Asuransi Di Indonesia

Tahukah kamu, memiliki perlindungan diri atau harta benda akan membantu di masa mendatang? Kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki jenis asuransi di Indonesia agar dapat mengurangi risiko apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sistem yang dilakukan untuk memiliki suatu produk asuransi ialah dengan membeli premi untuk diasuransikan. Kamu dapat memiliki suatu jenis asuransi di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya kamu akan memiliki kebutuhan asuransi yang berbeda dengan orang lain. 

Memilih secara bijak produk asuransi akan membantu kamu dalam meminimalisir suatu risiko yang bisa saja terjadi tanpa dikehendaki. Oleh karena itu, di Indonesia terdapat setidaknya 5 jenis produk asuransi yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan.

Asuransi untuk Kesehatan

Sebelum menyetujui untuk membeli produk asuransi kesehatan, ada baiknya pelajari terlebih dahulu setiap prinsip asuransi dan ketentuan yang diberlakukan. Biasanya asuransi untuk kesehatan memberikan proteksi saat kamu harus dirawat inap di rumah sakit. Setiap produk asuransi untuk kesehatan ini juga memiliki 2 jenis proteksi.

Proteksi pertama sebuah produk yang digunakan untuk melindungi biaya rawat inap ialah berupa kartu yang bisa kamu tunjukkan ke pihak rumah sakit. Proteksi jenis yang kedua ialah reimbursement yang mengharuskan kamu membayar menggunakan uang sendiri dulu, setelahnya klaim ke kantor asuransi untuk biaya penggantiannya.

Baca juga : 5 Fungsi Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Asuransi untuk Jiwa

Produk asuransi jiwa yang satu ini cukup digemari di Indonesia, karena ketika kamu meninggal dunia, maka polis yang dimiliki dapat memberikan perlindungan yang lebih kepada keluarga yang ditinggalkan. Term Life memberikan perlindungan 1.5 tahun hingga 10 tahun, sedangkan Whole Life untuk proteksi seumur hidup kamu.

Sayangnya, bagi orang awam yang tidak mau tahu tentang asuransi yang berguna bagi jiwa ini, justru dianggap mendoakan agar cepat meninggal. Padahal aset berharga yang dimiliki dapat diwariskan secara aman melalui sistem asuransi. Sehingga, ketika kamu meninggal dunia, maka tidak akan menyulitkan keluarga yang ditinggalkan.

Baca juga : Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Asuransi untuk Travel

Perlindungan yang satu ini akan memberikan proteksi kepada kamu saat melakukan travel ke berbagai tempat atau negara. Kamu yang memiliki hobi bepergian jauh menggunakan transportasi darat, laut, atau udara, ada baiknya mengantongi asuransi yang digunakan untuk memberikan perlindungan saat berada di luar kota atau negara.

Di Indonesia produk asuransi travel ini masih sangat jarang, bahkan tiket-tiket murah yang tidak menanggung biaya asuransi justru dipilih. Sekalipun tidak ada yang menginginkan musibah saat berada di jalan, tapi kamu tetap harus mampu mengurangi risiko apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dengan membeli produk asuransi travel.

Asuransi untuk Properti

Jenis asuransi di Indonesia yang paling banyak digunakan ialah memberikan proteksi terhadap properti yang dimiliki. Biasanya orang-orang yang memiliki suatu rumah, gedung, atau perusahaan yang berada di lokasi rawan pencurian atau kebakaran hutan yang mengakibatkan kerusakan properti, pasti akan memilih asuransi untuk properti.

Baca dan pahami polis dari asuransi properti yang akan memberikan biaya penggantian rugi atas kerusakan rumah, gedung, atau properti yang dapat digunakan sebagai perlindungan atas properti yang dimiliki, termasuk barang yang tertanggung. Namun, besaran ganti rugi atas kerusakan properti memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Manfaat Rawat Jalan + Proteksi Asuransi Jiwa dan Cek Kesehatan Online
Mulai dari Rp 99 ribu-an per bulan saja!

Asuransi untuk Kendaraan

Kamu yang memiliki mobil kesayangan akan sangat dianjurkan untuk memberikan asuransi, baik itu yang All Risk atau Total Loss Only (TLO). Kamu dapat memilih dari kedua jenis asuransi kendaraan tersebut untuk kendaraan ini juga akan memberikan perlindungan saat mobil hilang, kecelakaan, atau rusak akibat bencana alam.Kamu diharapkan dapat bijak memilih jenis asuransi di Indonesia untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan untuk memilih perusahaan asuransi yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Pahami selalu setiap butir ketentuan yang akan disepakati saat membeli produk asuransi.

Artikel Terkait Lainnya