamu pasti sudah terbiasa melihat atau mendengar tips kesehatan yang menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Mencuci tangan bisa dibilang sebagai pilar utama yang akan mencegah infeksi pada tubuh.

Sebab, tangan adalah media paling berpotensi sebagai sumber penularan kuman, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Khususnya semenjak virus Covid-19 menyebar di berbagai belahan dunia, anjuran cuci tangan terus digaungkan agar tidak menjadi media penularan virus.

Eitts, tapi cuci tangan yang dimaksud bukan hanya sekadar membilas tangan dengan air semata, ya.

Melainkan kamu perlu membasuh tanganmu di bawah air mengalir dengan sabun selama kurang lebih 40-60 detik.

Lalu, jangan lewatkan bagian telapak tangan, punggung tangan, sela jari, serta bawah kuku-kuku.

Adapun waktu yang paling tepat untuk cuci tangan yaitu sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah batuk atau bersin, sesampainya di rumah setelah beraktivitas di luar, dan setelah buang air besar maupun kecil.

3. Olahraga dan Terpapar Cukup Sinar Matahari

olahraga sepeda

Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tidak boleh dilewatkan.

Meskipun kamu termasuk orang yang super sibuk, sebaiknya tetap luangkan waktu selama 30 menit dalam sehari untuk melakukan aktivitas fisik atau setidaknya minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Selain berolahraga, usahakan kamu mendapat paparan sinar matahari yang cukup demi menjaga kebugaran tubuh.

Bahkan dianjurkan untuk berjemur setiap pagi selama 15 menit supaya kamu bisa mendapatkan vitamin D yang bermanfaat dari sinar matahari.

Adapun yang perlu diperhatikan saat berjemur yaitu pastikan ada kontak langsung dengan kulit (kaki dan tangan terkena sinar), gunakan topi dan kacamata, gunakan sunblock, dan gunakan baju berwarna terang.

Ini akan membantumu merasa lebih nyaman saat berjemur, tanpa kehilangan sedikitpun manfaat dari aktivitas tersebut.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

air putih

Tahukah kamu, kalau komposisi tubuh manusia lebih dari 50 persennya adalah air?

Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh supaya dapat menjaga kebugarannya.

Sayangnya, sebagian besar masyarakat seringkali kurang minum cukup air setiap harinya.

Padahal, setiap harinya tubuh akan kehilangan air melalui keringat, pernapasan, urine, dan buang air besar.

Itulah kenapa kamu sangat perlu mengisi asupan air dengan baik.

Jumlah air yang dibutuhkan sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti aktivitas fisik yang kamu lakukan, kondisi iklim dan cuaca, serta berat badan.

Tapi umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 2,7 sampai 3,7 liter asupan air.

Kamu juga bisa lho, menggunakan fitur ReyFit yang akan selalu mengingatkan kamu untuk selalu minum air putih.

Menariknya lagi, tidak hanya sehat yang kamu dapat, melalui fitur ini kamu juga bisa mendapat ReyCoin yang bisa ditukar dengan hadiah.

5. Tidur yang Cukup

tidur sehat

Dalam Undang-Undang Nomor 36 th. 2009 tentang kesehatan, bugar adalah kemampuan yang dimiliki tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi.

Kamu tidak akan bisa memiliki energi yang cukup untuk melakukan berbagai kegiatan apabila kurang tidur.

Sebab dengan tidur, tubuh kamu bisa beristirahat dan sel-sel di dalam tubuh beregenerasi membentuk energi yang baru.

Tanpa tidur yang cukup, maka kamu pun akan kesulitan memeroleh tubuh yang bugar untuk beraktivitas.

Jadi pastikan setiap harinya kamu mendapat tidur yang cukup, ya.

Dilansir dari laman Kemkes, orang dewasa (usia 18-40 tahun) umumnya membutuhkan tidur setidaknya sekitar 7-8 jam setiap harinya.

6. Kurangi Asupan Gula

gula

Tubuh memang membutuhkan gula untuk membantu meningkatkan fungsi otak.

Meski begitu, sebaiknya kamu memastikan bahwa asupan gula yang diperoleh tubuh tidak berlebihan.

Sebab gula tersebut dapat menjadi sumber penyakit yang seringkali tidak disadari.

Dimana mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu beragam penyakit seperti diabetes, obesitas, hati, gangguan fungsi ginjal, sampai kesehatan mental.

Menurut American Heart Association, konsumsi gula yang dianjurkan perhari maksimal sebanyak 9 sendok teh untuk laki-laki dan 6 sendok teh untuk wanita.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membatasinya sebanyak 50 gram atau setara 4 sendok makan per hari.

7. Jaga Higienitas Makanan dan Minuman

makanan

Meskipun kamu sudah memilih makanan dan minuman dengan gizi seimbang, semua kandungan baik tersebut bisa tidak banyak bermanfaat apabila kamu tidak menjaga higienitasnya.

Sebab, menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah faktor penting yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Jadi selain mencuci tangan sebelum makan, pastikan makanan yang kamu konsumsi sudah dibersihkan dan dimasak dengan baik.

Itu juga yang menjadi alasan kenapa kamu disarankan untuk membiasakan diri untuk tidak jajan sembarangan.

Cobalah untuk mebiasakan memasak makanan sendiri di rumah sehingga lebih terjamin kebersihannya.

8. Hindari Kebiasaan Buruk

makanan cepat saji

Tips sehat berikutnya yaitu hindari berbagai kebiasaan buruk yang sudah jelas dapat merusak badan seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, minum minuman beralkohol, dan merokok.

Meskipun sudah tahu bahwa ketiga hal tersebut tidak baik, nyatanya banyak orang yang masih melakukannya, lho.

Padahal ada banyak penyakit mematikan yang dapat dipicu apabila kamu melakukan salah atau bahkan ketiga kebiasaan tersebut.

Jadi, mulai sekarang cobalah cintai organ tubuh dengan perlahan meninggalkannya.

9. Kendalikan Stres

sakit kepala

Disadur dari laman Kemkes, reaksi stres yang dimiliki manusia umumnya ada dua yaitu positif dan negatif.

Dan reaksi stres negatif dapat pula memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan jasmani, mulai dari sakit kepala, perut terasa sakit, maag, jantung berdebar, dan masih banyak lagi.

Sehingga mengendalikan stres adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Apalagi jika stres dibiarkan berlarut larut dapat berubah menjadi depresi, yang dapat membahayakan keselamatan diri.

Lantas, bagaimana supaya reaksi stres berujung pada hal positif dan tidak sebaliknya?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya dapat mengelola stres menjadi positif.

Misalnya belajar membuat tujuan, mempelajari hal baru, berolahraga, dan coba kembangkan hobi.

10. Jauhi Orang Toxic

toxic people

Masih menyambung dengan poin sebelumnya, kamu bisa menjauhi orang-orang toxic yang ada di sekitar supaya menjaga pikiran tidak stres.

Pasalnya, sikap mental yang positif menjadi bagian penting dari hidup sehat.

Jadi sebaiknya jangan biarkan orang yang berpikiran negatif meracuni pikiranmu dan menimbulkan stres.

Meski begitu, kamu juga jangan terlena dengan orang yang menyebabkan toxic positivity.

Karena mereka cenderung menekan emosi yang justru tidak baik untuk kesehatan mental.

Ingat, kesehatan tubuh dan kesehatan mental itu saling berhubungan.

Jadi, sebaiknya kamu memang memilih dengan bijak orang yang diajak bergaul.

11. Mulailah Mencintai Diri Sendiri

mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri dapat menjadi salah satu tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat.

Dengan mencintai diri sendiri, maka kamu akan terhindar dari stres yang memberi dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Bagaimana cara mencintai diri sendiri?

Mulailah dengan mengenali diri kamu terlebih dahulu, misalnya coba luangkan waktu mindfulness untuk diri sendiri tanpa ada gangguan alat elektronik.

12. Tuliskan Mimpi Kamu

menulis

Menulis bisa membantumu untuk melepaskan hal negatif di dalam diri karena menyimpan pikiran dan memendamnya terus menerus tidak sehat.

Sehingga kamu bisa mencoba menuliskan mimpi-mimpi yang dimiliki di selembar kertas.

Metode ini juga dapat membantumu mengenali diri sendiri yang pada akhirnya mendorong rasa cinta terhadap diri.

13. Hiduplah dengan Tujuan

hidup sehat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kesehatan mental dan fisik itu saling berhubungan.

Di mana, kesehatan yang positif dimulai dari dalam sehingga penting bagi kamu untuk memiliki tujuan hidup.

Adanya tujuan hidup ini dapat membuatmu merencanakan langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya.

Keseharian akan berjalan lebih tenang dan damai, yang mana hal ini sangat berarti untuk hidup dan kesehatan.

Kegiatan Apa Saja yang Dapat Membuat Tubuh Sehat?

Kalau kamu sedang mencari cara agar badan fit dan tidak mudah lelah, ada beberapa kegiatan sederhana yang akan membantu tubuh tetap sehat.

Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1. Berjalan Kaki

berjalan kaki

Meskipun tampak sederhana, berjalan kaki bisa memberi dampak positif yang cukup besar untuk tubuh.

Mulai dari memperkuat struktur tulang, meningkatkan metabolisme tubuh, memperkecil risiko stroke, dan masih banyak lagi.

Jadi tidak ada ruginya apabila kamu memilih berjalan kaki ketimbang naik kendaraan apabila tujuannya dekat.

2. Naik Turun Tangga

naik turun tangga

Buat kamu yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, sebaiknya mulailah kebiasaan naik turun tangga daripada menggunakan lift atau elevator.

Pasalnya, naik turun tangga dapat melatih tulang dan sendi, melatih pernapasan, sampai mengoptimalkan fungsi jantung yang sangat baik untuk kesehatan.

3. Membaca

membaca

Apakah kamu orang yang hobi membaca? Jika iya, selamat!

Sebab, aktivitas sederhana yang kamu lakukan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Selain mampu meningkatkan kinerja otak dan membuatmu lebih mudah fokus, membaca juga dapat mengurangi risiko penyakit mental.

Aktivitas ini secara tidak langsung memberi pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh secara fisik.

Jadi, sebaiknya luangkan waktu kamu untuk membaca setidaknya beberapa menit saja per harinya.

4. Travelling

travelling

Kabar gembira buat kamu yang suka travelling, karena kegiatan menyenangkan ini ternyata juga dapat membantu menyehatkan tubuh.

Pasalnya, hampir semua anggota tubuh akan bergerak ketika kamu pergi menjelajah ke berbagai tempat. 

Seperti jantung, paru paru, otot kaki, tulang, dan sendi akan terlatih dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Penutup

Jadi, sudahkah kamu menjaga kesehatan tubuh sejauh ini?

Perlu diingat kesehatan itu hal yang mahal. Jadi, sebaiknya kamu mulai melakukan berbagai cara dan aktivitas seperti yang telah dijelaskan di atas.

Dengan begitu, kamu pun dapat menjalani berbagai aktivitas sehari-hari dengan baik.

Yuk, tetap sehat bersama Rey.id!

Artikel Terkait Lainnya