perbedaan mi band 4 dan 5

Dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, smartwatch semakin populer di Indonesia. Salah satunya Xiaomi Mi Band. Jika kamu sedang mengincar smartwatch yang satu ini, mungkin kamu bertanya, “Apa perbedaan Mi Band 4 dan 5?”

Keduanya sama-sama terjangkau. Namun, tentunya ada perbedaan harga dan fitur. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli Xiaomi Mi Band 4 ataupun 5. 

8 Perbedaan Xiaomi Mi Band 4 dan 5

1. Layar

Nyaris sama, namun berbeda. Ada dua perbedaan pada layar Mi Band 4 dan Mi Band 5.

Pertama, pada ukuran. Layar AMOLED Mi Band 5 di ukuran 1.1 inci sedikit lebih besar dibanding Mi Band 4 yang berukuran 0.95 inci. Tapi jangan salah. Justru perbedaan kecil ini membuat lebih banyak informasi yang bisa terlihat di Mi Band 5. 

Kedua, pada tingkat brightness. Walau Mi Band 4 bisa mengeluarkan hingga 400 nits cahaya, tapi Mi Band 5 bisa mencapai 450 nits. Alhasil, kamu pun lebih bisa melihat jam, terutama ketika sedang berdiri di luar pada siang hari. Namun, keduanya masih belum punya pengaturan cahaya otomatis, sehingga harus dilakukan secara manual.

2. Charger

Pengisian daya Mi Band 5 dipermudah dibandingkan Mi Band 4. Pada Mi Band 4, charger yang disediakan mengharuskan user untuk membuka Mi Band untuk dipasang ke chargernya. 

Sedangkan, Mi Band 5 mempunyai fitur magnetic charging. Dengan charger Mi Band 5 yang baru, kamu cukup mencolok dari belakang jamnya. Jadi, tidak perlu susah-susah melepas strapnya lagi.

3. Daya Baterai

Daya tahan baterai, baik Mi Band 4 maupun 5, lumayan serupa. Pihak Xiaomi mengatakan kedua smartband ini bisa bertahan hingga 20 hari. 

Karena baterai pun cukup tahan lama, kamu tidak perlu terlalu sering men-charge. Bepergian pun tidak harus bolak-balik di-charge dulu.

4. Fitur Dasar

Ada berbagai fitur dasar yang bisa kamu nikmati dengan Mi Band 4 dan 5, antara lain: 

  • Notifikasi HP; 
  • Jam dan alarm;
  • Laporan cuaca;
  • Pemutar lagu/musik;
  • Shutter kamera jarak jauh (Khusus Mi Band 5).

Kebanyakan fitur ini bisa kamu gunakan dengan bluetooth. Aktivitas kamu sehari-hari pun bisa menjadi lebih mudah, bukan?

5. Workout Mode

Mi Band tentunya identik sebagai fitness tracker, yaitu alat yang digunakan untuk mencatat hasil olahraga kamu. Maka dari itu, Xiaomi Mi Band 4 dan 5 sudah sama-sama diperlengkapi dengan berbagai jenis workout mode.

Mi Band 4 sendiri baru mempunyai 6 workout mode, yaitu lari outdoor, lari treadmill, bersepeda, berjalan kaki, berenang, maupun freestyle (olahraga bebas).  

Namun, seri Mi Band 5 mempunyai 5 tambahan workout mode dari Mi Band 4. Tambahannya berupa indoor cycling (sepeda statis), elliptical, rowing machine, lompat tali, dan yoga. Kelima mode ini berfokus pada olahraga dalam ruangan yang menjadi populer ketika Pandemi terjadi. Karena itu, Xiaomi pun mengadaptasi mode olahraga indoor.

6. Fitur Pelacak Kesehatan

Tidak hanya buat olahraga. Mi Band juga mempunyai fitur pelacak kesehatan. Baik Mi Band 4 dan Mi Band 5 sama-sama mempunyai pelacak kualitas tidur juga detak jantung. 

Dengan begitu, kamu bisa tahu bagaimana kualitas tidur kamu, serta mendapat pemberitahuan bila detak jantung terlalu tinggi. Tentunya jika kamu mengaktifkan fitur ini, daya baterai akan lebih cepat habis.

Untuk Mi Band 5, ada beberapa fitur pelacak kesehatan tambahan, antara lain: 

  • Kadar oksigen (SpO2); 
  • Pelacak siklus menstruasi bagi wanita;
  • PAI (Personal Activity Intelligence);
  • Kadar stres kamu;
  • Latihan pernapasan.

PAI sendiri berasal dari kalkulasi berbasis jenis kelamin, umur, detak jantung, dan data lainnya. Dari sini, Mi Band bisa memberikan rekomendasi untuk aktivitas yang bisa meningkatkan pola hidup sehat kamu.

7. Desain

Secara desain, Mi Band 4 dan Mi Band 5 serupa. Untuk warna talinya secara resmi ada 5 warna untuk Mi Band 4, yaitu hitam, oranye, biru, merah, dan pink. Sementara Mi Band 5 mempunyai 6 warna, yaitu kuning, teal, biru tua, hijau mint, oranye, dan hitam.

8. Harga

Tentunya harga yang lebih terjangkau adalah Xiaomi Mi Band 4 di angka Rp350.000-an saja. Namun, jika kamu membeli di toko online, kamu mungkin bisa mendapatkan harga hingga Rp280.000. 

Xiaomi Mi Band 5 umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp400.000-an. Harga ini masih cukup terjangkau untuk membantu kamu mulai hidup yang lebih sehat.

Artikel Terkait Lainnya