Apa itu Penyakit Herpes? Ini Gejala, Faktor Risiko dan Pengobatannya

Apa itu Penyakit Herpes? Ini Gejala, Faktor Risiko dan Pengobatannya
Aul Risky
Aul Risky
June 19, 2024
7 menit membaca

Penyakit herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simplex, yang terbagi menjadi dua tipe utama: herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2). HSV 1 dan 2 sama- sama bisa menyerang area genital, meskipun lesi HSV 1 lebih sering ditemukan di mulut, namun bisa menyebar ke genital melalui kontak seperti oral seks. 

Kedua jenis virus ini sangat menular dan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan lesi terinfeksi atau melalui cairan tubuh, seperti air liur atau cairan seksual. Pada pembahasan ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai penyebab, gejala, dan metode pengobatan untuk penyakit herpes, serta strategi pencegahan untuk mengurangi risiko penularan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Apa Itu Herpes?

Apa Itu Herpes

Herpes adalah istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan infeksi yang disebabkan oleh dua jenis virus herpes simplex: Herpes Simplex Virus tipe 1 (HSV-1) dan Herpes Simplex Virus tipe 2 (HSV-2). Kedua jenis virus ini dapat menyebabkan infeksi yang berulang dan merupakan masalah kesehatan yang cukup umum di seluruh dunia.

  • HSV-1

HSV-1 umumnya bertanggung jawab atas herpes oral atau luka dingin. Infeksi ini paling sering muncul sebagai lepuhan atau luka pada bibir, sekitar mulut, atau pada wajah. Virus ini juga bisa menyebabkan gejala seperti demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. HSV-1 ditularkan terutama melalui kontak langsung dengan luka terinfeksi atau melalui cairan tubuh seperti berciuman, berbagi peralatan makan, sikat gigi, dll.

  • HSV-2

HSV-2 adalah penyebab utama herpes genital, yang merupakan infeksi menular seksual. Lesi atau lepuhan bisa muncul di daerah genital, rektum, dan kadang-kadang pada paha bagian atas. HSV-2 ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus ini, termasuk seks oral, vaginal, dan anal.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Meningitis? Ini Penyebab, Gejala dan Pengobatannya!

Gejala Penyakit Herpes

Gejala Penyakit Herpes

Berikut adalah gejala umum yang terkait dengan dua tipe utama herpes: HSV-1, yang biasanya menyebabkan herpes oral, dan HSV-2, yang umumnya menyebabkan herpes genital.

Gejala Herpes Oral (HSV-1)

  1. Lepuhan di Sekitar Mulut atau Wajah: Gejala paling umum adalah munculnya lepuhan kecil berisi cairan yang biasanya terasa sakit atau gatal di sekitar bibir, mulut, atau area wajah lainnya. Lepuhan ini bisa pecah dan meninggalkan luka terbuka sebelum akhirnya sembuh.
  2. Rasa Sakit atau Gatal: Area di sekitar lepuhan sering terasa sangat gatal atau nyeri sebelum, selama, dan setelah lepuhan muncul.
  3. Demam: Terutama selama wabah pertama atau jika infeksi menyebabkan respons tubuh yang lebih luas.
  4. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening: Ini menunjukkan sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi.
  5. Sakit Kepala dan Kelelahan: Gejala umum yang mungkin terjadi ketika tubuh berjuang melawan infeksi viral.

Gejala Herpes Genital (HSV-2)

  1. Lepuhan Genital: Lepuhan kecil yang bisa sangat sakit muncul di area genital, rektum, paha, atau bokong. Lepuhan ini juga bisa pecah dan mengeluarkan cairan.
  2. Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil: Jika lepuhan muncul di atau dekat uretra, buang air kecil bisa menjadi sangat menyakitkan.
  3. Sekresi Vaginal atau Uretral: Bisa terjadi peningkatan sekresi dari vagina atau uretra.
  4. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening: Sama seperti dengan herpes oral, kelenjar getah bening di dekat area panggul juga bisa membengkak.
  5. Sakit atau Gatal: Area sekitar lepuhan bisa terasa gatal atau nyeri.

Gejala Umum untuk Kedua Tipe Herpes

  • Wabah Berkala: Herpes adalah infeksi kronis yang bisa kambuh berulang kali. Gejala mungkin muncul selama wabah dan mereda setelah beberapa waktu.
  • Gejala Prodromal: Beberapa orang mengalami sensasi terbakar, gatal, atau nyeri di area yang akan mengalami lepuhan beberapa jam atau hari sebelum lepuhan muncul.

Penting untuk diingat bahwa banyak orang yang terinfeksi virus herpes mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali atau hanya mengalami gejala yang sangat ringan yang mungkin tidak mereka sadari terkait dengan herpes. Jika Anda mengalami gejala yang dicurigai sebagai herpes, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Yuk, konsultasikan penyakit herpes kamu dengan dokter terpercaya dari Rey.

Enggak perlu ribet, cuma dari handphone aja kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya, lho.

Dapatkan manfaat asuransi kesehatan online dari Rey, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

Faktor Risiko Herpes

Berikut adalah beberapa faktor risiko utama untuk herpes, baik HSV-1 yang umumnya menyebabkan herpes oral maupun HSV-2 yang umumnya menyebabkan herpes genital:

1. Kontak Langsung dengan Infeksi

  • HSV-1: Kontak langsung dengan luka herpes, atau cairan dari luka (seperti melalui ciuman atau berbagi benda seperti peralatan makan atau lip balm) bisa menyebabkan penularan.
  • HSV-2: Kontak seksual, termasuk hubungan seks vaginal, anal, dan oral dengan seseorang yang terinfeksi, adalah cara penularan utama.

2. Kontak Kulit dengan Kulit

Jika area kulit yang tidak terlindungi bersentuhan langsung dengan area kulit yang terinfeksi herpes (baik genital maupun oral), ini dapat menyebabkan penularan virus.

3. Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Orang dengan sistem imun yang lemah, baik karena kondisi kesehatan tertentu (seperti HIV/AIDS, kanker, atau diabetes) atau akibat penggunaan obat-obatan tertentu (seperti kortikosteroid atau kemoterapi) lebih rentan terinfeksi herpes.

4. Usia Muda

Untuk HSV-1, anak-anak sering terinfeksi melalui kontak non-seksual dengan anggota keluarga yang memiliki virus. Virus ini kemudian bisa menjadi laten dan mungkin muncul kembali nanti dalam hidup.

5. Aktivitas Seksual Berisiko

Memiliki banyak pasangan seksual atau berhubungan seks tanpa pengaman (seperti kondom) meningkatkan risiko penularan HSV-2, serta penyakit menular seksual lainnya.

6. Jenis Kelamin

Statistik menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terhadap infeksi HSV-2 dibandingkan dengan pria, sebagian karena penularan dari pria ke wanita lebih mudah terjadi daripada dari wanita ke pria.

7. Stres dan Kelelahan

Stres, baik fisik maupun emosional, serta kelelahan dapat melemahkan sistem imun dan membuat seseorang lebih rentan terhadap wabah herpes jika mereka sudah terinfeksi virus.

8. Paparan Sinar Matahari

Untuk herpes oral, paparan sinar matahari yang berlebihan kadang-kadang dapat memicu kambuhnya infeksi di bibir atau area sekitar mulut.

Baca Juga: Penyakit Bell’s Palsy: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Pengobatan Penyakit Herpes

Pengobatan Penyakit Herpes

Pengobatan herpes bertujuan untuk mengurangi gejala, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi frekuensi kekambuhan. Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan herpes sepenuhnya, karena virus tetap berada dalam tubuh setelah infeksi pertama berbagai strategi dapat membantu mengelola gejala dan meminimalkan dampak penyakit. Berikut adalah beberapa pendekatan pengobatan yang umum digunakan untuk terapi penyakit herpes:

1. Antiviral Oral

Acyclovir, Valacyclovir, dan Famciclovir: Ini adalah obat antiviral yang paling sering diresepkan untuk pengobatan herpes. Mereka bekerja dengan menghambat replikasi virus, sehingga mengurangi durasi dan keparahan wabah. Obat-obat ini paling efektif jika diambil sesegera mungkin setelah gejala pertama muncul.

2. Krim Antiviral Topikal

Krim yang mengandung acyclovir atau penciclovir dapat digunakan untuk pengobatan herpes oral atau genital. Meskipun kurang efektif daripada obat antiviral oral, krim ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan durasi wabah jika diterapkan pada tahap awal gejala.

3. Pereda Nyeri

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan demam yang mungkin terjadi selama wabah herpes.

4. Perawatan Rumahan

  • Mandi Air Hangat: Mandi air hangat (bukan panas) bisa membantu membersihkan luka dan mengurangi rasa sakit, terutama untuk herpes genital.
  • Mengeringkan Area yang Terinfeksi: Gunakan handuk bersih atau pengering rambut dengan setelan sejuk untuk mengeringkan area setelah mandi.
  • Hindari Iritan: Hindari penggunaan produk seperti losion, sabun beraroma, atau douches yang bisa mengiritasi luka.

5. Perubahan Gaya Hidup

Mengelola stres dengan teknik seperti meditasi, yoga, atau konseling dapat membantu mengurangi penyakit herpes. Nutrisi yang baik, tidur yang cukup, dan olahraga teratur juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Penutup

Itulah penjelasan dari apa itu herpes yang bisa kamu pahami. Dengan pemahaman yang baik tentang cara penularan, pencegahan, dan pengobatan, individu yang terinfeksi dapat menjalani kehidupan yang sehat dan meminimalkan dampak dari herpes. 

Penting untuk mendiskusikan gejala atau kekhawatiran dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan bimbingan dan pengobatan yang tepat, serta untuk menerapkan praktik kebersihan yang baik untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain. Dengan dukungan yang tepat dan manajemen yang efektif, herpes dapat diatur dengan sukses sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
September 22, 2023
Benarkah Jeruk Nipis Ampuh Atasi Batuk? Mitos atau Fakta?

Jeruk nipis dan kecap sering dianggap sebagaidi obat herbal alami yang dipercaya dapat mengatasi batuk....

Dwi Julianti Dwi Julianti
5 menit membaca
November 13, 2023
Benjolan di Ketiak: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Munculnya benjolan di ketiak membuat penderitanya khawatir. Biasanya, munculnya benjolan di ketiak tidak disadari saat...

Miska Syahirah Miska Syahirah
5 menit membaca
March 15, 2023
Ampuh! 10 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Saat berpuasa, mungkin kamu merasa tidak nyaman karena bau mulut yang tidak sedap. Hal ini...

Yosephine Yosephine
8 menit membaca