12 Cara Menghilangkan Ketombe Kering yang Aman dan Efektif

12 Cara Menghilangkan Ketombe Kering yang Aman dan Efektif
Aul Risky
Aul Risky
March 5, 2024
7 menit membaca

Ketombe kering pada kulit kepala telah menjadi masalah umum yang akan dialami oleh kebanyakan orang terutama yang tinggal di lingkungan beriklim tropis.

Namun, bukan berarti salah satu jenis masalah pada kulit kepala ini bisa dianggap remeh. 

Sebab membiarkan begitu saja kondisi kulit kepala yang mengalami ketombe kering tanpa penanganan yang tepat akan menimbulkan dampak negatif. 

Seperti sering merasa gatal, iritasi, peradangan, rambut terlihat kusam, hingga mengalami gangguan psikologis kecemasan dan stress.

Lantas adakah cara menghilangkan ketombe kering yang aman dan efektif? Langsung saja yuk, kita simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Apa itu Ketombe Kering?

Apa itu Ketombe Kering

Ketombe kering merupakan kondisi ketika kulit kepala sedang mengalami pengelupasan sel yang terlalu cepat.

Pada umumnya gejala yang ditimbulkan dari masalah ketombe ini akan ditandai dengan kulit kepala yang memiliki tekstur seperti bersisik.

Maka dari itu, bentuk ketombe ini akan cenderung seperti serpihan kerak putih dengan ukuran yang cukup besar dan bertekstur halus.

Selain itu, ketombe kering juga akan lebih mudah terlihat ketika penderita mengalami munculnya rasa gatal yang tidak tertahan untuk menggaruk hingga mengakibatkan jatuhnya serpihan putih pada bahu dan menempel di baju.

Baca Juga: 9 Manfaat Vitamin E untuk Rambut, Atasi Ketombe dan Rontok

Penyebab Ketombe Kering

Sebenarnya penyebab munculnya keluhan ketombe kering pada setiap orang akan berbeda-beda mulai dari faktor internal maupun eksternal, yaitu: 

  • Jenis Kulit Kepala Kering

Pada umumnya faktor penyebab utama seseorang dapat mengalami keluhan ketombe adalah memiliki tipe kulit kepala yang cenderung kering.

Jika tipe kulit kepala kering ini tidak dirawat dengan baik, maka risiko untuk terkena ketombe akan menjadi lebih besar.

  • Produk Shampo yang Tidak Cocok

Penggunaan produk shampo yang tidak sesuai dengan kondisi atau jenis kulit kepala dapat menjadi salah satu pemicu datangnya ketombe.

Oleh karena itu, pilihlah produk sampo yang memiliki formula atau komposisi yang paling sesuai untuk membersihkan serta merawat jenis kulit kepala dan rambut kamu.

Selain itu, pilih juga produk shampo yang dapat membantu melindungi,  melembabkan kulit kepala, serta mengatasi minyak berlebih sebagai salah satu akar masalah dari ketombe.

  • Jarang Keramas

Tidak secara rutin keramas atau membersihkan rambut dan kulit kepala tentu akan membuat terkena risiko keluhan ketombe menjadi lebih besar.

Kebiasaan buruk tersebut jika dibiarkan saja dapat membuat sel kulit kepala yang mati dan kering menumpuk hingga menjadi ketombe yang sering membuat gatal dan tidak nyaman.

  • Terlalu Sering Keramas

Sebaliknya, terlalu sering keramas atau membersihkan rambut dan kulit kepala juga ternyata tidak baik dan justru dapat memicu datangnya keluhan ketombe.

Sebab dengan keramas yang terlalu sering membuat rambut dan kulit kepala tidak memiliki waktu untuk memproduksi minyak alami.

Minyak alami yang diproduksi tersebut berfungsi untuk menjaga agar kulit kepala tidak mudah kering dan berketombe.

  • Terkena Infeksi Jamur

Perlu diketahui bahwa, terdapat jenis jamur malassezia yang bisa hidup di kulit kepala dan sebenarnya tidak berakibat penting pada kulit kepala.

Namun, jika jamur malassezia ini tumbuh secara berlebih pada kulit kepala hingga mengakibatkan infeksi. Maka akan menyebabkan resiko terkena iritasi kulit kepala dan berketombe.

  • Iklim Tropis

Masalah rambut berketombe pun bisa disebabkan oleh faktor lingkungan tempat tinggal.

Dimana lingkungan beriklim tropis yang memiliki tingkat kelembapan dan suhu tinggi, serta mudah terkena paparan sinar matahari membuat produksi keringat dan minyak pada kulit menjadi lebih banyak.

Maka dari itu, seseorang yang berada di lingkungan tropis memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami keluhan ketombe.

Baca Juga: 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Bisa Atasi Rambut Rontok?

Cara Menghilangkan Ketombe Kering

Cara Menghilangkan Ketombe Kering bandel

Adapun terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketombe kering secara efektif, diantaranya:

  • Menggunakan Shampo Khusus

Ketika sedang mengalami keluhan ketombe kering, maka sangat dianjurkan untuk mencuci rambut dengan menggunakan jenis shampoo yang sesuai.

Pilihlah produk shampo yang dirancang khusus untuk mengatasi ketombe kering dengan mengandung bahan-bahan yang aktif melawan jamur atau penyebab datangnya ketombe.

Baca Juga: 9 Manfaat Hair Mask, Berapa Kali Sebaiknya Dipakai?

  • Menggunakan Kondisioner

Setelah menggunakan jenis produk shampo yang tepat, selanjutnya tidak lupa juga untuk menggunakan kondisioner yang bisa membantu untuk mengatasi ketombe kering.

Sebab kondisioner memiliki peran untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut dengan menutup kutikula yang terbuka setelah keramas, sehingga dapat mencegah munculnya ketombe kering.

  • Menerapkan Serangkaian Perawatan Rambut

Ternyata hanya membersihkan rambut saja tidak cukup untuk mengatasi masalah ketombe kering, maka dari itu sebaiknya lakukan juga serangkaian perawatan rambut.

Seperti menggunakan produk masker, serum, dan peeling yang dibuat khusus untuk kulit kepala dan rambut untuk menghidrasi dan membuatnya menjadi lebih sehat.

  • Menghindari Suhu Air yang Terlalu Panas

Menggunakan suhu air yang terlalu panas ketika akan mandi dan keramas dapat menyebabkan kulit kepala menjadi terasa kering dan lebih mudah terkena iritasi.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan air suhu hangat atau dingin ketika akan keramas untuk menjaga kelembaban pada kulit kepala agar tetap seimbang.

  • Menggunakan Produk Styling Secukupnya

Berbagai macam produk styling seperti gel, hairspray, wax, dsb sebaiknya dihindari dan digunakan pada rambut dalam takaran secukupnya saja.

Sebab produk-produk styling tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit kepala, menyebabkan munculnya ketombe kering, hingga mengganggu kondisi kesehatan rambut ketika digunakan secara berlebih dan setelah pemakaian tidak dibersihkan dengan baik. 

  • Menghindari Kebiasaan Menggaruk Kulit Kepala

Menghindari Kebiasaan Menggaruk Kulit Kepala

Gejala pertama yang akan dirasakan penderita ketombe kering adalah rasa gatal yang tidak tertahan pada kulit kepala.

Namun, sensasi gatal tersebut sebaiknya ditahan dan jangan sampai digaruk. Sebab kebiasaan menggaruk hanya akan memperparah kondisi iritasi dan peradangan pada kulit kepala.

  • Menjaga Kebersihan Alat Penata Rambut

Tidak lupa, alat-alat rambut yang selalu digunakan dalam keseharian seperti sisir dan sikat juga perlu untuk rutin dicuci dan dijaga kebersihannya.

Sebab alat-alat tersebut sangat rentan untuk ditinggali oleh kuman, jamur, dan residu dari produk rambut yang jika dibiarkan saja akan semakin memperburuk kondisi kulit kepala.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan rambut dari dalam pun tidak kalah penting.

Maka dari itu, mulai lah untuk memperhatikan kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seperti seafood, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

  • Mengendalikan Stres

Selanjutnya, faktor pola pikiran yang terhindar dari stres atau beban berlebih juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan meditasi, yoga, atau berbagai aktivitas positif lainnya.

  • Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Mulai konsisten menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan berbagai aktivitas fisik yang baik untuk tubuh, seperti olahraga.

Serta menghindari kebiasaan buruk seperti begadang juga akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan rambut agar terhindar berbagai masalah rambut termasuk ketombe kering.

  • Memanfaatkan Bahan Alami

Selain itu, terdapat juga berbagai bahan alami yang diyakini ampuh untuk mengatasi masalah ketombe kering.

Seperti, lidah buaya, jeruk nipis, lemon, daun sirsak, minyak kemiri, minyak zaitun, minyak almond, bawang merah, garam, tea tree oil, minyak kelapa.

Bahan-bahan alami tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan diolah untuk digunakan sebagai masker atau scrub rambut.

  • Konsultasi dengan Dokter

Terakhir, untuk mengetahui cara yang paling efektif dan efisien dalam menghilangkan masalah ketombe kering tentunya adalah dengan langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Di mana dokter akan membantu kamu dengan melalui serangkaian pemeriksaan secara spesifik terhadap kulit kepala untuk mengetahui faktor penyebab dan cara mengobati yang paling sesuai.

Konsultasi dengan dokter sekarang juga sudah semakin mudah lho, karena kamu bisa chat dokter secara online melalui aplikasi Rey ataupun secara offline di rumah sakit.

Dengan asuransi kesehatan online dari Rey, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat, rawat inap, hingga rawat jalan gratis.

Yuk, klik banner ini untuk info lebih lanjut!

Membership kesehatan yang memberikan akses ke asuransi kesehatan

Penutup

Demikian informasi selengkapnya seputar faktor penyebab hingga cara menghilangkan ketombe kering yang paling efektif dan efisien.

Di mana dalam mengatasi masalah ketombe kering ini, sebaiknya segera terapkan tindakan-tindakan yang bisa dilakukan sedini mungkin agar kesehatan dan keindahan rambut bisa tetap terjaga.

Cobain Rey gratis khusus 2 bulan pertama, dengan fitur ini kamu bisa chat dokter sepuasnya hingga tebus obat gratis, lho!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
February 21, 2022
10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Ilmiah

Kunyit putih, atau disebut juga Curcuma Zedoaria, merupakan tanaman jenis rimpang yang awalnya tumbuh di...

Yosephine Yosephine
8 menit membaca
November 8, 2022
18 Cara agar Cepat Tidur, Cuma Butuh 30 Detik!

Kesulitan tidur di tengah malam mungkin bukan hal yang aneh lagi, bahkan hampir setiap orang...

Yosephine Yosephine
12 menit membaca
May 17, 2023
Mengurangi Stres, Intip 7 Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kabar baiknya, vitamin B...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
5 menit membaca