obat batuk pilek bayi

Batuk pilek yang dialami bayi berusia di bawah 1 tahun memang menjadi tantangan tersendiri. Mau diberi obat, tapi usianya masih sangat kecil dan khawatir terjadi hal yang tidak diharapkan. Sebenarnya sekarang sudah ada obat batuk pilek bayi yang aman digunakan, hanya saja penggunaannya harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dulu ya.

Mencermati Gejala Batuk Pilek pada Bayi

Batuk maupun pilek sebenarnya reaksi alami dari tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang seharusnya tidak ada dalam tubuh. Seperti pada orang dewasa, bayi yang mengalami batuk pilek umumnya akan sembuh sendiri jika penyebab batuk pilek sudah keluar dari tubuh. Namun orang tua juga perlu lebih cermat, karena ada beberapa batuk pilek yang bisa berbahaya.

Sama dengan batuk pilek pada umumnya, bayi yang mengalami batuk pile juga akan mengalami gejala lain, seperti demam dan kurang semangat minum ASI. Bayi juga bisa mengalami batuk kering dan berdahak, seperti pada orang dewasa.

Pemicu batuk kering pada bayi biasanya infeksi virus yang juga menyebabkan pilek. Dengan daya tahan tubuh yang masih sangat lemah, bayi lebih rentan terserang batuk pilek, bahkan bisa sampai 7 kali di tahun pertama usianya. Ada juga penyebab lain batuk kering pada bayi, misalnya sakit asma, batuk rejan, atau alergi terhadap hal tertentu.

Pada batuk berdahak, warna dahak bisa menjadi penanda adanya infeksi atau bahkan iritasi di saluran pernapasan bayi. Kalau dahaknya tampak putih atau bening, batuk biasanya disebabkan infeksi virus, tapi bisa juga karena alergi atau asap rokok.

Kalau dahakny tampak kuning atau kehijauan, kemungkinan ada infeksi bakteri pada saluran pernapasannya. Keadaan yang perlu diwaspadai adalah jika dahaknya tampak kemerahan. Bisa saja sudah terjadi perdarahan di organ pernapasan si bayi.

Daftar Obat Batuk Pilek Bayi yang Aman

Di pasaran, sudah ada cukup banyak jenis obat batuk pilek bayi yang aman digunakan dengan catatan tetap diawasi dokter dalam pemberiannya. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis obat di bawah ini untuk mengatasi batuk pilek pada bayi.

1. Tempra Drop

Tempra Drop dikenal luas sebagai obat untuk menurunkan demam. Tapi tahukah kamu kalau kandungan paracetamol dalam ini juga bisa meredakan batuk pilek bayi? 

Obat ini bisa diminum sebanyak 3-4 kali dengan jumla 0,6 ml dalam sekali minum, untuk bayi berusia kurang dari 1 tahun. Efek obat ini bisa membuat bayi bisa beristirahat lebih nyaman dan berangsur-angsur memulihkan batuk pileknya.

2. Botanina Comforting Baby Oil

Penggunaan obat batuk pilek bayi tidak selalu diminum, bisa juga untuk penggunaan luar tubuh. Botanina Comforting baby oil ini tidak hanya membantu menenangkan pernapasan, tapi juga meringankan sakit kepala dan merilekskan bayi. 

Penggunaan minyak ini diizinkan untuk bayi berusia minimal 6 bulan. Kamu bisa mengoleskan minyaknya langsung ke telapak kaki atau tubuh bayi. Bisa juga dicampurkan dengan air hangat dan digunakan pada air mandi.

3. Uni Baby’s Cough Syrup

Uni Baby’s Cough dibuat untuk mengatasi flu dan batuk berdahak. Akan tetapi, penggunaannya diizinkan untuk bayi berusia minimal 6 bulan. Dosis pemberiannya adalah sebanyak ½ sendok takar untuk bayi berusia 6-12 bulan dalam 3-4 kali/hari. Tapi untuk menentukan dosis yang lebih tepat, langkah paling bijak adalah berkonsultasi dengan dokter.

4. Cessa Cough & Flu

Cessa Cough & Flu dibuat untuk penggunaan luar, karena pada dasarnya merupakan minyak esensial yang diekstrak dari berbagai bahan alami. Kamu bisa memakainya dengan mengoleskan obat ini ke punggung dan dada bayi sambil memijat lembut. Aroma terapi dan hangatnya obat bisa membantu meredakan batuk pilek pada bayi.

5. Mucopect Drop

Dalam Mucopec Drop terkandung senyawa ambroxol hidroklorida (HCl) yang bisa mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dosis obat ini untuk anak berusia kurang dari 2 tahun sebanyak 7.5 mg/ml dan diberikan 2 kali sehari. Sebagai catatan, harus sudah konsultasi dokter dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Butuh Konsultasi Dokter Online dan Offline? Rey Solusinya
Premi Bulanan Mulai dari Rp 69 ribu-an

Daftar Obat Batuk Pilek Alami Bayi

Mencari obat batuk pilek bayi yang usianya kurang dari empat tahun memang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa memberikan obat batuk alami untuk bayi yang ada dalam daftar ini.

1. Madu

Madu bisa menjadi salah satu bahan untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Cukup satu sendok teh madu per hari ketika si bayi sedang tidak enak badan. Madu bisa memberikan efek meringankan batuk dan menenangkan seperti dextromethorphan.

Akan tetapi, madu juga bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit perut hingga muntah, meskipun diberikan untuk anak berusia lebih dari setahun. Madu juga tidak boleh diberikan untuk bayi kurang dari setahun, karena bisa mengakibatkan reaksi keracunan/botulisme.

2. Air hangat

Kalau masih ragu untuk memberikan si bayi madu, kamu bisa memastikan saja kalau si bayi mengonsumsi cukup air. Tapi ini hanya untuk anak berusia di atas 6 bulan, saat anak sudah bisa mengonsumsi makanan atau minuman lain, seain ASI.

3. Sup ayam hangat

Selain membantu menghangatkan tenggorokan, sup ayam hangat juga bisa menjadi vaporizer atau alat penguap. Uap tersebut sangat bermanfaat untuk mengencerkan lendir yang masih pekat di saluran hidung.

4. Larutan saline

Larutan saline terbuat dari larutan garam yang sudah disterilisasi. Larutan ini memang dibuat menjadi obat tetes hidung supaya lendir di hidung dan tenggorokan bisa segera dikeluarkan. Untuk memakainya, cukup dengan meneteskan larutan saline ke lubang hidung kemudian bersihkan lendir menggunakan alat khusus pengisap lendir.

5. Bawang merah

Dalam bawang merah terdapat beberapa senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti vitamin C, serat, asam folat, dan flavonoid. Senyawa tersebut diketahui bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga juga bisa membantu meringankan batuk pilek.

Bawang itu bisa diiris tipis, kemudian dicampurkan dengan minyak telon. Oleskan pada bagian dada, punggung, leher dan telapak kaki untuk memberikan kehangatan dan meredakan gejala batuk pilek.

Kapan Perlu ke Dokter Saat Bayi Batuk Pilek?

Jika sudah memberi obat batuk pilek bayi di atas, namun belum membaik, maka tentunya perlu dibawa ke dokter untuk ditangani. Beberapa gejala yang mungkin membahayakan adalah sebagai berikut.

  • Muntah-muntah
  • Napas tersengal hingga sesak
  • Dahak berwarna hijau, kuning, atau bahkan kecokelatan
  • Tidak mau menyusui
  • Wajah tampak sangat pucat bahkan kebiruan
  • Mengalami batuk rejan

Kalau menemui gejala di atas meski sudah diberi obat batuk pilek bayi, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat ya. Kamu juga bisa lho berkonsultasi dengan dokter online di Rey ID sepuasnya, hanya mulai dari Rp69.000 per bulan, kamu sudah dapat fitur telekonsultasi dokter sepuasnya. Yuk, jaga gaya hidup sehat dengan aplikasi Rey.

Artikel Terkait Lainnya