Gratis, 10 Cara Menambah Followers IG Organik Tanpa Aplikasi

Gratis, 10 Cara Menambah Followers IG Organik Tanpa Aplikasi
Dwi Julianti
Dwi Julianti
April 5, 2023
6 menit membaca

Aplikasi Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di Indonesia.

Terlihat dari data yang dilansir dari laman Napoleon Cat pada Februari 2023, pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 106,72 juta. 

Jumlah tersebut datang dari masyarakat yang mempunyai berbagai latar belakang dan didominasi oleh kalangan usia muda (18-24 tahun) yang terus mengalami kenaikan hingga detik ini.

Kepopuleran Instagram ini lah yang membuat platform ini mempunyai potensi yang besar untuk dijadikan sebagai tempat untuk membangun branding individu maupun bisnis yang menjanjikan.

Namun, dalam membangun branding di Instagram ini ternyata perlu memerhatikan berbagai aspek.

Salah satu aspek penting adalah followers Instagram yang banyak agar dapat menyebarkan pengaruh dan meramaikan media sosial.

Lantas bagaimana cara menambah followers Instagram secara gratis dan aman? Berikut informasi selengkapnya yang bisa disimak di bawah ini.

Cara Menambah Followers IG Gratis

salah satu Cara Menambah Followers IG Gratis dengan tidak private akun

Ada beberapa cara menambah followers IG yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Tidak private akun

Cara pertama dalam menambah pengikut yang perlu dilakukan adalah dengan memutuskan untuk tidak private akun Instagram

Private akun secara tidak langsung mengartikan bahwa kamu tidak ingin banyak orang melihat maupun mencari postingan Instagram kamu.

Di mana dengan menerapkan metode ini orang lain yang tertarik untuk follow akun kamu akan lebih mudah untuk berpeluang mendapatkan like dan komen.

2. Lengkapi profil Instagram

Data profil Instagram yang terdiri dari bagian username, gambar profil, biografi, link website, deskripsi kolom pengenalan diri, dan sebagainya merupakan aspek yang dapat memberikan kesan pertama bagi orang lain yang mengunjungi akun kamu.

Pembuatan bagian profil ini sebaiknya bisa dikemas semenarik mungkin, mudah diingat, serta tentunya sesuai dengan kepribadian pemilik akun, sehingga dapat membuat orang lain pun tertarik untuk menjadi followers di Instagram kamu. 

3. Follow akun tokoh terkenal atau sejenis

Langkah selanjutnya adalah dengan mencoba untuk follow berbagai akun tokoh terkenal yang memiliki banyak followers.

Seperti akun instagram artis, influencer, youtuber, selebgram, politikus, dan sebagainya.

Cara mudah dan cepat ini bisa kamu lakukan dengan membuka dan mengikuti Instagram tokoh terkenal, berikutnya cukup ikuti akun lain yang direkomendasikan oleh pihak Instagram.

Tidak lama dari itu notifikasi Instagram followers akan bertambah.

4. Menggunakan teknik follow-unfollow

Setelah menerapkan cara mem-follow berbagai tokoh terkenal dan akun kamu sudah mendapatkan banyak pengikut Instagram dengan gratis dari akun tersebut.

Maka langkah efektif selanjutnya yang dapat menambah followers di Instagram dengan mudah dan secara signifikan adalah dengan cara berhenti follow akun mereka lalu kembali mengikutinya secara berkali-kali.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam metode ini adalah melakukan teknik follow-unfollow dengan menerapkan waktu istirahat 1-2 menit agar tidak terkena sanksi oleh Instagram.

5. Share postingan ke media sosial lainnya

Selain fokus pada Instagram, cara untuk memperbanyak followers ini juga bisa dilakukan dengan mempromosikan akun IG melalui sosial media lainnya yang kamu miliki seperti, Facebook, Twitter, Snapchat, TikTok, Youtube, dan lainnya.

Cara ini efektif untuk dilakukan agar membuat teman atau kenalan kamu di platform lain bisa mengetahui dan mulai mengikuti Instagram kamu. 

6. Menggunakan hashtag yang tepat

Fitur hashtag dalam Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan followers.

Misalnya pada saat akan memposting foto atau video, di bagian caption bisa dilengkapi dengan menyisipkan hashtag yang umum digunakan oleh orang lain, contohnya #followme.

7. Mengikuti tren terbaru

Setiap media sosial pasti mempunyai berbagai tren menarik terbaru yang bisa kamu coba untuk meningkatkan followers

Untuk Instagram sendiri, kamu bisa menerapkannya dengan cara memposting foto dan video dilengkapi caption dan hashtag yang relevan dengan tren. 

Baca Juga: Hobi Traveling? Ini 71+ Caption Liburan Singkat untuk Media Sosial

8. Berkolaborasi dengan pengguna IG lainnya

Cara menarik selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan berkolaborasi atau bermitra dengan pengguna IG lainnya.

Seperti influencer, selebgram, atau pembuat konten yang memiliki jumlah pengikut yang banyak di Instagram serta tentunya mempunyai minat yang sama.

Sehingga yang mengikuti akun Instagram mereka akan auto followers Instagram kamu.

9. Memerhatikan jadwal posting konten 

Cara menambah followers IG secara organik yang paling direkomendasikan adalah dengan membuat berbagai macam konten yang menarik dan terkonsep dengan matang secara konsisten serta mempostingnya pada jam ramai atau prime time memungkinkan postingan instagram

Mengetahui dan memahami jam ramai ini ditujukan agar postingan konten Instagram kamu bisa tepat sasaran dengan dilihat oleh lebih banyak orang.

10. Menulis caption yang menarik

Teknik menulis caption adalah sebuah kunci untuk menarik simpati orang lain.

Di mana caption harus memuat informasi yang dikemas secara baik hingga dapat membuat penasaran.

Contoh, dengan menambahkan titik-titik dan jarak pada caption dapat membuat orang merasa penasaran untuk melihat caption secara lengkap.

Selain itu, bisa juga dengan menyertakan pertanyaan di akhir caption sehingga mengundang pengikut untuk mengisi kolom komentar sebagai bentuk respon terhadap postingan.

Pertanyaan Seputar Cara Menambah Followers IG

Setelah mengetahui berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menambah followers Instagram gratis, organik dan tanpa aplikasi diatas. 

Selanjutnya, kamu pasti masih mempunyai beberapa pertanyaan seputar bagaimana cara meningkatkan followers dengan aman, dan sebagainya seperti pertanyaan dibawah ini.

Berapa banyak followers agar bisa centang biru?

Untuk bisa mencapai hal tersebut, sebelumnya pemilik akun perlu memerhatikan beberapa syarat dan ketentuan. Salah satunya adalah jumlah followers yang harus mencapai minimal 10 ribu.

Akun yang sudah memiliki centang biru atau verified (terverifikasi) oleh pihak Instagram akan memiliki berbagai keunggulan dibanding akun yang belum terverifikasi. 

Seperti, akun dapat lebih dipercaya oleh masyarakat, memperbanyak press release, meningkatkan awareness pada pengikut Instagram.

Di mana, biasanya yang bisa mendapatkan lencana centang biru di Instagram ini adalah seorang tokoh publik, organisasi resmi, selebritis, konten kreator, akun bisnis besar, influencer, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kekinian! 55+ Caption Keren Singkat untuk IG, WA, Facebook, dan Twiter!

Apakah beli followers itu aman?

Jumlah followers sangat penting untuk diperhatikan sebab akan memberikan pengaruh yang besar pada saat akan melakukan kegiatan branding melalui media sosial. 

Di mana dari pertimbangan tersebutlah yang membuat banyak sekali akun-akun yang memilih untuk memutuskan membeli followers.

Namun, metode memperbanyak followers dengan cara ini ternyata masih menjadi kontroversi.

Seperti dilansir dari laman Hubspot, keputusan untuk membeli ribuan followers ini bukanlah keputusan yang baik.

Sebab terdapat kemungkinan besar bahwa, followers yang sudah dibeli tersebut bukanlah followers aktif atau akun asli melainkan hanyalah akun bot.

Sehingga kedepannya akan berpengaruh terhadap setiap postingan yang diposting tidak secara langsung mampu memberikan engagement yang besar.

Selanjutnya, dilansir dari laman Hootsuite berdasarkan kegiatan eksperimen yang dilakukan dengan membeli berbagai akun bot dari penyedia layanan beli followers online ini memang pada awalnya akan terdapat peningkatan jumlah followers yang sangat besar dan signifikan.

Di mana, dalam kurun waktu satu minggu saja, jumlah followers secara perlahan akan berkurang.

Maka ada baiknya terlebih dahulu untuk berpikir secara matang sebelum memutuskan untuk membeli followers terutama jika tujuan utama kamu adalah untuk kegiatan branding.

Baca Juga: Gratis! 4 Cara Download Foto Instagram Tanpa Aplikasi, Kualitas HD

Penutup

Dengan mengetahui dan memahami berbagai informasi seputar followers IG di atas, selanjutnya kamu pun bisa langsung menerapkannya pada akun Instagram untuk memperluas branding secara gratis dan organik.

Jadi cara menambah followers IG mana saja yang sudah pernah kamu coba dan bagaimana hasilnya? Yuk, sharing di kolom komentar!

Membership Kesehatan dari Rey. Mulai dari 35rban per bulan.

Kembali
Rekomendasi Artikel
March 3, 2023
Praktis! 17 Resep Menu Buka Puasa Berkuah yang Enak dan Sehat

Menu buka puasa berkuah merupakan salah satu hidangan yang sering disajikan di bulan Ramadan. Masakan...

Dwi Julianti Dwi Julianti
12 menit membaca
September 7, 2023
Wajib! 20 Perlengkapan Naik Gunung untuk Pemula

Seorang pendaki sudah seharusnya memerhatikan perlengkapan mendaki gunung. Entah itu pendaki pemula ataupun berpengalaman, keduanya...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca
March 7, 2023
85+ Ucapan Selamat Berbuka Puasa Islami, Lucu, & Romantis untuk Pacar

Berbuka puasa adalah saat-saat yang ditunggu di bulan suci Ramadan. Oleh karena itu, ucapan selamat...

Dwi Julianti Dwi Julianti
10 menit membaca