beberapa cara menahan lapar saat sedang berpuasa

Bagi umat Muslim, berpuasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan, terutama saat memasuki Bulan Ramadhan. 

Namun ada juga beberapa orang yang berpuasa untuk tujuan kesehatan, seperti diet, dan menyembuhkan penyakit tertentu.

Ketika berpuasa, kita harus menahan rasa lapar dan haus sampai waktu berbuka tiba. 

Merasakan lapar saat berpuasa adalah hal yang wajar terjadi, karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan. 

Kamu yang biasanya makan 3 kali sehari, kini hanya makan pagi dan sore atau malam.

Jika kamu bisa menahan lapar hingga waktu buka, maka puasa yang kamu lakukan berjalan lancar.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menahan rasa lapar saat berpuasa.

Table of Contents

Kenapa Lapar Saat Puasa?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa merasa lapar saat berpuasa adalah hal yang wajar dan normal terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu tertentu. 

Namun ada beberapa hal yang membuat rasa lapar semakin terasa saat puasa.

Pertama, disebabkan oleh dehidrasi. Pada dasarnya, tubuh lebih membutuhkan lebih banyak air daripada makanan. 

Dehidrasi atau kurangnya cairan akan menimbulkan rasa haus, dan sekaligus juga rasa lapar. 

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur dan berbuka.

Kedua, karena makan terlalu cepat sehingga sistem metabolisme tubuh tidak berjalan lancar dan energi untuk tubuh tidak tersalurkan dengan baik. 

Ketiga, karena tidak beraktivitas, nyatanya ketika kamu bermalas – malasan saat berpuasa, maka kamu akan lebih merasakan lapar.

Bagaimana Cara Agar Puasa Tidak Haus dan Lapar?

Nah, kemudian banyak orang bertanya, bagaimana agar puasa namun tidak merasa lapar dah haus? 

Tentu ada beberapa alternatif atau cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau menahan rasa lapar dan haus ketika berpuasa. 

Ini dia, rahasia menahan lapar saat berpuasa.

1. Cukupi Kebutuhan Gizi Pada Makanan

Pada dasarnya, makan dalam porsi besar saat berpuasa tidak bisa menjamin energi kamu akan terpenuhi dan mencegah rasa lapar dalam waktu lama. 

Yang terpenting dari makanan adalah kandungan gizi dan nutrisinya yang akan diserap oleh tubuh.

Karena saat berpuasa waktu makan terbatas, maka usahakan konsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. 

Kamu bisa mendapatkan protein dari telur, daging ayam, tahu, dan tempe. Karbohidrat kompleks dari nasi merah, kentang, ubi, dan oat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur karena mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dan minum 2 liter cairan untuk mencegah dehidrasi, misalkan air mineral, air kelapa, dan lainnya.

2. Porsi Makan yang Cukup

Tentu porsi makan juga akan memberikan pengaruh pada rasa lapar, dan tentu saja dengan nutrisi dan gizi yang cukup. 

Jangan makan dengan porsi diet saat sedang berpuasa, karena kamu membutuhkan banyak cadangan energi untuk siang hari.

Jika asupan makanan saat sahur kurang, anda akan lebih mudah lapar. 

Selain itu, akan mempengaruhi fungsi organ tubuh, seperti metabolisme, dan sistem kerja otak. 

Itulah yang menyebabkan kamu susah berkonsentrasi saat berpuasa.

Baca juga: Jangan Asal Makan, Ini 10 Menu Buka Puasa Sehat untuk Tubuh

3. Cukupi Kebutuhan Cairan untuk Tubuh

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan, kamu juga harus mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh. 

Dampak dari kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, kram pada otot, dan meningkatkan rasa lapar.

Rasa lapar karena dehidrasi disebabkan karena sinyal haus akan ditangkap sebagai sinyal lapar dan membuat rasa laparmu semakin kuat. 

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan dengan meminum kurang lebih 2 liter air secara berkala selama waktu buka hingga sahur.

Selain air mineral, cairan juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran berkuah. 

Jika kebutuhan cairan tercukupi, itu akan membantu mengurangi rasa lapar dan haus kamu saat berpuasa.

Artikel terkait: 19 Akibat Kurang Minum Air Putih, Bisa Jadi Sakit?

4. Jangan Bermalas – Malasan

bermalas - malasan saat puasa bisa menyebabkan kamu tambah lapar

Anggapan bahwa bermalas – malasan saat berpuasa akan menghemat energi adalah pemikiran yang salah. 

Jika tidak melakukan aktivitas apapun, pikiran kamu akan terus tertuju pada rasa lapar dan haus, sehingga menyebabkan rasa laparnya semakin terasa.

Kamu bisa mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, membaca buku, menyelesaikan tugas sekolah, membuat kreativitas, dan aktivitas lainnya.

Intinya adalah melakukan beberapa kegiatan untuk mengalihkan pikiran anda dari makanan, minuman, rasa lapar, dan haus.

Jadi, jangan menjadikan puasa sebagai alasan kamu untuk bermalas – malasan sepanjang hari. 

Karena ketika kamu memiliki kesibukan, kamu akan lupa dengan waktu, dan puasa terasa lebih cepat berlalu.

5. Tetap Berolahraga

Tentu tidak perlu melakukan olahraga berat, karena kamu juga perlu menghemat energi dalam tubuh kamu. 

Kamu juga harus memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Olahraga di tengah hari panas tentu akan menguras energi dan cairan kamu.

Kamu berolahraga ringan seperti jalan kaki, lari santai atau jogging, bersepeda, dan sebagainya. 

Untuk pemilihan waktunya, alangkah baiknya jika kamu melakukan saat menjelang waktu berbuka.

Olahraga menjelang waktu buka juga bisa menjadi cara untuk ngabuburit atau menghabiskan waktu puasa agar terasa lebih cepat. 

Kamu juga bisa sekadar berjalan – jalan santai di taman.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Saat Puasa yang Harus Kamu Tahu!

6. Anggap Puasa Seperti Diet

Pola pikir juga akan mempengaruhi respon tubuh, jika kamu terus memikirkan makanan atau hal yang berkaitan dengan rasa lapar dan haus, justru akan memperparah rasa lapar kamu. 

Kamu bisa membentuk pola pikir puasa adalah salah satu metode diet.

Pada dasarnya, puasa memang bisa menurunkan berat badan. 

Oleh karena itu, dengan pola pikir tersebut maka puasa yang kamu lakukan akan terasa lebih ringan. 

Kamu akan merasa lebih termotivasi dan semangat untuk melakukan puasa.

7. Meditasi

meditasi atau berdoa saat puasa dapat membantu kamu menahan lapar

Selain menyibukkan diri dengan beberapa kegiatan, kamu juga bisa melakukan meditasi saat berpuasa. 

Orang Muslim juga biasanya menggunakan kesempatan ini untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, biasanya dengan berdzikir atau i’tikaf di masjid.

Namun kamu juga bisa melakukannya dengan bermeditasi seperti biasa. 

Tujuannya agar emosi lebih stabil, tubuh merasa tenang, dan akan membantu mengurangi pikiran dan perasaan lapar saat  berpuasa.

Lebih lengkap: Apa Itu Meditasi? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya!

8. Membentuk Pola Pikir Positif

Masih berkaitan dengan pola pikir, kamu juga bisa membentuk pola pikir yang positif mengenai puasa dengan memikirkan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berpuasa. 

Pikiran yang positif akan mengalirkan energi yang positif juga untuk tubuh.

Misalkan pikirkan bahwa puasa akan membantu menurunkan berat badan kamu, memelihara sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, menghilangkan racun dalam tubuh, dan  perbaikan sel – sel dalam tubuh.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menahan atau mengurangi rasa lapar dan haus yang kerap muncul saat berpuasa. 

Pada dasarnya, berpuasa adalah mengubah pola hidup, sehingga tubuh memerlukan adaptasi atau penyesuaian.

Namun jika kamu mengalami kondisi kesehatan tertentu, maka lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum berpuasa. 

Karena yang terpenting adalah, tetap selalu menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa untuk membagikan informasi di artikel ini kepada orang – orang disekitarmu supaya lebih berguna.

Tetap sehat dan semangat menjalani puasa ya!

Artikel Terkait Lainnya