tips menabung

Menabung belum tentu membuat kamu kaya. Namun, tanpa menabung, kekayaan pun akan lebih jauh dari dirimu. Karena itu, ada baiknya jika kamu mengerti beberapa tips menabung mulai sekarang. 

Tidak harus mulai dari yang besar dan banyak. Yang lebih penting adalah konsisten dan komitmen. Dengan begitu, lambat laun kamu pun lebih bisa merasakan manfaat menabung. 

Ngomong-ngomong, memangnya apa sih manfaat menabung?

4 Manfaat Menabung

Pertama-tama, kita harus mengerti mengapa kita harus menabung. Dengan menabung, banyak manfaat yang bisa didapat. Baik dari segi keuangan maupun pola hidup. 

  • Kamu jadi punya simpanan dana darurat. Dana tersebut bisa kamu gunakan dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, jika terjadi krisis keuangan, kamu bisa gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok ataupun menjadi peluang investasi yang sangat baik. Karena setiap terjadi krisis, di situlah banyak usaha-usaha baru yang bermunculan atau kamu dapat membeli berbagai produk investasi dengan harga yang sangat murah.
  • Lebih tenang. Dengan memiliki dana darurat, kamu dapat merasa lebih tenang dalam menjalankan keseharianmu. Kamu tidak perlu takut bila terjadi kondisi yang tidak kamu harapkan karena setidaknya kamu sudah siap untuk menghadapinya.
  • Belajar hemat. Menabung membantu kita mengendalikan sifat konsumtif kita. Belajar untuk mengatakan, “cukup” dengan apa yang kita miliki. Serta lebih bisa menentukan prioritas kebutuhan kita.
  • Lebih disiplin. Disiplin dalam menjalankan program yang sudah kamu rancang untuk menabung. Karena kunci dari keberhasilan menabung adalah kedisiplinan kita dalam menyisihkan penghasilan.

Tentunya menabung sangatlah bermanfaat. Tapi menjalankannya tidak semudah yang telah direncanakan. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menabung nih.

6 Tips Menabung

1. Tetapkan Tujuan

Yang pertama, tentukan tujuan kita dalam menabung. Karena dengan tujuan yang berbeda cara dalam menabung juga akan berbeda. 

Menabunglah untuk masa depan. Menabung tidak sebatas membatasi pengeluaran. Tentukan tujuan akan digunakan untuk apa hasil dari menabung tersebut, seperti dana pendidikan, rumah, modal bisnis dan lain-lain.

Dengan tujuan yang jelas, kamu dapat memproyeksikan berapa banyak uang yang harus kamu kumpulkan dan berapa lama jangka waktunya. Sehingga kamu dapat menyusun program menabungmu, seperti apakah uangnya akan diinvestasikan atau akan kamu simpan saja.

2. Kenali Kebiasaanmu dalam Menggunakan Uang  

Dengan mengenali kebiasaanmu dalam melakukan pengeluaran, akan memudahkan kamu dalam menyisihkan uang yang kamu miliki. Dengan mengenali kebiasaan dalam menggunakan uang, kamu dapat mengalokasikan uang untuk kebutuhan-kebutuhan penting yang kamu miliki atau hiburan yang tak kalah penting. 

Hal ini dapat dimulai dari mengukur kebutuhan jangka panjang. Kemudian kerucutkan atau rincikan lagi kapan kebutuhan itu harus dipenuhi. Jangan lupa catat kebutuhan harianmu. Setelah itu lakukan penghitungan berapa batas pengeluaran yang boleh kamu lakukan setiap harinya.

Dengan mengetahui kebiasaanmu dalam menggunakan uang, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kamu dapat mengantisipasi keinginan-keinginan yang tidak esensial. Contohnya kamu memiliki kebiasaan untuk mengganti gadget 3 tahun sekali. Dengan mengetahui kebiasaan tersebut, kamu dapat mengatur pengeluaran agar mulai menabung saat waktu mengganti gadget sudah dekat atau mencari waktu yang pas seperti saat menerima THR.

Dengan begitu, keuanganmu menjadi lebih terukur, sehingga menjadi lebih mudah untuk membatasi pengeluaran.

3. Mulai dari Kecil  

Jangan bernafsu untuk menabung banyak uang. Ingat, untuk memiliki banyak uang, bukan hanya persoalan berapa banyak uang yang bisa kamu kumpulkan. Melainkan kamu juga harus sehat, dengan tubuh dan pikiran yang sehat, kamu menjadi lebih prima dalam bekerja untuk mencari uang itu sendiri.

Seperti halnya, Rey juga percaya bahwa kesehatan bermula dari hal kecil. Hal ini bisa dimulai dari hal yang sering kamu lakukan seperti minum air. Namun, harus teratur dan dengan volume yang sesuai ya!

Atau kamu dapat berolahraga yang cukup melalui fitur ReyFit. Mulai dari kecil tidak apa, yang penting kamu mulai dulu dan dilakukan setiap hari. 

Bila kamu belum dapat menabung banyak uang, bersabarlah dan gunakan uangmu sebaik-baiknya. Investasikan uangmu dan juga dirimu. Dengan menginvestasikan dirimu untuk belajar atau mengikuti kursus, kamu juga dapat meningkatkan kualitas dirimu agar siap mendapatkan pekerjaan atau memulai usaha yang lebih baik lagi, sehingga uang yang kamu hasilkan bisa menjadi semakin besar.

Terdapat banyak kasus dimana seseorang terlalu bernafsu untuk menyimpan banyak uang. Namun, ia melupakan kebutuhan pokoknya. Alhasil, bukannya menghemat, justru akan menimbulkan kebutuhan-kebutuhan lainnya

4. Investasikan Uangmu  

Biarkan uang bekerja untukmu. Dengan berinvestasi, uangmu dapat menghasilkan uang. Tapi jangan sembarangan memilih investasi ya! Kenali dulu profil risikomu. Setiap ada peluang untuk menghasilkan uang, juga terdapat peluang untuk kehilangan uang. Pilihlah produk investasi yang diawasi oleh OJK. 

Dalam memilih produk investasi juga tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus diperhatikan seperti yang sebelumnya sudah disebutkan seperti keamanan, profil risiko, pemahamanmu terhadap produk yang kamu pilih, dan lain-lain.

Dengan memahami produk investasi pilihanmu, kamu dapat mengetahui timing kapan harus mulai melakukan investasi, kapan kamu harus menarik uangmu, kapan harus menambah muatan, dan menentukan strategi-strategi lainnya.

6. Membaca Berita

Apa ya hubungannya menabung dengan membaca berita? Tentunya, sangat berhubungan! 

Dengan banyak membaca berita, kamu jadi lebih mengetahui kondisi sekitar. Tak hanya berita ekonomi, berita tentang otomotif, industri, kondisi alam juga dapat menunjang untuk kamu semakin mengetahui kondisi sekitar.

Lalu, apa untungnya mengetahui kondisi sekitar? Dengan mengetahui kondisi sekitar, kamu dapat bersiap-siap untuk mengalokasikan uangmu dengan tepat.  

Sebagai contoh, saat mendekati musim dingin, permintaan batu bara akan meningkat. Hal ini membuat harga saham-saham batu bara juga meningkat. Jadi, kamu dapat bersiap-siap menabung untuk membeli saham emiten tersebut di akhir tahun. 

Contoh lainnya, dengan membaca berita, kamu dapat mengetahui produk-produk baru yang akan bermunculan. Sehingga kamu dapat menyesuaikan kebutuhanmu akan produk yang baru rilis tersebut sehingga barang yang kamu beli benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. 

Jadi kamu dapat mengurangi kemungkinan kesalahan pembelian produk yang akan menimbulkan biaya tambahan untuk melakukan improvement atau penyesuaian dengan kebutuhanmu. 

Namun perlu diingat, berhati-hatilah dalam membaca berita. Saat ini juga banyak beredar berita-berita dari sumber yang tidak kredibel. Biasakan membaca berita dari website resmi atau media ternama yang kualitas informasinya dapat dipertanggung jawabkan.

Nah, itu dia tips-tips untuk menabung. Tentunya, menabung sangat bermanfaat, bukan? Tapi yang harus diingat menabung bukan hal yang mudah. 

Diperlukan motivasi dan kedisiplinan yang tinggi. Jadi mulai sekarang, yuk belajar disiplin menabung, bukan hanya menabung untuk memiliki banyak uang, tapi menabung untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Selamat mencoba! 

5. Buat Jadwal Dalam Menabung

Agar program menabung berjalan lebih terstruktur, buatlah planning atau jadwal dalam menabung. Jadwal ini dapat disesuaikan dengan pemasukan dan pengeluaranmu.

Contohnya tanggal kamu menerima gaji yaitu setiap tanggal 25 dan tanggal pembayaran uang sekolah anak kamu di tanggal 1. Maka kamu dapat menyisihkan uang tabungan di tanggal 1. Tabung dulu uang sesuai skenariomu. Sehingga uang tabunganmu tidak terkikis. 

Sisa penghasilan dikurangi kebutuhan pokok dan tabunganmu baru boleh kamu gunakan untuk keperluan yang bersifat hiburan. Dengan begitu, kamu dapat menabung dengan lebih baik dan terstruktur.

Artikel Terkait Lainnya