manfaat minum air kelapa

Sebagai salah satu negara tropis terbesar, Indonesia sudah lama menjadi penyedia buah kelapa. Dipenuhi daging yang manis dan air yang menyegarkan, kelapa kaya akan kandungan nutrisi. Karena itu, manfaat minum air kelapa bagi kesehatan pun tidak perlu diragukan lagi. 

Air kelapa sendiri merupakan 95% air. Karena itu, sangat bagus untuk melegakan dahaga di hari yang panas. Beberapa tradisi juga menggunakan air kelapa sebagai obat, baik untuk pencernaan dan sistem ekskresi.

Namun, sebelum ke manfaat, yuk kita mengenal air kelapa lebih dekat dulu. Apa saja sih yang ada di dalam air kelapa?

Kandungan Air Kelapa: Memangnya Berapa Kalori?

Walau manis, air kelapa hanya mempunyai sedikit gula dan kalori. Sementara itu, kandungan gizinya cukup lengkap, terutama untuk mineral dan elektrolit.

Kandungan gizi dalam 100 gram air kelapa:

  • Kalori: 19 kcal
  • Karbohidrat: 3.7 gram
  • Gula: 2.61 gram
  • Serat: 1.1 gram
  • Lemak: 0.2 gram
  • Protein: 0.72 gram
  • Vitamin
    • 1% AKG untuk Vitamin B3, B5, dan B9
    • 2% AKG untuk Vitamin B6
    • 3% AKG untuk Vitamin B1 dan C
    • 5% AKG untuk Vitamin B2
  • Mineral
    • 1% AKG untuk seng
    • 2% AKG untuk kalsium dan zat besi
    • 3% AKG untuk fosfor
    • 5% AKG untuk kalium
    • 7% AKG untuk magnesium, sodium, dan mangan.

Melihat betapa banyaknya gizi air kelapa, tentunya manfaatnya untuk kesehatan juga banyak. 

10 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Kamu

1. Mengembalikan Mineral Setelah Olahraga

Saat berolahraga, tubuh kehilangan banyak cairan dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan air kelapa sendiri mempunyai mineral yang hilang ketika olahraga. Misalnya saja, sodium dan kalium.

Karena itu, air kelapa bisa menyaingi atau bahkan lebih baik dibandingkan air putih dan minuman olahraga lainnya. 

Bahkan, sebuah studi dari Universitas Vale do São Francisco di tahun 2014 pun mendapati bahwa minum air kelapa sebelum berolahraga dapat meningkatkan kemampuan olahraga bahkan di tengah lingkungan atau cuaca yang sangat panas. 

2. Mencegah Dehidrasi

Masih dalam penelitian Universitas Vale do São Francisco yang sama, minum air kelapa sebelum olahraga bisa mengurangi jumlah urin yang dikeluarkan. Hal ini berarti risiko dehidrasi lebih rendah karena tubuh lebih bisa menyimpan kadar air saat berolahraga.

Di dalam kelapa pun ada elektrolit yang bisa membantu mendapatkan kembali cairan tubuh yang hilang akibat keringat saat olahraga. Dibandingkan sports drink atau minuman elektrolit, air kelapa pun mempunyai efek samping (mual atau sakit perut) yang lebih sedikit. 

3. Memiliki Stamina Lebih Tinggi

Stamina berarti kekuatan dan ketahanan tubuh untuk melakukan suatu aktivitas fisik atau mental dalam kurun waktu yang lama. Jika mempunyai stamina yang lebih tinggi, risiko kamu untuk merasa stres atau lelah pun lebih rendah. 

Air kelapa sendiri mengandung karbohidrat dan elektrolit penambah stamina, seperti sodium dan kalium. Hal ini membantu tubuh tetap berenergi dan terhidrasi selama melakukan aktivitas fisik sehari-hari. 

Walaupun demikian, masih perlu adanya lebih banyak penelitian pada manusia mengenai manfaat kelapa yang status ini. Sementara itu, air kelapa tetap berguna untuk meningkatkan stamina kamu karena menjadi sumber pengganti cairan dan kalium untuk tubuh.

4. Membuatmu Awet Muda

Tentunya dengan menghidrasi tubuh, air kelapa juga menjadi lebih sehat untuk kulit. Efek sampingnya, kulit pun terlihat lebih kencang. 

Hal ini disebabkan adanya hormon sitokinin yang mendukung proses perkembangan sel bernama sitokinesis. Karena mendorong pergantian sel, proses penuaan pun menjadi lebih terhambat.

5. Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Sebuah penelitian Journal of Medicinal Food di tahun 2006 menemukan bahwa air kelapa pada tikus dapat menjaga kadar kolesterol normal. Walau diberi makan makanan penyebab kolesterol, konsumsi air kelapa membuat tidak adanya kenaikan total kolesterol. 

Bahkan air kelapa bisa menetralkan kenaikan kolesterol VLDL maupun LDL sebagai kolesterol jahat, serta trigliserida. Sementara kolesterol baik (HDL) menjadi meninggi. Dengan begitu, kadar kolesterol pun tetap normal. 

Tentunya hal ini bisa terjadi jika kamu meminum cukup banyak air kelapa. Bagaimanapun juga, masih perlu adanya penelitian lebih lanjut terhadap manusia. 

6. Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Biasanya kolesterol jahat dapat menumpuk pada saluran pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyumbatan yang meningkatkan risiko berbagai penyakit jantung. Mulai dari hipertensi, serangan jantung, stroke, hingga gangguan pembuluh darah lainnya. 

Karena air kelapa sendiri mampu menetralkan (atau setidaknya mengurangi risiko) kolesterol jahat, risiko kamu mempunyai penyakit jantung pun lebih rendah. 

7. Lebih Sehat untuk Pencernaan

Manfaat minum air kelapa yang lainnya adalah sebagai obat pencernaan. Karena itu, air kelapa bisa membantu proses pencernaan, serta menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung setelah makan. 

Selain itu, penelitian lain juga mendapati bahwa kelapa bisa meminimalisir efek samping gangguan pencernaan. Misalnya sakit maag atau mual.

Namun, perlu kamu ingat bahwa meminum terlalu banyak air kelapa malah bisa memicu diare. Hal ini disebabkan oleh adanya potassium berlebihan. Karena itu, beberapa orang mungkin mengalami efek samping berupa diare jika terlalu banyak minum kelapa. 

8. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Sebuah penelitian di tahun 2018 mengungkapkan bahwa air kelapa bisa meningkatkan keluarnya beberapa zat dalam urin, seperti kalium, sodium klorida, dan asam sitrat dalam urin. Lantas, apa maknanya? 

Dengan dikeluarkannya ketiga zat ini, maka kemungkinan batu ginjal terbentuk pun bisa lebih kecil. Hal ini disebabkan karena zat tersebut berperan untuk mendukung pembentukan kristalisasi kalsium yang bisa memadat menjadi batu ginjal.

9. Bisa Menjaga Kadar Gula Normal

Menurut sebuah penelitian PeerJ terbaru di tahun 2021, air kelapa berpotensi untuk menurunkan kadar gula tinggi. Bahkan bisa meminimalisir kerusakan pada mata akibat diabetes. Hal ini sejajar dengan beberapa penelitian sebelumnya pada hewan. 

Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak magnesium. Magnesium sendiri berperan untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Namun, hal ini hanya berlaku bagi air kelapa murni yang belum diberi pemanis. Selain itu, pastikan kamu juga membatasi konsumsi air kelapa kamu hingga 240-480 ml saja per hari. 

10. Menetralkan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sel-sel yang datang sebagai hasil dari proses metabolisme tubuh. Jika radikal bebas sudah terlalu banyak menumpuk, hal ini bisa memicu stres oksidatif pada tubuh. Alhasil, sel-sel sehat pun bisa menjadi rusak akibat radikal bebas. 

Untungnya air kelapa mengandung antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. Walaupun memang banyak penelitian yang membuktikan adanya antioksidan di dalam air kelapa, kebanyakan masih berfokus pada hewan. 

Karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang topik ini pada manusia.

Kapan Boleh Minum Air Kelapa?

Nah, setelah mengetahui 10 manfaat air kelapa tersebut, maka siapa saja dan kapan sebaiknya kita mengkonsumsi air kelapa sih?

Apakah boleh…

  • Minum air kelapa saat hamil? Tentu boleh. Justru air kelapa bisa menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Namun, pastikan air kelapa itu disimpan benar dalam kulkas, serta belum kadaluwarsa. 
  • Minum air kelapa saat diet? Tenang, air kelapa murni hanya mengandung sedikit kalori. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu diet dengan memastikan kebutuhan cairan tubuh. 
  • Minum air kelapa saat haid? Air kelapa juga mempunyai kandungan fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen pada manusia kok. Karena itu, air kelapa aman untuk diminum dan tidak mengganggu siklus menstruasi.

Belum yakin? Kamu bisa berkonsultasi gratis dengan dokter umum di Rey lho!

Sebagai Member Rey, kamu mempunyai hak untuk melakukan telekonsultasi dokter melalui chat sepuasnya yang kamu mau. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan lainnya berupa: 

✔️ Fitur kesehatan ReyFit yang mendukung gaya hidup sehat;

✔️ Akses sepuasnya untuk teknologi cek gejala dan keluhan mandiri;

✔️ Jatah menebus resep obat sesuai hasil konsultasi dokter secara gratis;

✔️ Proteksi kesehatan berupa asuransi kesehatan rawat jalan. 

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Kamu bisa mendapatkan semuanya hanya mulai dari Rp69.000/bulan saja. Ketahui juga fungsi asuransi Bersama Rey.id. Yuk, cek produknya!

Artikel Terkait Lainnya