20 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

20 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan, Sudah Tahu?
Dwi Julianti
Dwi Julianti
November 21, 2023
8 menit membaca

Strawberry merupakan salah satu jenis buah dari keluarga beri yang banyak disukai karena memiliki rasa manis yang segar.

Buah berwarna merah dengan biji-biji kecil ini sering diolah dalam berbagai hidangan, seperti kue, salad, es krim, dan selai.

Selain kelezatannya, strawberry juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, mangan, folat, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, antioksidan, dan potasium.

Tidak cukup hanya mengonsumsi buah strawberry, untuk menjaga kesehatan tubuh menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur juga penting, lho.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas sebenarnya apa saja manfaat buah strawberry untuk kesehatan tubuh? Baca selengkapnya di sini, ya!

Manfaat Buah Strawberry

Berikut adalah beberapa manfaat buah strawberry:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah strawberry adalah mampu menjaga kesehatan jantung.

Salah satu manfaat buah strawberry adalah mampu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan dalam buah strawberry jika dikonsumsi secara teratur akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung secara lebih optimal hingga mencegah dari penyakit jantung.

Memenuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan melalui buah strawberry juga bisa membantu menurunkan risiko kardiometabolik

2. Menurunkan Risiko Peradangan

Kandungan fitokimia dan vitamin yang terkandung dalam buah strawberry mampu mencegah tubuh terpapar risiko radikal bebas yang dapat memicu peradangan.

Selain itu, terdapat juga kandungan flavonoid dan antioksidan dalam strawberry yang berperan dalam mengatasi peradangan dalam tubuh.

Kandungan tersebut memiliki sifat neuroprotektif, antikanker, kardio protektif, dan antidiabetik, sehingga strawberry mampu mencegah tubuh dari berbagai penyakit kronis.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah strawberry selanjutnya adalah dapat memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan kadar glukosa pada saat setelah mengonsumsi karbohidrat.

Oleh karena itu, strawberry sangat cocok untuk dikonsumsi selama program diet dan dapat membantu mencegah tubuh dari risiko sindrom metabolik serta diabetes tipe 2.

Baca Juga: Pakai Alat Cek Gula Darah di Rumah, Memang Bisa?

4. Mencegah Kanker

Penyakit kanker dapat timbul akibat terpaparnya tubuh oleh radikal bebas yang memicu kerusakan pada sel dan jaringan, yang pada gilirannya menyebabkan pertumbuhan sel abnormal.

Dengan mengonsumsi buah strawberry yang kaya akan antioksidan, diyakini dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, sehingga berpotensi mencegah munculnya penyakit kanker.

5. Meredakan Gejala Arthritis

Pengidap radang sendi atau arthritis sangat dianjurkan untuk bisa mengonsumsi stroberi secara rutin.

Sebab buah strawberry memiliki banyak manfaat seperti, sifat anti peradangan yang dapat meredakan gejala arthritis dan bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada jaringan tubuh.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah strawberry sangat dikenal dengan kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. 

Kombinasi kedua nutrisi tersebut jika dikonsumsi secara rutin dinilai mampu meningkatkan produksi kolagen serta mempercepat proses penyembuhan luka serta membantu menjaga kesehatan kulit.

7. Mencegah Kanker Usus Besar

Saat ini, pola hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab utama munculnya berbagai penyakit kronis, termasuk kanker usus besar.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah strawberry dapat menjadi solusi untuk menurunkan risiko terjadinya iritasi pada usus terkait dengan kanker usus besar.

Dengan bantuan senyawa fenolik dalam buah strawberry, mampu mengurangi peradangan kronis dan sel kanker di dalam tubuh.

8. Mengatasi Konstipasi

Penyakit konstipasi atau kondisi perut mengalami sembelit yang ditandai dengan sulit buang air besar (BAB) juga dapat diatasi menggunakan buah strawberry.

Buah strawberry menjadi salah satu buah yang kaya akan kandungan serat, sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat membantu meredakan dan mengatasi konstipasi yang tidak kunjung membaik.

9. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi yaitu kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi, dapat menyebabkan ketidakoptimalan fungsi tubuh penderitanya.

Buah strawberry yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi dianggap mampu membantu dalam proses pemenuhan kandungan cairan, sehingga tubuh dapat terhindar dari kondisi dehidrasi.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan vitamin E yang sangat tinggi dalam buah strawberry bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih optimal.

Selain itu, dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh akan vitamin E dan vitamin C ini juga mampu menghindarkan dari berbagai gangguan penyakit tubuh lainnya.

11. Mencegah Demensia

Buah stroberi mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan kesehatan otak. 

Manfaat jus stroberi yang dikonsumsi secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mencegah ataupun menurunkan risiko terkena penuaan kognitif, alzheimer dan demensia.

12. Meningkatkan Kesehatan Usus

Selanjutnya manfaat kandungan antioksidan dan vitamin C yang bersifat prebiotik dalam buah strawberry juga dapat meningkatkan kesehatan usus.

Di mana kombinasi nutrisi dalam buah stroberi dapat membantu meningkatkan produksi bakteri baik yang berada dalam usus.

Baca Juga: 6 Contoh Minuman Probiotik dan Manfaatnya bagi Kesehatan

13. Mengontrol Berat Badan

Stroberi adalah buah yang memiliki kadar kalori cukup rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pilihan cemilan sehat tanpa perlu khawatir akan peningkatan berat badan.

Namun, bagi yang memiliki riwayat masalah kesehatan tertentu sebaiknya dalam memakan buah strawberry juga tidak berlebihan karena memiliki rasa asam.

Baca Juga: Ingin Diet Karbo, Sudah Tahu Cara yang Benar?

14. Menjaga Kesehatan Mata dan Rambut

Stroberi memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid.

Kombinasi nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya masalah pada mata, seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak.

Manfaat kandungan nutrisi strawberry juga dapat membantu membersihkan dan melindungi kondisi kesehatan rambut.

15. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Buah strawberry kaya akan anthocyanin, yang dapat mencegah tekanan darah tinggi dengan membantu melancarkan aliran darah.

Manfaat dari mengonsumsi buah ini dapat sangat terasa dan berpengaruh, terutama pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah.

Untuk pemahaman lebih mendalam tentang manfaat ini dan untuk memastikan bahwa konsumsi strawberry sesuai dengan kondisi kesehatan kamu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ingin konsultasi dengan dokter gratis sepuasnya terkait gejala yang kamu alami?

Gunakan asuransi kesehatan online dari Rey, dapatkan manfaat mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

16. Mencegah Stroke

Manfaat berikutnya dari konsumsi strawberry adalah kemampuannya dalam mencegah serangan stroke melalui kandungan zat anthocyanin.

Kandungan tersebut memiliki peran dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi, yang merupakan salah satu faktor penyebab risiko stroke.

17. Mencegah Kolesterol Jahat

Kandungan polifenol pada strawberry dapat membantu penyerapan HDL atau kolesterol baik yang mampu mencegah penyerapan kolesterol jahat.

Oleh karena itu, minum jus strawberry dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi seperti penyakit jantung.

18. Mengatasi Jerawat

Manfaat berikutnya yang dimiliki buah ini adalah kemampuan strawberry dalam mengatasi jerawat.

Manfaat berikutnya yang dimiliki buah ini adalah kemampuan strawberry dalam mengatasi jerawat.

Stroberi mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mencegah dan mengatasi peradangan pada kulit, yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Baca Juga: Cepat dan Alami, Ini 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

19. Mencerahkan Kulit

Buah ini mengandung vitamin C, yang terkenal dapat membantu menjaga kulit agar lebih cerah.

Kandungan sodium ascorbyl phosphate (SAP) atau larutan air vitamin C yang terkandung dalam buah strawberry dipercaya sebagai jenis vitamin C yang memberikan hasil lebih efektif untuk mencerahkan wajah.

20. Mencegah Penuaan Dini

Efektivitas kandungan vitamin C dalam strawberry selanjutnya dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan dan keriput.

Manfaat dari strawberry ini dapat diperoleh dengan mengonsumsinya langsung atau mengaplikasikannya pada wajah sebagai masker.

Baca Juga: 13 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Pertanyaan Seputar Manfaat buah Strawberry 

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar manfaat buah strawberry yang perlu kamu ketahui:

Apakah boleh makan strawberry setiap hari?

Meskipun buah strawberry memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan karena buah ini memiliki rasa yang cenderung asam.

Pengonsumsian yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping, seperti gangguan perut, mulas, diare, refluks, kembung, dan respons alergi pada beberapa orang.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi strawberry dalam jumlah moderat, yakni sekitar 8 buah per hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pola makan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya.

Yuk, coba chat dokter sepuasnya dan dapatkan obat gratis diantar ke depan rumahmu. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Buah strawberry bagus untuk penyakit apa?

Buah strawberry memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi jantung, mencegah kanker, diabetes, arthritis, Alzheimer, sembelit, dan stroke.

Apakah strawberry bisa membuat kulit putih?

Ya, buah strawberry dapat memberikan kontribusi untuk membuat kulit terlihat lebih cerah.

Buah strawberry dapat memberikan kontribusi untuk mencerahkan kulit karena mengandung sodium ascorbyl phosphate (SAP) atau vitamin C larutan air, yang dianggap sebagai jenis vitamin C yang efektif untuk kesehatan kulit.

Dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, proses ini dapat berperan dalam merevitalisasi kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah serta segar.

Apakah buah strawberry bisa menurunkan berat badan?

Ya, strawberry dikenal sebagai buah yang serbaguna dengan memiliki kadar kalori rendah dan tinggi serat sehingga sangat mendukung untuk proses penurunan berat badan serta menghilangkan lemak di perut.

Oleh karena itu, minumlah jus strawberry karena buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai cemilan sehat saat diet tanpa perlu mengkhawatirkan berat badan akan meningkat.

Baca Juga: 11 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisinya

Penutup 

Itulah informasi seputar berbagai manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit dalam tubuh.

Kandungan nutrisi dalam strawberry menjadikannya sebagai buah yang sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Setelah mengetahui keunggulan buah cantik ini, yuk segera memasukkan buah strawberry ke dalam daftar menu sehat sehari-sehari.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemilihan dan penyesuaian menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisimu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi.

Yuk, coba 2 bulan GRATIS chat dokter sepuasnya + klaim obat gratis! Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya! 

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
September 8, 2023
6 Contoh Minuman Probiotik dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Tahukah kamu bahwa jumlah bakteri di dalam tubuh memiliki perbandingan 10:1 dengan jumlah sel tubuh...

Dwi Julianti Dwi Julianti
9 menit membaca
April 27, 2023
15 Cemilan Sehat untuk Diet, Lezat, dan Bergizi!

Cemilan sehat apa saja yang cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet? Tidak perlu khawatir,...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca
December 6, 2023
Mudah, 6 Cara Mengolah Buah Mengkudu yang Benar

Mengkudu (morinda citrifolia) adalah salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemui di kawasan Australia,...

Miska Syahirah Miska Syahirah
6 menit membaca