Manajemen logistik pendakian membantu untuk mempertimbangkan bahan-bahan yang dibutuhkan selama perjalanan seperti makanan, peralatan, dan obat-obatan, serta mengatur jadwal dan rute perjalanan agar dapat sampai dengan selamat ke puncak gunung.

Logistik makanan untuk mendaki gunung merupakan bagian penting sebelum berangkat mendaki.

Manajemen logistik pendakian membantu untuk mempertimbangkan bahan-bahan yang dibutuhkan selama perjalanan seperti makanan, peralatan, dan obat-obatan, serta mengatur jadwal dan rute perjalanan agar dapat sampai dengan selamat ke puncak gunung.

Perbekalan yang dibawa saat mendaki gunung harus memenuhi kriteria seperti mudah untuk dibawa, mudah disimpan, praktis, dan tentunya memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan kalori.

Selain itu, logistik makanan untuk camping di gunung juga harus memerhatikan faktor cuaca, jalur pendakian, dan kondisi fisik para pendaki.

Table of Contents

Daftar Logistik Makanan untuk Naik Gunung

Daftar logistik makanan buat pendaki gunung merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika akan melakukan pendakian.

Mengetahui menu makanan bergizi namun tetap praktis dibawa oleh pendaki pemula juga sangat penting

Berikut rekomendasi makanan yang harus dibawa saat mendaki!

Snack high-energy

salah satu logistik makanan yang wajib dibawa saat mendaki adalah camilan seperti wafer, kacang, dan lainnya.

Biskuit, kacang-kacangan, atau permen karet bisa menjadi cemilan untuk naik gunung supaya menjaga stamina dan memberikan energi selama perjalanan. 

Telur rebus juga bisa menjadi pilihan karena dapat menjadi sumber protein yang cepat dan mudah.

Makanan ringan

Sosis, sandwich, roti bakar, atau bola-bola tahu untuk mengisi perut ketika merasa lapar. 

Kurma, madu, dan coklat juga bisa menjadi jenis makanan yang dapat memberikan tenaga dan mengembalikan energi saat sedang mendaki gunung.

Air minum

air minum

Minuman yang mengandung elektrolit seperti air mineral atau sports drink untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Makanan cepat saji

Jenis makanan instan seperti mie instan, sosis, nugget, dan tempura merupakan salah satu makanan yang terbuat dari daging dan mengandung protein tinggi. 

Bekal makanan ini bisa dijadikan makanan utama saat siang atau malam di base camp. 

Atau jika kamu ingin sesuatu yang lebih praktis lagi, kamu bisa membawa oatmeal atau roti gandum.

Oatmeal merupakan salah satu makanan instan yang mudah dibawa oleh para pendaki dan kaya akan karbohidrat. 

Cukup tuangkan air panas ke mangkuk berisi bubuk oatmeal, kamu sudah bisa langsung menyantapnya!

Camilan

Sebagai pendamping, kamu juga dapat memasak nasi, membawa lontong dari rumah, atau jenis makanan yang terbuat dari ubi-ubian seperti kentang rebus.

Umumnya, jenis makanan yang satu ini digunakan untuk pendakian singkat misalnya satu hari semalam.

Obat-obatan

Obat-obatan yang dibutuhkan seperti obat sakit kepala, obat perut kembung, atau obat cairan pencernaan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul selama pendakian.

Dengan membawa logistik yang tepat, pendaki dapat memastikan bahwa tubuh tetap terjaga kondisinya dan dapat menikmati perjalanan saat mendaki dengan lebih nyaman dan aman.

Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan seperti makanan yang bergizi, bahan makanan yang praktis dibawa oleh para pendaki supaya kegiatan pendakian akan berjalan lebih ringan.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghitung Langkah Terbaik, Catat Kalori & Detak Jantung!

Berapa Harga Perlengkapan Muncak?

Harga peralatan muncak bervariasi tergantung dari jenis dan kualitasnya.

Barang yang paling dasar dan wajib dimiliki oleh pendaki adalah sepatu gunung, tali khusus, dan jaket tebal khusus mendaki.

  • Harga sepatu gunung berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp1.000.000.
  • Harga tali berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000.
  • Harga jaket gunung berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.500.000.

Selain peralatan dasar tersebut, ada juga tambahan yang bisa dibeli sesuai kebutuhan dan kemampuan, seperti jas hujan, gantungan karabiner, ice axe, dan crampon.

  • Harga jas hujan berkisar antara Rp150.000 hingga Rp500.000.
  • Harga gantungan karabiner berkisar antara Rp50.000 hingga Rp150.000.
  • Harga ice axe berkisar antara Rp500.000 hingga Rp 1.000.000.
  • Harga crampon berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Jadi, harga peralatan muncak bervariasi tergantung dari jenis dan kualitasnya. 

Pecinta muncak disarankan untuk membeli peralatan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan agar dapat menikmati olahraga ini dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Masih Pemula? Ini 16 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pendaki Pemula?

Naik ke atas gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun harus dilakukan dengan persiapan yang matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Berikut ini adalah logistik naik gunung yang harus dipersiapkan untuk pendaki yang masih pemula:

  • Pakaian yang sesuai. Pastikan untuk membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca di daerah yang akan dikunjungi. Jangan lupa untuk membawa jaket atau syal untuk menghangatkan tubuh saat suhu udara turun.
  • Alat pendakian gunung seperti tongkat, sepatu gunung, dan jas hujan sangat penting untuk membantu dalam melakukan pendakian. Pastikan untuk memeriksa kondisi alat-alat tersebut sebelum memulai pendakian.
  • Alat makan dan minum. Bawalah makanan dan minuman yang cukup untuk selama pendakian. Jangan lupa untuk membawa botol air yang cukup besar untuk menyimpan air di gunung dalam jumlah besar.
  • Obat-obatan dan pertolongan pertama. Bawalah obat-obatan pribadi yang biasa digunakan, serta obat-obatan dasar seperti obat sakit kepala dan obat diare. Jangan lupa untuk membawa pertolongan pertama seperti plester, bandage, dan obat luka.
  • Peta dan arah jalur. Jangan pergi ke tempat pendakian tanpa peta dan arah jalur yang jelas. Pastikan untuk menanyakan informasi jalur pendakian kepada pendaki yang lebih berpengalaman atau kepada pihak yang bertanggung jawab.

Mendaki gunung menjadi aktivitas yang cukup ekstrem, namun tetap menyenangkan jika kamu bisa mempersiapkannya dengan baik.

Namun ingat meski mendaki gunung sehat bagi tubuh, tetapi bila terlalu capek bisa saja kamu jatuh sakit.

Maka dari itu sebelum mendaki gunung, ada baiknya kamu biasakan olahraga dulu, ya.

Seandainya kamu jatuh sakit akibat kelelahan, segera konsultasi dengan dokter agar kondisi tidak kian memburuk. 

Konsultasi dengan dokter sekarang juga sudah semakin mudah lho, hanya melalui apalikasi Rey kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya. 

Yap, dengan memiliki asuransi kesehatan online dari Rey, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat, rawat inap, hingga rawat jalan gratis.

Klik banner ini yuk, untuk info lebih lanjut!

Penutup

Nah, itu dia hal seputar logistik camping.

Persiapkanlah hal-hal di atas ya, sebelum memulai pendakian agar kamu dapat menikmati kegiatan tersebut dengan aman dan nyaman.

Masih ada pertanyaan seputar perlengkapan logistik makanan? Yuk, tulis di kolom komentar!

Artikel Terkait Lainnya