9 Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan, Pendidikan, Perpisahan, dan Bahasa Jawa

9 Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan, Pendidikan, Perpisahan, dan Bahasa Jawa
Dwi Julianti
Dwi Julianti
January 31, 2023
10 menit membaca

Melalui isi pidato yang inspiratif, kamu bisa mengungkapkan pikiran lewat kemampuan pidato yang menggugah semangat.

Yap, hal ini sesuai dengan pengertian pidato menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu “Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.”

Namun, membuat pidato bahasa Indonesia memang tidak mudah karena membutuhkan pemilihan tema dan kata-kata yang tepat.

Selain itu, ada banyak jenis-jenis pidato yang perlu diperhatikan, misalnya jenis pidato informatif, pidato argumentatif, pidato rekreatif, dan pidato persuasif.

Oleh karenanya, simak contoh pidato singkat bahasa Indonesia di bawah ini, yuk!

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Pidato tentang kebersihan ini umumnya bertujuan mengajak audiens untuk sama-sama menyadari dan menjaga kebersihan.

Pidato ini umumnya bertujuan mengajak audiens untuk sama-sama menyadari dan menjaga kebersihan.

Dengan begitu, jenis pidato tentang kebersihan tergolong sebagai pidato persuasif.

Berikut adalah contoh pidato singkat persuasif:

  • Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan nikmat dan hidayah kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Izinkan saya menyampaikan pidato singkat tentang kebersihan. Semoga waktu singkat selama 7 menit ini bisa kita maksimalkan demi tujuan kita bersama. 

Hadirin yang saya hormati, Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segalanya untuk menjaga kebersihan dengan baik.

Jadi, marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri sendiri atau orang lain.

Hadirin, menjadi bersih sama dengan mendapatkan manfaat untuk diri sendiri dan bahkan orang lain. Menjaga kebersihan akan berimbas pada anak-anak yang sehat, cerdas, dan berbuat kebaikan.

Dengan mengajarkan anak menjaga kebersihan, anak akan peduli dengan lingkungan di masa depan.

Hadirin sekalian, demikianlah pidato singkat ini saya sampaikan. Semoga apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  • Contoh 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb,

Puji Syukur kepada kehadirat Allah SWT yang memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani sehingga dapat berkumpul pada acara hari ini.

Saya sampaikan juga terima kasih kepada rekan-rekan guru dan anak-anak tercinta siswa-siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya yang menjunjung kenyamanan.

Kurang bijak bila lingkungan di sekitar terlihat kurang nyaman dipandang dan ditempati. Terlebih, sekolah ini menjadi tempat yang setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah saat belajar. Saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan.

Setiap siswa yang memiliki jadwal piket, sudah sepatutnya selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai.

Tong sampah tentunya disediakan agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah tidak berantakan.

Hal yang diajarkan itu tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tetapi juga rohani. Semoga kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman.

Akhir kata, terima kasih atas perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan informasi teks pidato ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Contoh 3

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera buat kita semua. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya kepada kita.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati guru-guru sekolah, dan teman-teman yang saya sayangi. Pidato kali ini akan membahas arti penting kebersihan lingkungan bagi semua orang.

Bapak atau ibu guru dan teman semua, seperti yang kita ketahui saat ini, baik kota maupun desa mulai sering terkena banjir.

Sebenarnya apa yang menyebabkan banjir terjadi?

Salah satunya adalah terhambatnya aliran air di sungai akibat adanya penumpukan sampah. Bila aliran air tersumbat, kemungkinan besar akan terjadi banjir.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan tema pidato tentang kebersihan. Tujuan pidato ini adalah untuk menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan.

Mari kita mulai dari diri kita sendiri dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Mari kita tanamkan di diri kita masing-masing untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Mungkin hal ini terlihat sepele dalam waktu dekat, tetapi efek jangka panjangnya begitu besar di masa depan.

Demikianlah pidato singkat saya mengenai arti penting menjaga kebersihan lingkungan. Apabila ada salah-salah kata saya mohon maaf.

Semoga kita senantiasa dilindungi dan terus dibimbing untuk menjadi warga yang berbakti dan bersih terhadap lingkungan.

Wassalamualaikum wr wb.

  • Contoh 4

Assalamualaikum Wr.Wb.

Bapak wali kelas yang terhormat serta teman-teman sekalian yang saya cintai dan sayangi, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Tuhan karena telah mengumpulkan kita semua di sini bersama-sama dalam keadaan sehat.

Di kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan isi dari pidato tentang kebersihan sekolah.

Oleh karena itu, tujuan dari pidato ini adalah bersama-sama menyadari arti dari kebersihan.

Teman-teman yang saya banggakan dan cintai, perlu kita sadari bersama bahwa lingkungan merupakan tempat hidup masyarakat, habitat yang perlu kita jaga.

Sayangnya, lingkungan yang kita tinggali saat ini mulai rusak perlahan karena segala sampah kotoran yang terbuang secara sembarangan.

Kita harus mampu menempatkan atau memposisikan diri dengan baik dan mengubah sikap sesuai dengan keadaan yang ada.

Kebersihan dalam lingkungan perlu ditegakkan untuk menghasilkan tempat hidup yang layak dan nyaman.

Menjaga kebersihan lingkungan juga perlu dilakukan untuk menghindarkan masyarakat dari penyakit yang rawan muncul saat musim penghujan seperti saat ini, seperti demam berdarah yang disebabkan nyamuk aedes aegypti.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah. Bila sekolah bersih, orang lain yang melihatnya pun akan kagum dan terpacu mengikutinya.

Teman-teman Sekalian, sebagai penutup, kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Maka dari itu, apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, ia sesungguhnya bukanlah orang yang beriman penuh. Ke depannya, saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  • Contoh 5

Saudara sekalian, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah diberikan berkat untuk dapat berkumpul dalam keadaan yang baik pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati, menjaga kebersihan untuk diri sendiri dan orang lain dapat menjadi contoh yang baik untuk orang-orang terdekat.

Oleh karena itu, marilah menjadi bersih agar dapat menjadi contoh bagi orang-orang sekitar. Semakin banyak yang terpengaruh, efeknya akan semakin baik untuk bumi juga.

Dengan ini, masyarakat diharapkan dapat menyelamatkan bumi dari sampah dan polusi yang menumpuk.

Hadirin yang berbahagia dan saya hormati, demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga pidato singkat ini dapat mendorong Anda menjaga kebersihan dengan lebih baik lagi. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  • Contoh 6

Assalamualaikum Wr. Wb

Yth. Bapak Sukijo selaku Guru Bahasa Indonesia Kelas IX serta teman-teman yang saya sayangi. Marilah kita bersama-sama mengucapkan puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan berkah dan karunia-Nya kepada kita sehingga dapat berkumpul di dalam kelas ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya sebagai wakil dari teman-teman untuk membawakan pidato persuasif bahasa Indonesia singkat mengenai “Pentingnya Menjaga Kebersihan Sekolah”.

Hadirin yang terhormat, perlu kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat kita untuk menggantungkan hidup di dunia ini.

Lingkungan yang bersih sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup di masa mendatang. Kebersihan perlu dijaga karena hal ini juga akan menjaga kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan di lingkungan sekolah yang kita tempati ini dengan baik agar bumi dapat menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan untuk mendatangkan kerugian.

Lingkungan yang bersih sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Bila tidak dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, timbul berbagai penyakit yang akan mengganggu kesehatan kita.

Salah satu contohnya adalah penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh aedes aegypti yang telah memakan banyak korban jiwa.

Nyamuk tersebut sangat senang berkembangbiak di tempat-tempat yang kotor, seperti bak mandi yang jarang dikuras.

Menjaga kebersihan dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, kamar mandi, sekolah, dan masih banyak lagi. Dengan melaksanakan kegiatan tersebut, kelas kita akan terjaga kebersihannya, kerapiannya, dan keindahannya.

Baca Juga: Menghibur! 45 Contoh Pantun Jenaka Lucu dan Ciri-Cirinya

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Salawat serta salam semoga tetap tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Mencari ilmu kewajiban kita sebagai umat manusia. Dengan ilmu, kita dapat menjadi lebih pintar, dengan ilmu kita dapat mempunyai keahlian dan pengetahuan tentang segala jenis hal. Dengan ilmu, kita menjadi tahu lebih dan lebih tentang cara mengatasi suatu masalah.

Ilmu tidak hanya terbatas hal-hal yang diajarkan di bangku sekolah saja. Banyak ilmu-ilmu lain yang dapat kita pelajari untuk menunjang kehidupan kita, contohnya ilmu memasak, ilmu bertanam, dan lain sebagainya.

Mencari ilmu tidak hanya terbatas pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Ilmu bisa kita dapatkan dari media lain.

Semisal buku, koran, internet, majalah atau bahkan bertemu dengan orang baru juga akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menarik.

Luangkanlah waktu kita untuk membaca-baca buku, mengulang kembali pelajaran ketika menunggu kendaraan umum atau ketika waktu istirahat.

Hal itu lebih baik daripada kita memboroskan waktu untuk membuka hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting di HP atau smartphone kita.

Selain dari buku, ilmu bisa juga kita dapatkan dari sebuah diskusi bersama kerabat, teman atau orang tua.

Dari obrolan dengan mereka, kita dapat mengambil suatu pelajaran yang luar biasa. Dari pengetahuan atau kisah-kisah mereka di masa lalu.

Hadirin yang saya hormati,

Manfaatkanlah waktu kita dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan waktumu. Ilmu itu luas, galilah sedalam-dalamnya.

Sekian pidato singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Saya tutup dengan ucapan, hamdalah bersama.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Elon Musk Posisi Berapa?

Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan

Selamat sore Bapak/Ibu pimpinan

Kalau saya menengok kembali ke belakang, tepatnya lima tahun yang lalu, rasanya berat untuk meninggalkan kantor ini.

Di dalam kantor ini, saya banyak belajar tentang kehidupan. Bersama kalian, saya memiliki banyak kenangan yang pantas untuk dikenang.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Sebagaimana yang rekan-rekan tahu, hari ini adalah hari terakhir saya berkarya di kantor ini.

Mulai besok, saya tidak akan datang ke kantor ini lagi sebagai tim di sini. Saya telah mengajukan pengunduran diri.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang hebat selama lima tahun ini. Terima kasih atas sikap profesional selama ini.

Saya mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan saya selama berada di dalam tim ini.

Jika kita bertemu di tempat lain, saya harap kita tak lupa untuk saling bertegur sapa.

Di tempat inilah kita memulai persahabatan yang harapkan tidak akan terputus meski kita sudah tidak lagi berada di tempat yang sama.

Untuk rekan-rekan semua, saya harap Anda semua dapat meraih kesuksesan. Semoga perusahaan ini semakin jaya dan semakin maju.

Dengan begitu, saya dapat cerita kepada keluarga saya bahwa saya pernah bekerja dengan tim terbaik. Semoga perusahaan ini semakin dicintai oleh para anggotanya.

Baik, rekan-rekan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas semuanya. Mohon maaf atas semuanya.

Terima kasih.

Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji saha syukur kita panjataken dumateng allah subhanahu wa ta’ala ingkang sampun daya rahmat lan hidayah ipin kagem kita sedaya.

Sahinggo kita sedaya saged makempal wonten ing papan punika kanthi keadaan sehat wal afiat.

Kenapa sarto salam mugi katetepna dumateng nabi muhammad sholallahu alaihi wassalam, lan sedaya matipun dumugi akhir zaman samangki amin.

Bapak ibu serta kaca-kanca ingkang kinurmatan. Wonten ing mriki kula badhe matur irah-irahan bahaya dipunagem narkoba serta obat-obatan ingkang dipun larang.

Kito sedoyo sampun keterangan barito ing pawartos tivi sok sinten ingkang ginakaken narkoba bagi dingin bahayanipun narkoba kolo wau.

Sawipun badhe ngrisak badan, kasehatan lan pikiran boten saged dicekek lan sanes-sanesipun gangguan liane.

Tiyang ingkang nggadahi karemenan ngisap narkoba menawi dipun tingali saking kesehatan banget meruhi aken dumateng badan kita sedaya.

Amargi tiyang ingkang nggadahi karemenan ngisap narkoba menika gampil kenging penyakit.

Awit meniko kulo ngajak dumateng para warga masyarakat supados ojo pisan-pisan nggunakake narkoba lan obat-obatan terlarang meningkat.

Monggo kita sedaya gunakaken wekdal sae kagem hal-hal ingkang positif inggih punika maca buku, olah raga sepak bola lan sak panunggalane.

Bapak lan ibu kanca-kanca ingkang kinurmatan kanti pangertosan ingkang sampun kulo aturaken menika

Kulo ngajak monggo kito tansah njaga badan kito ampun ngantos ngginakaken barang ingkang dipun larang agama lan pemerintah.

Mugo-mugo kito sedoyo dados umat ipun ingkang becik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Penutup

Demikianlah contoh pidato singkat tentang kebersihan, pendidikan, perpisahan, dan bahasa Jawa.

Semoga contoh-contoh teks pidato singkat tersebut berguna untukmu, ya.

Punya pertanyaan seputar topik ini?

Yuk, tulis di kolom komentar!

Kembali
Rekomendasi Artikel
April 11, 2023
Sosok Misterius, Intip 15 Karakter dan Sifat Zodiak Scorpio

Zodiak dipercaya mampu merepresentasikan karakter dan sifat seseorang.  Jika kamu lahir pada tanggal 23 Oktober...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
7 menit membaca
March 21, 2024
12 Cara Mengajarkan Anak Berpuasa yang Efektif, Orang Tua Wajib Tahu

Ketika bulan suci Ramadhan telah tiba, semua umat islam akan diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa...

Aul Risky Aul Risky
6 menit membaca
April 10, 2023
Dikenal Keras Kepala, Ketahui 21 Karakter dan Sifat Zodiak Taurus

Beberapa orang memercayai zodiak mampu menggambarkan karakter dan sifat seseorang. Bagi kamu yang lahir pada...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
8 menit membaca