15 Cemilan untuk Radang Tenggorokan, Aman!

15 Cemilan untuk Radang Tenggorokan, Aman!
Miska Syahirah
Miska Syahirah
October 16, 2023
8 menit membaca

Saat tenggorokan terasa nyeri, kita terkadang tetap butuh cemilan untuk mengganjal perut.

Terdapat cemilan untuk radang tenggorokan yang aman saat dikonsumsi ketika kamu sulit menelan makanan karena sakit tenggorokan.

Kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi gizi dan kaya akan nutrisi agar proses penyembuhan tenggorokan semakin cepat.

Selain itu, penting bagi kamu untuk memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan olahraga secara teratur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas, apa saja cemilan untuk radang tenggorokan? Cemilan apa saja yang baik dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan?

Yuk, kita ulas dalam artikel di bawah ini!

Cemilan untuk Radang Tenggorokan

Saat radang tenggorokan melanda, seringkali kita kesulitan untuk menelan makanan karena rasa sakit dan nyeri semakin terasa saat mengonsumsi makanan.

Hal itu berdampak pula pada nafsu makan yang berkurang.

Untuk itu, kamu perlu tahu beberapa cemilan, makanan, dan minuman yang dapat kamu konsumsi tanpa memperparah gejala sakit tenggorokan kamu.

Berikut ini merupakan 15 cemilan yang dapat kamu konsumsi saat radang tenggorokan:

1. Cemilan Beku

Cemilan beku seperti sorbet buah cocok menjadi cemilan untuk radang tenggorokan.

Cemilan beku seperti es loli dan sorbet buah menjadi cemilan pertama yang direkomendasikan untuk penderita radang tenggorokan. Makanan yang beku memiliki suhu dingin yang dapat menenangkan radang tenggorokan.

Apalagi jika cemilan tersebut berbahan dasar buah-buahan yang merupakan bahan alami. Kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan tetap memperhatikan kualitas buah yang digunakan.

Selain itu, jangan menggunakan pemanis buatan agar tidak memperparah gejala sakit tenggorokan.

Baca Juga: Apakah Saat Batuk Boleh Minum Es? Mitos atau Fakta?

2. Sayuran Lunak yang telah Dimasak

Sayuran lunak yang telah dimasak dengan dikukus atau direbus menjadi pilihan yang tepat untuk menjadikannya sebagai cemilan saat radang tenggorokan.

Sayuran merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Mengonsumsi sayuran saat radang tenggorokan tidaklah sulit. Kamu bisa merebus atau mengukusnya hingga tekstur sayuran menjadi lembut.

Tekstur lembut sayuran ini dapat membantu kamu menelan makanan lebih mudah sehingga kamu tidak kekurangan gizi dari sayuran.

Beberapa sayuran yang dapat diolah menjadi sayuran lunak,, yaitu wortel, kentang, brokoli, hingga kubis.

Baca Juga: Awas, 5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Batuk

3. Madu

Madu menjadi cemilan atau makanan yang baik dikonsumsi saat radang tenggorokan. Kandungannya yang sangat baik untuk radang dapat melawan infeksi dan menyembuhkan peradangan.

Madu sejak dahulu terkenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, madu memiliki kandungan yang dapat menuntaskan kuman, bakteri, hingga virus sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, kamu bisa mencampur madu dengan teh, lemon, atau minuman hangat lainnya sehingga dapat meredakan radang tenggorokan.

Baca Juga: Apakah Madu Bisa Menyembuhkan Batuk? Ini Manfaatnya!

4. Puding

Tekstur puding yang lembut dapat membantu tenggorokan menelan makanan sehingga tidak memperburuk gejala radang tenggorokan.

Dilansir dari Women’s Health, puding merupakan pilihan makanan yang membantu meredakan radang tenggorokan karena teksturnya yang lembut. 

Teksturnya yang lembut tersebut tidak akan menambah iritasi tenggorokan. Meskipun begitu, kamu tetap harus waspada terhadap kandungan gula yang ada dalam puding.

Kandungan gula yang tinggi, apalagi dengan pemanis buatan, dikhawatirkan akan mengiritasi tenggorokan sehingga memperburuk gejala radang tenggorokan.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman probiotik yang baik dikonsumsi saat radang tenggorokan karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Siapa yang tidak suka yogurt?

Makanan dengan tekstur lembut, kental, dan dingin ini merupakan makanan yang baik untuk radang.

Bakteri probiotik dapat didapatkan dengan mudah jika mengonsumsi yogurt sehingga dapat meningkatkan protein, karbohidrat, dan lemak dalam tubuh yang bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Namun, jika radang tenggorokan kamu tak kunjung reda, segera konsultasi dengan dokter, ya.

Enggak perlu ribet, cuma dari handphone aja kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya, lho.

Dapatkan manfaat asuransi kesehatan online dari Rey, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

Baca Juga: 8 Makanan Terbaik Untuk Orang Batuk, Sudah Coba?

6. Delima

Buah dengan warna merah yang cantik ini ternyata memiliki khasiat untuk meredakan penyebab radang tenggorokan.

Peradangan di tenggorokan dapat diredakan dengan mengonumsi buah delima karena mengandung zat yang dapat meredakan sakit tenggorokan.

Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan. 

Selain itu, delima mengandung zat astringen yang dapat mengontraksi jaringan tubuh dan meredakan tenggorokan yang bengkak.

7. Smoothie

Smoothie menjadi cemilan yang baik untuk radang tenggorokan.

Smoothie menjadi salah satu makanan atau cemilan yang pas dikonsumsi untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Smoothie yang dibuat dengan berbahan dasar buah atau sayur dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Sayuran atau buah yang dapat dijadikan smoothie dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan rendah gula, yaitu seledri, kangkung, dan buah berry.

Nutrisi yang terdapat pada buah atau sayuran dapat mengurangi rasa sakit saat menelan.

8. Es Krim

Suhunya yang dingin dan teksturnya yang lembut membuat es krim menjadi cemilan yang baik untuk sakit tenggorokan.

Tahukah kamu bahwa es krim baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan?

Yap, kamu tidak salah. Suhunya yang dingin serta teksturnya yang lembut membuat tenggorokan tidak kesulitan saat menelan makanan tersebut.

Es krim merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin mengonsumsi makanan untuk radang tenggorokan.

Namun, perlu diingat, jangan konsumsi es krim dengan gula yang tinggi, ya!

Gula yang tinggi serta pemanis buatan justru dapat mengiritasi tenggorokan. Jadi, pilih es krim dengan gula yang rendah, ya!

Baca Juga: Makan Es Krim Saat Batuk Termasuk Pantangan, Benarkah?

9. Jahe

Jahe menjadi makanan paling terkenal untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Kandungan jahe dapat melegakan tenggorokan.

Kandungan anti-inflamasi pada jahe dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan karena dapat meredakan pembengkakan dinding tenggorokan.

Selain itu, jahe memiliki kandungan gingerol yang aktif dalam mencegah mual.

Jika ingin meredakan radang tenggorokan, kamu dapat mengonsumsi jahe dengan mencampurkannya bersama secangkir teh, lemon, atau madu. 

Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Ini 10+ Manfaat Jahe untuk Kesehatan

10. Mashed Potato

Teksturnya yang lembuat membuat mashed potato atau kentang tumbuk menjadi cemilan untuk radang  tenggorokan yang aman dikonsumsi.

Jenis makanan atau cemilan selanjutnya yang dapat mengurangi radang tenggorokan adalah mashed potato atau kentang tumbuk.

Kentang sendiri memiliki kandungan Vitamin C, Magnesium, dan antioksidan sehingga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan menumbuk kentang yang telah dikukus, kamu akan mengonsumsi makanan dengan tekstur yang lembut sehingga membantu mengatasi radang tenggorokan lebih parah.

Namun, jika radang tenggorokan kamu sudah semakin parah, kamu harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis profesional.

Gak pakai lama!

Sekarang, konsultasi dengan dokter bisa secepat kilat dan gak pakai ribet.

Cukup pakai handphone lewat aplikasi Rey, kamu bisa konsultasi secara online dengan dokter selama 24/7, dimana pun dan kapan pun.

Emang boleh se-simple ini? Boleh, dong! Yuk, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

11. Teh Hijau 

Teh hijau menjadi minuman yang menenangkan dan cocok menjadi cemilan untuk radang tenggorokan.

Minum teh hangat kala radang tenggorokan dapat melegakan dan membantu meredakan sakit tenggorokan.

Rekomendasi teh herbal yang baik dikonsumsi saat sakit radang, salah satunya yaitu teh hijau.

Peradangan pada tenggorokan dapat diredakan dengan teh hijau karena di dalamnya mengandung senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari Anesthesiology and Pain Medicine, penelitian tersebut menunjukan bahwa berkumur dengan teh hijau dapat menyembuhkan gejala sakit tenggorokan terhadap pasien pasca operasi.

Baca Juga: Pencinta Green Tea, Ketahui 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

12. Oatmeal

Oatmeal menjadi cemilan yang baik untuk radang tenggorokan.

Oatmeal menjadi daftar makanan untuk radang tenggorokan selanjutnya yang dapat meredakan sakit pada tenggorokan. 

Dilansir dari Medical News Today, kandungan magnesium dalam gandum dapat membantu meredakan peradangan.

Selain mudah dibuat karena instan, oatmeal juga mudah dicerna dan ditelan oleh tubuh karena teksturnya yang lembut sehingga tidak melukai tenggorokan.

Kamu dapat mengonsumsi oatmeal dengan mencampurkannya bersama madu agar manfaat yang didapatkan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan lebih maksimal.

13. Sup Wortel

Sup wortel bisa dibuat dengan menghaluskan wortel sehingga tenggorokanmu tidak sakit saat menelan makanan dan menjadikan sup wortel sebagai cemilan untuk radang tenggorokan.

Jika kamu sedang mengalami sakit tenggorokan dan ingin mengonsumsi wortel, selain mengukusnya kamu juga dapat membuat sup wortel.

Dibandingkan makan wortel mentah yang memiliki tekstur keras dan kasar, sebaiknya kamu mengonsumsi sup wortel yang sangat menenangkan untuk dicerna oleh tubuh.

Wortel mengandung semua nutrisi penyembuhan yang diperlukan, termasuk vitamin A, C, dan kalium.

14. Ubi Manis Tumbuk

Menumbuk ubi manis setelah dikukus dapat menjadikannya sebagai cemilan untuk radang tenggorokan karena teksturnya lembut dan kandungannya dapat membantu mengurangi radang tenggorokan.

Ubi manis yang ditumbuk akan cocok dijadikan cemilan dan makanan yang baik untuk radang.

Kandungan Vitamin A dan C menjadikan ubi sebagai cemilan yang tepat untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsinya bersama kayu manis bubuk.

15. Telur Orak-Arik

Telur orak-arik menjadi cemilan yang baik untuk radang tenggorokan.

Cemilan untuk radang tenggorokan yang juga cocok untuk dijadikan sarapan yaitu telur orak-arik.

Seperti yang kita ketahui bersama, protein dalam telur sangatlah tinggi. Hal tersebut dapat membantu perbaikan jaringan tubuh yang rusak, seperti radang tenggorokan.

Telur orak-arik juga memiliki tekstur yang lembut sehingga aman dikonsumsi dan tidak melukai tenggorokan.

Baca Juga: Bolehkah Makan Telur saat Batuk?

Pertanyaan Seputar Cemilan untuk Radang Tenggorokan

Nah, itu tadi beberapa cemilan untuk radang tenggorokan.

Sekarang, yuk kita ulas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cemilan untuk radang tenggorokan!

Sakit Radang Tenggorokan Enaknya Makan Apa?

Beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat radang tenggorokan, yaitu bubur, sup ayam, buah dengan kandungan air yang tinggi, oatmeal, hingga telur orak-arik.

Selain itu, perbanyak minum air putih dan jaga kelembaban tenggorokan.

Makanan Apa yang Gak Boleh Dimakan saat Radang Tenggorokan?

Ketika radang tenggorokan, artinya tenggorokanmu sedang luka atau bengkak. Untuk itu, kamu perlu menghindari makanan yang memperparah iritasi tenggorokan, seperti makanan berminyak, makanan atau minuman manis, makanan berlemak dan bersantan, serta menghindari merokok.

Bolehkah Makan Puding saat Radang Tenggorokan?

Makan puding saat radang tenggorokan diperbolehkan karena puding memiliki tekstur yang lembut dan dingin sehingga menyejukkan tenggorokan yang bengkak.

Namun, penggunaan gula dalam puding perlu diperhatikan. Jangan sampai kamu mengonsumsi puding dengan gula yang tinggi atau pemanis buatan karena dapat memperparah iritasi tenggorokan.

Baca Juga: 11 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Penutup

Nah itu tadi 15 cemilan untuk radang tenggorokan.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi makanan jika sedang radang tenggorokan.

Selain mengonsumsi makanan di atas, kamu juga harus menjaga kelembaban tenggorokan dan perbanyak minum air putih, ya!

Jika kamu masih punya pertanyaan lain tentang batuk yang kamu alami, segera konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan dokter.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS! Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
November 30, 2023
Efektif, 7 Makanan untuk Menaikkan Trombosit dalam Tubuh

Trombosit adalah sel darah yang berfungsi membantu proses pembekuan darah. Jika jumlah trombosit dalam tubuh...

Dwi Julianti Dwi Julianti
5 menit membaca
September 14, 2023
8 Makanan Terbaik Untuk Orang Batuk, Sudah Coba?

Terdapat beberapa menu makanan untuk orang batuk yang bisa mempercepat penyembuhan batuk. Batuk biasanya terjadi...

Miska Syahirah Miska Syahirah
6 menit membaca
November 14, 2022
15 Rekomendasi Makanan Sehat yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin D dikenal juga dengan...

Yosephine Yosephine
9 menit membaca