Keseimbangan merupakan hal fundamental yang menjadi dasar aspek dari gerakan yang kita lakukan.

Berdiri dengan dua kaki saja sudah sama dengan menjaga keseimbangan, meskipun kita tidak menyadarinya.

Coba perhatikan bayi yang sedang belajar berjalan, dari situ kita tahu bahwa menjaga keseimbangan memang butuh dilatih meskipun kaki kita terbilang cukup kuat.

Lantas, apa yang dimaksud dengan melatih keseimbangan tubuh?

Table of Contents

Apa yang Dimaksud Gerakan Keseimbangan?

Menurut Susan B. O’Sullivan dalam bukunya, Physical Rehabilitation, pengertian keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan pusat gravitasi pada bidang tumpu terutama ketika saat posisi tegak.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesimbangan merupakan keadaan yang terjadi apabila semua gaya dan kecenderungan yang ada tepat diimbangi atau dinetralkan oleh gaya dan kecenderungan yang sama, tetapi berlawanan; kemampuan seseorang mengontrol keseimbangan tubuh dalam beberapa hal.

Singkatnya, keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan tubuh ketika di tempatkan di berbagai posisi.

Kita memiliki otot stabilizer dan mobilisier, di mana otot stabilizer berfungsi untuk menstabilkan sendi dan bagian tubuh tertentu sedangkan otot mobiliser berfungsi untuk menggerakan sendi.

Lantas, apa hubungannya dengan keseimbangan tubuh?

Nah, kedua otot ini lah yang memiliki peran besar dalam memperkuat stabilitas tubuh supaya kita tidak mudah jatuh.

Apabila ada salah satu yang tidak seimbang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, misalnya nyeri sendi, postur badan yang buruk, dan rentan cedera.

Keseimbangan juga merupakan salah satu keterampilan penting yang cenderung hilang seiring bertambahnya usia, jadi melatih keseimbangan sejak usia muda sangat penting.

Baca Juga: Mengenal Olahraga Lari untuk Pemula Beserta Manfaatnya!

Apa Manfaat Melakukan Gerakan Keseimbangan?

Keseimbangan dapat membantu mengendalikan tubuh dari berbagai gerakan yang dilakukan.

Bahkan jika kita akan jatuh, dengan keseimbangan yang baik dapat meminimalisir cidera.

Makanya, latihan keseimbangan menjadi salah satu unsur dari kebugaran jasmani dan kemampuan tubuh yang dapat dilatih.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat dari latihan gerakan keseimbangan, yuk simak terus artikel ini!

Memperkuat otot-otot dan fisik

Dengan keseimbangan yang baik, kekuatan otot untuk menahan beban dan melakukan tarikan juga akan meningkat.

Semakin kuat otot, kamu bisa berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi.

Keseimbangan dapat membantu olahraga yang membutuhkan gerakan yang tajam dan kuat seperti tinju karena bisa membangun kekuatan fungsional.

Jika keseimbanganmu buruk, maka akan sulit untuk mempertahankan posisi tertentu saat berolahraga yang cepat dan spontan.

Namun untuk memperkuat otot dan fisik, kamu juga perlu mengatur pola makan dan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Karena setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, sebaiknya kamu konsultasikan dahulu dengan dokter ya, terkait kebutuhan nutrisimu.

Konsultasi dengan dokter sekarang juga sudah semakin mudah lho, karena kamu bisa chat dokter secara online melalui aplikasi Rey ataupun secara offline.

Bahkan kalau kamu sudah memiliki asuransi kesehatan online dari Rey, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat, rawat inap, hingga rawat jalan gratis.

Klik banner ini yuk, untuk info lebih lanjut!

Mengurangi resiko cidera

Latihan keseimbangan dapat membantu mengontrol bagian inti ototmu dan anggota tubuh dengan lebih cekatan.

Jadi jika kamu tersandung batu yang tidak terlihat, kita dapat lebih cepat beradaptasi dengan perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba.

Tubuh akan secara reflek menyesuaikan diri saat jatuh dengan cidera seminim mungkin.

Memperbaiki postur tubuh

Tidak jarang orang memiliki masalah dan penyakit yang disebabkan oleh buruknya postur tubuh.

Seperti keterbatasan untuk membungkuk atau menurunnya mobilitas punggung.

Hal ini tidak hanya disebabkan karena kebiasaan sehari-hari yang kurang baik seperti duduk terlalu lama, tetapi juga postur tubuh yang buruk.

Melatih keseimbangan sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh.

Pose-pose dalam latihan keseimbangan yang dinamis dapat memberikan dorongan pada tubuh untuk kembali ke bentuk yang semestinya.

Meningkatkan sistem koordinasi tubuh

Sinkronisasi yang baik akan membuat setiap anggota tubuh dapat bergerak dengan baik, contohnya seperti saat kita berjalan.

Gerakan yang butuh keseimbangan membutuhkan koordinasi semua bagian tubuh yang baik.

Kedua elemen ini akan selalu berjalan beriringan saling mendukung satu sama lain.

Mencegah agar tidak mudah jatuh

Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa saja kesulitan berjalan dan terjatuh tanpa sebab.

Kebanyakan hal ini dikarenakan sistem keseimbangan dinamis yang buruk.

Keseimbangan dinamis merupakan keseimbangan tubuh ketika sedang bergerak.

Dengan keseimbangan dinamis, tubuh akan lebih luwes dan cekatan saat bergerak, dan minim resiko terjauh.

Nah, bagaimana nih? Ternyata menjaga keseimbangan tubuh sangat penting, ya?

Makanya, sekarang kita belajar gerakan-gerakan yang bisa meningkatkan keseimbangan tubuh!

Baca Juga: 13 Gerakan Mudah Workout di Rumah, Cocok untuk Pemula!

Contoh Gerakan Keseimbangan

Gerakan keseimbangan juga memiliki beberapa jenis lho, seperti berdiri dengan satu kaki, berjinjit, dan squat.

Nah, berikut ini merupakan contoh gerakan keseimbangan:

Berdiri dengan satu kaki

Contoh latihan keseimbangan yang pertama adalah berdiri dengan satu kaki.

Terdengar agak sulit, ya?

Tenang, tenang. Awalnya memang sulit, tapi dengan seiring berjalannya waktu akan mudah kok.

Cara melakukannya juga mudah, lho.

Pertama-tama pastikan kamu sudah berdiri tegak, jika ini latihan awal, kamu juga bisa berpegangan pada kursi atau meja sebagai bantuan.

Kemudian, tekuk salah satu lutut ke arah belakang, dan tahan selama beberapa menit sambil perlahan-lahan lepaskan pegangan. Lalu, pindahkan lutut ke arah depan, dan tahan beberapa menit.

Berjalan di atas garis lurus

Untuk melakukannya, kamu harus memiliki garis lurus setidaknya untuk dua puluh langkah.

Kedengarannya mudah ya, hanya berjalan saja.

Eits, tapi yang membuat berjalan dalam garis lurus ini menantang dan bagus untuk melatih keseimbangan yaitu, telapak kakimu harus tetap di atas garis ketika jalan perlahan-lahan, dan pandangan lurus ke depan.

Berjinjit

Berjinjit berguna untuk melatih kekuatan pergelangan kaki dan betis untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan. 

Berpeganglah ke tempat duduk atau dinding sebagai tumpuan, buka kaki selebar bahu.

Lalu, dorong tumit ke atas dengan jari kaki sebagai pusat berat setinggi mungkin hingga kamu berada di posisi jinjit.

Tahan posisi selama kurang lebih satu detik, lalu turun perlahan.

Ulangi gerakannya sebanyak 10-15 kali untuk satu putaran.

Squat

Untuk memperkuat bagian panggul dan kaki lebih kuat, latihan squat ini sangat efektif karena melibatkan otot-otot inti seperti perut dan kaki.

Mulai dengan memposisikan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul, pastikan jari-jari kaki menghadap ke depan.

Kemudian, sambil menarik napas, tekuk lutut dan dorong bokong ke belakang hingga tubuh terdorong ke bawah seolah-olah akan duduk.

Pusatkan berat badan ke tumit, tangan di depan dadam dan lutut tidak melebihi jari kaki.

Kemudian, hembuskan napas perlahan sambil mendorong tubuh kembali tegak.

Ulangi gerakannya sebanyak 8-10 kali dalam satu putaran.

Standing tree pose

Standing tree pose biasanya menjadi bagian dalam olahraga yoga.

Cara melakukannya pun cukup mudah, angkat kedua lengan ke atas sejajar dengan telinga, kemudian angkat satu kaki dengan posisi telapak kaki menempel pada paha kaki sebelahnya.

Latihan keseimbangan tubuh ini sangat bagus untuk melatih keseimbangan statis, yaitu kemampuan mempertahankan posisi tubuh saat tubuh tidak bergerak. 

Berjalan Sambil Mengangkat Lutut Secara Bergantian

Latihan keseimbangan selanjutnya adalah dengan berjalan sambil mengangkat lutut secara bergantian di setiap langkah.

Memang terdengar agak aneh, tapi dengan melakukan gerak ini, dapat mempertahankan perilaku tubuh yang sempurna saat berjalan.

Selain gerakan-gerakan di atas, melakukan olahraga rutin juga penting untuk meningkatkan keseimbangan, lho.

Ada baiknya jika kamu juga bisa belajar gerakan yang cocok menggunakan panduan, atau berolahraga bersama komunitas di sekitarmu seperti melakukan senam.

Baca Juga: 4 Manfaat Olahraga Lari bagi Kesehatan

Penutup

Nah, itu dia serba serbi manfaat keseimbangan dan beberapa pilihan gerakan yang bisa kamu ikuti.

Jika kamu berencana untuk mulai lakukan latihan secara rutin di rumah di sela-sela aktivitas, pastikan memiliki alas seperti matras yang empuk untuk meminimalisir cedera, ya.

Sementara untuk orang tua, olahraga keseimbangan seperti tai chi dapat memperbaiki dan mengontrol posisi tubuh.

Masih ada pertanyaaan seputar topik ini? Yuk, tulis di kolom komentar!

Artikel Terkait Lainnya