Manfaat Vitamin B Complex yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Supaya tubuh tetap bugar dan sehat, kamu membutuhkan asupan vitamin yang cukup guna memecah makronutrien seperti lemak, protein, dan karbohidrat.

Kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk memeroleh asupan vitamin tersebut.

Enggak hanya itu, kamu juga bisa lho, memenuhi kebutuhan vitamin B complex dengan mengonsumsi suplemen.

Yuk, cari tahu manfaatnya dan bagaimana aturan minumnya yang tepat.

Table of Contents

Apa Itu Vitamin B Complex?

Dilansir dari laman RSUD Dr. Soetomo Jatim, vitamin B complex berisikan beberapa jenis vitamin B yang dikenal pula sebagai vitamin neurotropik yang berfungsi untuk melindungi sel-sel saraf.

Kekurangan vitamin B complex dapat menyebabkan beberapa gejala pada tubuh seperti tegang pada otot, badan terasa kaku, atau tubuh terasa pegal pegal.

Vitamin B complex terdiri atas 8 jenis vitamin B, yakni vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12.

Umumnya, 8 jenis vitamin B di atas dikemas menjadi satu,sehingga kamu dapat merasakan manfaatnya sekaligus.

Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat alergi atau ada gangguan pembekuan darah, sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin B kompleks.

Selain itu, vitamin B kompleks juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak.

Vitamin B Complex Gunanya untuk Apa?

Tahukah kamu kalau vitamin complex memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh?

Jika kamu belum tahu, yuk simak manfaat vitamin B complex di bawah ini!

1. Menghasilkan Energi

salah satu kegunaan vitamin b complex untuk menghasilkan energi

Tubuh akan merasa lebih cepat lelah dan lemas apabila kekurangan vitamin B kompleks, khususnya vitamin B1 (tiamin).

Ini dikarenakan, vitamin B1 berperan dalam menghasilkan energi pada tubuh.

Oleh karena itu, apabila tubuh kekurangan vitamin B1 maka bisa mengakibatkan kondisi polyneuritis (terganggunnya transmisi saraf karena kekurangan energi).

Adapun gejala kekurangan vitamin B1 antara lain terjadi gangguan pencernaan, nafsu makan menghilang, dan berat badan turun secara drastis.

Lantas, bagaimana caranya supaya tubuh tidak kekurangan vitamin B1?

Selain mengonsumsi suplemen, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B1 dengan cara mengonsumsi ikan, kuning telur, daging tanpa lemak, dan kacang kacangan.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin B kompleks dapat menunjang kesehatan tubuh dengan meningkatkan imunitas.

Jenis vitamin B yang berperan untuk melakukan tugas tersebut adalah vitamin B2 atau riboflavin.

Tidak hanya meningkatkan imunitas, vitamin B2 juga dapat menjaga kesehatan kulit, sel darah, dan saluran cerna.

Untuk memeroleh vitamin B2, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 seperti daging, kacang kacangan, sayuran hijau, dan produk olahan susu.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang telah disebutkan, fungsi vitamin B complex jenis B2 bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Namun, bukan vitamin B2 saja yang mampu menunjang kesehatan kulitmu.

Manfaat serupa, bahkan lebih bisa kamu dapatkan dari vitamin B3.

Kekurangan vitamin B3 atau asam nikotinat ini dapat mengakibatkan dermatitis, terutama di bagian yang tidak tertutup seperti kaki, tangan, dan leher.

Kekurangan asam nikotinat juga bisa memicu rasa sakit pada tenggorokan, lidah, dan mulut.

Jadi, sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin B3 tubuh dengan cara mengonsumsi daging ayam, hati, ikan, dan kacang tanah.

4. Mencegah Kanker

vitamin b kompleks dapat mencegah kanker

Selain meningkatkan imunitas tubuh, vitamin B2 juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

Nah, bagi kamu yang suka mengonsumsi gorengan, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2 ini. 

Kenapa?

Sebab, minyak dari gorengan yang teroksidasi akan berubah menjadi lipid peroksida sehingga berpotensi merusak membran sel dan DNA serta menimbulkan aterosklerosis.

Kondisi tersebut pada akhirnya dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Namun, dengan bantuan vitamin B2 dapat membantu metabolisme lipid atau lemak tersebut.

Dengan begitu, risiko kanker dapat diminimalisir.

5. Pembentukan Hormon Pertumbuhan

Vitamin B kompleks sangat penting untuk anak-anak karena berperan dalam pembentukan hormon pertumbuhan.

Vitamin B5 dapat membantu tubuh memecah karbohidrat dan lemak menjadi energi pada tubuh.

Namun, dikarenakan anak-anak belum boleh mengonsumsi vitamin B kompleks dalam bentuk suplemen.

Maka kegunaan vitamin B kompleks tersebut dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi brokoli, alpukat, kentang, gandum, dan produk olahan susu.

6. Membantu Metabolisme Tubuh

Kekurangan vitamin B6 dapat memicu beberapa gejala terkait gangguan metabolisme protein seperti gangguan tidur, badan lemas, dan mudah lelah.

Dengan kata lain, mengonsumsi vitamin B kompleks dapat membantu metabolisme tubuh.

Selain itu, vitamin B6 juga dapat membantu pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan.

Vitamin B6 yang berperan untuk membantu metabolisme asam amino dan asam lemak tersebut memiliki tiga bentuk di alam, yakni piridoksal, piridoksin, dan piridoksamin.

Untuk mendapatkan vitamin B6 yang cukup bagi tubuh, kamu bisa mengonsumsi kacang kacangan, kentang, pisang, dan kecambah.

7. Pembentukan Otak dan Sistem Saraf Bayi

vitamin b kompleks dapat membantu pembentukan otak dan sistem saraf bayi

Vitamin B9 atau asam folat sangat vital untuk pembentukan otak dan sistem saraf bayi.

Di mana, jenis vitamin B tersebut memang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh sehingga bagus dikonsumsi oleh anak-anak dan diperlukan oleh bayi.

Ibu yang sedang menyusui dapat mengonsumsi sayuran hijau, gandum, kacang kacangan, tauge, asparagus, dan jeruk untuk memeroleh asupan vitamin B9 yang cukup.

Jadi, manfaat vitamin B complex untuk wanita yang sedang menyusui sangat bagus untuk bayi maupun dirinya sendiri.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat yang ditawarkan dari vitamin B kompleks yaitu menjaga kesehatan mata.

Peran tersebut diberikan oleh jenis vitamin B12, yang mana kekurangan jenis vitamin ini bisa meningkatkan risiko kerusakan sistem saraf yang berdampak negatif terhadap saraf optik.

Selain menjaga kesehatan mata, vitamin B12 atau kobalamin juga membantu mencegah terjadinya degenerasi makula yang punya keterkaitan dengan usia.

Di mana, degenerasi makula tersebut disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal atau penumpukan endapan di bagian belakang mata.

Penyakit tersebut umumnya lebih sering dialami oleh orang lanjut usia.

9. Menjaga Fungsi Indera Perasa

Tidak hanya menjaga indra penglihatan, vitamin B kompleks juga bisa menjaga fungsi indra perasa, lho.

Jenis vitamin B yang berperan di sini adalah vitamin B12 (kobalamin).

Kekurangan vitamin B12 dapat memicu terjadinya peradangan lidah. 

Pada kasus lebih berat, malah bisa memengaruhi cara makan dan berbicara seseorang.

Adapun gejala kekurangan vitamin B12 pada indra perasa antara lain lidah akan terlihat lebih mulus akibat indra perasa meregang dan menghilang, lidah terlihat merah, dan bengkak.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

vitamin b kompleks mampu meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat dari vitamin B kompleks berikutnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Pasalnya, vitamin B6 dan vitamin B12 diketahui mampu mengurangi homosistein, yakni protein yang dapat menumpuk dalam darah dan merusak dinding arteri.

Bahayanya yakni apabila dibiarkan begitu saja dapat memicu munculnya penyakit pada jantung. 

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi vitamin B kompleks.

11. Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Vitamin B complex ternyata baik untuk pria, lho.

Salah satu manfaat vitamin B complex untuk pria yakni mampu meningkatkan vitalitas tubuh.

Pasalnya, kebutuhan vitamin B kompleks yang terpenuhi dengan baik akan membantu pembentukan sel darah merah.

Alhasil, dapat mencegah seseorang mengalami lelah dan lemas.

Apakah Boleh Minum Vitamin B Complex Setiap Hari?

Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air sehingga tidak bisa disimpan oleh tubuh.

Dengan kata lain, kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin B setiap harinya.

Kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks dalam bentuk suplemen. 

Namun, pastikan mengikuti aturan pada kemasan, ya. 

Ikuti petunjuk pada resep atau periksa label untuk mengetahui instruksi dosis vitamin B kompleks yang tepat.

Apabila ada yang tidak dimengerti, sebaiknya kamu tanyakan pada apoteker atau dokter.

Enggak perlu ribet kok, cukup buka aplikasi Rey dan gunakan fitur ReyCare

Dengan ReyCare, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis sesuai resep, dan masih banyak lagi.

Intinya, vitamin B termasuk jenis vitamin yang dapat dikonsumsi kapan saja atau setiap hari.

Sebab, vitamin ini tergolong sebagai vitamin yang larut dalam air. 

Selain itu, tubuh mempunyai cairan sendiri sehingga vitamin B akan larut dan tidak disimpan dalam tubuh.

Itulah kenapa kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin B harian dengan cara mengonsumsi vitamin B complex atau makanan alami yang mengandung vitamin tersebut.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Vitamin B Complex?

Kapan Waktu yang Tepat Minum Vitamin B Complex?

Sekarang tentu kamu sudah tahu kan, manfaat vitamin B complex untuk apa saja?

Nah, sekarang mari kita bahas kapan waktu yang tepat untuk minum vitamin tersebut.

Sebaiknya, suplemen vitamin B complex dikonsumsi setelah makan, atau bersama makanan supaya dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada lambung.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diminum utuh, tidak digerus atau dikunyah.

Adapun orang orang yang memerlukan vitamin B complex dalam jumlah tinggi, seperti:

1. Wanita Hamil atau Menyusui

Vitamin B, terutama B12 dan folat, sangat dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui.

Karena kekurangan vitamin tersebut dapat menyebabkan kerusakan neurologis yang parah seperti cacat lahir.

Oleh karena itu, dibutuhkan vitamin B complex dalam jumlah tinggi untuk mendukung tumbuh kembang janin dan bayi secara optimal.

2. Lansia

Selain wanita hamil atau menyusui, waktu yang tepat mengonsumsi vitamin B kompleks yakni saat memasuki usia lansia. Kenapa? 

Sebab, lansia lambat laun cukup sulit untuk memeroleh kebutuhan vitamin B12 kalau hanya dari makanan saja.

Nafsu makan dan kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 mulai menurun pada saat lansia.

Itulah alasan mengapa lansia perlu mengonsumsi vitamin B kompleks.

3. Vegetarian dan Vegan

Jika kamu termasuk vegetarian atau vegan, maka sebaiknya mengonsumsi vitamin B complex.

Sebab, vitamin B12 banyak ditemukan pada produk hewani seperti telur, daging, susu, atau makanan laut.

Jadi, vitamin B kompleks harian akan membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Berapa Kali Sehari Minum Vitamin B Complex?

Berapa Kali Sehari Minum Vitamin B Complex?

Vitamin B kompleks dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet per hari atau kamu bisa melihat aturan minum vitamin B complex pada kemasan.

Hindari mengonsumsi vitamin B kompleks dalam jumlah berlebih, karena kemungkinan dapat menimbulkan efek samping.

Efek sampingnya bisa berupa reaksi alergi berupa bengkak, gatal, dan kemerahan, serta rasa tidak nyaman pada lambung.

Meski begitu, efek samping tersebut sebenarnya jarang terjadi, terlebih jika kamu mengonsumsinya mengikuti aturan.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa vitamin B kompleks dapat berinteraksi dengan obat obat seperti levodopa dan fenitoin.

Jadi konsultasikan pada dokter apabila kamu menggunakan vitamin B kompleks bersamaan dengan obat tersebut.

Penutup

Vitamin B kompleks sudah tersedia di berbagai apotek, jadi selain melalui sumber alami kamu juga dapat mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin B harian.

Akan tetapi, pastikan untuk selalu mengikuti aturan pakai agar tidak menimbulkan efek samping.

Dengan begitu, manfaat vitamin complex dapat kamu peroleh secara optimal.

Apabila mengalami masalah atau keluhan selama mengonsumsi vitamin B kompleks, hentikan segera pemakaian dan segera hubungi dokter. 

Masih ada pertanyaan seputar topik ini? Yuk, tulis di kolom komentar!

Artikel Terkait Lainnya