asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah suatu jenis layanan atau produk asuransi di mana objek yang menjadi sasaran untuk diasuransikan adalah perlindungan terhadap jiwa atau kematian seseorang. Fokus dari tanggungan yang diberikan oleh asuransi jiwa adalah santunan berupa uang tunai kepada ahli waris akibat hilangnya nyawa tulang punggung keluarga.

Jadi, Apa Pengertian Asuransi Jiwa?

Pengertian asuransi jiwa dapat disimpulkan sebagai bentuk tanggungan asuransi untuk mengganti rugi secara finansial akibat hilangnya sumber pendapatan keluarga yang biasanya dihasilkan oleh seseorang yang mencari nafkah. Jadi, nyawa atau jiwa yang diasuransikan adalah jiwa dari seseorang yang menjadi tulang punggung tersebut.

Proteksi Jiwa Kamu dengan Asuransi Jiwa + Manfaat Rawat Jalan Online dengan Rey
Premi Mulai Rp 99 ribu-an per bulan!

Manfaat Asuransi Jiwa

Setiap jenis asuransi memiliki prinsip asuransi yang berbeda. Untuk manfaat asuransi jiwa tentu saja sangat beragam. Adapun fungsi asuransi tersebut bisa berbeda-beda berdasarkan dengan jenis produk asuransi jiwa yang dipilih. Manfaat asuransi jiwa dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis-jenis yang ada pada produk asuransi yang terdiri dari berikut ini:

1. Asuransi Jiwa Berjangka Atau Term Life Insurance

Pada jenis asuransi yang berjangka ini, perlindungan terhadap jiwa yang menjadi objek asuransi memiliki jangka waktu tertentu. Pada umumnya, jangka waktu yang berlaku pada jenis berjangka ini adalah sejak 5 hingga mencapai 30 tahun tanggungan.

Di mana dalam kurun waktu minimal 5 hingga maksimal 30 tahun tersebut, ahli waris terus menerus berhak memperoleh dana tanggungan sejak nasabah asuransi meninggal dunia. 

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup Atau Whole Life Insurance

Jenis asuransi jiwa seumur hidup ini memberikan layanan perlindungan kepada nasabah tanpa batas usia. Jadi, seumur hidup nasabah tersebut akan terlindungi asuransi ini. Ketika usia nasabah telah mencapai 1 abad pun asuransi jiwa tetap berlaku tanpa hangus sedikitpun.

Kelebihan dari jenis seumur hidup ini biasanya adalah tanggungan asuransi menyediakan layanan dana pensiun sehingga nasabah yang menggunakan produk ini dapat terjamin dalam mempersiapkan kebutuhan di masa pensiun atau masa tua.

Baca Juga : 5 Fungsi Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu tahu

3. Asuransi Jiwa Beserta Investasi

Kategori asuransi investasi ini cukup unik, biasanya disebut dengan asuransi unit link. Selain jiwa yang dapat dilindungi dan dijamin oleh perusahaan asuransi, nasabah juga dapat melakukan investasi sekaligus. Premi asuransi yang dibayarkan tidak hanya sebagai bentuk kontribusi perlindungan tetapi juga ada porsi untuk investasi dalam bentuk aset.

4. Asuransi Jiwa Dwiguna

Terakhir, manfaat asuransi pada jenis dwiguna ini kerap dikenal pula dengan istilah endowment insurance. Produk yang ditawarkan oleh dwiguna tidak begitu jauh dengan jenis unit link. Bedanya, unit link menawarkan investasi, dan dwiguna menawarkan manfaat tambahan berupa tabungan.

Premi yang dibayarkan oleh nasabah, digunakan sebagai kontribusi polis perlindungan asuransi dan dimasukkan sebagian prosentasenya untuk tabungan ahli waris.

Artikel Terkait Lainnya