4 Gerakan Zumba Mengecilkan Perut dengan Cepat

4 Gerakan Zumba Mengecilkan Perut dengan Cepat
Yosephine
Yosephine
November 26, 2021
4 menit membaca

Tumpukan lemak perut bisa jadi merupakan musuh bagi sebagian besar manusia. Lemak ini mengendap karena lebih banyak kalori yang kamu makan melebihi aktivitas fisik, seperti bekerja ataupun olahraga.

Apabila olahraga biasa terasa membosankan, kamu bisa mencoba beberapa gerakan Zumba mengecilkan perut dengan cara yang lebih menyenangkan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas, apa manfaat zumba? Simak, yuk!

Sebelum itu, Memangnya Apa Manfaat Zumba?

Olahraga yang satu ini merupakan gabungan antara High Intensity Exercise dan Low Intensity Exercise atau biasa disebut Interval Training.

Selain dapat menurunkan berat badan, ada begitu banyak manfaat zumba bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kadar kolesterol dalam darah
  • Melatih kesehatan kardiovaskular
  • Dan meningkatkan sensitivitas insulin

Ada 4 gerakan Zumba yang bisa menjaga Kamu tetap sehat sekaligus sebagai senam mengecilkan perut. Nah! Apakah kamu sudah siap untuk latihan Zumba sekarang?

4 Gerakan Zumba Mengecilkan Perut yang Ampuh

1. Warm Up

Pemanasan selalu menjadi poin penting dalam setiap olahraga. Apapun olahraga yang sedang kamu lakukan, sebaiknya jangan sampai melupakan pemanasan. 

Dalam Zumba, kamu bisa melakukan pemanasan dengan gerakan dasar. Menggerakan seluruh tubuh dengan gerakan kecil (bukan melebar) bisa membantu kamu dalam melakukan pemanasan. 

Kamu bisa memulai pemanasan dengan cara berjalan di tempat, kemudian berpindah ke kiri dan ke kanan dalam ritme tertentu. Selain itu, kamu bisa menambahkan gerakan kombinasi pada pundak, tangan, pinggang dan juga punggung.

2. Melakukan Salsa

Meskipun kamu sudah mengenal Salsa sebagai tarian dari Kuba. Namun, pada Zumba, gerakan ini sudah mengalami banyak sekali modifikasi. Tentu saja, kamu juga bisa mengubah sedikit atau sebagian gerakan agar semakin nyaman. 

Adapun pola dasar gerakan Salsa sebagai berikut:

  • Pada hitungan pertama, kamu bisa melangkah ke kiri menggunakan kaki kiri.
  • Kemudian pada hitungan ke-2, kamu bisa kembali dengan menggoyangkan badan ke kaki kanan.
  • Setelah itu kembali ke posisi tengah dengan kaki kiri pada hitungan ke-3. 
  • Selanjutnya berhenti pada hitungan ke-4.
  • Ulang langkah pertama tetapi berawal dari kaki kanan terlebih dahulu.

Sebagai alternatif gerakan, kamu bisa juga mengubah gerakan ke kiri dan kanan menjadi ke depan dan belakang.

3. Melakukan Merengue

Apabila kamu masih baru dalam melakukan Zumba, gerakan Merengue ini bisa menjadi latihan ritme dan gerakan dasar untuk tarian Zumba yang lain. Walau pada dasarnya langkah pada gerakan Merengue ini memiliki ritme yang cepat, kamu bisa memulai dengan langkah perlahan.

Berikut langkah yang perlu kamu perhatikan: 

  • Mulai dengan berdiri tegak dengan kaki rapat.
  • Geser pinggul ke kanan dan mengangkat kaki kiri lalu turunkan.
  • Geser pinggul ke kiri dan mengangkat kaki kanan lalu turunkan.

Ulangi terus gerakan ini. Untuk menambah variasi, kamu juga bisa menambahkan gerakan tangan ke samping atau ke atas saat melangkah ke kiri dan ke kanan.

4. Melakukan Gerakan Samba

Gerakan Samba dari Brazil ini mirip dengan Marague yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Hanya sakja, gerakan Samba ini lebih rumit karena ada beberapa gerakan tambahan yang ditambahkan saat berpindah.

Untuk bisa memulainya, kamu bisa berdiri tegak dengan kaki rapat. Kemudian condongkan berat badan pada kaki kanan, jaga lutut kamu tetap lurus dan condongkan pinggul ke kanan juga.

Saat berat badan bertumpu pada kaki kanan, kamu bisa mengangkat tumit kaki kiri dari lantai, sehingga hanya jari kaki kiri yang ada di lantai. Kemudian, kamu bisa menekuk lutut kaki kiri.

Setelah itu tapakan tumit kiri ke lantai dan condongkan berat badan pada kaki kiri. Angkat tumit kaki kamu, kemudian tekuk lutut kanan. Kunci pada gerakan Samba ini adalah pinggul dan otot perut bawah, tentu saja gerakan Samba akan sangat baik untuk mengecilkan perut.

Sukses Mengecilkan Perut dengan Zumba

Zumba merupakan senam mengecilkan perut sebelum tidur karena tidak membutuhkan alat khusus untuk melakukannya. Jenis olahraga ini juga menyenangkan dan efektif terutama untuk membakar lemak di perut. 

Apakah kamu ingin mempelajari lebih lanjut gerakan-gerakan Zumba yang lain? 

Tentu saja, intensitas latihan akan berperan penting untuk mencapai bentuk perut yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengatur asupan kalori harian untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun, kamu jangan sampai over dalam latihan, karena bisa mengakibatkan cedera serius.

Setidaknya kamu bisa melakukan Zumba mengecilkan perut 3 hingga 5 jam dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Yosephine
Yosephine

Yos adalah penulis artikel SEO dengan pengalaman menulis lebih dari tiga tahun. Dia menguasai berbagai topik, termasuk gaya hidup, kesehatan, personal finance, dan asuransi. Selain daripada penulisan artikel SEO, Yos juga mempunyai pengalaman menulis dalam copywriting dan UX writing.

Kembali
Rekomendasi Artikel
March 27, 2023
9 Tips Diet saat Puasa yang Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Diet saat puasa pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan diet di hari-hari biasa.  Karena itu,...

Yosephine Yosephine
8 menit membaca
December 7, 2023
7 Cara Minum Temulawak yang Benar dan Resepnya

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) atau Javanese turmeric termasuk salah satu tanaman yang berasal dari Indonesia yang...

Miska Syahirah Miska Syahirah
6 menit membaca
January 4, 2022
5 Cara Menambah Berat Badan, Bisa Secara Alami dan Sehat?

Ternyata tidak hanya obesitas yang membawa risiko kesehatan. Terlalu kurus atau underweight pun juga bisa...

Yosephine Yosephine
5 menit membaca