senam mengecilkan perut sebelum tidur

Memiliki perut yang rata dan pinggang langsing merupakan salah satu mimpi yang banyak orang inginkan. Tidak hanya untuk perempuan, tapi juga untuk para pria. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ukuran lingkar perut, salah satunya adalah dengan melakukan senam mengecilkan perut sebelum tidur.

Eits, jangan salah. Senam sebelum tidur ini tidak akan membuatmu ngos-ngosan bahkan sampai mengeluarkan banyak keringat. Senam-senam yang dapat kamu lakukan ternyata cukup sederhana, tapi memiliki manfaat yang luar biasa. Utamanya, untuk bentuk tubuhmu.

Oleh karena itu, berikut kami berikan rekomendasi senam yang dapat kamu lakukan sebelum tidur untuk mengecilkan perutmu!

4 Gerakan Senam yang Ampuh Mengecilkan Perut Sebelum Tidur

1. Body Weight Squat

senam mengecilkan perut sebelum tidur - Bodyweight-Squat

Body Weight Squat merupakan salah satu gerakan senam sebelum tidur yang efektif untuk mengecilkan perut. Caranya adalah, pertama-tama kamu harus ada di posisi berdiri.

Berikutnya, buka kakimu dengan jarak yang sama lebar dengan bahumu. Jangan terlalu lebar atau terlalu sempit. Jika sudah, regangkan bahu dan lenganmu di depan tubuhmu.

Nah, setelah itu kamu dapat memulai senam. Pertama, tarik napasmu dalam-dalam dan gerakkan tubuhmu ke posisi setengah jongkok. Pastikan posisi punggungmu lurus dan pahamu sejajar atau di posisi mendatar dengan lantai. Kedua, kembalikan tubuhmu ke posisi awal sembari kamu membuang napas.

Gerakan ini dapat kamu ulang sebanyak 10-15 kali. Jangka waktu yang dapat kamu ambil adalah selama kurang lebih 60 menit.

2. Plank

senam mengecilkan perut sebelum tidur - plank

Selain melakukan body weight squat, manfaat plank sebelum tidur juga dapat kamu rasakan dalam mengecilkan perut. Tentu saja, posisi awalnya adalah posisi telungkup, ujung jari dan lengan bawah di posisi menempel lantai. Lalu, lengan bawahmu juga ada di posisi bawah.

Pertama, angkat tubuhmu dan tahan selama 10-15 detik. Lakukan gerakan ini dengan bantuan otot perut dan posisi tubuh harus satu garis lurus dari telinga hingga ke kaki.

Ulangi gerakan ini beberapa kali dengan jangka waktu 60 menit. Gerakan ini akan terasa sulit saat pertama kamu lakukan. Tetapi, jika kamu sudah terbiasa melakukannya, kamu tidak akan kesulitan saat menopang tubuhmu.

Baca juga: Mengenal Gerakan Plank dan Manfaatnya untuk Pemula

3. Senam Kegel Sederhana

senam mengecilkan perut sebelum tidur - senam kegel

Berikutnya, ada gerakan senam kegel sederhana. Untuk perempuan, senam kegel dapat dilakukan dengan posisi awal yakni terbaring. Kaki dilipat, tetapi jangan dirapatkan. Setelah itu, kencangkan otot-otot panggul bawahmu selama kurang lebih 3 detik.

Selama melakukan gerakan tersebut, usahakan kamu tidak dengan sengaja mengencangkan otot-otot perut, paha, dan pantat. Kamu juga tidak boleh menahan napas. Lalu, lemaskan lagu otot-otot panggul bawahmu selama 3 detik. Kamu dapat mengulangi gerakan ini hingga 10-15 kali selama 60 menit.

Selanjutnya, gerakan senam kegel sederhana pria dapat dimulai dengan posisi terbaring. Lau, kencangkan otot dasar panggulmu, tahan posisi tersebut selama 3 detik. Berikutnya, kamu dapat melepaskan otot-otot tersebut selama 3 detik juga. 

Lakukan gerakan senam ini selama berulang-ulang, sehingga hasil yang kamu dapatkan akan memuaskan.

4. Sit Up

senam mengecilkan perut sebelum tidur - sit up

Berikutnya, gerakan yang menjadi rekomendasi utama untuk mengecilkan ukuran perutmu adalah sit up. Seperti sit up pada umumnya, kamu dapat memosisikan dirimu terbaring dengan kaki yang dilipat terbuka. Lalu, lipat tanganmu di belakang kepala.

Setelahnya, kamu dapat mengencangkan otot perutmu sembari bangun sehingga posisimu adalah setengah terbangun atau duduk tidak sempurna. Ulangi gerakan ini selama 20-25 kali selama 60 menit. Perlu kamu ingat, setiap melakukan gerakan sit up, jangan dilakukan dengan cepat. Sehingga, punggung dan perutmu tidak akan merasakan nyeri.

Selain itu, gerakan sit up ini juga dapat kamu barengi dengan gerakan body twist. Yakni, posisikan tubuhmu setengah tidur dengan tangan dilipat di belakang kepala. Berikutnya, putar badanmu ke sisi kanan dan ke sisi kiri. Selain meratakan perut, gerakan ini juga dapat mengecilkan lingkar pinggangmu.

Nah, itulah senam-senam sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghindari perut buncit. Penting untuk kamu ketahui, manfaat olahraga sebelum tidur tidak hanya kamu rasakan di bentuk tubuhmu, lho! Tetapi, dengan berolahraga sebelum tidur, kualitas tidurmu juga dapat meningkat.

Bagaimana Cara Memulai Olahraga Rutin dengan Lebih Mudah?

Selanjutnya, kamu dapat menjaga pola hidup sehatmu dengan tetap mengecek progress-mu setiap melakukan olahraga. Sehingga, kamu dapat mengetahui bagaimana perkembangan yang kamu rasakan setelah dan sebelum melakukan olahraga secara rutin.

Salah satu cara untukmu tetap on track dalam menjaga pola hidup sehat adalah dengan mengunduh aplikasi ReyFit. Aplikasi kesehatan ini bisa kamu unduh gratis di Google Play Store. Di sini, kamu bisa mengubah langkah kakimu menjadi hadiah ReyCoin yang bisa ditukarkan voucher menarik. 

Ingin hidup lebih sehat dengan mudah? ReyFit aja!

Jika kamu tertarik, Rey pun sedang mengadakan promo untuk Xiaomi Mi Band.

Sebagai Membership Tahunan Rey, lamu bisa mendapatkannya cuma-cuma, beserta kelas olahraga DOOgether gratis untuk membantu memulai hidup sehatmu dengan lebih lancar. 

Penasaran? Coba klik bannernya dulu aja!

Artikel Terkait Lainnya