manfaat lari pagi

Lari pagi menjadi salah satu morning routine yang baik untuk kesehatan. Namun, apa benar manfaat lari pagi lebih baik daripada lari di waktu lainnya?

Kenapa Lari Pagi?

Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk lari di pagi hari. 

Alasannya pun bervariasi dan tergantung pada preferensi setiap orang, misalnya: 

  • Masih banyak energi untuk olahraga;
  • Sebagai pemanasan sebelum memulai aktivitas sehari-hari;
  • Lebih terang dan aman daripada malam hari;

Nah, tapi tidak hanya preferensi saja. 

Ada beberapa efek dan manfaat lari pagi bagi kesehatan yang sudah didasari oleh penelitian lho. 

Yuk, simak artikelnya untuk pertimbangan!

Manfaat Lari Pagi untuk Tidur

Kualitas tidur kamu meningkat ketika lari pagi. 

Beberapa penelitian tentang lari pagi dan efeknya pada tidur menunjukkan bahwa: 

  • Lari di pagi hari membuat tidur lebih nyenyak dibanding siang atau malam.
  • Adanya peningkatan kualitas tidur dan kondisi mental dari sekelompok anak muda yang lari pagi selama 3 minggu berturut.

Manfaat Lari Pagi untuk Olahraga

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Baik untuk mengurangi risiko sakit, menjaga berat badan, hingga memastikan tubuh lebih berenergi dan mental lebih positif. 

Jadi, apakah lari pagi lebih baik untuk olahraga? 

Sebenarnya, kapan pun kamu lari tidak masalah. Kamu akan tetap mendapatkan manfaat olahraga lari, selama kamu melakukannya secara rutin. 

Karena itu, kamu cukup memilih jadwal yang memang cocok untukmu. Yang penting bisa kamu lakukan secara rutin.

Lari Pagi dan Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian setiap orang berbeda. 

Beberapa orang mempunyai ritme yang lebih awal (morning person) dan beberapa lebih lambat (night owl). Ritme sirkadian biasanya lebih identik dengan jam tidur seseorang.

Namun, ternyata pengaruh juga lho untuk waktu lari yang tepat.

Para atlet cenderung berlatih sesuai ritme sirkadian mereka. Morning person cenderung memilih pagi, sementara night owl memilih malam. Karena itu, pilihlah lari pagi jika kamu memang tipe morning person.

Lari Pagi dan Berat Badan

Dalam teori, lari pagi sebelum makan bisa membakar lemak lebih efektif. Karena perut masih kosong, jadi cadangan energi perlu dibakar untuk bisa lari pagi. 

Logikanya, lari pagi merupakan cara menurunkan berat badan yang lebih jitu, bukan? 

Namun, sebuah penelitian di tahun 2014 malah mendapati bahwa tidak ada perbedaan antara olahraga sebelum dan sesudah makan.

Baca juga: Mengenal Olahraga Lari untuk Pemula Beserta Manfaatnya!

Jadi, Lebih Baik Lari Pagi atau Sore?

Semuanya tergantung preferensi kamu. 

Yang perlu kamu pastikan adalah kamu melakukan rutinitas lari dengan cara yang aman. Misalnya saja, melakukan pemanasan dan mencari tahu cara jogging yang benar.

Kamu juga bisa mempertimbangkan kondisi berikut untuk memastikan kamu aman: 

  • Membawa kartu identitas.
  • Mencari wilayah yang cukup terang.
  • Melihat kiri dan kanan sebelum menyebrang jalan.
  • Memberitahu keluarga atau teman akan berlari ke mana dan berapa lama. 

Dan yang terakhir, jangan lupa membuat jadwal yang rutin untuk berolahraga. Ingin pengingat? Rey bisa lho mengingatkan kamu untuk berolahraga. 

Bahkan jika kamu sudah mencapai target langkah kaki harian, kamu akan mendapatkan hadiah. Yuk, coba bergabung menjadi anggota Rey!

Artikel Terkait Lainnya