Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Bisa Bikin Anak Sehat dan Cerdas Lho!

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Bisa Bikin Anak Sehat dan Cerdas Lho!
Aul Risky
Aul Risky
February 9, 2024
6 menit membaca

Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil memiliki peranan penting. Pasalnya, segala makanan yang masuk bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan juga tumbuh kembang janin.

Yang perlu digaris bawahi, tidak semua makanan yang bergizi boleh dikonsumsi selama masa kehamilan, lho!

Biasanya makanan bergizi yang sebaiknya dihindari adalah jenis makanan yang biasa disajikan dalam keadaan tidak matang sempurna.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Seperti telur setengah matang, daging mentah yang sering disajikan dalam masakan Jepang serta produk susu yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Itulah sebabnya, bagi kamu yang saat ini sedang hamil, sebaiknya mengetahui apa saja makanan sehat dan bergizi yang dianjurkan agar janin sehat dan tumbuh maksimal.

Apa Saja Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?

Apa Saja Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi ibu hamil memang perlu diperhatikan, baik jenis maupun jumlahnya.

Apalagi kebutuhan berbagai jenis asupan gizi untuk bumil dan janin, pasti akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan.

Contohnya saja, saat kehamilan masih trimester pertama, bumil tidak perlu menambah jumlah kalori yang dikonsumsi. Penambahan jumlah kalori diperlukan saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga.

Lantas, apa saja sih jenis makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil yang dianjurkan untuk dikonsumsi sesuai dengan usia kehamilannya? Berikut penjelasan selengkapnya!

1. Daging Tanpa Lemak

Daging merah dan daging ayam tanpa lemak kaya akan kandungan protein hewani yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Daging juga kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia pada bumil akibat defisiensi zat besi.

Selama masa kehamilan terutama pada trimester tiga, volume darah akan meningkat sehingga ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi.

Kekurangan zat besi bisa membuat ibu hamil mudah lelah. Bahkan dalam kasus ekstrem bisa meningkatkan risiko janin lahir prematur.

Sehingga, daging tanpa lemak bisa dikategorikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil trimester 3 yang sebaiknya dimasak matang sempurna supaya tidak tercemar bakteri salmonella.

Baca Juga: 17 Menu Makanan Sehat untuk Keluarga, Simple dan Bergizi!

2. Ikan Salmon

ikan salmon untuk ibu hamil

Selain daging merah dan daging ayam, daging ikan juga termasuk makanan sehat yang sebaiknya banyak dikonsumsi selama kehamilan.

Ikan mengandung vitamin D yang baik untuk ibu dan janin. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk memaksimalkan perkembangan otak dan mata janin.

Perlu diingat, konsumsi ikan salmon dalam keadaan matang sempurna agar tidak membahayakan pertumbuhan janin.

3. Hati

Hati adalah makanan sehat untuk ibu hamil trimester 1 karena kaya akan kandungan asam folat. Asam folat berperan untuk membantu pembentukan sel dan sistem organ pada janin, seperti otak dan sumsum tulang belakang.

Selain itu asam folat pada hati juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah dan tingkatkan daya tahan tubuh bumil.

4. Telur

Thukah kamu, telur mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, lho! Mulai dari protein, vitamin, mineral serta kalori.

Selain itu telur juga mengandung kolin, nutrisi penting yang bermanfaat untuk memelihara tumbuh kembang janin, terutama organ otak.

Namun ingat, jangan konsumsi telur dalam kondisi mentah ataupun setengah matang karena berisiko bagi ibu dan sang janin.

Baca Juga: Yuk Ketahui Berapa Lama Merebus Telur yang Tepat!

5. Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu untuk ibu hamil

Berbagai produk olahan seperti yogurt, keju dan susu adalah makanan sehat untuk ibu hamil trimester 2 karena kaya akan protein dan kalsium yang bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang janin.

Sebagai tambahan catatan, ibu hamil membutuhkan minimal 1000 miligram kalsium. Dengan rutin konsumsi produk olahan susu, diharapkan kebutuhan bumil akan kalsium bisa terpenuhi.

6. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang polong dan kacang kedelai adalah sumber asam folat, serat, protein, zat besi dan kalsium yang diperlukan selama masa kehamilan.

Berbagai jenis kacang-kacangan tersebut bisa diolah menjadi menu makanan sehat untuk ibu hamil muda.

7. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan kalsium, asam folat, lutein, zeaxanthin dan karotenoid yang baik untuk memelihara kesehatan mata janin.

Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi pada ibu hamil.

Baca Juga: Mencegah Kanker, 7 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

8. Sayur Bayam

Sayur Bayam untuk ibu hamil

Bayam kaya akan asam folat, nutrisi penting yang dibutuhkan pada awal kehamilan karena bisa mencegah bayi lahir cacat.

Selain itu, asam folat juga mencegah risiko bayi lahir prematur dan preeklamsia. Itulah sebabnya ibu hamil dianjurkan untuk banyak konsumsi bayam saat hamil muda.

9. Ubi

Selama masa kehamilan, bumil membutuhkan asupan vitamin A dengan jumlah yang cukup seperti ubi. Pasalnya, vitamin A pada ubi penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin selama dalam kandungan.

Selain ubi, vitamin A bisa didapatkan dari sayuran, buah-buahan ataupun suplemen. Namun ada baiknya bumil berkonsultasi ke dokter terkait dosis vitamin A yang dibutuhkan.

Karena jika vitamin A dikonsumsi secara berlebihan justru bisa berbahaya bagi janin karena bisa menyebabkan kecacatan.

10. Buah Pisang

Buah pisang kaya akan vitamin B6 yang bisa membantu mengurangi mual, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Selain itu, buah pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat bumil karena bisa membantu untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit.

sebelum kamu mengonsumsi pisang untuk makanan ibu hamil, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya!

Yuk, cek kebutuhan gizi ibu hamil melalui asuransi kesehatan online dari Rey. 

Engga hanya konsultasi gizi, kamu juga bisa chat dokter sepuasnya hingga tebus obat gratis.

Info selengkapnya klik di sini!

11. Buah Alpukat

Alpukat dianjurkan banyak dikonsumsi saat memasuki trimester 2 karena buah satu ini merupakan sumber vitamin B6, vitamin K, vitamin C, asam folat, kalium, serta serta asam lemak baik.

Asam lemak baik bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, sistem saraf, jaringan serta kulit janin. Sementara kalium bisa mengurangi kram kaki yang sering dialami bumil.

12. Buah Mangga

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah mangga bisa membantu menjaga tekanan darah dan pertahankan cairan dalam tubuh ibu hamil.

Selain itu, mangga juga membantu menunjang perkembangan sistem imun, sistem saraf, penglihatan pada bayi.

Kandungan serat yang melimpah pada buah mangga juga mencegah konstipasi alias sembelit yang seringkali dialami ibu hamil.

Baca Juga: Apakah Mangga Bagus untuk Diet? Cek Kandungan Gizi dan Manfaatnya

13. Buah Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jeruk dapat mencegah dehidrasi karena buah tersebut banyak mengandung air.

Selain itu, jeruk juga mengandung folat yang baik untuk perkembangan otak, sistem saraf tulang belakang dan mencegah janin lahir cacat.

Baca Juga: Berapa Kandungan Vitamin C Pada Jeruk? Yuk, Cari Tahu!

Penutup

Demikian 13 daftar makanan sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya diketahui. Perlu diingat, meskipun makanan yang disebutkan memiliki manfaat luar biasa untuk ibu dan janin, namun jangan abaikan cara pengolahannya.

Jangan lupa untuk mencuci bersihkan seluruh bahan makanan yang hendak dikonsumsi dan masak sampai matang sempurna.

Nah, dari sekian makanan yang disebutkan diatas, mana yang jadi favoritmu?

Selain memilih mkanan sehat untuk ibu hamil, jangan lupa untuk berolahraga atau senam ibu hamil, ya!

Jika masih ada pertanyaan atau sekadar mau sharing pengalaman pribadimu seputar buah manis ini, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
March 30, 2023
Nutrisi Melimpah, Kenali 7 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh

Beras merah kerap dijadikan opsi asupan ketika seseorang sedang diet atau menerapkan gaya hidup sehat. ...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
8 menit membaca
August 25, 2022
17 Makanan Tinggi kalsium Selain Susu yang Harus Kamu Tahu!

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan segala usia terutama anak-anak, remaja, dan wanita hamil.  Fungsi...

Yosephine Yosephine
9 menit membaca
October 22, 2022
19 Akibat Kurang Minum Air Putih untuk Kesehatan, Bisa Jadi Sakit?

Tubuh manusia terdiri dari 70 hingga 80 persen air.  Ini artinya, air merupakan komponen utama...

Yosephine Yosephine
11 menit membaca