Menu makanan sehat untuk keluarga di rumah perlu meliputi protein, sayur-sayuran, gandum utuh, buah-buahan, dan produk olahan susu.

Kini, gaya hidup sehat sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mulai dari rutin berolahraga hingga menjaga pola makan. 

Menjaga kesehatan diri sendiri memang penting, tapi enggak ada salahnya kan, kalau kamu mengajak anggota keluarga hidup sehat juga?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan menyajikan menu makanan yang sehat untuk keluarga. 

Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa kebutuhan nutrisi keluarga sudah terpenuhi dengan baik. 

Namun, menentukan menu masakan sehat setiap hari terkadang menjadi tantangan tersendiri. 

Oleh karena itu, yuk intip daftar menu makanan keluarga yang bisa dicoba di rumah!

Table of Contents

Daftar Menu Makanan Sehat untuk Keluarga

Menu makanan sehat tidak harus mewah dan mahal.

Menu yang sederhana pun bisa menjadi pilihan terbaik, asalkan tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga.

Yuk, lihat daftar menu masakan sehat sehari-sehari yang enak, mudah, dan praktis di bawah ini!

1. Tempe bacem

tempe bacem Tempe diketahui memiliki kandungan vitamin B12, zat antioksidan, tiamin, biotin, kalsium, fosfor dan lainnya.

Kamu dan keluarga suka cita rasa manis?

Jika begitu, kamu bisa menjadikan tempe bacem sebagai menu masakan keluarga.

Tempe diketahui memiliki kandungan vitamin B12, zat antioksidan, tiamin, biotin, kalsium, fosfor dan lainnya.

Dengan mengonsumsi tempe, dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis, mencegah anemia, menangkal radikal bebas, dan lainnya.

2. Capcay

Capcay adalah salah satu menu makanan sehat yang di dalamnya terdiri dari banyak sayuran. 

Capcay adalah salah satu menu makanan sehat yang di dalamnya terdiri dari banyak sayuran. 

Jenis sayuran dalam capcay pun beragam, kamu bisa menyesuaikan dengan sayur favorit keluarga seperti kembang kol, brokoli, wortel, jagung kecil. 

Kamu juga bisa menambahkan protein hewani ke dalam capcay seperti ayam, telur, atau seafood.

Capcay diketahui mengandung vitamin C, kalsium fosfor, antioksidan, dan zat besi. 

Sehingga dengan mengonsumi capcay, bisa mencegah gangguan pada mata, mencegah peradangan, meningkatkan imunitas tubuh, dan lainnya. 

3. Sup ayam

semangkuk sup ayam mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan mineral.

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja?

Yuk, coba hidangkan sup ayam sebagai salah satu menu sehat keluarga.

Menjadikan sup ayam sebagai menu harian rumah tangga adalah pilihan yang tepat. 

Selain enak dan sehat, bahan membuat sup ayam pun tergolong mudah didapat.

Cara memasaknya juga tidak memakan waktu yang lama, lho.

Selain sayuran dan ayam, kamu juga bisa menambahkan sosis atau bahan favorit keluarga lainnya.

Selain menyegarkan, menu ini juga menyehatkan.

Yap, di dalam semangkuk sup ayam mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan mineral.

Sehingga bermanfaat untuk meredakan gejala flu, mencegah dehidrasi, sekaligus membantu menghangatkan tubuh. 

Makanan bergizi ini sangat cocok dihidangkan ketika musim dingin atau musim hujan.

4. Telur balado

Salah satu menu yang sehat dan mudah di buat adalah telur.

Telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung protein cukup tinggi. 

Tak hanya itu, telur juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vit B12, vit B6, vit A dan vit D. 

Enggak hanya itu, telur juga mengandung sejumlah kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat mengonsumsi telur antara lain mampu meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga menyehatkan otak.

5. Telur dadar

Olahan telur sederhana yang juga menyehatkan adalah telur dadar. 

Olahan telur sederhana yang juga menyehatkan adalah telur dadar. 

Telur dadar sangat cocok sebagai menu sarapan bagi kamu yang super sibuk. 

Nah, ternyata Indonesia bukan negara satu-satunya yang suka membuat telur dadar, lho! 

Di Italia juga suka membuat telur dadar atau disebut juga dengan Frittata. 

Frittata ini adalah makanan berbahan dasar telur yang biasanya dijadikan menu makan malam keluarga. 

Cara pembuatannya mudah, cukup campurkan telur dengan berbagai sayuran seperti bayam, daun bawang, dan jamur.

Jika memungkinkan, masak telur dadar menggunakan minyak zaitun atau minyak alpukat.

Selain lezat, juga menyehatkan bukan?

6. Bihun goreng

Mengonsumsi bihun bisa membantu kamu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selanjutnya, kamu bisa menjadikan bihun goreng sebagai menu masakan harian keluarga.

Bihun goreng merupakan menu masakan yang kerap dijumpai di warung nasi goreng. 

Cara memasaknya pun cukup mudah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu sehari-hari untuk keluarga.

Mengonsumsi bihun bisa membantu kamu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, bihun juga termasuk makanan bebas gluten, jadi cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet gluten free.

7. Tongseng daging

tongseng daging merupakan olahan yang terbuat dari daging kambing. 

Sesuai namanya, tongseng daging merupakan olahan yang terbuat dari daging kambing. 

Umumnya, masakan ini menggunakan bumbu seperti jahe, kayu manis, pala, cengkeh, daun jeruk, dan batang serai.

Mengonsumsi daging sapi bisa membantu kamu mencegah anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga baik untuk kesehatan jantung. 

Gimana? Cocok banget kan, untuk menu harian keluarga?

8. Rendang

rendang merupakan menu makanan yang mengandung protein hewani sehingga bisa membantu pertumbuhan dan penggantian sel tubuh yang rusak.

Selanjutnya, kamu juga bisa menyajikan rendang sebagai menu makanan keluarga.

Rendang adalah salah satu resep makanan sehari-hari yang digemari banyak orang. 

Makanan berbahan dasar daging ini bahkan menduduki peringkat 1 dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada 2011 lalu. 

Tak hanya lezat, rendang merupakan menu makanan yang mengandung protein hewani sehingga bisa membantu pertumbuhan dan penggantian sel tubuh yang rusak.

Namun, makanan yang dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik, bukan? 

Makan rendang berlebihan dinilai bisa meningkatkan kolesterol dan lemak dalam tubuh. 

Jadi, makan dengan porsi yang cukup dan tetap jaga asupan makanan, ya.

9. Rawon hitam

rawon yaitu mampu mencegah penyakit jantung, mencegah stroke, hingga menjaga kesehatan darah.

Rawon merupakan salah satu jenis makanan yang cara memasaknya menggunakan kecap hitam. 

Kecap hitam ini konon merupakan makanan favorit keluarga kerajaan, lho.

Selain menggunakan kluwek sebagai bumbu, rawon juga menggunakan bumbu lain seperti bawang putih dan merah, kemiri, ketumbar, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam. 

Kamu juga bisa menambahkan sayuran tauge dan cabai sebagai pelengkap. 

Nah, bicara mengenai manfaat mengonsumsi rawon yaitu mampu mencegah penyakit jantung, mencegah stroke, hingga menjaga kesehatan darah.

Jadi, enggak ada salahnya nih, kalau kam rutin menjadikan rawon sebagai menu keluarga.

10. Gulai 

Manfaat mengonsumsi gulai yaitu meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi risiko diabetes, dan lainnya. 

Ide menu masakan sehat selanjutnya adalah gulai atau kari.

Gulai merupakan menu makanan khas pulau Jawa dan Sumatera. 

Biasanya, gulai dihidangkan dengan mencampurkan aneka macam rempah seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, jahe, lengkuas, adas, pala, jinten, serai, dan kayu manis. 

Manfaat mengonsumsi gulai yaitu meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi risiko diabetes, dan lainnya. 

Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi gulai ya, karena bisa mengakibatkan kolesterol meningkat. 

11. Tengkleng

Manfaat mengonsumsi tengkleng yaitu sebagai sumber antioksidan, mencegah anemia, menjaga imunitas tubuh, dan lainnya. 

Tengkleng adalah makanan khas Solo yang sekilas mirip dengan gulai kambing.

Hidangan tengkleng terdiri dari tulang, daging, dan jeroan kambing yang dipadukan dengan kuah santan beraroma rempah yang memikat. 

Manfaat mengonsumsi tengkleng yaitu sebagai sumber antioksidan, mencegah anemia, menjaga imunitas tubuh, dan lainnya. 

Supaya lebih enak, dalam penyajiannya kamu bisa masukkan taburan bawang goreng.

12. Pecel semanggi

manfaat mengonsumsi pecel antara lain dapat mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah depresi. 

Pecel semanggi terbuat dari bahan dasar daun semanggi dan kecambah dengan bumbu pecel yang khas. 

Resep masakan sehari-hari ini merupakan makanan khas masyarakat Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. 

Pecel semanggi dibuat dari bumbu yang merupakan campuran dari ubi jalar, gula merah, petis, dan kacang tanah.

Cara menikmati pecel semanggi juga cukup unik, yaitu dengan menggunakan kerupuk sebagai sendok dan menyajikannya di atas daun pisang. 

Nikmat, bukan?

Nah, bicara manfaat mengonsumsi pecel antara lain dapat mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah depresi. 

13. Kepiting pedas

Kepiting juga mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, protein, zat besi, vitamin A, vitamin C, hingga vitamin B12. 

Ingin menu harian keluarga berbahan dasar kepiting? Coba saja kepiting pedas!

Meskipun bahan masakan ini sulit didapat, cita rasa yang ditimbulkan bisa membuat ketagihan.

Kepiting juga mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, protein, zat besi, vitamin A, vitamin C, hingga vitamin B12

Namun, tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa meningkatkan kolesterol. 

14. Pepes tahu dan sayur tahu

pepes tahu mengandung nutrisi penting lain untuk tubuh mulai dari kalsium, mangan, fosfor, dan mineral lain. 

Tahu merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. 

Makanan yang diolah dari kedelai ini juga mengandung nutrisi penting lain untuk tubuh mulai dari kalsium, mangan, fosfor, dan mineral lain. 

Kamu bisa mengolah tahu menjadi sayur tahu atau pepes tahu. Keduanya cukup mudah dimasak dan lezat untuk disajikan.

Manfaat dari mengonsumsi tahu yaitu mampu meningkatkan kekuatan tulang, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengontrol gula darah, dan lainnya. 

15. Oseng tempe

Mengonsumsi oseng tempe dapat mencegah osteoporosis, mencegah kanker, hingga mengontrol gula darah.

Oseng tempe bisa dikatakan sebagai salah satu menu masakan andalan di setiap keluarga. 

Oseng tempe merupakan makanan berbahan dasar tempe yang biasanya dipadukan dengan kemangi, bawang putih, bawang bombay, cabe, kecap, gula, dan garam. 

Cara pembuatannya juga sangat mudah tinggal mencampurkan semua bumbu dan menumisnya. 

Kemudian tambahkan tempe dan kemangi untuk aroma yang lebih lezat. 

Mengonsumsi oseng tempe dapat mencegah osteoporosis, mencegah kanker, hingga mengontrol gula darah.

16. Ayam kecap manis

ayam adalah sumber protein hewani yang baik, di dalamnya juga mengandung sejumlah nutrisi. 

Ide menu sehat selanjutnya adalah ayam kecap manis. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau ayam adalah sumber protein hewani yang baik, di dalamnya juga mengandung sejumlah nutrisi. 

Dengan mengonsumsi ayam, dapat meningkatkan imunitas tubuh, memproduksi sel darah merah, hingga meningkatkan kekuatan tulang. 

17. Cah kangkung bawang putih

Cah kangkung diketahui mampu membantu menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, hingga kaya akan antioksidan. 

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadikan menu cah kangkung sebagai pilihan makanan sehat.

Cah kangkung diketahui mampu membantu menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, hingga kaya akan antioksidan. 

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga perlu lho, rutin cek kesehatan.

Sebagai manusia, kita tidak pernah tahu kapan penyakit datang menghampiri.

Jadi, sebaiknya kamu konsultasikan masalah kesehatanmu dengan dokter.

Enggak perlu ribet, cuma dari handphone aja kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya.

Rawat inap, rawat jalan, hingga tebus obat gratis pun bisa, lho.

Kamu bisa lihat info selengkapnya dengan klik banner di bawah ini, ya.

Tips dalam Menyusun Menu Makanan Sehari-Hari

Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun menu makanan sehat dan seimbang. 

Yuk, simak lebih lengkapnya berikut ini!

1. Gunakan berbagai jenis kelompok makanan

tips menyusun makanan sehat yakni gunakan berbagai jenis kelompok makanan

Menu makanan sehat untuk keluarga di rumah perlu meliputi protein, sayur-sayuran, gandum utuh, buah-buahan, dan produk olahan susu.

Nah, dari banyaknya daftar menu masakan di atas, pastikan sayuran lebih mendominasi, ya.

Tambahkan pula buah-buahan dan produk olahan susu dalam porsi wajar.

2. Gunakan bahan dengan tekstur dan rasa bervariasi

Padukan bahan makanan dengan bentuk, tekstur, rasa, dan warna yang berbeda. 

Selain menyehatkan, keberagaman ini juga membuat masakan terlihat lebih menggiurkan dan menarik di mata konsumen. 

3. Tentukan porsi sajian yang tepat

Dalam membuat menu masakan sehari-hari untuk keluarga, pastikan untuk memerhatikan porsi bahan yang dipakai. 

Misalnya, penggunaan daging dengan porsi cukup, penggunaan sayuran matang dan sayuran mentah dengan porsi cukup, penambahan buah-buahan yang cukup, dan lainnya. 

Usahakan menu masakan harian bervariasi ya, supaya bisa menjaga keseimbangan asupan tubuh. 

4. Pastikan bahan mudah didapat

Hindari resep yang membutuhkan sayur atau buah yang sedang tidak musim sehingga persiapan memasak juga akan lebih cepat. 

Apalagi jika proses memasak dilakukan sendirian, maka lebih baik memasak menu yang sederhana dan menyehatkan dengan bahan yang mudah didapat.

5. Kontrol kalori

Tips menyajikan makanan sehat yang tidak kalah penting adalah dengan mengontrol kalori. 

Tips menyajikan makanan yang tidak kalah penting adalah dengan mengontrol kalori. 

Jika ingin menyajikan menu dengan kalori tinggi, usahakan dengan porsi sedikit dan imbangi dengan menu makanan lain. 

Contoh, kamu bisa terapkan pola masakan dengan rekomendasi 40%-60% karbohidrat, 20%-30% lemak, dan 15%-20% protein. 

Penutup

Nah, itu dia ide menu makanan sehat untuk keluarga yang bisa kamu coba.

Semoga daftar menu makanan sehat di atas, bisa menjadi inspirasi kamu dalam memilih makanan sehat bagi keluarga, ya.

Yuk, coba buat salah satu menu yang ditawarkan di atas.

Selain itu, jangan lupa terapkan tips menyusun menu makanan sehari-hari juga, ya.

Kalau menu makanan sehat favoritmu apa, nih? 

Yuk, sharing di kolom komentar!

Artikel Terkait Lainnya