Manfaat Telur Setengah Matang, Efek Samping, dan Cara Memasaknya

Manfaat Telur Setengah Matang, Efek Samping, dan Cara Memasaknya
Aul Risky
Aul Risky
February 19, 2024
5 menit membaca

Telur tergolong superfood karena kandungan gizinya yang lengkap. Kandungannya meliputi protein, antioksidan, lemak, vitamin, fosfor, dan selenium. 

Telur juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satu yang dinilai sehat adalah dengan merebusnya. Baik telur matang sempurna atau setengah matang. Sebagian besar menyukai telur setengah matang karena tektur lembutnya. Namun, ada juga yang tidak suka dan meragukan khasiat dari telur setengah matang. 

Sebenarnya apa sih manfaat telur setengah matang? bagaimana cara memasaknya? Yuk, baca selengkapnya pada uraian di bawah ini!

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Kandungan Gizi pada Telur

Kandungan Gizi pada Telur

Jika dimasak matang sempurna, sebagian nutrisi yang terkandung dalam telur akan hilang. Namun berbeda dengan telur setengah matang, nutrisinya akan tetap terjaga. Berikut kandungan gizi yang ada di dalamnya:

Lemak jenuh: 432 g

Kolesterol: 186 mg

Natrium: 122 mg

Kalium: 55 mg

Lemak total : 65 g

Gula: 49 g

Protein: 51 g

Karbohidrat total: 49 g

Baca Juga: Bolehkah Makan Telur saat Batuk?

Manfaat Telur Setengah Matang

khasiat telur setengah matang

Jika diolah dengan cara yang tepat, berbagai manfaat telur setengah matang bisa kamu peroleh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menguatkan tulang

Kandungan protein telur setengah matang dan vitamin D bermanfaat untuk menguatkan tulang dan membuat berisiko terkena osteoporosis dan patah tulang bisa berkurang.

Manfaat ini bisa diperoleh secara maksimal jika dibarengi dengan olahraga rutin setiap hari.

  • Meningkatkan massa otot

Kamu yang ingin memiliki tubuh tegap, bisa mengonsumsi telur setengah matang. Di dalamnya terdapat kandungan asam amino yang tinggi sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh.

Selain itu, telur setengah matang juga mengandung lebih banyak lemak tak jenuh dibandingkan lemak jenuh. Tentunya, hal ini juga perlu didukung dengan olahraga yang rutin.

  • Mendukung pola makan

Asam amino yang tinggi di dalam telur berperan sebagai sumber energi yang bisa membantu pembentukan otot dan kulit.

Asam amino dalam telur setengah matang memiliki sumber energi yang lebih baik dibandingkan protein. Hal ini akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, 75% lemak dalam telur merupakan lemak tak jenuh yang lebih mudah diserap.

  • Menjaga kesehatan mata

Telur setengah matang juga memiliki khasiat untuk mata. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zeaxanthin dan lutein di dalam telur. Kedua kandungan ini berperan untuk mengurangi risiko terkena penyakit mata. Terutama yang dipengaruhi usia seperti degenerasi makula dan katarak.

  • Mengontrol kadar kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL ternyata juga bisa dikontrol dengan konsumsi telur setengah matang. Manfaat ini diperoleh dari kandungan omega-3. Untuk mendapatkan khasiat ini, pilih jenis telur omega-3 yang bisa ditemukan di supermarket.

  • Mencegah penuaan dini

Telur setengah matang merupakan sumber karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang berperan untuk melindungi tubuh dari penuaan,

Selain baik untuk kulit, hal ini juga baik untuk organ karena bisa mencegah proses kerusakan sel dan jaringan akibat penuaan.

  • Meningkatkan daya ingat

Manfaat lain dari telur setengah matang adalah menunjang daya ingat. Di dalamnya terdapat kandungan kolin yang tinggi. Kandungan ini diperlukan untuk meningkatkan daya ingat yang bermanfaat untuk keseharian.

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke

Telur setengah matang bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan adanya kolesterol baik atau HDL yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

  • Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh akibat kekurangan sel darah merah. Hal ini terjadi saat tubuh kekurangan vitamin B12.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan mengandung vitamin B12 seperti telur setengah matang.

  • Membantu sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari asam amino adalah membantu sistem kekebalan tubuh. Zat ini ternyata juga memiliki peran untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari penyakit sepanjang hari. 

Baca Juga: Yuk Ketahui Berapa Lama Merebus Telur yang Tepat!

Efek Samping Mengonsumsi Telur

Efek Samping Mengonsumsi Telur

Telur setengah matang memang kaya manfaat, namun sebaiknya pastikan kebersihan dari telur yang dikonsumsi. Sebab, telur setengah matang juga bisa memiliki efek samping bagi sebagian orang. Berikut beberapa efek samping dari telur setengah matang:

  • Rentan mengandung bakteri salmonella

Bakteri salmonella kadang ada pada telur setengah matang. Bakteri ini merupakan penyebab penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti tipes. Penyakit ini bisa dengan mudah menyerang saat daya tahan tubuh sedang lemah.

  • Mengandung zat avidin

Zat avidin merupakan zat yang bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral di dalam tubuh. Zat ini juga menyebabkan alergi dan kebotakan bagi sebagian orang.

  • Mengandung ovomucoid

Ovomucoid merupakan protein jahat yang bisa memengaruhi kesehatan kulit dan pernapasan. Pada kulit akan menimbulkan rasa gatal, bengkak, hingga membuat kulit menjadi merah. Sedangkan pada pernapasan, bisa membuat orang menderita batuk dan pilek.

Penting untuk diingat bahwa jika ingin mendapatkan vitamin yang cukup sebelum mengkonsumsi telur, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Ingin konsultasi sepuasnya terkait gejalamu?

Gunakan asuransi kesehatan online dari Rey, dapatkan manfaat mulai dari chat dokter sepuasnya, konsultasi gizi, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

Cara memasak telur setengah matang

Bagaimana sih cara memasak telur setengah matang yang baik dan benar? berikut 2 cara memasak yang bisa dicoba, terutama oleh pemula yang ingin memasak telur setengah matang dengan lebih sehat:

1. Menggunakan air dingin

Pertama, masukkan telur dalam wajan dan tuangkan air dingin di dalamnya sampai telur terendam sempurna. Kemudian, didihkan air tersebut.

Setelah mendidih, ambil dan tiriskan telurnya. Tutup telur menggunakan kain atau tisu dan tunggu 3 menit kemudian. Telur setengah matang siap disajikan.

2. Menggunakan air mendidih selama 6 menit

Berapa menit merebus telur setengah matang? Cara ini bisa menjawabnya, yaitu dengan memasaknya selama 6 menit. Namun, kali ini menggunakan air mendidih yang kemudian dimasukkan telur.

Cara merebus telur setengah matang yaitu dengan,me masak air sampai mendidih terlebih dahulu, kemudian masukkan telur selama 6 menit. 

Baca Juga: Dianjurkan, 10 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita DBD

Penutup

Jadi, apakah telur setengah matang sehat? Tentu saja iya! Namun, pastikan memilih telur dengan kualitas baik dan masak dengan benar, ya!

Namun, sebaiknya batasi pula konsumsi telur setengah matang karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi seperti tipes. Selain itu hindari pula bagi beberapa orang seperti ibu hamil dan menyusui, bayi, serta orang dengan gangguan daya tahan tubuh.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai telur setengah matang. Jika masih memiliki pertanyaan seputar telur setengah matang atau ragu mengonsumsinya karena masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya!

Coba 2 bulan GRATIS chat dokter sepuasnya + klaim obat gratis! Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya! 

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
August 25, 2023
Apakah Pepaya Bagus untuk Diet? Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Mungkin sejauh ini, kamu hanya mengenal pepaya sebagai buah yang membantu melancarkan pencernaan. Namun, tahukah kamu...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca
October 24, 2022
Ini Dia 8 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan!

Warna cat dalam ruangan tidak hanya digunakan untuk hiasan atau mempercantik ruangan saja, lho. Namun,...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca
November 22, 2023
13 Cara Meningkatkan Hemoglobin atau Hb dengan Cepat lewat Makanan

Cara meningkatkan hemoglobin atau Hb bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan. Hemoglobin adalah protein di...

Miska Syahirah Miska Syahirah
6 menit membaca