Double Cleansing Bikin Kulit Wajah Bersih Maksimal? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

Double Cleansing Bikin Kulit Wajah Bersih Maksimal? Ini Penjelasan dan Manfaatnya
Miska Syahirah
Miska Syahirah
November 23, 2023
10 menit membaca

Double cleansing adalah langkah membersihkan wajah yang tepat untuk menjaga kesehatan permukaan kulit.

Dengan double cleansing, kulit wajah akan lebih bersih karena tahap membersihkan kulit dilakukan dengan dua metode yang berbeda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal saat perawatan wajah, kamu tidak bisa hanya mengandalkan pembersih wajah dari luar seperti double cleansing saja.

Namun, kamu juga perlu merawatnya dari dalam, seperti rutin minum air putih.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kulit akan lebih lembab dan bercahaya. 

Selain itu, pola hidup dan pola makan yang sehat juga bisa membantu kamu mendapatkan kulit wajah sehat yang maksimal, seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi buah-buahan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas, apa itu double cleansing dan seberapa penting double cleansing untuk membersihkan kulit wajah?

Yuk, simak ulasannya lewat artikel di bawah ini!

Pengertian Double Cleansing

Double cleansing adalah membersihkan muka dua tahap dengan bahan dasar pembersih yang berbeda.

Perawatan kulit wajah menjadi hal yang banyak diprioritaskan bagi kaum wanita maupun pria.

Bukan tanpa sebab, kulit yang sehat menjadi dambaan setiap orang karena akan menunjang penampilan dan membuat kita lebih percaya diri.

Untuk itu, membersihkan wajah menjadi hal yang penting, terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar rumah atau memakai make up setiap harinya.

Namun, membersihkan wajah dengan sabun muka nyatanya tidak cukup, lho!

Kamu perlu double cleansing agar kulit lebih bersih secara maksimal dan menyeluruh.

Double cleansing itu maksudnya cuci muka dua kali, ya?

Eits, bukan! Jangan salah sangka, ya.

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahap yang menggunakan dua produk pembersih wajah dengan bahan dasar yang berbeda.

Jadi, kamu perlu melakukan pembersihan wajah dengan produk berbahan dasar minyak terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan mencuci muka pakai sabun wajah.

Membersihkan kulit wajah dengan bahan dasar minyak, seperti cleansing oil, makeup remover, micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm akan membuat debu, kotoran, hingga make up yang menempel seharian pada permukaan kulit dapat terhapus sempurna.

Selanjutnya, mencuci muka dengan sabun wajah dapat menghilangkan residu bekas oil based cleanser, mengangkat minyak berlebih pada permukaan kulit wajah, hingga membersihkan pori-pori.

Hasilnya, kamu bisa memiliki kulit yang lebih bersih dan sehat.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Kenali Ciri & Penyebabnya

Manfaat Double Cleansing

Manfaat double cleansing yaitu bisa membantu menyerap skincare lebih optimal, lho!

Mengapa double cleansing penting dilakukan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kamu mengetahui apa saja manfaat double cleansing bagi kulit wajah.

Berikut ini merupakan manfaat jika rutin melakukan double cleansing:

1. Membersihkan Wajah secara Menyeluruh

Pembersih wajah berbahan dasar minyak dirancang untuk menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak, termasuk make up, tabir surya atau sunscreen, sebum, debu, kulit mati, dan polusi.

Apabila kamu melewatkan teknik membersihkan wajah yang satu ini, kotoran berbahan dasar minyak tersebut tidak dapat dibersihkan secara maksimal.

Bisa saja ketika kamu hanya mencuci muka dengan sabun muka, kotoran tersebut masih menempel di kulit.

Selain itu, dengan menghilangkan kotoran tersebut terlebih dahulu, pembersih berbahan dasar air yang kedua benar-benar dapat meresap ke dalam kulit, menghilangkan kotoran, dan keringat.

2. Membuat Kulit Lebih Lembab

Kandungan minyak yang ada pada pembersih berbahan dasar minyak bisa membuat kulitmu lebih lembab alami.

Untuk menentukan produk perawatan kulit tahap kedua dalam double cleansing, sebaiknya pilih produk sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit atau tinggi air agar tidak menggerus minyak alami pada permukaan kulit wajah.

3. Mengoptimalkan Penyerapan Skincare

Double cleansing membuat kulit wajah kamu lebih bersih maksimal, sehingga tidak ada lagi benda asing yang menghalangi penyerapan produk-produk skincare yang akan kamu pakai.

Jadi, saat kamu menggunakan toner, serum, pelembab, dan sunscreen pada permukaan wajah, kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal dan efektif sehingga kulit wajahmu semakin sehat.

4. Mencegah Masalah Kulit

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari double cleansing adalah kamu bisa terhindar dari masalah kulit, seperti komedo, kulit kusam, dan jerawat karena kotoran yang menempel di kulit wajah kamu sudah bersih sempurna.

Jika masalah kulit kamu sudah semakin parah, kamu harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis profesional.

Gak pakai lama!

Sekarang, konsultasi dengan dokter bisa secepat kilat dan gak pakai ribet. Cukup pakai handphone lewat aplikasi Rey, kamu bisa konsultasi secara online dengan dokter selama 24/7, dimana pun dan kapan pun.

Emang boleh se-simple ini?

Boleh, dong! Yuk, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga: Non-Comedogenic! 12 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak

Cara Melakukan Double Cleansing

Cara melakukan double cleansing yaitu menggunakan oil based cleansing dan dilanjutkan dengan facial wash.

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, sekarang yuk kita bahas bagaimana cara melakukan double cleansing.

Sebetulnya, double cleansing sangat mudah dilakukan, kamu hanya membutuhkan beberapa produk saja.

Hanya dengan dua tahap, berikut merupakan cara melakukan double cleansing:

1. Tahap Pertama

Pada tahap pertama double cleansing, kamu sebaiknya menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak (oil based) karena bisa mengangkat kotoran dan sisa kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori.

Beberapa produk pembersih wajah yang bisa dipakai untuk tahapan ini adalah oil cleansermake-up removermicellar watermilk cleanser, atau cleansing balm.

Selain menggunakan produk yang beredar di pasaran, kamu juga bisa menggunakan minyak alami untuk mengangkat kotoran di kulit wajah, seperti minyak zaitun, minyak kastor, minyak jojoba, minyak almond, dan minyak biji bunga matahari.

Caranya, untuk produk oil cleanser, make up remover, dan micellar water, kamu hanya perlu menuangkan produk pembersih ke kapas, lalu usapkan pada wajah hingga merata. Dengan begitu, kamu bisa dengan jelas melihat kotoran yang menempel di kapas.

Khusus untuk minyak alami, cleansing balm, dan milk cleanser, kamu bisa oleskan produk pada wajah yang kering, pijat lembut dengan gerakan memutar, lalu bersihkan menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat.

2. Tahap Kedua

Usai dibersihkan menggunakan produk pembersih berbahan minyak, tahap selanjutnya yaitu mencuci muka dengan menggunakan facial wash atau facial foam.

Cuci muka dengan sabun muka yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, seperti kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, kulit berjerawat, atau kulit sensitif.

Bilas muka dengan air bersih dan pastikan sisa sabun sudah hilang dari kulit wajah.

Tahap ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, make up, hingga residu dari pembersihan wajah tahap pertama yang masih tersisa atau belum berhasil terangkat sepenuhnya.

Tahap kedua ini juga sangat berguna untuk menghilangkan rasa lengket dan licin dari penggunaan produk sebelumnya saat double cleansing tahap pertama.

Kamu wajib memilih sabun pembersih wajah yang lembut dan sesuai jenis kulit. Sabun pembersih wajah yang baik tidak membuat kulit terasa kencang atau tertarik, perih, iritasi, kemerahan, dan kering.

Waktu yang Tepat untuk Double Cleansing

Waktu yang tepat untuk double cleansing adalah sebelum tidur.

Perlu diketahui, dilansir dari Healthline, double cleansing atau pembersihan ganda bukanlah suatu keharusan, tetapi jenis kulit tertentu mungkin akan lebih berpengaruh dibandingkan jenis kulit lainnya.

Misalnya orang dengan kulit berminyak. Dua formula yang lembut saat double cleansing, merupakan cara yang lebih baik untuk melawan minyak berlebih dibandingkan satu formula kuat yang dapat membuat kulit terasa terlalu kering.

Orang yang rentan berjerawat juga perlu melakukan double cleansing dengan lembut untuk membantu menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Disarankan, kamu melakukan double cleansing pada malam hari setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Janganlah terlalu sering membersihkan kulit wajah karena akan membaut kulit kering.

Lalu, teknik ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memakai make up tebal.

Rekomendasi Produk Double Cleansing

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari double cleansing, ya!

Untuk itu, mulai sekarang, biasakan untuk selalu double cleansing untuk mendapatkan kulit yang sehat secara maksimal.

Masih bingung produk double cleansing apa yang bagus untuk kulit kamu?

Di bawah ini merupakan rekomendasi produk double cleansing yang wajib kamu coba:

1. Viva Milk Cleanser

Viva milk cleanser jadi salah satu rekomendasi produk double cleansing.

Jika kamu ingin menggunakan produk double cleansing yang ringan dan lembut, kamu wajib mencoba Viva Milk Cleanser. 

Produk lokal ini tersedia dengan berbagai varian yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit kamu, lho!

Varian tersebut, yaitu Viva Milk Cleanser varian emollient untuk kulit kering, bengkuang untuk mencerahkan kulit, spirulina untuk mencegah penuaan dini, cucumber untuk kulit berminyak, lemon untuk mencegah timbulnya jerawat, dan green tea untuk mengatasi kulit berjerawat.

Kamu hanya perlu mengoleskan produk ini ke kulit wajah, pijat lembuh ke kulit, lalu bersihkan milk cleanser dengan kapas atau handuk hangat yang telah direndam.

2. Garnier Micellar Water dan Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water

Garnier micellar water jadi salah satu rekomendasi produk double cleansing.

Produk ini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Produk ini merupakan double cleanser yang berfungsi menghapus make up.

Terdapat tiga varian Garnier Micellar Water, yaitu varian Garnier Micellar Water pink merupakan pembersih wajah all-in one untuk kulit normal cenderung sensitif, Garnier Micellar Water biru merupakan inovasi pembersih wajah untuk kulit kombinasi cenderung berminyak atau berjerawat.

Terakhir, Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water merupakan pembersih wajah all-in one yang berfungsi membersihkan dan menghapus kotoran, debu, serta makeup yang berbahan waterproof

Kamu bisa menuangkan produk cair ini ke kapas dan usap di kulit kamu, sehingga kotoran di wajah bisa terangkat sempurna.

3. Bioderma Sensibio H20

Bioderma Sensibio H20 jadi salah satu rekomendasi produk double cleansing.

Micellar water ini mengandung micelles yang merupakan molekul minyak berukuran kecil yang dapat mengangkat kotoran debu dan makeup.

Cara pengaplikasian produk sangat mudah, cukup dituangkan ke kapas kering lalu kamu bisa mengusapkan secara perlahan ke seluruh permukaan wajah dan dilanjutkan cuci muka dengan facial wash.

4. Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm

Somethinc Cleansing Balm jadi salah satu rekomendasi produk double cleansing.

Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm merupakan pembersih vegan dalam bentuk balm lembut yang diresapi dengan antioksidan Botanical Extracts.

Kamu bisa mengoleskan produk ini ke wajah, pijat dengan lembut hingga make up dan kotoran di wajah kamu terangkat. Setelahnya, gunakan handuk hangat yang basah dan lap wajahmu hingga tidak ada lagi kotoran yang tertinggal di kulit.

Setelahnya, kamu bisa mencuci wajah kamu menggunakan facial foam atau facial wash.

5. Nivea Double Cleansing Pack

Nivea Cleansing Double Pack jadi salah satu rekomendasi produk double cleansing.

Jika kamu ingin memiliki dua produk sekaligus untuk double cleansing, Nivea Double Cleansing Pack adalah pilihan yang tepat.

Produk ini terdiri dari micellar water dan facial foam yang bisa membantu proses membersihkan wajah sebanyak dua kali. Sehingga, teknik double cleansing bisa kamu lakukan dengan mudah dari produk ini.

Selain menjaga kesehatan kulit wajah, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh kamu, ya! Apabila kesehatan tubuhmu mulai terganggu, segera konsultasikan dengan dokter.

Enggak perlu ribet, cuma dari handphone aja kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya, lho.

Dapatkan manfaat asuransi kesehatan online dari Rey, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

Pertanyaan Seputar Double Cleansing

Berikut ini merupakan pertanyaan seputar double cleansing yang perlu kamu ketahui jawabannya.

Yuk, disimak!

Kapan Kita Harus Double Cleansing?

Tidak ada aturan baku mengenai frekuensi double cleansing. Seperti penggunaan produk-produk skincare lainnya, frekuensi double cleansing ditentukan oleh jenis dan permasalahan kulit serta gaya hidup.

Lakukan double cleansing secara teratur jika kamu sering terpapar polusi debu dan kotoran, aktif bergerak atau berolahraga, atau tinggal di area dengan cuaca ekstrem.

Sementara itu, cukup lakukan double cleansing satu atau dua kali seminggu jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya. Kamu dapat mengamati bagaimana kulitmu merespon dan melakukan penyesuaian setelahnya.

Lakukan double cleansing setiap hari dengan formula lembut yang kami sarankan sebelumnya jika kulitmu merespon dengan baik.

Kalau Sudah Double Cleansing Apakah Harus Cuci Muka?

Cuci muka merupakan tahap kedua dari double cleansing. 

Jadi, setelah kamu melakukan double cleansing tahap pertama menggunakan oil based cleanser, seperti oil cleanser, micellar water, cleansing balm, atau milk cleanser, kamu wajib cuci muka untuk mengangkat residu dari produk yang dipakai.

Selain itu, cuci muka juga diwajibkan untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel shingga tidak menyumbat pori-pori kulit

Micellar Water dan Air Mawar Apakah Sama?

Micellar water dan air mawar merupakan dua jenis produk yang berbeda.

Namun, kamu bisa menjadikan air mawar sebagai pengganti micellar water untuk mengangkat kotoran yang menempel di kulit wajah.

Penutup

Itu tadi penjelasan dan manfaatnya dari double cleansing. Penggunaan sabun saja nyatanya tidak cukup untuk membersihkan wajah untuk mengangkat minyak dan kotoran.

Kamu perlu melakukan double cleansing agar kulit semakin sehat.

Jika kamu masih punya pertanyaan lain tentang kondisi kulit yang kamu alami, segera konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan dokter.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
December 7, 2023
Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil, Bisa Lancarkan ASI!

Kamu tahu gak sih apa saja manfaat bengkoang untuk ibu hamil? Iya, bengkoang yang sering...

Miska Syahirah Miska Syahirah
7 menit membaca
November 30, 2023
Efektif, 7 Makanan untuk Menaikkan Trombosit dalam Tubuh

Trombosit adalah sel darah yang berfungsi membantu proses pembekuan darah. Jika jumlah trombosit dalam tubuh...

Dwi Julianti Dwi Julianti
5 menit membaca
February 24, 2023
Gluten Free: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Makanannnya

Makanan bebas gluten atau yang disebut gluten free semakin diminati oleh banyak orang saat ini....

Dwi Julianti Dwi Julianti
8 menit membaca