Meski memiliki banyak kegiatan setiap harinya, menyisihkan waktu untuk olahraga tetap lah penting.

Olahraga tidak melulu harus dilakukan di pagi hari kok, karena kamu bisa melakukannya di sore hari juga.

Salah satunya dengan lari sore yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari membakar kalori, memperkuat daya tahan tubuh, dan lainnya.

Berikut manfaat lari sore lainnya yang perlu kamu ketahui. Simak, yuk!

Table of Contents

Apa Manfaat Lari Sore?

Olahraga lari santai atau jogging tergolong olahraga kardio yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

Memang, jika berlari pagi kamu bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D.

Tapi tidak perlu khawatir, lari sore memiliki manfaat yang sama bagusnya, kok!

Menurut sebuah studi, suhu inti tubuh berada di titik tertinggi mulai dari pertengahan hari hingga sore, karena suhu inti tubuh yang meningkat, maka performa untuk beraktivitas juga berada di titik optimal.

Apabila kita bandingkan antara lari pagi dan sore, manfaat jogging sore hari cenderung memberikan efek yang sedikit berbeda, lho.

Jika kamu berolahraga di waktu prima, tentu manfaatnya akan sangat terasa.

Nah, berikut ini 5 manfaat lari sore untuk kesehatan:

Membakar kalori

Rajin berolahraga tidak hanya dapat meningkatkan kualitas hidup, tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengatur nutrisi dan pola makan, tetapi juga dengan rutin olahraga.

Rutin melakukan olahraga dapat mencegah tubuh menimbun kalori berlebih.

Saat berolahraga, tubuh akan mengambil kalori yang menumpuk di dalam tubuh dari makanan yang dikonsumsi pada pagi dan siang hari, kemudian mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan.

Semakin jauh jarak kamu berlari, maka tubuh membakar kalori lebih banyak juga.

Selain itu, di waktu ini suhu inti badan juga berada di titik paling tinggi.

Di saat ini tubuh mempunyai efek yang sama seperti setelah selesai peregangan atau pemanasan.

Efeknya otot-otot akan lebih lentur dan mudah berkontraksi, sehingga performa untuk olahraga juga meningkat.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuhmu akan semakin kuat dengan rutin lari sore juga, lho!

Orang yang rajin olahraga secara teratur cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehat, dan sistem imunitas yang tinggi.

Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh tidak akan mudah sakit, dan jika sakit pun proses penyembuhannya akan lebih cepat.

Selain itu, stamina juga akan meningkat ketika kamu rajin olahraga di sore hari.

Olahraga ini termasuk ke dalam kardio, olahraga yang bisa memperkuat jantung.

Ketika jantungmu kuat, maka penyebaran darah ke seluruh bagian badan akan lebih optimal, termasuk ke otak.

Ketika peredaran darah ke otak lancar, maka fungsi kognitif otak otomatis juga akan meningkat.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat olahraga lari sore berikutnya yaitu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Berolahraga di sore hari dapat membantu kamu yang memiliki gangguan untuk tidur di malam hari.

Memang, pada dasarnya semua olahraga dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

Namun dengan olahraga seperti lari di sore hari, peredaran darah akan terasa lebih lancar ketika beristirahat.

Setelah melakukan olahraga di sore hari, tubuh kita akan terasa lelah dan rileks ketika akan tidur.

Rasa lelah yang didapatkan setelah jogging ini lah yang akan memicu rasa kantuk dan mudah terlelap di malam hari.

Jadi, saat bangun tubuh akan terasa lebih segar.

Mengurangi stres

Aktivitas di pagi dan siang hari bisa menguras tenaga fisik dan mental secara bersamaan.

Tubuh dan pikiran akan terasa lelah dan pikiran dapat terpicu menjadi stres.

Meskipun olahraga dapat menguras tenaga fisik lebih banyak, tetapi cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan stres.

Kok bisa, ya? Nah, di dalam tubuh ada yang namanya hormon endorfin.

Hormon ini memiliki peran yang bisa mempengaruhi suasana hati seseorang.

Semakin banyak endorfin, maka suasana hatimu bisa menjadi lebih positif.

Ketika kamu melakukan olahraga seperti lari juga dapat memicu produksi lebih banyak hormon endorfin.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Stress Paling Ampuh Serta Kenali Gejalanya

Menjaga kesehatan jantung

Tingkat kematian karena serangan jantung menjadi salah satu penyebab yang cukup tinggi di Indonesia.

Memang, tidak ada yang tahu kapan serangan jantung dapat menyerang seseorang, tetapi kita bisa meminimalisirnya dengan menjaga kebugaran kondisi tubuh dengan berolahraga secara konsisten.

Salah satu manfaat berlari sore yaitu memperkuat otot jantung karena olahraga ini tergolong olahraga kardio.

Semakin kuat otot di sekitar jantung, maka jantung dapat memompa peredaran darahmu dengan lebih baik.

Lari pada sore hari memang dapat menyehatkan jantung, tapi jangan lupa untuk memperhatikan intensitas lari agar tidak berlebih ya.

Karena jika kamu memaksakan diri malah bisa berbahaya tidak hanya untuk jantung, tapi untuk organ lain juga seperti paru-paru yang harus bekerja ekstra untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Lalu, bagaimana cara lari sore yang tidak terlalu berlebihan tapi bisa membantu untuk mendapatkan hasil paling optimal?

Tenang, tenang, kita bahas lebih lanjut, yuk!

Baca Juga: 13 Gerakan Mudah Workout di Rumah, Cocok untuk Pemula!

Tips Lari Sore yang Aman

Olahraga lari sore atau malam merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan siapapun.

Berlari di sore hari memberikan banyak manfaat kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan performa tubuh.

Meskipun banyak jenis olahraga, orang cenderung memilih lari karena tidak membutuhkan alat khusus, cukup dengan sepatu yang nyaman, dan tempat berlari.

Pastikan kondisi tubuh prima

Meskipun terlihat mudah dan sederhana, menurut Runners World kamu harus tetap memperhatikan beberapa kondisi.

Pertama, pastikan tubuhmu dalam kondisi prima.

Seperti tidak sedang sakit flu atau tidak enak badan, terutama jika kamu sudah lama tidak berolahraga.

Lakukan pemanasan

Jika kamu pelari pemula, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan untuk meningkatkan suhu tubuh sebelum mulai.

Dengan begitu, ototmu akan lebih lentur dan dapat meminimalisir cidera atau kram otot.

Gunakan sepatu lari

Lalu, penting juga untuk menggunakan sepatu yang nyaman.

Jika kamu menggunakan sepatu khusus untuk berlari akan lebih baik, karena sepatu ini memang dirancang khusus untuk menyebarkan berat badan ke telapak kakimu sesuai dengan gerakan.

Jika kamu menggunakan sepatu yang tidak nyaman atau tidak tepat, kamu akan rentan cidera dan bisa merasakan nyeri pada kaki.

Pilih tempat yang aman

Pilih tempat berlari yang aman seperti lapangan, taman, atau stadium. Jangan pernah berlari di tengah keramaian apalagi di tempat yang banyak lalu lalang kendaraan.

Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, kamu bisa saja menghirup asap polusi dari kendaraan yang bisa menimbulkan masalah pada paru-paru.

Mulai dengan jalan santai

Sebelum lari di waktu sore, mulai lah dengan berjalan santai.

Jika kamu tiba-tiba berlari, dapat memberikan tekanan pada otot dan sendi yang bisa mengakibatkan cidera.

Jadi mulai lah dengan berjalan santai, dan sedikit demi sedikit kecepatannya dinaikkan secara bertahap.

Cidera yang disebabkan karena jogging bisa sangat beragam, mulai dari kram ringan hingga masalah pada otot.

Pertanyaan Seputar Lari Sore

Adapun beberapa pertanyaan seputar lari sore yang sering ditanyakan, seperti:

Lari sore setiap hari apakah baik?

Lari pagi atau sore setiap hari tidak akan menjadi masalah selama kamu melakukannya sesuai kemampuan.

Pada akhirnya, olahraga ini akan memberikan segudang manfaat kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Berapa Kali Idealnya Olahraga dalam Seminggu? Yuk, Cari Tahu!

Berapa lama waktu lari yang baik?

Tiap orang memiliki kemampuannya masing-masing dan kamu bisa mengatur waktu untuk porsi lari sesuai dengan kemampuan sendiri.

Tapi jika kamu seorang pemula, kamu bisa berlari dengan durasi 5-10 menit, kemudian turunkan kecepatan, kemudian berlari lagi dengan durasi yang sama hingga target durasi olahragamu tercapai.

Apakah lari sore hari dapat menurunkan berat badan?

Lari sore atau bahkan malam tidak hanya berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi manfaat lain dari lari sore yang bisa kamu dapatkan yaitu penurunan berat badan.

Karena makanan yang dikonsumsi pada pagi hari akan diubah menjadi energi, makanya lari sore sebagai pembakar kalori-kalori tubuh juga cukup efektif.

Meski begitu, kamu tetap perlu melakukan konsultasi dulu ya, terkait dengan kebutuhan nutrisimu.

Konsultasi dengan dokter sekarang juga sudah semakin mudah lho, karena kamu bisa chat dokter secara online melalui aplikasi Rey ataupun secara offline.

Bahkan kalau kamu sudah memiliki asuransi kesehatan online dari Rey, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat, rawat inap, hingga rawat jalan gratis.

Klik banner ini yuk, untuk info lebih lanjut!

Mengapa setelah berolahraga kita harus istirahat?

Istirahat yang cukup setelah lari sore sangatlah penting untuk pemulihan.

Setelah berlari untuk waktu yang lama, otot mengalami perubahan untuk berkembang dan energi juga sangat berkurang.

Dengan beristirahat yang cukup, dapat memberikan tubuh waktu untuk memperbaiki jaringan dan sel yang rusak dan mengisi ulang tenaga.

Baca Juga: Apakah Jalan Kaki Termasuk Olahraga? Ini Jawabannya!

Penutup

Nah, itu dia segudang manfaat lari sore yang dapat membantu tubuh lebih prima.

Jika kamu tidak memiliki waktu luang di pagi hari, olahraga sore juga bisa memberikan manfaat kesehatan tubuh, kok.

Dibandingkan dengan lari pagi, olahraga sore relatif lebih nyaman karena kamu tidak dalam kondisi mengantuk.

Semoga bisa membantumu yang sedang mempertimbangkan pilihan jenis aktivitas fisik yang ringan dan mudah, ya!

Masih ada pertanyaan seputar topik ini? Yuk, tanyakan di kolom komentar!

Artikel Terkait Lainnya