manfaat menabung

Seringkali kita membutuhkan suatu barang atau jasa dengan harga yang cukup tinggi. Dimana penghasilan bulanan kita tidak dapat memenuhinya. Untuk itu kita perlu menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk mendapatkan kebutuhan tersebut.

Mungkin sudah sejak kecil kita diajarkan untuk menabung baik dari orang tua ataupun  sekolah. Tapi apakah manfaat menabung hanya sampai disitu?

Apa saja manfaat menabung?

Menabung tentunya merupakan kegiatan yang sangat positif. Dengan menabung, kamu dapat mengumpulkan uang sehingga tidak kamu gunakan untuk keperluan yang kurang mendesak atau bersifat konsumtif. Tapi apakah menabung hanya memberi manfaat hanya sebatas dari segi keuangan? 

Tentunya tidak, banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kegiatan menabung.

1. Terampil mengelola uang

Dengan menabung, kamu akan terbiasa memilahkan kebutuhan apa yang menjadi prioritas untuk dirimu. Karena dengan menabung, kamu akan membatasi pengeluaranmu sehingga tidak semua keinginan dapat terpenuhi.

Hal tersebut dapat memicu untuk memenuhi keinginanmu dengan mengoptimalkan pengelolaan uang.

2. Menjadi lebih disiplin

Dengan menabung, kamu akan diajak untuk menjadi lebih disiplin. Disiplin dalam menjalankan komitmen-komitmen yang sudah kamu buat agar dapat menyisihkan penghasilan untuk ditabung.

Dan tanpa sadar, bila kamu dapat melakukannya dalam waktu yang cukup lama, hal ini dapat menjadi pola hidup dan membantumu menjadi pribadi yang lebih disiplin dalam berbagai hal.

3. Membentuk pola hidup yang tidak konsumtif

Belakangan ini pola hidup konsumtif kerap menjadi perbincangan di kalangan anak muda. Pola hidup konsumtif sendiri merupakan pola hidup dimana seseorang secara berlebihan membeli barang atau jasa dengan mendahulukan keinginan dibanding kebutuhan. 

Dengan menabung, kita dapat terhindar dari pola hidup konsumtif tersebut. Sehingga uang yang kamu tabung dapat digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak atau digunakan untuk diinvestasikan atau hal lain yang lebih berguna.

4. Memiliki dana cadangan

Dengan menabung, kamu dapat memiliki dana cadangan. Dana cadangan ini dapat kamu gunakan saat keadaan mendesak atau dalam menghadapi suatu kondisi yang jarang terjadi. 

Dalam menjalani kehidupan, tidak ada yang tahu akan terjadi bencana apa kedepannya. Namun dengan dana cadangan yang kamu miliki paling tidak kamu sudah siap menghadapi situasi buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari. 

Di lain sisi, kehidupan juga dapat berputar balik dalam sekejap. Seperti di saat pandemi melanda, banyak usaha-usaha yang akhirnya gulung tikar. Namun, juga selalu ada orang yang selalu siap menyambut moment-moment seperti ini.

Dengan memiliki dana cadangan, kamu dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli saham, membuka usaha yang sesuai demi mengalami krisis yang terjadi, atau hal lainnya yang dapat menjadi sangat menguntungkan. 

Seperti fenomena yang belakangan ini terjadi, dimana banyak harga saham perusahaan yang terjun bebas akibat pandemi. Namun, dalam hitungan beberapa bulan, terdapat sejumlah saham yang dapat pulih bahkan menyentuh all-time high atau harga tertinggi.

5. Mencegah Berhutang

Pada dasarnya hutang tidaklah selalu buruk. Justru hutang dapat menjadi hal yang sangat baik disaat kamu membeli sesuatu yang nilainya selalu meningkat seperti properti.

Namun, kebutuhan dan keinginan seringkali berbeda. Kerap kali barang yang menjadi keinginan atau kebutuhan memiliki nilai yang terus turun sepanjang waktu. Seperti kendaraan bermotor. 

Namun dengan menabung, kamu dapat menjadi lebih efisien saat membeli barang tersebut karena menghindari bunga, menghindari peluang gagal bayar, dan hidup menjadi lebih tenang arena tidak terikat hutang.

Nah sekarang, kamu sudah tahu kan manfaat dari menabung. Namun, kamu juga memerlukan strategi dalam menabung agar kamu dapat lebih efisien dalam mengalokasikan keuanganmu.

Lebih baik menabung atau investasi saja?

manfaat menabung

Baik menabung maupun investasi memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Menabung menawarkan fleksibilitas yang tinggi; kapan pun uang tersebut dibutuhkan, kamu dapat menggunakannya. Sedangkan, investasi menawarkan imbalan dari investasi yang dilakukan. 

Menabung memiliki fleksibilitas yang tinggi karena tidak terdapat peraturan yang mengikat uangmu untuk ditarik kapan saja. Selain itu, kamu juga tidak memiliki resiko kehilangan uang yang kamu miliki karena nominal uang kamu miliki tidak akan berubah. 

Namun juga terdapat kekurangan. Hal ini terjadi karena adanya inflasi. Inflasi mengakibatkan nilai uang yang kamu miliki akan menurun dimakan waktu. 

Contohnya, setiap tahun abang nasi goreng langganan kamu pasti selalu menaikan harga, bukan? Mungkin pada tahun 2015, dengan uang Rp 15.000, kamu sudah bisa makan nasi goreng tambah telur dadar. Tapi di tahun 2021, dengan uang Rp 15.000, kamu gak bisa lagi nih dapat telur dadar tambahan. Nah, itu dia yang dinamakan inflasi, dimana terdapat penurunan nilai uang.

Lalu, bagaimana dengan investasi?

Tentunya uangmu yang diinvestasikan juga ikut termakan inflasi ya. Namun, dari investasi yang kamu lakukan luang untuk mendapatkan lebih banyak uang. Nilai uang yang berkurang dapat terbayarkan dengan jumlah uang yang kamu dapatkan. Semakin tinggi risiko yang kamu ambil, semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Tapi hati-hati ya, tidak semua investasi menguntungkan. Ada kalanya kamu akan merasakan kerugian, stagnan dan lain-lain. Untuk itu, kamu juga perlu mematangkan strategi investasi yang kamu gunakan.

Cobain tips menabung ini!

Dalam mengoptimalkan pengelolaan keuanganmu ada sedikit tips menabung nih yang bisa kamu terapkan.

  • Dalam menyisihkan penghasilanmu terlebih dahulu penuhi kebutuhan pokokmu. Seperti pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Bila kamu masih belum memiliki uang untuk membeli rumah, kamu dapat menyewa rumah atau kos untuk sementara. Setelah itu sisihkan uangmu untuk memenuhi kebutuhan darurat atau dana cadangan, paling tidak 3 kali kebutuhan bulanan.
  • Setelah hal itu terpenuhi, jangan lupa sisihkan sedikit penghasilanmu untuk beramal dan. Jangan lupa dengan lingkungan sekitar dimana masih banyak orang yang belum seberuntung dirimu. Setelah itu, kamu dapat menyisihkan sedikit uang untuk memberikan dirimu reward. Jangan lupa sayangi drimi yang sudah berjuang susah payah bekerja untuk mencari uang. 

Lalu lebih baik menabung atau berinvestasi? Seperti yang kita ketahui menabung dan berinvestasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. 

Menabung memiliki keunggulan di segi fleksibilitas. Dan investasi memiliki reward yang mengatasi uang kita yang melemah akibat inflasi. Bagaimana tidak kita kombinasikan?

Dengan keunggulan dalam segi kestabilan dan risiko yang sangat rendah menabung sangat cocok dilakukan dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek di bawah 1 tahun. 

Dan investasi dapat kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Dengan begitu keuanganmu akan menjadi lebih stabil dan lebih siap menghadapi berbagai kondisi. Yuk mulai menabung dari sekarang!

Artikel Terkait Lainnya