Simak! 9 Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Simak! 9 Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Lambung
Dwi Julianti
Dwi Julianti
March 10, 2023
7 menit membaca

Sakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan ditandai oleh adanya refluks asam lambung yang terjadi secara berulang dalam jangka waktu yang panjang.

Melansir Kementerian Kesehatan, gejala penyakit asam lambung meliputi nyeri di ulu hati (heartburn), seperti sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Biasanya dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti pola makan yang tidak teratur serta kebiasaan penderita untuk mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan lambung. 

Para penderita penyakit ini pun, disarankan untuk dapat mengatur pola hidup sehat.

Lantas, apa saja menu makanan untuk penderita asam lambung? Berikut adalah makanan yang mudah dan aman untuk kamu konsumsi sehari-hari.

Anjuran Menu Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Jika mengalami masalah refluks asam atau asam lambung, kamu harus menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung dan mencari makanan yang dapat menurunkan kadar asam lambung.

Dalam upaya mengatur pola makanan untuk penderita asam lambung kronis terdapat berbagai pilihan menu dan cemilan untuk asam lambung yang bisa kamu jadikan alternatif sehari-hari. 

Beberapa makanan yang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung, yaitu:

1. Sayuran

sayuran merupakan makanan untuk penderita asam lambung. Sayuran sangat penting bagi penderita asam lambung karena selain kaya serat, sayuran juga rendah lemak dan dapat memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sayuran sangat penting bagi penderita asam lambung karena selain kaya serat, sayuran juga rendah lemak dan dapat memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, sayuran juga dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis sayuran seperti tomat dan bawang putih dapat memicu naiknya asam lambung, sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.

Sebaiknya pilihlah sayuran yang mudah dicerna seperti wortel, kembang kol, selada, brokoli, bayam, dan sejenisnya untuk menghindari naiknya asam lambung.

2. Buah

Buah-buahan dapat menjadi salah satu alternatif makanan ringan untuk penderita gerd.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua jenis buah baik untuk lambung.

Adapun ciri buah untuk asam lambung adalah yang memiliki kadar asam rendah, tinggi serat sehingga bagus untuk pencernaan, mengandung banyak air dan tentunya kaya akan vitamin. 

Seperti alpukat, semangka, melon, pisang, kelapa, pepaya, persik, ara, apel, pir, dll.

3. Ikan 

Jenis ikan tertentu mengandung protein hewani dan asam lemak omega-3 yang sangat cocok untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

Kandungan tersebut membantu menghindari inflamasi akibat asam lambung yang tinggi.

Beberapa jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah ikan kakap, ikan salmon, ikan kerapu, ikan sarden, ikan makarel, dan sebagainya.

4. Tempe

Salah satu makanan untuk penderita asam lambung yang baik dikonsumsi adalah tempe. 

Kedelai yang difermentasi ini sangat baik untuk dikonsumsi, sebab tempe kaya akan kandungan protein nabati.

Selain itu, tempe juga memiliki keunggulan dengan tidak akan memicu risiko kembung, perasaan perih, maupun menghasilkan gas dalam perut.

5. Ubi

Ubi memiliki keunggulan dalam anti-radang, vitamin B kompleks, vitamin C, beta karoten, kalium, kalsium, dan serat yang cukup tinggi.

Selain itu, ubi juga rendah lemak dan kolesterol sehingga bisa dijadikan salah satu pilihan cemilan untuk asam lambung yang mudah dicerna karena bertekstur lembut dan memiliki kandungan gizi yang baik.

Namun, perlu diingat bahwa jika kamu mengonsumsi ubi bersamaan dengan bahan lain seperti keju atau saus krim, hal ini dapat memicu gejala refluks asam lambung.

Jadi, disarankan untuk mengonsumsi ubi secara terpisah atau dengan bahan lain yang aman bagi penderita asam lambung.

6. Nasi 

Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat penting dalam kesehatan tubuh.

Selain itu, nasi juga memiliki kandungan vitamin B kompleks dan mineral seperti zat besi dan magnesium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi penderita asam lambung, nasi putih atau nasi merah dapat dijadikan sebagai menu utama yang membantu mengurangi rasa lapar dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, makan bubur juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk asam lambung karena memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna oleh tubuh.

7. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah gula sehingga sangat baik untuk penderita asam lambung dan termasuk makanan untuk penderita asam lambung.

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah gula sehingga sangat baik untuk penderita asam lambung. 

Oatmeal juga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam toping seperti buah dan kacang-kacangan untuk memberikan variasi rasa dan nutrisi yang lebih.

8. Yogurt

Yogurt dapat menjadi alternatif cemilan untuk penderita asam lambung karena dapat menurunkan tingkat asam lambung yang tinggi.

Namun, perlu diingat untuk memilih yogurt yang tidak terlalu asam dan rendah lemak (low fat) agar lebih baik dikonsumsi.

9. Kacang-kacangan

Jenis makanan penurun asam lambung berikutnya adalah kacang-kacangan. 

Kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete mengandung protein dan serat yang tinggi serta lemak sehat yang dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang berlebihan karena dapat memicu gejala asam lambung.

Baca Juga: Ampuh! 5 Cara Mengatasi Perut Perih saat Puasa

Pertanyaan Seputar Menu Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Banyak orang di Indonesia menderita asam lambung, mulai dari yang muda sampai yang tua.

Penyebab asam lambung biasanya disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat.

Menurut penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, penderita penyakit asam lambung di Indonesia ini cukup tinggi dengan kasus 30.154 (4,9%). 

Maka tidak heran, jika banyak sekali pertanyaan yang muncul untuk mengatasi penyakit yang satu ini.

Berikut beberapa pertanyaan terkait makanan untuk penderita asam lambung:

Apakah asam lambung bisa makan mie instan?

Mengonsumsi mie instan menjadi salah satu makanan penyebab asam lambung yang sering ditakutkan oleh penderitanya.

Hal tersebut memang benar adanya, karena sudah terdapat sejumlah penelitian yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat memicu asam lambung meningkat.

Akan tetapi, kamu tetap bisa kok mengonsumsi mie instan, asalkan dengan jumlah porsi dan intensitas yang tidak terlalu sering. 

Selain itu, mie instan yang akan dikonsumsi pun akan lebih baik bukan varian rasa asam atau pedas serta bisa dikombinasikan dengan sayur, telur, dan lainnya. 

Apa pantangan asam lambung?

Terdapat beberapa jenis makanan penyebab asam lambung naik yang sebaiknya dikurangi dan dihindari, diantaranya:

1. Makanan yang digoreng dan mengandung lemak tinggi 

Jenis makanan yang melalui proses penggorengan serta lemak yang sangat tinggi seperti junk food ini sebaiknya kamu hindari karena dapat menyebabkan lebih banyak asam lambung naik ke kerongkongan. 

2. Makanan yang mengandung asam tinggi 

Makanan yang kandungan asam tinggi seperti berbagai jenis jeruk, nanas, dan tomat dapat menyebabkan refluks asam, sehingga resiko asam lambung naik dapat lebih meningkat.

3. Makanan pedas

Berbagai makanan pedas yang jika terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan naiknya asam lambung secara cepat. 

Hal tersebut dapat terjadi sebagai respon dari adanya iritasi atau luka pada dinding lambung.

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

Berapa jam sekali makan untuk penderita asam lambung?

Dalam upaya mencegah kambuhnya asam lambung, kamu sangat perlu untuk memerhatikan pola dan jadwal dengan teratur. 

Secara umum pola makan yang baik untuk para penderita asam lambung bisa diterapkan dengan mengikuti jadwal seperti berikut:

1. Sarapan dan cemilan sehat pukul 08.00-11.00

2. Makan siang pukul 12.00-13.00 

3. Cemilan sehat pukul 16.00 

4. Makan malam pukul 18.00 

5. Cemilan sehat malam sekitar pukul 20.00 

Adapun untuk menentukan pola dan jadwal yang paling tepat juga bisa kamu lakukan dengan berkonsultasi pada dokter atau pakar di bidang kesehatan.

Apabila muncul gejala sakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Beberapa gejala sakit asam lambung meliputi rasa nyeri di ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Dengan berkonsultasi dengan dokter, kamu akan mendapatkan perawatan yang tepat dan aman sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Konsultasi dengan dokter sekarang juga sudah semakin mudah lho, karena kamu bisa chat dokter secara online melalui aplikasi Rey ataupun secara offline di rumah sakit.

Menariknya lagi, kalau kamu memiliki asuransi kesehatan online dari Rey, kamu bisa chat dokter sepuasnya, tebus obat, rawat inap, hingga rawat jalan gratis.

Kamu bisa klik banner ini untuk info lebih lanjut!

Membership kesehatan yang memberikan akses ke asuransi kesehatan

Penutup

Dengan mengetahui informasi seputar berbagai menu makanan untuk penderita asam lambung di atas, kamu akan tetap bisa makan enak dengan aman dan nyaman.

Selain itu, memerhatikan pola jam makan juga sangat penting untuk diterapkan secara teratur.

Agar kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan akan kambuhnya asam lambung yang sedang diderita. 

Jadi menu makanan mana saja yang sudah pernah kamu coba? Yuk, sharing di kolom komentar!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
November 30, 2022
5 Manfaat Lari Sore untuk Kesehatan, Berapa Kali dalam Seminggu?

Meski memiliki banyak kegiatan setiap harinya, menyisihkan waktu untuk olahraga tetap lah penting. Olahraga tidak...

Yosephine Yosephine
8 menit membaca
November 28, 2023
10 Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Sawi hijau adalah salah satu sayuran yang sering digunakan dalam masakan. Salah satu jenis masakan...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca
April 25, 2022
Apa itu Interval Training? Pengertian dan Caranya untuk Pemula

Apa itu Interval Training?  Mungkin di antara kamu ada yang pernah mendengarkan istilah tersebut, tapi...

Yosephine Yosephine
6 menit membaca