Alami, 11 Cara Mengobati Asam Lambung Tanpa Obat

Alami, 11 Cara Mengobati Asam Lambung Tanpa Obat
Dwi Julianti
Dwi Julianti
March 20, 2023
7 menit membaca

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap sepele karena jika dibiarkan dapat menjadi lebih parah hingga menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Namun, penderita dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi asam lambung.

Banyak yang memilih cara alami sebagai alternatif utama, karena selain mudah dilakukan, juga tidak menimbulkan efek samping seperti metode pengobatan lainnya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Yuk, simak cara mengobati asam lambung secara alami di bawah ini!

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit asam lambung secara alami, yaitu:

1. Kunyit

Cara mengobati asam lambung secara alami salah satunya dengan memanfaatkan kunyit.

Khasiat kunyit sebagai obat tradisional untuk meredakan asam lambung memang sudah dikenal sejak lama.

Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung kurkumin, senyawa antioksidan dan polifenol yang dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada lambung.

Tak hanya itu, kunyit juga dapat membantu meningkatkan produksi lendir pada lambung, sehingga dapat membantu melindungi dinding lambung dari efek asam yang berlebihan.

Selain itu, senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga dapat membantu mengurangi gejala GERD seperti nyeri dada dan mual.

2. Jahe Merah

Jahe merah memang dikenal memiliki sifat anti-radang yang dapat membantu meredakan rasa mual yang timbul saat asam lambung kambuh.

Selain itu, bahan rempah ini juga memiliki sifat gastroprotektif yang dapat membantu melindungi lambung dari efek asam lambung yang berlebihan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jahe merah bukanlah bahan herbal yang secara langsung dapat menekan gejala kambuhnya asam lambung dari infeksi bakteri Helicobacter pylori (H.pylori).

Meskipun demikian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe merah dapat membantu mengurangi inflamasi pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori.

3. Madu

Pemanis alami yang terkandung dalam madu memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pada lambung.

Salah satu contohnya adalah madu, yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk menenangkan sensasi heartburn, melindungi lapisan dinding esofagus (kerongkongan), serta memperbaiki fungsi cincin esofagus.

Madu juga dapat membantu menenangkan peradangan pada esofagus, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit asam lambung atau GERD.

Namun, sebaiknya pilihlah madu yang berkualitas dan konsumsilah dalam jumlah yang tepat, karena madu yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

4. Akar Manis

Manfaat akar manis atau licorice sejak dahulu kala sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, serta tentunya dapat mengatasi radang lambung.

Obat herbal ini dapat dipastikan bisa meningkatkan sekresi lambung dan menahan meningkatnya asam lambung dengan cepat ke katup antara kerongkongan dan lambung. 

5. Daun Kemangi

Bahan herbal ini selain bisa dimakan secara langsung maupun dijadikan sebagai bahan masakan, daun kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi penderita asam lambung.

Sebab daun kemangi mempunyai sifat karminatif, antibakteri, dan anti-radang yang bisa berfungsi untuk menghindari dan meredakan kejang yang menyebabkan perut kembung.

Baca Juga: Hindari, 10 Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung

6. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam mengatasi gejala heartburn atau nyeri di ulu hati akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Hal ini karena kandungan gel pada lidah buaya memiliki senyawa anti-radang, vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat menenangkan lambung.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya juga dapat membantu memperbaiki lapisan mukosa lambung yang rusak akibat peradangan atau iritasi.

Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi pada saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

7. Daun Mint

Sejak zaman dahulu, daun mint memang sudah dikenal sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat daun mint yang cukup populer adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah kesehatan terkait sistem pencernaan.

Daun mint diketahui memiliki sifat yang dapat menurunkan gejala asam lambung atau GERD, seperti maag, perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan lainnya.

Hal ini dikarenakan daun mint dapat membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung, sehingga gas yang ada di dalam lambung dapat keluar dengan lebih mudah.

8. Kurma

Seringkali disarankan untuk mengonsumsi kurma saat sahur atau berbuka puasa.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan.

Hal ini dikarenakan kurma memiliki sifat basa yang dapat membantu mengurangi tingkat keasaman pada lambung.

Oleh karena itu, kurma sangat cocok digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai keluhan pada lambung.

Kamu bisa mengonsumsinya setiap pagi dengan porsi yang cukup untuk menetralkan cairan lambung dan mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan.

9. Air Lemon dan Madu

Meskipun buah lemon mengandung asam dan seharusnya dihindari oleh penderita GERD karena bisa memicu naiknya asam lambung, namun lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu dapat memberikan efek alkali yang bermanfaat untuk menetralkan produksi asam lambung dan menjadi alternatif obat asam lambung.

Madu yang memiliki antioksidan dapat melindungi organ dari peradangan dan memperbaiki kondisi maag yang semakin parah.

Lemon yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menenangkan gejala maag.

Minuman ini juga sangat cocok untuk diminum pada pagi, siang, atau malam hari sebagai pelindung dari makanan berlemak.

10. Teh Chamomile

Teh Chamomile, sebagai obat herbal, memiliki peran penting sebagai antiinflamasi untuk mencegah peradangan memburuk saat maag kambuh.

Ramuan minuman yang terbuat dari teh chamomile memiliki kemampuan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada usus dengan menurunkan kadar asam lambung.

Dengan demikian, teh chamomile dapat membantu meredakan gejala GERD dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

11. Wortel

Cara mengobati asam lambung berikutnya adalah dengan mengonsumsi wortel.

Wortel mengandung senyawa alkali yang dapat membantu menetralkan dan mencegah naiknya asam lambung. 

Oleh karena itu, wortel merupakan pilihan yang aman untuk mendapatkan nutrisi tanpa memicu kambuhnya penyakit GERD, serta membantu meredakan gejala secara bertahap.

Baca Juga: Aman, 10 Buah yang Boleh untuk Asam Lambung

Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Asam Lambung

Setelah mengetahui berbagai cara alami untuk mengatasi penyakit asam lambung seperti yang telah disebutkan di atas, kamu pasti semakin penasaran untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses penyembuhan untuk para penderita penyakit ini.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang mungkin muncul dalam benakmu.

Berapa lama penyakit asam lambung bisa sembuh?

Waktu penyembuhan penyakit asam lambung dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti tingkat keparahan penyakit, usia, gaya hidup, dan penanganan yang dilakukan.

Penderita yang mengalami gejala ringan mungkin bisa sembuh dalam waktu beberapa minggu dengan perubahan gaya hidup dan diet.

Namun, untuk penderita yang mengalami gejala yang lebih parah, penyembuhan bisa memakan waktu lebih lama dan memerlukan penanganan medis yang lebih intensif.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perkiraan waktu penyembuhan yang lebih akurat sesuai dengan kondisi pribadi masing-masing.

Konsultasi dengan dokter sekarang juga sudah semakin mudah lho, karena kamu bisa chat dokter secara online melalui aplikasi Rey ataupun secara offline di rumah sakit.

Menariknya lagi, kalau kamu memiliki asuransi kesehatan online dari Rey, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat, rawat inap, hingga rawat jalan gratis.

Kamu bisa klik banner ini untuk info lebih lanjut!

Membership kesehatan yang memberikan akses ke asuransi kesehatan

Apakah penyakit asam lambung sangat berbahaya?

Penyakit asam lambung yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti kerusakan pada kerongkongan, perdarahan, atau bahkan kanker kerongkongan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati penyakit asam lambung dengan serius dan menghindari faktor-faktor risiko yang dapat memperburuk kondisi.

Jika kamu mengalami gejala asam lambung yang sering atau parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: 8 Gejala Asam Lambung yang Sering Dirasakan Penderitanya

Penutup

Nah, itu dia berbagai cara mengobati asam lambung secara alami.

Dari beberapa cara alami yang telah dijelaskan di atas, kita dapat memeroleh solusi yang aman dan mudah untuk mengatasi masalah asam lambung.

Namun, perlu diingat bahwa hasil yang didapatkan dari pengobatan alami ini bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan keparahan penyakit asam lambung yang diderita.

Selalu jaga pola makan yang sehat dan hindari makanan atau minuman yang bisa memicu naiknya asam lambung. 

Jadi cara alami mana saja yang sudah pernah kamu coba? Yuk, sharing di kolom komentar!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
March 20, 2023
8 Gejala Asam Lambung yang Sering Dirasakan Penderitanya

Naiknya asam lambung di perut kerap menjadi gejala dari masalah kesehatan yang serius. Pengobatan penyakit...

Dwi Julianti Dwi Julianti
13 menit membaca
November 25, 2022
6 Cara Mengatasi Mata Kering, Ini Gejala dan Penyebabnya!

Mata kering merupakan kondisi ketika mata mengalami gangguan pada permukaan mata, yang ditandai dengan ketidakstabilan...

Dwi Julianti Dwi Julianti
10 menit membaca
December 8, 2022
Kenali 5 Penyebab Tipes ini, Benarkah Karena Kecapekan?

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.  Penyakit ini termasuk...

Yosephine Yosephine
5 menit membaca