manfaat buah melon

Buah Melon sering kita jumpai dimana-mana. Baik di supermarket, penjual buah, mini market, hingga yang berbentuk olahan, seperti jus, kue dan lain-lain. 

Buah melon sendiri menjadi salah satu buah yang paling populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Melon disukai karena rasanya yang manis, serta mudah didapatkan.

Buah ini memiliki nama latin, yaitu Cucumis melo

Melon sendiri memiliki ciri khas dari bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda. Serta pada bagian kulitnya terdapat tekstur khas yang sedikit kasar. 

Selain hijau, buah melon juga dapat ditemukan dalam warna jingga. Melon berwarna jingga ini juga disebut cantaloupe.

Kandungan Buah Melon

Buah melon sendiri memiliki tekstur buah yang lembut. Hal ini disebabkan 90% daging buah melon terdiri dari air. Buah melon merupakan salah satu buah yang mengandung gizi yang cukup beragam dibandingkan buah lainnya. 

Setiap 100 gram melon yang kamu konsumsi dapat menyerap berbagai gizi, seperti: 

  • Energi: 36kkal
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,15 gram
  • Serat: 9 gram
  • Vitamin:
    • B1 (Tiamin): 0,04 gram
    • B2 (Riboflavin): 0,01 gram
    • B3 (Niasin): 0,4 gram
    • B5 (Asam pantotenat): 0,16 miligram
    • B6 (Piridoksin): 0,09 miligram
    • C: 18 miligram
  • Mineral:
    • Kalsium: 6 milligram
    • Zinc: 0,09 miligram
    • Besi: 0,17 gram
    • Fosfor: 11 miligram
    • Kalium: 228 miligram
    • Natrium: 18 milligram

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang sangat beragam tentunya banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah melon khususnya dalam segi kesehatan.

Berikut merupakan manfaat yang dapat kita peroleh saat mengkonsumsi melon.

Dengan vitamin B6 yang dikandung melon dapat membantu merangsang pembentukan serotonin. Dimana serotonin merupakan zat kimia pada otak yang berfungsi untuk menstabilkan mood, menimbulkan rasa bahagia, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, vitamin B6 dapat merangsang produksi melatonin. Yaitu hormon yang membuat kamu mengantuk pada malam hari. Jadi bila kamu mengalami kesulitan dalam tidur atau mood yang kurang stabil mungkin dapat mencoba mengkonsumsi melon sebagai alternatif pengobatan.

Sesuai dengan komposisinya yang terdiri dari 90% air, melon dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan air harian kamu. Dengan mencegah dehidrasi kamu dapat menjaga komposisi air dalam tubuhmu dan bekerja dengan lebih fokus karena kebutuhan air dalam tubuh sudah tercukupkan.  

Melon adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Ibu hamil memerlukan asupan gizi vitamin serta mineral yang d iatas rata-rata. 

Hal ini dikarenakan anak yang dikandung sang ibu juga membutuhkan nutrisi tersebut. Dalam beberapa kondisi, sistem imun ibu yang sedang mengandung akan cenderung menurun.

Dengan kandungan vitamin C, melon dapat membantu memperkuat sistem imun sang ibu, dan vitamin B6 dapat membantu mendukung pertumbuhan tulang belakang janin.

Bila kamu mengalami masalah dalam buang air besar, mungkin melon bisa menjadi salah satu obatnya. Dengan kandungan air serta serat yang tinggi, mengkonsumsi melon dapat mengatasi masalah sembelit. 

Kandungan serat pada melon memang tidak setinggi pada buah-buah yang lain. Namun, hal ini akan cocok untuk orang yang belum terbiasa mengkonsumsi buah-buahan atau makanan berserat tinggi.

Buah-buahan dan sayur-mayur dapat menjadi jawaban untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, penyakit jantung juga dapat dikurangi resikonya dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, termasuk buah  melon. 

Kandungan natrium dalam tubuh dapat mengikat cairan dan menambah volume darah sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Namun, jangan khawatir, melon juga mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan tekanan darah.

Pada umumnya, melon memiliki rasa manis. Namun, melon kerap kali digunakan penderita diabetes sebagai alternatif pengobatan. Hal ini disebabkan melon memiliki kandungan air serta serat yang dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh.

Tak hanya wortel, namun melon juga dapat merawat kesehatan mata kamu. Hal ini dikarenakan melon juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Dimana kedua zat tersebut tergolong sebagai karotenoid, yakni zat penyusun vitamin A.

Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga merupakan antioksidan yang mampu melindungi jaringan penglihatan. Dengan hal tersebut, melon dapat membantu jaringan penglihatan kamu terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari, pertambahan usia, dan lingkungan.

Dengan mengandung vitamin C, melon dapat membantu kamu dalam mencerahkan kulit. Vitamin C digunakan untuk pembentukan kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang digunakan untuk memelihara dan melakukan perbaikan dalam jaringan kulit. 

Dengan begitu, kulit-kulit yang sudah rusak dapat diregenerasi dengan jaringan yang baru yang lebih baik dan memiliki warna yang lebih cerah.

Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kulit dari sinar matahari dan radiasi bebas.

Ternyata banyak sekali ya manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah melon. Karena dari itu, yuk rutin mengkonsumsi buah melon agar kesehatan tetap terjaga dan kita bisa menikmati manfaatnya. 

Supaya lebih fokus menjaga kesehatan, kamu juga bisa mencoba bergabung dengan Rey.

Sebagai Member Rey, kamu mempunyai hak untuk melakukan telekonsultasi dokter melalui chat sepuas yang kamu mau. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan lainnya berupa: 

✔️ Fitur kesehatan ReyFit yang memotivasi kamu untuk hidup sehat;

✔️ Akses sepuasnya untuk teknologi cek gejala dan keluhan mandiri;

✔️ Jatah menebus resep obat sesuai hasil konsultasi dokter secara gratis;

✔️ Proteksi kesehatan berupa asuransi kesehatan rawat jalan. 

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Kamu bisa mendapatkan semuanya hanya mulai dari Rp69.000/bulan saja. Yuk, cek produknya!

Artikel Terkait Lainnya