10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Bisa Atasi Rambut Rontok?

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Bisa Atasi Rambut Rontok?
Miska Syahirah
Miska Syahirah
November 20, 2023
11 menit membaca

Salah satu bahan alami yang dikenal memiliki manfaat yang besar untuk perawatan diri adalah lidah buaya. 

Tanaman herbal yang memiliki cairan berlendir ini dapat kamu gunakan mulai dari perawatan rambut, kulit wajah, sampai kulit tubuh dengan beragam manfaat yang diberikan. 

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa dirasakan oleh semua jenis rambut, baik yang berminyak maupun kering.

Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, yaitu vitamin A, B12, C, dan E. 

Selain dari lidah buaya, kamu bisa mendapatkan beragam vitamin yang baik untuk tubuh dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Selain itu, kamu harus rajin berolahraga dan perbanyak minum air putih minimal 2 liter per harinya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Lidah buaya dikenal memiliki khasiat baik untuk rambut, seperti melembutkan rambut hingga meminimalisir ketombe.

Bukan hal asing lagi, lidah buaya memang terbukti memiliki banyak manfaat bagi rambut.

Kira-kira, apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut? Berikut ini merupakan manfaat lidah buaya untuk rambut.

1. Memperkuat dan Mendorong Pertumbuhan Rambut 

Lidah buaya sangat dikenal dengan manfaatnya untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. 

Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan vitamin A, C, E, dan senyawa kimia aloenin di dalamnya. Selain itu, vitamin B-12 dan asam folat di dalamnya diketahui juga dapat menjaga rambut agar tidak mudah rontok. 

Meski begitu, manfaat lidah buaya dalam mencegah kerontokan rambut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Merawat Rambut Berminyak 

Lidah buaya memiliki enzim yang mampu memecah lemak. Karena kemampuannya ini, lidah buaya bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala sehingga rambut tidak tampak lepek. 

Tidak seperti produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia tertentu, penggunaan lidah buaya umumnya aman dan tidak merusak rambut. 

Oleh karena itu, daging buah dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai perawatan alami untuk rambut berminyak agar rambut terlihat lebih sehat, lembut, dan berkilau.

3. Memperbaiki Rambut Kering yang Rusak 

Tak hanya untuk rambut berminyak, lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering yang rusak. 

Manfaat ini dapat diperoleh dengan menggosok lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, membiarkannya selama satu jam, kemudian membilasnya dengan sampo.

Selain merawat rambut kering, lidah buaya juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, misalnya akibat paparan sinar matahari. 

Kandungan kolagen dan vitamin B pada lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Nah, khasiatnya ini dipercaya bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut.

4. Mengatasi Rontok dan Rambut Bercabang 

Tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal dan sulit, rambut rontok dan bercabang juga bisa ditangani dengan lidah buaya. 

Manfaat lidah buaya untuk rambut rontok didapat dari kandungan vitamin B12 dan asam folat, yang berfungsi untuk mengurangi rambut rontok. 

Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung nutrisi penting untuk sel-sel rambut, seperti vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut dapat membantu mempercepat regenerasi dan menyehatkan sel-sel rambut. 

Cara memakai lidah buaya untuk rambut rontok pun mudah. Kamu hanya perlu mencuci bersih lidah buaya, kemudian ambil bagian gel atau dagingnya untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala. 

Kandungan dalam tanaman ini bisa menguatkan akar rambut, sehingga mengurangi rontok. 

5. Mengurangi Rasa Gatal di Kulit Kepala

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang lainnya adalah mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Rasa gatal di kulit kepala ini bisa timbul akibat dermatitis seboroik atau biasa dikenal sebagai ketombe.

Dermatitis seboroik ini merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala yang meradang dan mengelupas sehingga muncul ketombe. 

Namun, kamu tak perlu khawatir, karena masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan asam lemak yang ada pada lidah buaya ini memiliki sifat anti-inflamasi guna meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya mentah dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. 

Untuk membantu menjaga kelembaban rambut, kamu bisa mengoleskan juga beberapa tetes minyak jarak sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan gel lidah buaya sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih.

6. Mengatasi Rambut Bercabang

Kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya terbukti dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kepala. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. 

Hal ini berarti bahwa lidah buaya juga dipercaya untuk memperbaiki ujung rambut yang bercabang.

7. Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

Semua wanita pasti mendambakan rambut yang sehat dan berkilau. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut secara rutin. 

Tidak hanya membuat rambut tampak berkilau, lidah buaya juga mampu mempertahankan kesehatan rambutmu.

8. Memperbaiki Sel Kulit Kepala yang Rusak

Enzim proteolitik pada lidah buaya mampu meningkatkan kesehatan folikel rambut. Sebagai salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut, khasiat ini pun secara tidak langsung meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih cepat.

Enzim proteolitik juga dapat membantu menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Gunakan lidah buaya dengan cara dioleskan pada rambut yang mudah rapuh.

9. Mencegah Kerusakan Rambut dari Sinar UV

Lidah buaya adalah tanaman populer yang digunakan banyak orang pada kulit setelah terpapar sinar matahari. Hal ini karena kandungan kolagen dan sifat pendinginannya yang tinggi.

Kandungan vitamin dalam lidah buaya berfungsi untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini, oleskan ke kulit kepala dan rambut lalu biarkan hingga meresap ke dalam folikel. 

Cara ini bermanfaat untuk mengkondisikan dan memperbaiki rambut kering yang rusak. Setelah membiarkannya selama satu jam, bilas dengan sampo.

10. Mengurangi Serangan Ketombe

Daging lidah buaya sangat kaya akan vitamin, mineral, enzim, anti-oksidan, dan asam lemak yang baik. Lidah buaya juga memiliki kandungan anti-iritasi, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Karena itulah, lidah buaya bisa memberikan kelembaban ekstra pada kulit kepala yang kering, meredakan iritasi akibat masalah jamur, menenangkan kulit kepala yang gatal, dan merevitalisasi sel kulit kepala.

Untuk cara pakainya, kamu bisa menggunakan daging atau gel lidah buaya langsung pada kulit kepala, menggunakannya bersamaan dengan shampoo dan conditioner, atau mencampurnya dengan bahan alami lainnya. 

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut kita.

Eits, tapi gak cuma lidah buaya aja lho yang bisa ngasih manfaat ke kamu. Rey juga bisa ngasih manfaat buat kehidupan kamu biar makin cuan!

Ubah langkah kakimu dengan berbagai hadiah menarik dengan mengaktifkan ReyFit Step di aplikasi Rey. Setiap langkah kamu saat menaiki tangga di kantor, berbelanja di supermarket, hingga berlari mengejar bis bisa ditukar dengan ReyCoin, lho!

Selain itu, Rey juga bisa ngasih kamu manfaat asuransi kesehatan online yang sangat menguntungkan bagi kamu, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

Bagaimana Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut?

Terdapat berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk rambut, di antaranya dengan mengoleskannya langsung ke rambut atau dicampur dengan bahan lain terlebih dahulu.

Setelah menyiapkan daging lidah buaya, kamu dapat menggunakannya untuk perawatan rambut.

Ada beberapa cara memakai lidah buaya untuk rambut yang bisa dilakukan agar rambut selalu terjaga kesehatannya, tetap lembab, dan berkilau:

1. Lidah Buaya sebagai Sampo

Penggunaan lidah buaya untuk sampo mirip dengan sampo biasa. Berikut ini merupakan langkah menggunakan lidah buaya sebagai sampo untuk rambut:

  • Oleskan daging lidah buaya ke seluruh bagian rambut saat keramas. 
  • Pijat lembut kulit kepala dan rambut untuk memungkinkan nutrisi lidah buaya meresap.
  • Biarkan selama sekitar 5 menit sebelum membilas rambut dengan air bersih. 
  • Pastikan untuk membilas dengan hati-hati agar tidak ada sisa lidah buaya yang tertinggal di rambut.

2. Lidah Buaya sebagai Conditioner

Cara lainnya adalah membuat conditioner dari lidah buaya. Berikut ini merupakan langkah menggunakan lidah buaya sebagai conditioner untuk rambut:

  • Campur daging lidah buaya dengan sedikit minyak kelapa yang sudah dipanaskan selama 10 detik. 
  • Oleskan campuran ini ke batang rambut setelah keramas.
  • Pastikan campuran tidak menyentuh kulit kepala karena sulit untuk dibilas. 
  • Diamkan sekitar 10 menit sebelum membilas dengan air hangat.
  • Bilas masker rambut hingga residunya tak bersisa lagi.

3. Penanganan Rambut Kusut

Sari lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi rambut kusut. Berikut ini merupakan langkah menggunakan sari lidah buaya untuk rambut:

  • Saring daging lidah buaya menggunakan kain bersih untuk mendapatkan sari-sarinya. 
  • Tuangkan sari ini ke dalam botol semprot untuk kemudahan penggunaan.
  • Bagi rambut menjadi beberapa bagian dan semprotkan sari lidah buaya secara merata. 
  • Kemudian sisir rambut perlahan-lahan dengan sisir anti kusut. 
  • Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air.
  • Bilas masker rambut hingga residunya tak bersisa lagi.

4. Masker Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Selain menggunakan lidah buaya utuh, kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun sebagai perawatan rambut.

Berikut ini merupakan langkah menggunakan campuran lidah buaya dan minyak zaitun sebagai masker untuk rambut:

  • Campur daging lidah buaya yang sudah dihaluskan dengan 3 sendok makan minyak zaitun. 
  • Oleskan campuran ini ke seluruh rambut.
  • Diamkan selama sekitar 30 menit sebelum membilasnya dengan air.
  • Bilas masker rambut hingga residunya tak bersisa lagi.

5. Masker Lidah Buaya dengan Mencampur Bahan Lain

Untuk mengatasi rambut kusam dan kering, kamu bisa mencampurnya dengan bahan lain yang juga bernutrisi untuk rambut.

Berikut ini merupakan langkah menggunakan campuran lidah buaya sebagai masker untuk rambut:

  • Campur 2 sendok teh daging lidah buaya dengan yogurt, madu, dan minyak zaitun. 
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala.
  • Pijat perlahan-lahan dengan ujung jari.
  • Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.
  • Bilas masker rambut hingga residunya tak bersisa lagi.

Baca Juga: Alami, 10 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan di Rumah

Apa Efek Lidah Buaya untuk Rambut?

Efek samping lidah buaya untuk rambut salah satunya alergi atau muncul kemerahan. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati.

Merawat rambut dengan lidah buaya akan membantu mengurangi risiko kerontokan. Kandungan vitamin A, C, E, serta senyawa kimia seperti aloenin dalam lidah buaya dapat membantu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Di samping itu, rambut juga berpotensi tumbuh lebih cepat jika mendapatkan nutrisi dari lidah buaya. Kamu akan memiliki rambut yang sehat, tebal, serta bebas dari kendala kerontokan, ketombe, atau minyak berlebih.

Namun, selain di samping manfaat lidah buaya, ada beberapa risiko dalam menggunakan lidah buaya pada rambut dan kulit. 

Bagi beberapa orang, lidah buaya dapat menyebabkan alergi dan mengalami ruam kulit. Maka dari itu, sebelum menggunakan lidah buaya, gosokkan sedikit lidah buaya di bagian dalam pergelangan tangan. 

Tunggu hingga dua jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi. 

Apabila kamu menggunakan krim steroid seperti hidrokortison, berhati-hatilah dengan lidah buaya karena dapat meningkatkan jumlah kortison yang diserap oleh kulit kamu.

Jika kamu memiliki alergi karena lidah buaya dan reaksinya semakin parah, kamu harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis profesional.

Gak pakai lama!

Sekarang, konsultasi dengan dokter bisa secepat kilat dan gak pakai ribet. Cukup pakai handphone lewat aplikasi Rey, kamu bisa konsultasi secara online dengan dokter selama 24/7, dimana pun dan kapan pun.

Emang boleh se-simple ini?

Boleh, dong! Yuk, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Pertanyaan Seputar Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Nah, itu tadi beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut. Kamu perlu mengikuti cara pemakaiannya dengan benar dan lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal, ya!

Sekarang, yuk kita bahas beberapa pertanyaan yang sering dibahas seputar manfaat lidah buaya untuk rambut.

Apakah Setelah Memakai Lidah Buaya di Rambut Harus Dibilas dengan Sampo?

Beberapa penggunaan lidah buaya pada rambut memerlukan bilasan dengan air, terutama jika lidah buaya dioleskan dalam bentuk campuran atau sebagai perawatan tertentu. 

Sebagai contoh, jika lidah buaya digunakan sebagai conditioner atau masker, umumnya perlu dibilas setelah beberapa waktu untuk menghilangkan residu atau agar rambut tidak terasa lengket.

Namun, jika lidah buaya digunakan hanya sebagai tonik untuk rambut, tidak selalu diperlukan untuk segera membilasnya dengan sampo. 

Proses pembilasan juga bergantung pada cara penggunaan dan tujuan perawatan rambut. Perlu diingat bahwa setiap resep atau metode perawatan rambut dengan lidah buaya dapat memiliki instruksi khusus. 

Berapa Kali Pemakaian Lidah Buaya untuk Rambut?

Frekuensi penggunaan lidah buaya untuk rambut dapat bervariasi tergantung pada kondisi rambut, jenis perawatan yang dilakukan, serta produk lidah buaya yang kamu gunakan. 

Dokter kulit bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group Brooklyn New York, Nava Greenfield menganjurkan penggunaan lidah buaya untuk rambut sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu. Intensitas tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. 

Penggunaan lidah buaya bisa dilakukan maksimal selama 30 menit sebelum dibilas sampai bersih supaya tidak meninggalkan sensasi lengket pada rambut.

Namun, beberapa pedoman umum yang dapat diperhatikan adalah:

1. Penggunaan Lidah Buaya Sebagai Sampo atau Conditioner

Jika kamu menggunakan lidah buaya sebagai sampo atau conditioner alami, biasanya aman untuk digunakan setiap kali kamu keramas.

Seperti pada setiap mandi, terutama jika produk tersebut tidak memiliki bahan tambahan yang mengiritasi kulit kepala.

2. Masker Rambut dengan Lidah Buaya

Jika kamu menggunakan lidah buaya sebagai masker untuk perawatan rambut khusus, seperti untuk melembabkan rambut kering atau mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Maka penggunaannya bisa dilakukan secara berkala, misalnya seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan rambut kamu.

3. Penanganan Masalah Khusus

Jika kamu menggunakan lidah buaya untuk menangani masalah khusus seperti dermatitis seboroik atau masalah kulit kepala lainnya, frekuensi penggunaan bisa disesuaikan dengan instruksi dokter atau ahli perawatan rambut.

4. Penggunaan Tertentu pada Rambut Berminyak

Untuk rambut berminyak, penggunaan lidah buaya bisa lebih sering, terutama jika kamu memanfaatkannya untuk mengurangi kelebihan minyak pada rambut dan kulit kepala.

Penutup

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut dan bagaimana cara memakai lidah buaya untuk rambut.

Selain menjaga kesehatan rambut kamu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kamu, ya! 

Apabila tubuhmu terasa kurang sehat, segera konsultasikan kondisi tubuh kamu ke dokter.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
November 10, 2023
Ini 9 Manfaat Puasa Senin Kamis, Jaga Kesehatan Jantung dan Organ Pencernaan!

Rasulullah SAW menganjurkan untuk berpuasa senin dan kamis karena ibadah ini mempunyai segudang manfaat. Sebab,...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca
August 14, 2023
Apa Itu Olahraga Calisthenics? Contoh Gerakan, Tips, dan Manfaatnya

Meski olahraga calisthenics (kalistenik) masih terdengar asing di telinga, tetapi kemungkinan besar kamu pernah melakukannya...

Yosephine Yosephine
9 menit membaca
May 16, 2023
Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari? Efek Samping Jika Berlebihan

Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting untuk sistem imun yang kuat. Vitamin D merupakan...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca