manfaat jalan kaki

Umumnya, banyak yang mengenal jalan kaki sebagai salah satu aktivitas sehari-hari dan bukan bagian dari rutinitas olahraga. Ternyata, manfaat jalan kaki hampir sama dengan latihan fisik sederhana yang mungkin pernah kamu lakukan, seperti jogging, lari jarak pendek, hingga breath training.

Aktivitas kecil ini nyatanya membawa dampak yang sangat banyak untuk kesehatanmu. Baik secara fisik maupun mental, jika kamu melakukan aktivitas tersebut secara rutin. Maka dari itu, berikut kami berikan 6 manfaat jalan kaki yang mungkin jarang kamu ketahui!

6 Manfaat Jalan Kaki

manfaat jalan kaki

1. Baik Untuk Kamu Yang Punya Masalah Pencernaan

Salah satu efek jalan kaki setiap hari yang dapat kamu rasakan adalah pencernaanmu akan menjadi lebih lancar. Dengan berjalan kaki, pergerakan yang terjadi di ususmu akan meningkat secara positif. 

Menurut Tara Alaichamy D.P.T., seorang profesional di bidang terapi fisik dari CTCA (Cancer Treatment Centers of America), jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang wajib pasien lakukan setelah menjalani operasi di bagian perut. Hal ini karena berjalan kaki melibatkan otot inti dan perut sehingga mendukung gerakan di sistem pencernaan.

2. Baik Untuk Menjaga Berat Badan

Selanjutnya, manfaat berjalan kaki yang mungkin tidak kamu sadari adalah dengan berjalan kaki, kamu dapat menjaga berat badanmu. Selain menjaga pola hidup sehat, olahraga rutin, dan menjaga pola makan, hal sederhana seperti berjalan juga mampu membantumu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Hal ini berkaitan dengan gerak badan yang kamu lakukan secara tidak sadar setiap kamu berjalan kaki. Tidak hanya kaki saja yang bergerak, akan tetapi bagian tubuhmu yang lain pun turut beraktivitas. Sehingga, kamu akan berkeringat dan tanpa kamu sadari kamu sudah berolahraga kecil.

Lebih lanjut: Jalan Kaki Membakar Berapa Kalori?

3. Dapat Membantu Ibu Hamil Sebelum dan Setelah Melahirkan

Berikutnya, manfaat jalan kaki untuk ibu hamil ternyata tidak hanya berlaku saat sebelum melakukan proses persalinan. Tetapi, ini juga bermanfaat untuk ibu pasca melahirkan. Ibu hamil sering mendapat anjuran untuk berjalan kaki dengan porsi yang cukup. Nantinya, hal itu akan membantu kekuatan otot inti saat melakukan proses persalinan.

Sedangkan, manfaat jalan kaki jika melakukannya setelah ibu menjalani proses persalinan adalah sebagai salah satu olahraga sederhana untuk mengecilkan perut pasca melahirkan. 

Bingung Mulai Olahraga? Mulai dengan Aplikasi Jalan Kaki yang Tepat!

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain melakukan olahraga sederhana, seperti jogging dengan cara jogging yang benar dan senam rumahan lainnya, nyatanya aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu, lho!

Sebuah studi menunjukkan bahwa perbandingan antara seseorang yang melakukan jalan kaki selama 20-40 menit dalam satu hari dengan mereka yang jarang berjalan kaki. Didapatkan hasil bahwa mereka yang rajin berjalan kaki memiliki pertahanan daya tubuh yang lebih kuat dan dapat menangkal serangan virus musiman seperti pilek dan flu lebih dari mereka yang jarang berjalan kaki.

5. Meningkatkan Suasana Hati dan Menenangkan Pikiran

Fakta menunjukkan bahwa dengan berjalan kaki selama 10 menit di antara pepohonan atau jalanan yang hijau, suasana hatimu akan menjadi lebih ceria dan pikiranmu akan lebih tenang.

Hal ini dikarenakan suasana sekitar yang mendukung serta menyejukkan, sekaligus badanmu yang bergerak membuat otot-ototmu mendapatkan ruang untuk melakukan peregangan.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kamu yang sering bekerja di depan layar laptop untuk sesekali menikmati udara segar sembari berjalan kaki di sekitar taman atau halaman rumah.

6. Manfaat Jalan Kaki Terakhir: Menghindari Nyeri Sendi Dini

Yang terakhir adalah berjalan kaki dapat membantumu agar terhindar dari nyeri sendi dini. Dengan berjalan kaki setiap hari, persendianmu akan terbiasa bergerak. Sehingga, kamu tidak akan merasa nyeri jika harus berjalan atau bergerak lebih banyak saat beraktivitas.

Apabila persendianmu sudah terbiasa untuk berjalan kaki selama minimal 30-40 menit dalam satu hari, maka saat kamu ada di umur lanjut usia, persendianmu tidak akan mudah merasa pegal atau sakit.

Itulah manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu rajin berjalan kaki. Jika kamu ingin menjaga pola hidup sehat, kamu juga dapat melakukan olahraga di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan apikasi di ponsel untuk mengatur pola hidup sehatmu.

ReyFit merupakan salah satu fitur kesehatan yang dapat kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi ini dapat kamu manfaatkan untuk mengatur pola hidupmu. Sehingga, selain manfaat jalan kaki, kamu juga akan mendapatkan manfaat dari gaya hidup sehat yang telah kamu jaga.

Ingin hidup lebih sehat dengan mudah? ReyFit aja!

Artikel Terkait Lainnya