Mengenal Prinsip Insurable Interest dalam Dunia Asuransi, Siapa Saja Penerima Manfaat?

Mengenal Prinsip Insurable Interest dalam Dunia Asuransi, Siapa Saja Penerima Manfaat?
Aul Risky
Aul Risky
February 1, 2024
6 menit membaca

Secara umum, kehadiran asuransi adalah untuk memberikan perlindungan atau proteksi.

Baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, maupun asuransi properti, semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu melindungi dari kemungkinan risiko. 

Banyaknya jenis asuransi tidak jarang membuat masyarakat awam bingung untuk memahami produk asuransi lebih dalam.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan asuransi, lebih baik kamu memahami terlebih dahulu prinsip asuransi. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Dengan memahami dengan baik prinsip asuransi, kamu akan terhindar dari kesalahpahaman serta membuat kamu mengetahui apakah akan mendapat manfaat asuransi yang sesuai dengan ekspektasi atau malah sebaliknya.

Prinsip asuransi bertujuan agar tidak terjadi penyimpangan terhadap diadakannya asuransi dan prinsip ini berlaku mutlak untuk produk asuransi. 

Dalam ranah asuransi, terdapat suatu prinsip yang menjadi pijakan utama dalam penentuan kelayakan seseorang untuk mengajukan polis

Prinsip tersebut dikenal sebagai insurable interest, yang menghubungkan keterlibatan finansial dengan kemampuan untuk mengasuransikan risiko tertentu. 

Lantas, apa itu insurable interest? Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Baca Juga: Ketahui Pre-Existing condition dalam Asuransi, Cegah Klaim Ditolak

Pengertian Insurable Interest

Pengertian Insurable Interest

Insurable Interest adalah prinsip asuransi yang memberikan hak kepada tertanggung yang diakui secara hukum untuk mengasuransikan jiwa maupun aset, karena adanya hubungan keuangan antara tertanggung dengan jiwa maupun aset yang akan diasuransikan.

Mudahnya, maksud dari insurable interest menjelaskan bahwa seseorang diberikan hak untuk mengasuransikan sesuatu karena terdapat hubungan keluarga atau ekonomi yang mendasarinya. 

Hak ini otomatis timbul setelah adanya perjanjian yang sering disebut Polis dan telah memiliki dasar hukum.

Kamu bisa memahami bahwa insurable interest adalah hak untuk melakukan asuransi yang muncul dari adanya hubungan keuangan antara tertanggung dengan objek yang dipertanggungkan, yang mendapatkan perlindungan hukum atau sah di mata hukum yang berlaku. 

Mengapa antara tertanggung dan penerima manfaat? Sebab, dua objek tersebut merupakan bagian penting dalam proses asuransi itu sendiri.

Berdasarkan pengertian insurable interest di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pihak tertanggung biasanya adalah tulang punggung keluarga atau pencari nafkah utama.

Sedangkan penerima manfaat adalah anggota keluarga yang memiliki ketergantungan finansial kepada pihak tertanggung.

Selain itu, prinsip insurable interest adalah prinsip yang digunakan untuk memastikan apakah penerima manfaat berhak menerima pembayaran pertanggungan dari polis asuransi.

Misalnya, kamu telah menentukan bahwa istri atau suami yang akan menjadi ahli waris.

Dengan demikian, orang lain selain pihak yang disebutkan sebagai ahli waris dalam polis asuransi tidak berhak mendapatkan uang pertanggungan asuransi.

Penetapan siapa yang memiliki hak menerima manfaat dari polis asuransi jiwa ini diatur oleh perundang-undangan hukum perdata

Hanya mereka yang memiliki hubungan keluarga atau ikatan pernikahan dengan pihak tertanggung berhak menjadi penerima manfaat atau ahli waris.

Maka dari itu, prinsip insurable interest merupakan salah satu prinsip asuransi yang sangat penting dan berpihak pada tertanggung dan penerima manfaat. 

Oleh karena itu, setiap pemegang asuransi tidak akan mengalami hal-hal yang merugikan dan membuat khawatir. 

Tujuan insurable interest dalam asuransi adalah untuk mencegah spekulasi dan memastikan bahwa orang yang mengasuransikan suatu risiko benar-benar memiliki kepentingan yang dapat dipertanggungjawabkan terhadap kerugian yang mungkin terjadi.

Maka akhirnya, ketenangan dan kenyamanan yang menjadi tujuan mengambil asuransi bisa didapatkan.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Asuransi Kesehatan dengan Budget Terbatas

4 Unsur Penting dalam Insurable Interest

Unsur Penting dalam Insurable Interest

Terdapat satu definisi yang bisa digunakan untuk menjelaskan apa itu insurable interest.

Definisi tersebut ialah “The legal right to insure arising out of a financial relationship, recognized at law between the insured and the subject-matter of insurance”. 

Adapun terjemahan bebas dari definisi ini adalah pihak tertanggung harus memiliki hak hukum untuk mengasuransikan suatu risiko yang timbul dari hubungan keuangan. 

Hubungan antara tertanggung dan objek asuransi tersebut harus dilindungi atau diakui secara hukum. 

Selain itu, hak atas kepentingan tersebut harus dapat dinilai dengan uang (financial interest) terhadap pokok pertanggungan (subject-matter of insurance).

Adapun yang termasuk subject-matter of insurance antara lain barang (property), kejadian yang secara hukum dapat menimbulkan kerugian (loss of a legal right), dan tanggung jawab hukum (a legal liability).

Berdasarkan definisi di atas, bila diurai secara detail maka akan diperoleh empat unsur penting dari insurable interest yaitu:

1. Harus ada harta benda, hak, kepentingan, jiwa, anggota badan atau tanggung jawab potensial, yang dapat diasuransikan/dipertanggungkan.

2. Harta benda dan lain lain-lain seperti tersebut di atas harus menjadi objek pertanggungan (the subject-matter of insurance).

3. Tertanggung harus mempunyai suatu hubungan dengan obyek pertanggungan itu. 

Melalui hubungan tersebut, tertanggung akan mendapatkan manfaat apabila tidak terjadi apa-apa atas objek pertanggungan itu yang menjadi tanggung jawabnya. 

Sebaliknya, tertanggung akan menderita kerugian keuangan apabila objek pertanggungan itu mengalami kerusakan atau apabila timbul tanggung jawab pada pihaknya.

4. Hubungan antara si tertanggung dan objek pertanggungan itu haruslah suatu hubungan yang dilindungi atau diakui hukum.

Jangan lupa untuk memilih asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan yang terpercaya. 

Lindungi kesehatan kamu dan keluarga dengan perlindungan asuransi kesehatan online dari Rey yang punya fitur chat dokter, tebus obat gratis, rawat jalan, hingga rawat inap gratis di rumah sakit!

Klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

Membership kesehatan yang memberikan akses ke asuransi kesehatan

Pihak-Pihak yang Bisa Menjadi Penerima Manfaat Insurance Interest

Pihak yang Bisa Menjadi Penerima Manfaat Insurance Interest

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, prinsip insurable interest adalah kondisi ketika penerima manfaat mengalami kerugian akibat hilangnya peran pihak tertanggung sebagai pencari nafkah utama.

Lantas, siapa saja yang bisa menjadi ahli waris penerima manfaat?

1. Anak, Suami, atau Istri

Kelompok pertama yang bisa menjadi ahli waris adalah mereka yang terikat dalam pernikahan atau keturunan dari pemegang polis.

Dalam hal ini artinya istri atau suami atau anak yang berhak mendapatkan manfaat uang pertanggungan asuransi apabila pihak tertanggung meninggal.

2. Saudara dalam Satu Keluarga

Bagaimana jika pihak tertanggung belum berkeluarga? Dalam hal ini, prinsip insurable interest masih tetap berlaku untuk hubungan dalam satu keluarga.

Dengan kata lain, pihak tertanggung dapat mewariskan uang pertanggungan asuransi kepada saudara laki-laki atau perempuan atau bahkan orang tua dalam keluarganya.

3. Organisasi atau Lembaga

Kondisi insurable interest tidak hanya berlaku pada individu saja, melainkan juga organisasi atau lembaga.

Misalnya, pihak tertanggung memiliki hutang kepada bank. Dalam kondisi ini, bank tersebut bisa mengajukan asuransi jiwa dan menjadi ahli waris serta penerima manfaat polis.

Sehingga, uang pertanggungan asuransi yang diberikan akan digunakan untuk melunasi pihak tertanggung.

Baca Juga: Cermati! Ini 5 Tips Memilih Asuransi Penyakit Menular Terbaik

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai insurable interest yang menjadi prinsip penting dalam asuransi.

Dapat disimpulkan bahwa insurable interest adalah prinsip asuransi yang menjelaskan bahwa seseorang diberikan hak untuk mengasuransikan sesuatu karena terdapat hubungan keluarga atau ekonomi yang mendasarinya.

Adanya insurable interest akan memberikan keamanan secara finansial kepada penerima manfaat sebagai pengganti kerugian akibat hilangnya peran pihak tertanggung.

Memahami dengan benar ketentuan dan prinsip kerja dari asuransi tentunya dapat menghindari kamu dalam mengalami kerugian.

Apakah kamu sudah memiliki produk asuransi? Yuk, share di kolom komentar ya!

Masih ada yang ingin ditanyakan seputar insurance interest? Yuk, tanya lebih soal asuransi di sini!

Kalau kamu masih belum yakin, kamu bisa coba dulu saja aplikasi kesehatan Rey, yang memberikan manfaat 2 bulan chat dokter + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
July 25, 2023
8 Perbedaan BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta

Masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan BPJS dan asuransi kesehatan swasta. Akibatnya, banyak yang...

Yosephine Yosephine
8 menit membaca
July 16, 2021
Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Asuransi jiwa adalah suatu jenis layanan atau produk asuransi di mana objek yang menjadi sasaran...

Yosephine Yosephine
3 menit membaca
July 7, 2023
Pengertian Asuransi Kerugian – Jenis, Manfaat, Prinsip, dan Tips Memilih

Asuransi telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia.  Kepemilikan asuransi membuat seseorang tidak perlu untuk...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
10 menit membaca