Ini Dia, 12 Manfaat Daun Salam, Cegah Kanker Hingga Depresi

Ini Dia, 12 Manfaat Daun Salam, Cegah Kanker Hingga Depresi
Aul Risky
Aul Risky
February 5, 2024
5 menit membaca

Banyak orang yang mengenal daun salam sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Aromanya yang khas akan membuat makanan lebih harum, gurih, dan kaya rasa. 

Namun ternyata manfaat daun salam tidak hanya sebatas itu. Tanaman ini juga mengandung beragam zat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Apa saja sih kandungan daun salam dan manfaatnya untuk tubuh? yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kandungan Daun Salam

Kandungan Daun Salam

Tanaman herbal ini memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B6, kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin C.

Berikut kandungan gizi daun salam per 100 gram:

  • Energi: 313 kkal
  • Karbohidrat: 75 g
  • Lemak: 8,3 g
  • Serat: 26,3 g
  • Folat: 180 mg
  • Vitamin A: 6185 IU
  • Vitamin C: 46,5 mg
  • Sodium: 23 mg
  • Potasium: 529 mg
  • Zat besi: 43 mg
  • Kalsium: 834 mg
  • Magnesium: 120 mg
  • Zinc: 3,7 mg
  • Fosfor: 113 mg
  • Niacin: 2 mg
  • Pyridoxine: 1,7 mg
  • Riboflavin: 0,4 mg

Tak hanya itu, daun salam juga mengandung beragam komponen aktif seperti a-terpineol, geranyl acetate, a-pinene, ß-pinene, myrcene, metil chavicol, limonene, linalool, neral, eugenol, dan chavicol. Komponen-komponen ini berfungsi baik sebagai antioksidan, antiseptik, hingga antikanker. 

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Selain untuk pelengkap masakan, daun salam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yaitu:

1. Mencegah kanker

Daun salam memiliki kandungan zat antikanker dari kombinasi antioksidan dan senyawa organik daun salam. Senyawa tersebut antara lain fitonutrien, linalool, katekin, dan perthenolide yang bisa membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Mengonsumsi daun salam bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini berasal dari vitamin B6, vitamin A, dan vitamin C sebagai antioksidan. Vitamin-vitamin tersebut bekerja dengan cara mendukung fungsi sel darah putih yaitu limfosit dan neutrofil.

Caranya dengan membuat air rebusan daun salam. Kumpulkan 10-15 daun salam segar dan rebus dalam tiga gelas air. Tunggu sampai air rebusannya menyusut kira-kira satu gelas. Minum air tersebut secara teartur.

3. Menurunkan risiko diabetes

Kegunaan daun salam selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Khasiat ini berasal dari kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Selain menurunkan risiko diabates dan proses pemulihan pengidap diabetes.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Tanaman herbal satu ini juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sehingga membantu menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Daun salam bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah di dalam tubuh.

Di dalamnya terdapat flavonoid yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kandungan quercetin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya bisa dengan meminum air rebusan daun salam setiap hari, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Kolesterol!

5. Mengobati Diare

Mengobati Diare pada daun salam

Bakteri penyebab diare antara lain Salmonella sp, E. coli, dan Vibrio cholera. Nah, siapa sangka daun salam adalah salah satu obat herbal yang mampu mengatasinya. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung etanol untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.

Caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun salam dua gelas. Diare pun akan lebih cepat sembuh.

6. Cegah stres dan depresi

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, daun salam juga baik untuk kesehatan mental lho. Salah satunya untuk mencegah stres dan depresi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan linalool yang bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan dan stres pada tubuh.

Daun salam mampu memberikan efek menenangkan yang bisa membuat otak dan tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, kecemasan pemicu stres dan depresi juga bisa berkurang.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun salam juga berperan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan di dalamnya mampu menurunkan kadar racun dalam pencernaan, meredakan sakit perut, dan melancarkan buang air kecil.

Tak hanya itu, air rebusan daun salam juga mampu mengatasi iritasi usus besar serta mengurangi gejala penyakit celiac, yakni penyakit autoimun akibat konsumsi gluten.

Enzim pada daun salam juga membantu mencerna protein yang sulit diproses dalam tubuh. Dengan begitu  penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal.

Kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi daun salam sebagai pengobatan penyakit tertentu tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ingin konsultasi sepuasnya terkait gejalamu?

Gunakan asuransi kesehatan online dari Rey, dapatkan manfaat mulai dari chat dokter sepuasnya, konsultasi gizi, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

8. Mempercepat penyembuhan luka

Daun salam merupakan salah satu daun dengan kandungan antiinflmasi. Itulah mengapa tanaman herba ini bisa menjadi salah satu obat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Caranya yaitu dengan menjadikannya obat luar,  kamu cukup menumbuk daun salam serta mengoleskannya pada luka atau bekas luka.

9. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Selain mengobati luka, sifat antiinflamasi pada daun salam juga berguna untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Daun tanaman ini mengandung fitonutrisen yaitu parthenolide yang bisa mengurangi peradangan dan iritasi.

Caranya yaitu dengan mengoleskan pada bagian yang mengalami peradangan seperti sendi yang sakit atau area artritis. Efek ini juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daun salam.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Saga untuk Batuk yang Jarang Diketahui

10. Menjaga fungsi saraf

Mengonsumsi daun salam secara teratur akan membuat tubuh mendapatkan berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, antioksidan alami, serat, dan vitamin B yaitu niasin, asam pantotenat, piridoksin, dan riboflavin.

Meski begitu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan saraf.

Coba chat dokter sepuasnya dan dapatkan obat gratis diantar ke depan rumahmu. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

11. Meredakan gigitan nyamuk

Kandungan asam laurat di dalam daun salam merupakan senyawa yang efektif untuk mengusir nyamuk. Tak hanya itu, mengoles daun dengan sedikit minyak juga membantu mengurangi bekas gigitan nyamuk yang gatal di permukaan kulit.

12. Mengatasi masalah rambut

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, daun salam juga berguna untuk mengatasi masalah rambut. Mulai dari menjaga kelembapan rambut hingga mengatasi ketombe yang membandel.

Caranya yaitu dengan merendam daun dalam air selama beberapa jam kemudian gosok daun ke permukaan kulit setelah keramas. 

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Putri Malu dan Efek Sampingnya

Penutup

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan. Ternyata fungsi daun salam cukup beragam mulai dari kesehatan tubuh, rambut, hingga kesehatan mental.

Namun yang perlu diingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter aturan minum rebusan daun salam agar bisa bermanfaat sebagai obat herbal.

Masih ada pertanyaan seputar daun salam? yuk, diskusikan di kolom komentar!

sebelum mengonsumsi daun dalam sebagai obat herbal tradisional, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Coba 2 bulan GRATIS chat dokter sepuasnya + klaim obat gratis! Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya! 

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
November 9, 2021
8 Perbedaan Xiaomi Mi Band 4 dan 5, Bagusan yang Mana?

Dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, smartwatch semakin populer di Indonesia. Salah satunya Xiaomi Mi Band....

Yosephine Yosephine
4 menit membaca
May 19, 2023
10 Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh dan Wajah

Sistem kekebalan tubuh seseorang sering sekali dikaitkan dengan konsumsi vitamin C. Faktanya, vitamin C menjadi salah...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca
April 10, 2023
7 Manfaat Begadang bagi Tubuh, Baik atau Buruk?

Tidur larut malam atau begadang cenderung memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Namun, apakah begadang benar-benar...

Dwi Julianti Dwi Julianti
5 menit membaca