Membangun employer branding juga bisa dilakukan dari dua sisi lho, yakni sisi internal dan eksternal. Dari sisi internal, employer branding dapat membangun keterikatan karyawan dengan perusahaan.  Sementara dari sisi eksternal, employer branding bisa menarik perhatian calon karyawan agar tertarik bergabung dengan perusahaan.

Adanya media sosial, situs karir, hingga kemajuan teknologi menyebabkan proses rekrutmen mengalami pergeseran.

Para pencari kerja pun sudah semakin mudah untuk mencari informasi terkait lowongan pekerjaan dan reputasi perusahaan.

Untuk menghadapi transparansi budaya ini, tentunya perusahaan juga harus mengambil langkah dengan membangun nilai positif perusahaan agar dapat menarik calon kandidat.

Saat ini sudah banyak lho, perusahaan yang menerapkan employer branding agar tidak kehilangan calon pekerja potensial.

Apa yang dimaksud dengan employer branding? Yuk, cari tahu!

Table of Contents

Apa Itu Employer Branding?

Pengertian employer branding adalah keseluruhan usaha dari perusahaan untuk mengkomunikasikan kepada karyawan yang sedang dipekerjakan saat ini dan calon karyawan bahwa perusahaan mereka adalah tempat yang diinginkan untuk bekerja.

Membangun employer branding juga bisa dilakukan dari dua sisi lho, yakni sisi internal dan eksternal.

Dari sisi internal, employer branding dapat membangun keterikatan karyawan dengan perusahaan. 

Sementara dari sisi eksternal, employer branding bisa menarik perhatian calon karyawan agar tertarik bergabung dengan perusahaan.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan!

Kenapa Employer Branding Itu Penting?

Employer branding penting bagi perusahaan karena mampu memberi manfaat begitu besar bagi keberlangsungan bisnis.

Employer branding penting bagi perusahaan karena mampu memberi manfaat begitu besar bagi keberlangsungan bisnis.

Menurut data dari LinkedIn, 80% Talent Acquisition Manager percaya bahwa employer branding mempunyai dampak yang signifikan untuk dapat merekrut talenta terbaik di luar sana.

Selain itu 9 dari 10 orang akan melamar pekerjaan kalau employer branding di suatu perusahaan telah dibangun dengan baik.

Membangun citra positif

Employer branding yang baik akan membangun citra positif tentang perusahaan. 

Dengan reputasi yang baik ini, perusahaan akan mendapat banyak keuntungan entah dalam hal merekrut karyawan atau bekerja sama dengan perusahaan lainnya. 

Mengurangi budget promosi

Banyak keuntungan yang akan perusahaan dapatkan, jika kamu berhasil membangun employer branding.

Dengan melakukan employer branding, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk iklan atau mempromosikan perusahaan kepada calon karyawan.

Ini dikarenakan calon kandidat akan datang sendiri karena melihat bahwa perusahaan memiliki citra yang baik.

Mempermudah merekrut kandidat

Employer branding juga membantu menjaring karyawan yang potensial. 

Dengan membangun employer branding, para kandidat karyawan akan menunjukkan ketertarikan yang lebih dibandingkan dengan perusahaan lainnya. 

Dengan begitu, perusahaan akan mendapat peluang lebih besar untuk menemukan kandidat terbaik.

Baca Juga: Simak Cara Interview Calon Karyawan, Siapkan Pertanyaan Ini!

Menjaga loyalitas karyawan

Tidak hanya menguntungkan dari segi merekrut karyawan baru, tetapi employer branding juga mampu mempertahankan karyawan lama.

Perusahaan dengan reputasi yang baik mampu menjaga loyalitas karyawan.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan employer branding yang baik agar karyawan tidak berpaling ke perusahaan lain. 

Baca Juga: Tahap dan Tips Screening Calon Karyawan, HRD Harus Tahu!

Strategi Employer Branding di Era Digital

Era digital menjadi tantangan yang besar bagi perusahaan dalam membangun employer branding yang baik di mata calon kandidat dan karyawan. 

Maka dari itu diperlukan strategi employer branding yang baik, seperti:

Media sosial

Kebanyakan calon karyawan akan melihat profil perusahaan di jaringan sosial media sebelum melamar pekerjaan.

Biasanya, calon karyawan melakukan ini karena ingin melihat seberapa baik citra perusahaan tersebut.

Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan akun media sosial perusahaanmu.

Pengguna media sosial mungkin menjadi kandidat potensial bagi perusahaan kamu. 

Buatlah konten yang unik dan mudah diingat sehingga menarik calon karyawan untuk bergabung ke perusahaan kamu.

Website perusahaan

Tidak hanya melalui sosial media, biasanya calon karyawan akan mencari tahu mengenai citra baik perusahaan melalui website official milik perusahaan.

Jadi, pastikan kalau website perusahaan kamu telah mencerminkan employer branding yang ingin dibangun.

Situs karir

Saat ini, sudah banyak situs karir yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam membangun employer branding. 

Tugas perusahaan ialah memastikan kalau informasi yang ada pada situs karir tersebut sesuai dengan employer branding yang akan dibangun. 

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan, HRD Harus Tahu!

Penutup

Seperti yang telah disebutkan di atas, membangun employer branding sangat penting untuk menemukan kandidat terbaik serta mempertahankannya.

Pasalnya, karyawan akan mencari tahu informasi mengenai perusahaan sebelum melamar atau mendaftar ke perusahaan.

Setelah ini, kamu bisa mencoba beberapa strategi di atas, ya.

Masih ada yang ingin ditanyakan seputar employer branding? Yuk, tulis di kolom komentar!

Artikel Terkait Lainnya