Cara Menyembuhkan Pilek

Lendir pada saluran pernapasan sangat berguna untuk menjaga kelembapan, hingga membersihkan udara sebelum masuk paru-paru. Namun jumlah lendir yang berlebih bisa sangat mengganggu, terlebih pada anak-anak. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menyembuhkan pilek yang efektif berikut ini.

Apa itu Pilek?

Baik pada orang dewasa maupun anak kecil, pilek menyebabkan yang hidung tersumbat dan mengganggu pernapasan. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh virus, namun bisa juga disebabkan oleh alergi atau cuaca dingin.

Ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami pilek, yaitu anak usia kurang dari 6 tahun, orang dengan kekebalan tubuh kurang baik, perokok, dan orang yang berada di sekitar penderita pilek. Pilek bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti virus, bakteri, efek samping obat tertentu, alergi, dan cuaca dingin.

Gejala Pilek

Sebelum mengalami pilek, gejala yang dialami, antara lain:

  • Nyeri kepala
  • Bersin-bersin
  • Nyeri dan gatal tenggorokan
  • Penciuman dan pengecapan berkurang
  • Nyeri sendi dan badan.

Gejala pilek tersebut memang sangat mirip dengan flu, namun ada antara perbedaan flu dan pilek.

Butuh Konsultasi Dokter Online dan Offline? Rey Solusinya
Premi Bulanan Mulai dari Rp 69 ribu-an

Apa Perbedaan Flu dan Pilek?

Keluhan pilek biasanya muncul secara bertahap, diawali sakit tenggorokan dalam 1-2 hari pertama. Pada hari ketiga sampai kelima, biasanya muncul keluhan hidung tersumbat dan batuk. Di waktu satu minggu setelah keluhan pertama muncul, batuk pilek akan berangsur sembuh.

Sedangkan untuk flu, keluhannya muncul secara mendadak hanya dalam waktu beberapa jam, tidak secara bertahap. Keluhan akan membaik dalam waktu seminggu, tapi tidak menutup kemungkinan berlanjut sampai 2 minggu.

Dari sisi gejala, flu memiliki gejala lebih serius dibandingkan pilek, bahkan sering menimbulkan komplikasi berbahaya, seperti pneumonia. Kantung udara penderita pneumonia mengalami peradangan dan terisi oleh cairan, sehingga mengganggu pertukaran oksigen dengan karbon dioksida. Akibatnya, penderita mengalami sesak napas, bahkan bisa berakhir gagal napas.

Di sisi lain, pilek lebih jarang menimbulkan komplikasi serius yang sampai mengharuskan penderitanya mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Komplikasi seperti sinusitis dan otitis media bisa saja timbul, tetapi hal ini jarang terjadi.

Baca Juga : 11 Perbedaan Flu dan Pilek yang Perlu Kamu Tahu

Cara Menyembuhkan Pilek pada Anak

Penularan pilek pada anak biasanya melalui droplet dari penderita pilek ketika saat bersin atau batuk tidak mengenakan masker. Sebagai langkah pencegahan supaya anak terhindar dari pilek, kamu bisa melakukan hal-hal berikut.

  • Mencuci tangan sabun sebelum menyentuh anak, terutama di bagian wajah.
  • Menjaga jarak anak dengan orang yang tengah pilek.
  • Ketika ada anggota keluarga lain tengah pilek, memisahkan alat makan, handuk, atau sikat giginya dari milik anak.

Pengobatan pilek tidak memerlukan antibiotik, karena bukan bakteri yang menyebabkan pilek. Selama daya tahan tubuh anak baik, pilek bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Oleh karena itu, cara menyembuhkan pilek yang paling efektif adalah cukup istirahat dan mengonsumsi makanan atau minuman yang menguatkan imunitas tubuh.

Konsumsi air putih juga perlu ditingkatkan, supaya anak tidak dehidrasi selama proses penyembuhan. Untuk mempercepat penyembuhannya, anak bisa diberi salah satu dari daftar obat batuk pilek anak di bawah ini.

1. Hufagripp Pilek

Komposisi utama dalam Hufagripp Pilek adalah Pseudoephedrine HCl yang dikenal sebagai senyawa yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, ada kandungan Chlorpenamine Maleate yang bekerja mengatasi alergi rhinitis.

Obat batuk pilek anak ini bisa diberikan selama 2-3 hari saja. Kalau lebih dari 3 hari dan pilek belum sembuh, lebih baik segera bawa anak ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

2. Panadol Anak Sirup

Dalam setiap 5 ml Panadol Anak sirup, ada sebanyak 160 mg paracetamol dan ditujukan bagi anak usia 1-6 tahun. Supaya kinerja obatnya optimal, obat ini bisa diberikan ke anak sebanyak 5 ml dalam 3-4 kali sehari. Panadol Sirup Anak juga berfungsi untuk meringankan demam dan nyeri, misalnya karena imunisasi atau tumbuh gigi. 

3. Bisolvon Kids

Bisolvon Kids mengandung senyawa Bromhexine HCl yang bukan hanya efektif meringankan pilek, tapi juga demam, sakit kepala, dan batuk berdahak. Penggunaannya ditujukan untuk anak usia 2-5 tahun, diminum 2 kali sehari dengan dosis 5 ml. Lebih baik berikan obat ini setelah makan untuk menghindari terjadinya nyeri lambung.

4. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

Kandungan utama dalam OBH Combi Anak Batuk Plus Flu adalah paracetamol, untuk menurunkan demam dan meringankan sakit kepala. Ada ekstrak succus liquiritiae dan ammonium klorida yang keduanya bekerja sama untuk mengencerkan dahak. Ditambah lagi, ada kandungan pseudoephedrine dan chlorpheniramine maleate.

5. Triaminic Pilek Sirup

Triaminic Pilek bekerja untuk mengatasi bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, sekaligus melegakan pernapasan anak. Senyawa pseudoephedrine di dalamnya berfungsi untuk melebarkan saluran pernapasan. Ditambah chlorpheniramine maleate yang bermanfaat untuk mengurangi frekuensi bersin anak.

6. Bodrexin Flu dan Batuk Berdahak PE

Bodrexin sudah sejak lama terkenal sebagai obat untuk pilek anak. Harga terjangkau dan bisa dibeli bahkan di warung kecil, membuat Bodrexin menjadi pilihan banyak orang untuk mengobati pilek anak. 

Bodrexin Flu dan Batuk Berdahak PE ditujukan untuk meringankan berbagai keluhan pilek, mulai dari demam, bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Akan tetapi, perlu diingat kalau obat ini baru bisa dikonsumsi oleh anak berusia lebih dari 2 tahun. 

7. Anakonidin OBH Sirup

Cara menyembuhkan pilek anak berikutnya bisa menggunakan Anakonidin OBH Sirup. Di dalamnya tidak ada kandungan alkohol sama sekali, serta ada kandungan glyceryl guaiacolate, chlorpheniramine maleate dan dextromethorphan HBr untuk meredakan pilek anak. Obat ini berfungsi sebagai analgetis dan baru bisa diberikan jika anak berusia lebih dari 2 tahun.

8. Proris Sirup

Proris sirup bekerja untuk menurunkan suhu tubuh anak yang terlalu tinggi karena efek peradangan. Salah satu kandungan Proris Sirup adalah ibuprofen yang diketahui menjadi anti-inflamasi yang efektif. Dengan demikian, nyeri yang dirasakan anak menjelang pilek bisa terasa lebih ringan.

9. Natrabio Children C & F

Banyak yang mengakui bahwa Natrabio Children C & F sangat efektif untuk mengatasi berbagai keluhan terkait flu, termasuk pilek hingga mual dan muntah. Dalam sekali minum, takaran yang dianjurkan adalah 0,5 ml setiap 20-30 menit. Kalau gejala sudah berkurang cukup signifikan, bisa dilanjutkan setiap 4 jam sekali, atau saat dibutuhkan saja. 

Obat ini bisa digunakan jika usia anak sudah lebih dari 4 bulan, tidak harus menunggu anak berusia satu atau dua tahun. Namun jika usia anak masih kurang dari 4 bulan, sebaiknya minta saran dokter atau tanya dokter online lalu konsultasi kesehatan anak terlebih dahulu. Sayangnya, harga obat batuk pilek bayi ini cukup mahal, sekitar Rp280.000.

Supaya kinerja obat semakin optimal, berikan juga asupan yang bergizi untuk menguatkan imunitas anak. Sekian ulasan mengenai cara menyembuhkan pilek yang efektif untuk anak. Semoga, si Kecil cepat sembuh ya!

Artikel Terkait Lainnya