10 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan di Indomaret, Praktis!

10 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan di Indomaret, Praktis!
Miska Syahirah
Miska Syahirah
October 26, 2023
8 menit membaca

Minuman untuk sakit tenggorokan yang bisa ditemui di Indomaret atau minimarket terdekat memang bermacam-macam.

Kemasannya yang praktis dan penyajiannya yang sangat instan menjadikannya sebagai jalan pintas kepraktisan untuk menghilangkan radang tenggorokan.

Biasanya, minuman yang bisa meredakan sakit tenggorokan mengandung jahe, lemon, hingga madu yang dikenal bisa mengurangi infeksi tenggorokan.

Namun, jika kamu merasakan sakit tenggorokan, kamu juga perlu banyak istirahat, minum air putih minimal 2 liter per hari, dan olahraga secara teratur.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas, apa saja merk minuman untuk sakit tenggorokan di Indomaret?

Yuk, intip rekomendasi dari Rey lewat artikel di bawah ini!

Rekomendasi Minuman untuk Sakit Tenggorokan di Indomaret

Saat mengalami sakit tenggorokan, tentu kita membutuhkan minuman yang ampuh untuk menghilangkan penyakit radang tenggorokan.

Selain yang dapat memulihkan kondisi sakit, tentu akan semakin baik jika kita menemukan minuman yang praktis dan bisa ditemukan di minimarket.

Untuk itu, Rey punya beberapa rekomendasi minuman pereda sakit tenggorokan yang bisa kamu temukan di Indomaret atau minimarket hingga supermarket lainnya.

Berikut beberapa rekomendasi minuman untuk sakit tenggorokan di Indomaret:

1. Adem Sari Ching Ku

Adem Sari Ching Ku terkenal sedari dulu sebagai minuman yang ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan.

Adem Sari Ching Ku menjadi minuman yang pertama direkomendasikan untuk redakan sakit tenggorokan karena kaya akan kandungan Vitamin C dari jeruk nipis atau citrus.

Komposisi dari Adem Sari Ching Ku di antaranya, yaitu ekstrak citrus Aurantifolia, ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex, dan Vitamin C.

Minuman ini tersedia dalam kemasan kaleng sebanyak 320 ml dan kemasan sachet yang berbentuk bubuk. Kamu dapat mengonsumsi Adem Sari Ching Ku 2-3 kali sehari.

Kandungan Adem Sari Ching Ku dapat mengobati sakit tenggorokan, gejala panas dalam, sariawan, bibir pecah-pecah, dan sulit buang air besar.

Selain terasa lega di tenggorokan, Adem Sari Ching Ku juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu meredakan gejala flu dan batuk-batuk.

2. Larutan Penyegar Cap Badak

Larutan Penyegar Cap Badak menjadi minuman selanjutnya yang bisa ditemukan di Indomaret untuk meringankan gejala sakit tenggorokan.

Larutan Penyegar Cap Badak dikenal sebagai minuman yang dapat membantu mempercepat pemulihan peradangan tenggorokan. Sebab, kandungan gypsum fibrosum dan calcareous spar dapat meredakan gejala panas dalam.

Minuman ini hadir dalam kemasan botol yang terasa tawar dan kemasan kaleng yang memiliki berbagai rasa. Larutan Penyegar Cap Badak dapat menjadi pereda sakit tenggorokan, mengurangi bibir pecah-pecah, sariawan, dan menyegarkan badan.

Larutan Penyegar Cap Badak mengandung komposisi yang baik bagi penderita radang tenggorokan, seperti Gipsum fibrosum 7.0 g, Galcarecus spar 0.3 g, dan bahan-bahan lain sampai 200 mL.

Untuk dosis konsumsi penderita sakit tenggorokan, Larutan Penyegar Cap Badak dapat diminum sebanyak 3 kali dengan takaran 100-200mL untuk orang dewasa dan sebanyak 3 kali dengan takaran 50-100 mL untuk anak-anak.

Sebagai langkah pencegahan sakit tenggorokan atau panas dalam, Larutan Penyegar Cap Badak dapat dikonsumsi sebanyak 1 kali dengan takaran 200 mL (sebotol) untuk orang dewasa dan 1 kali dengan takaran 100 mL (setengah botol) untuk anak-anak.

Baca Juga: 11 Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan dan Cara Mengobatinya

3. Madu TJ Panas Dalam

Madu TJ Panas Dalam bukan hanya mengandung madu, tetapi dicampur dengan herbal lainnya yang ampuh untuk panas dalam.

Madu dikenal memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat dijadikan minuman pereda sakit tenggorokan.

Khasiat itu dapat kamu temukan di Madu TJ Panas Dalam yang mengandung campuran madu, ekstrak herbal chrysanthemum, Thymi vulgaris herba ekstrak, dan Pelargonium sidoides radix.

Ekstrak bunga chrysanthemum dapat membantu meredakan sesak napas, asma, sariawan, dan panas dalam.

Kandungan Thymi juga dapat berfungsi untuk melegakan tenggorokan karena mengandung minyak atsiri.

Dengan berbagai kandungan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, Madu TJ Panas Dalam juga bisa bermanfaat sebagai pelega tenggorokan, mengurangi bibir pecah-pecah, tenggorokan perih, dan sariawan.

Baca Juga: Apakah Madu Bisa Menyembuhkan Batuk? Ini Manfaatnya!

4. Alang Sari Cool

Minuman ini ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan dan bisa ditemukan di Indomaret.

Alang Sari Cool merupakan minuman herbal yang terbuat dari campuran ekstrak akar alang-alang, daun cincau, dan jeruk nipis.

Minuman ini merupakan minuman yang siap untuk diminum dan disajikan dalam kemasan botol plastik. Saat ini, varian rasa Alang Sari Cool hanya rasa jeruk nipis.

Sari akar alang-alang dikenal efektif untuk meredakan panas dalam. Sementara kandungan jeruk nipisnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Alang Sari Cool merupakan minuman rendah gula, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari baik oleh orang dewasa maupun anak-anak asalkan dalam batas yang wajar, yakni maksimal 3 botol dalam sehari.

Namun, apabila gejala sakit tenggorokan masih berlanjut atau memburuk, segera konsultasi dengan dokter, ya.

Enggak perlu ribet, cuma dari handphone aja kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya, lho.

Dapatkan manfaat asuransi kesehatan online dari Rey, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

5. Anget Sari Wedang Jahe

Anget Sari Wedang JAhe merupakan minuman instan yang dapat mengobati radang tenggorokan.

Anget Sari Wedang Jahe merupakan minuman kemasan sachet berbentuk bubuk yang dapat diolah dengan air panas. 

Kandungan jahe dalam produk ini dapat membantu menghangatkan badan, meredakan gejala masuk angin, dan membantu mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

Di dalam kemasan Anget Sari Wedang Jahe juga terdapat tambahan ekstrak pandan dan ekstrak serai yang membuat wedang jahe kemasan ini sayang untuk dilewatkan.

Kamu dapat meminumnya selagi hangat agar efek melegakan tenggorokannya lebih terasa.

Baca Juga: 9 Manfaat Jahe untuk Batuk dan Cara Mengonsumsinya!

6. Cimory Yogurt Squeeze Original

Cimory Yogurt merupakan minuman probiotik yang bisa meredakan gejala sakit tenggorokan.

Kemasannya yang sangat praktis membuat Cimory Yogurt Squeeze digemari banyak orang.

Tak hanya karena praktis dan terasa lezat, Cimory Yogurt Squeeze, terutama rasa original juga dapat direkomendasikan sebagai minuman untuk sakit tenggorokan yang bisa ditemukan di Indomaret.

Teksturnya yang lembut tidak akan melukai dinding tenggorokan. Cimory Yogurt Squeeze Original juga mengandung bakteri yang baik karena sudah difermentasi.

Cimory Yogurt Squeeze Original dapat kamu minum langsung dari kemasan atau mencampurnya dengan oatmeal atau buah.

Baca Juga: Apakah Saat Batuk Boleh Minum Susu? 

7. Jahe Merah AMH

Jahe Merah AMH mengandung jahe yang bisa berfungsi sebagai anti inflamasi.

Jahe Merah AMH merupakan produk dari AMH Indonesia yang kaya akan jahe merah, habbatussauda, ginseng, madu, secang, dan kandungan herbal lainnya.

Habbatussauda dipercaya sebagai ramuan herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kamu dapat meminum Jahe Merah AMH setiap pagi untuk membantu mencegah virus akibat sakit tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Efektif, 8 Cara Mengatasi Gatal di Tenggorokan 

8. Tolak Angin

Tolak Angin memiliki banyak campuran herbal yang dapat mengurangi gejala panas dalam, seperti radang tenggorokan.

Tolak Angin merupakan Obat Herbal Terstandar (OHT) yang diproduksi di pabrik yang terstandar GMP (Good Manufacturing Product), ISO (International Organization of Standardization), dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).

Tolak Angin telah melalui uji toksisitas subkronik dan uji khasiat yang terbukti memelihara/menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi 2 sachet setiap hari selama 7 hari atau lebih.

Tolak Angin memiliki manfaat untuk mencegah masuk angin dengan gejala kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, dan tenggorokan kering. 

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa minum Tolak Angin 2 sachet setiap hari agar dapat mencegah batuk hingga radang tenggorokan.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Minuman Pelega Tenggorokan yang Efektif

9. Jesscool Effervescent

Jesscool Effervescent merupakan minuman berbentuk tablet yang dapat ditemukan di Indomaret. KAmu bisa minum ini untuk meredakan panas dalam.

Jesscool Effervescent merupakan minuman yang berbentuk keping dan disajikan dengan mencelupkan satu keping Jesscool Effervescent ke dalam 1 gelas air dingin.

Kandungan Jesscool Effervescent di antaranya, yaitu ekstrak Thyme yang dapat menjadi obat sakit tenggorokan, sariawan, dan gejala panas dalam lainnya.

Minuman ini juga mengandung chicory root sebagai sumber serat inulin yang dapat mengatasi masalah susah buang air besar.

Jesscool Effervescent juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.

Jika ingin dijadikan sebagai minuman pelega sakit tenggorokan, kamu dapat mengonsumsinya dengan takaran 1 kapsul yang dicampur ke dalam 1 gelas air selama 2-3 kali sehari untuk orang dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak bisa dikonsumsi sebanyak 1/2 tablet yang dicampur ke dalam 1/2 gelas air selama 2-3 kali sehari.

10. Betadine Mouthwash and Gargle

Betadine obat kumur merupakan obat yang ampuh untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

Betadine Mouthwash and Gargle adalah obat radang tenggorokan paling ampuh dan merupakan jenis obat kumur yang dapat kamu temukan di Indomaret atau minimarket hingga supermarket lainnya.

Obat kumur ini mengandung zat aktif Povidone iodine, sehingga ampuh untuk mengatasi masalah mulut, seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan napas tidak segar.

Untuk meredakan radang tenggorokan, kamu bisa berkumur dengan Betadine Mouthwash and Gargle selama 30 detik selama 3-5 kali per hari.

Perlu diperhatikan, obat ini merupakan obat kumur dan tidak untuk ditelan, ya!

Namun, jika kamu sudah mencoba minum dan mengonsumsi obat kumur yang bisa didapatkan di Indomaret, tetapi sakit tenggorokan yang kamu alami tak kunjung sembuh, kamu harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis profesional.

Gak pakai lama!

Sekarang, konsultasi dengan dokter bisa secepat kilat dan gak pakai ribet.

Cukup pakai handphone lewat aplikasi Rey, kamu bisa konsultasi secara online dengan dokter selama 24/7, dimana pun dan kapan pun.

Emang boleh se-simple ini? Boleh, dong!

Yuk, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Pertanyaan Seputar Minuman untuk Sakit Tenggorokan di Indomaret

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi minuman untuk sakit tenggorokan di Indomaret.

Sekarang, yuk kita bahas beberapa pertanyaan seputar minuman untuk sakit tenggorokan.

Apakah Ada Permen untuk Sakit Tenggorokan di Indomaret?

Kamu bisa menemukan permen bermerk Strepsil di Indomaret jika sedang mengalami sakit dan radang tenggorokan.

Namun, Strepsil tidak bisa berfungsi sebagai obat sakit tenggorokan, melainkan hanya sebagai pelega tenggorokan saja.

Setiap tabletnya, Strepsil mengandung dichlorobenzyl alcohol dan 600 mcg amylmetacresol yang merupakan antiseptik yang baik untuk melawan infeksi virus dan mengurangi peradangan.

Apakah Radang Boleh Minum You C?

Minum You C 1000 sebetulnya diperbolehkan saat kamu mengalami radang tenggorokan. Asalkan penyebab sakit tenggorokannya bukanlah asam lambung.

Sebab, gejala asam lambung akan semakin parah jika kamu mengonsumsi Vitamin C di atas 500 Mg. 

Apakah Vit C Bagus untuk Radang?

Vitamin C bersifat anti-radang dan mengandung antioksidan sehingga baik dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan.

Vitamin C akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan meningkatkan imun tubuh sehingga dapat memproses pemulihan sakit tenggorokan.

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi minuman untuk sakit tenggorokan yang dapat kamu temui di Indomaret.

Selain mengonsumsi minuman di atas, jangan lupa untuk selalu minum air putih hangat untuk memaksimalkan manfaat yang akan diterima oleh tubuh dari minuman tersebut, ya!

Jika kamu masih punya pertanyaan lain tentang batuk yang kamu alami, segera konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan dokter.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
May 22, 2023
Efek Samping Vitamin B Complex yang Patut Diwaspadai

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi vitamin B memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.  Namun, dosis dalam...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
6 menit membaca
November 21, 2023
Aman, 9 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, janin bergantung sepenuhnya pada ibu untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu,...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca
November 4, 2021
13 Manfaat Jogging Rutin Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Pernah enggak sih, kamu coba olahraga simpel tapi seru seperti  jogging? Aktivitas ini bener-bener menyegarkan...

Yosephine Yosephine
7 menit membaca