Salah satu Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer yakni dengan mengatur intensitas cahaya komputer.

Kurangnya olahraga dan seringnya menatap layar komputer, bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Terutama, bagi kamu yang bekerja di depan komputer sepanjang hari.

Oleh karena itu, agar tubuh selalu fit meski bekerja seharian di depan komputer.

Sebaiknya, kamu lakukan tips sehat bekerja di depan komputer di bawah ini!

Table of Contents

Bagaimana Menjaga Kesehatan Saat Bekerja di Depan Komputer? 

Bekerja seharian di depan komputer pastinya akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Maka dari itu, yuk lakukan beberapa tips sehat bekerja di depan komputer ini!

1. Sesuaikan Jarak Pandang

Cobalah untuk menyesuaikan jarak pandang kamu terhadap layar komputer.

Apalagi, ketika kamu diharuskan untuk bekerja di depan komputer dalam durasi yang lama.

Hal ini tentu saja untuk menghindari risiko mata kering.

Upayakan untuk menjaga jarak 50-60 cm antara layar komputer dan mata, agar tidak tidak terlalu jauh ataupun dekat.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur ketinggian dan posisi kursi.

Pasalnya, postur duduk yang buruk bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Jadi, pastikan posisi kamu dalam bekerja tegak lurus, dengan kursi yang dilengkapi bantalan. 

Kemudian, kamu juga perlu mengatur posisi paha yang lurus dengan kursi dan sejajar dengan lantai.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat dan dilakukan secara teratur. 

Selain dapat meningkatkan konsentrasi, air putih juga bisa membantu ginjal agar tetap bisa bekerja dengan baik, lho.

Tidak hanya itu, kelembapan yang cukup dalam tubuh juga dapat menjaga kulit tetap terjaga.

3. Mengatur Intensitas Cahaya Komputer

tips sehat bekerja di depan komputer yakni dengan mengatur intensitas cahaya komputer

Layar yang terlalu terang dapat menyebabkan masalah kesehatan mata, seperti mata perih dan menyakitkan.

Sebaliknya, cahaya layar komputer yang terlalu rendah bisa menyebabkan mata lelah.

Jadi, sebaiknya memastikan kalau layar komputer kamu berada pada intensitas cahaya yang tepat.

4. Beristirahat Setiap 20 Menit untuk Memandang Objek Lebih Jauh

Pernah mendengar aturan 20-20-20?

Jadi, aturan 20-20-20 ini merupakan aturan beristirahat.

Di mana, setiap 20 menit sekali kamu perlu melihat objek atau barang sejauh 20 kaki (setara 6 meter) selama 20 detik.

Cobalah untuk membuat alarm pengingat, supaya kamu tidak lupa melakukan hal ini.

By the way, aturan ini sangat populer, lho.

Jadi, bagi kamu yang menghabiskan hari-harinya bekerja di depan komputer, tidak ada salahnya nih, untuk mencoba cara ini.

5. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Kurangnya olahraga dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh.

Bahkan, dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Penyakit tersebut diantaranya adalah merusak fungsi kognitif, menyebabkan resistensi insulin, dan menyebabkan osteoporosis. 

Jadi, sebaiknya kamu meluangkan waktu di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur untuk berolahraga secara teratur.

Bahkan, jika hanya olahraga ringan seperti berjalan atau jogging.

Hal tersebut, tetap dapat memberi pengaruh pola hidup yang lebih baik.

6. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

gunakanlah kacamata anti radiasi agar tetap sehat meski bekerja di depan komputer seharian

Keluhan mata merupakan salah satu hal yang sering terjadi saat bekerja didepan komputer sepanjang hari. 

Besarnya radiasi pada layar komputer membuat mata menjadi merah dan terasa nyeri saat menatap layar dalam waktu yang lama.

Namun, tidak perlu khawatir.

Kamu bisa menggunakan kacamata pelindung radiasi.

Kacamata anti radiasi akan membantu kamu meminimalkan radiasi yang dihasilkan oleh layar komputer.

Apalagi, sekarang ini banyak pengecer online yang menjual kacamata pelindung radiasi murah.

Meski begitu, kamu tidak bisa asal membelinya, ya.

Kamu perlu memeriksakan kondisi mata terlebih dahulu.

Pasalnya, kacamata yang tidak sesuai dengan kondisi mata kamu malahan lebih berisiko bagi kesehatan mata. 

Cukup gunakan fitur ReyCare di aplikasi Rey.

Kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya, lho. 

Mau janjian dengan dokter secara offline juga bisa. 

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik banner di bawah ini, ya!

Apa yang Harus Dilakukan Badan Ketika di Depan Komputer? 

Selain menerapkan hal yang telah disebutkan di atas.

Kamu juga bisa lho, melakukan peregangan otot di samping kerja mejamu.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, aktivitas ini juga bisa menghilangkan stres.

Bagaimana Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer? 

Untuk menjaga postur tubuh yang nyaman dan sehat, kamu perlu memerhatikan postur duduk yang benar.

Cobalah untuk duduk dengan punggung lurus. 

Selain itu, pastikan lengan kamu dalam bentuk L dan siku berada di sisi tubuh. 

Jika tidak, gunakan pijakan kaki atau bangku kecil agar kaki tidak kendur. 

Untuk mengurangi risiko ketegangan mata, sakit kepala, nyeri leher, dan bahu.

Beberapa ahli, merekomendasikan untuk beristirahat sejenak sekitar 10-15 menit setelah dua jam menggunakan komputer. 

Berapa Jarak Ideal Antara Mata dengan Monitor Komputer? 

Berapa Jarak Ideal Antara Mata dengan Monitor Komputer? Jarak mata ke layar yang baik yaitu antara 50-100 cm dengan bagian atas monitor sejajar dengan mata.

Umumnya, setiap orang berkedip 15-20 kali per menit. 

Namun, jika kamu menatap layar laptop terlalu lama atau terlalu dekat.

Maka, kamu akan lebih sedikit berkedip. 

Aktivitas ini juga menyebabkan otot siliaris mata berkontraksi lebih banyak, sehingga lebih mudah merasa lelah.

Lama-kelamaan, kondisi ini dapat memicu terjadinya computer vision syndrome.

Jarak mata ke layar yang baik yaitu antara 50-100 cm dengan bagian atas monitor sejajar dengan mata. 

Sudut kemiringan untuk melihat bagian tengah layar adalah 15-20 derajat. 

Selain itu, pastikan monitor tidak dimiringkan lebih dari 35 derajat ke kiri atau ke kanan.

Jika kamu merasa huruf masih terlalu kecil pada jarak ini.

Maka, kamu dapat menyesuaikan ukuran huruf.

Selain itu, kamu juga perlu memilih meja kerja yang tepat. 

Idealnya, tinggi meja yang baik adalah sekitar 72-76 cm tergantung besar kecilnya jarak. 

Kamu juga dapat menggunakan dudukan laptop untuk menaikkan ketinggian layar monitor setinggi mata. 

Hal ini dilakukan karena bisa meredakan ketegangan di bagian leher.

Bagaimana Letak Keyboard pada Meja yang Baik dan Benar?

Sebaiknya, letakkan keyboard dengan posisi yang membuat bahu rileks.

Lalu posisikan siku agak terbuka, dan pergelangan yangan dalam posisu lurus. 

Hal ini bertujuan agar kamu nyaman ketika menulis.

Lalu, kamu bisa tempatkan mouse dekat dengan keyboard.

Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah menggerakan tangan. 

Penutup

Demikianlah beberapa tips sehat bekerja di depan komputer. 

Yuk, ikuti tips di atas, agar tubuh kamu selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Masih ada pertanyaan seputar topik ini?

Yuk, komen di bawah! 

Artikel Terkait Lainnya